Sepeda Peloton
06 Aug 2022

Yuk, Cek Perlengkapan dan Tips Aman Bersepeda dalam Peloton!

Apply kartu kredit untuk memiliki perlengkapan supaya bisa berpartisipasi dalam peloton sepeda merupakan hal yang sah-sah saja. Namun, sebelum bergabung ke dalam barisan tersebut kamu lebih baik mengetahui tentang apa saja perlengkapan itu dan tips-nya dulu!

Nah, bagi kamu yang belum tahu, peloton adalah kata serapan dari Bahasa Prancis yakni platoon yang merujuk pada formasi barisan. Artikel ini tidak akan membahas tentang aturan-aturan bersepeda peloton. Akan tetapi lebih pada perlengkapan beserta tips-nya.

8 Perlengkapan Bersepeda dalam Peloton

Selain sepeda yang dimiliki, bersepeda secara peloton kamu juga perlu memastikan telah memiliki sejumlah perlengkapannya. Dengan begitu, bersepeda lebih terjamin keamanan dan kenyamanannya. Di bawah ini merupakan 8 perlengkapan krusial yang dapat menunjang bersepeda peloton:

  • Helm

Pelindung kepala ini adalah perlengkapan utama yang sebaiknya jangan kamu tinggalkan saat bersepeda. Sebab, melalui perlindungan helm, maka kepalamu akan aman dari risiko terburuk yang disebabkan oleh kecelakaan.

  • Jersey atau Pakaian Warna Terang

Kenakanlah pakaian atau jersey berwarna terang. Ini berguna sebagai penandamu ketika di jalan. Dengan begitu, pesepeda lainnya bisa mengetahui keberadaanmu. Tentunya, mereka akan dapat mudah mengetahuimu walau dalam medan yang gelap.

  • Celana Sepeda

Pakaian bagian bawah satu ini pun sebaiknya tidak kamu lewatkan saat membeli dengan apply kartu kredit. Dalam memilih celana sepeda, pastikan bahannya lentur dan mempunyai busa bagian belakang atau padding.

  • Gloves atau Sarung Tangan

Perlengkapan ini dapat memberikanmu perlindungan dari teriknya matahari dan tentunya saat terjatuh. Selain itu, sarung tangan pun berguna untuk meningkatkan feel dan grip saat bersepeda, khususnya membantu peredaman getaran ketika di jalan.

  • Lampu

Aksesoris lampu adalah perlengkapan yang sebaiknya tidak boleh kamu remehkan. Sebab, kegunaannya dapat membantumu yang kerap bersepeda peloton di jalan raya ketika sore maupun malam hari.

  • Sepatu Sepeda

Perlengkapan satu ini bersifat opsional. Namun dengan memilikinya, kaki tidak akan terlindung saja, namun feel pedaling dan kenyamanan tentunya bisa maksimal. Kamu dapat menggunakan sepatu sepeda yang menyesuaikan medan berkendara.

  • Botol Minum

Energi maupun keringat akan keluar bersamaan ketika bersepeda. Maka dari itu, selalu sediakan botol minum berisi air supaya kamu dapat tercegah dari dehidrasi sewaktu di perjalanan.

  • Kacamata

Perlengkapan ini dapat melindungi kedua mata dari paparan maupun radiasi sinar matahari. Selain itu, kacamata pun berguna untuk menangkal kotoran dan debu jalanan masuk ke mata sehingga bersepeda bisa lebih fokus, aman, dan nyaman.

Nah, itu dia sejumlah perlengkapan yang sebaiknya kamu gunakan dalam bersepeda peloton. Supaya kamu bisa memilikinya segera, maka gunakan saja kartu kredit instant approval. Namun, sekali lagi, pastikan spesifikasi dan kualitasnya terlebih dahulu, ya!

7 Tips Bersepeda dalam Peloton

Karena peloton adalah iring-iringan, maka sebaiknya kamu harus mengetahui dan mematuhi aturan berlaku. Hal ini ditujukan supaya kelompok pesepeda bisa teratur dan terhindar dari kecelakaan. Selain itu, ketahui tips berikut ini supaya bersepeda lebih aman dan nyaman:

  • Rileks dan Fokus

Khususnya untuk kamu yang pertama kali berpartisipasi dalam grup sepeda, sebaiknya sugesti diri sendiri supaya rileks dan fokus. Upayakan pandangan untuk selalu ke depan serta hoods tergenggam tangan.

Jari tangan pun sebaiknya standby pada tuas rem supaya bisa cepat merespon ketika bahaya muncul mendadak. Saat pandangan fokus memastikan jarak pesepeda di depan, jangan lupa menekuk siku tangan supaya lebih santai.

  • Tidak Menyalip Pesepeda di Depan

Meskipun perlengkapan tertentu yang kamu miliki dengan apply kartu kredit mampu menjamin keselamatan bersepeda, sebaiknya tetaplah bersabar dan mengupayakan supaya tidak menyalip pesepeda di depanmu, khususnya bagian roda belakangnya.

Kondisi menyalip bagian belakang roda pesepeda di depanmu dijuluki sebagai half wheel. Intinya, pastikan roda depan kamu memiliki jarak yang cukup dengan roda belakang pesepeda di depan. Ini penting untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

  • Pertahankan Konsistensi Kecepatan

Kecepatan yang konstan merupakan hal yang baik dan akselerasi berlebih memang tidak dianjurkan. Jika kamu tidak sengaja melaju lebih cepat, maka segeralah tarik rem. Namun, jika melambat, pastikan mengayuh sepeda sesuai kecepatan grup.

  • Membentuk Formasi Berjajar 2 Baris

Supaya peloton bisa lebih efisien, maka kamu dan para pesepeda lainnya sebaiknya berjajar 2 baris. Dengan begini, maka rekan di belakangmu bisa menyimpan tenaga dalam menghadapi terpaan angin dari samping maupun depan (drafting/slipstream).

Apabila keadaan jalanan tidak memungkinkan, seperti contohnya banyak pengendara bermotor, lalu lalang mobil, serta kendaraan lainnya, maka sebaiknya bentuk formasi 1 baris saja. Lewat formasi ini, maka pesepeda bisa menyesuaikan kondisi jalanan.

  • Posisi dan Rotasi

Saat berpeloton, akan ada saatnya ketika pesepeda yang berada di depan menarik rombongan. Kemampuan penarikan ini pastinya tidak dapat diprediksi sampai kapan dan bergantung pada kemampuan pesepeda tersebut.

Lazimnya, pesepeda yang kuat dapat lebih lama memimpin atau menarik grup. Walau demikian, disarankan bahwa durasi terbaik yakni 5 menit. Ini merupakan waktu yang tidak terlalu lama maupun sebentar.

Jika terlalu lama berada di depan, maka pesepeda lain bisa merasa bosan. Sebab, mereka terpaksa berlama-lama di belakang. Lewat membatasi durasi ketika berada di posisi depan, maka para pesepeda dapat bergantian dan kecepatan pun terkontrol.

  • Tanda Peringatan dan Komunikasi

Komunikasi maupun tanda peringatan antar anggota peloton sepeda merupakan hal sangat krusial. Dengan begitu, pesepeda di belakang bisa mengetahui bahwa ada bahaya sedang menghampiri atau terjadi. Contohnya gangguan di jalan.

Gangguan di jalan sendiri dapat berupa jalan berlubang, pasir, batu, pecahan kaca, tikungan, paku, rel kereta, dan jatuhnya teman maupun benda lain. Melalui komunikasi beserta tanda peringatan, maka bersepeda peloton bisa lebih aman.

  • Pesepeda Pemula Berada di Belakang

Bagi pesepeda pemula, lebih tepatnya yang belum pernah berpartisipasi dalam peleton, maka sebaiknya posisikan diri pada bagian terbelakang. Jangan lupa belajar serta mengamati cara-cara pesepeda lain saat berkendara di peloton.

Jadi, itu dia sejumlah tips yang dapat dicoba sebelum berpartisipasi dalam peloton sepeda. Kamu dapat mengamati tutorial atau tour vlogging di kanal video internet agar lebih mudah memahami tips-tips tersebut.

Gunakan Kartu Kredit Instant Approval Sebagai Bekal Bersepeda dalam Peloton

Melalui kartu kredit digital pertama di Indonesia yakni Kartu Kredit Digital digibank, maka kamu bisa lebih mudah memenuhi segala kebutuhan terutama kegiatan bersepeda. Keunggulan-keunggulan di bawah ini pun sangat berguna untuk mempermudah hidupmu:

  • Approval atau Persetujuan Hanya 60 Detik

Membeli perlengkapan sepeda bisa dilakukan secara instan. Sebab, keunggulan pertama Kartu Kredit Digital digibank ini mampu melakukan approval dalam semenit saja.

  • Dapat Langsung Digunakan

Sesudah verifikasi sukses, kamu akan memeroleh 2 jenis kartu kredit, berikut diantaranya:

  1. Kartu Kredit jenis Digital. Bisa kamu gunakan secara langsung.
  2. Kartu Kredit Fisik. Memiliki nomor berbeda dan bisa diterima paling lambat 14 hari kerja.
  • Stay in Control

Limit belanja Kartu Kredit digital ini bisa kamu atur dan sesuaikan dengan pengeluaran – lewat Aplikasi digibank by DBS.

  • Pay Your Way

Kamu bisa mengubah transaksi menjadi cicilan semaumu sampai 60 bulan – kapan dan dimanapun lewat Aplikasi digibank by DBS. Namun sebelum itu, kamu sebaiknya memastikan bahwa Kartu Kredit Fisik telah diaktivasi.

  • Memonitor dan Mengatur Selama 24/7 Melalui Aplikasi digibank by DBS

Kamu bisa mengaktivasi Kartu Kredit Fisik, membuat PIN, mengakses informasi transaksi, hingga menukar Poin Rewards 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS.

  • Iuran Tahun Pertama Cuma-Cuma

Kamu bisa memeroleh gratis iuran tahun pertama melalui adanya minimum pembelanjaan Rp1 juta selama 60 hari pertama sejak disetujuinya kartu.

  • Apply, Lalu Dapatkan Cashback Hingga Rp250 ribu

Sekarang, kamu tidak perlu bimbang dalam berbelanja, karena Kartu Kredit Digital digibank bisa memberimu cashback hingga Rp250 ribu

  • Cashback Sampai Rp50 ribu
    • Cashback Rp50 ribu melalui aktivasi Kartu Kredit Fisik
    • Cashback sebesar 100% sampai Rp1.2 juta teruntuk restoran, layanan streaming langganan, hingga platform multi-service (maksimum Rp100 ribu setiap bulan dalam 12 bulan).
  • E-Voucher Rp200 Ribu

Kamu bisa dapatkan e-voucher untuk belanja di e-commerce favoritmu!

Nah, itulah pembahasan seputar perlengkapan dan tips bersepeda dalam peloton yang sebaiknya kamu ketahui. Jangan lupa apply Kartu Kredit Digital digibank di go.dbs.com/cc untuk mempermudah kamu melengkapi setiap kebutuhannya!