Permainan
04 Dec 2023

Bikin Si Kecil Makin Pintar dengan Alat Permainan Ini!

Pernahkan kamu merasa kesal ketika melihat anak bermain game? Perlu kamu ketahui bahwa membiarkan anak bermain game atau permainan lain dapat membantu mengasah kemampuan otak anak. Penting bagi kamu membeli berbagai alat permainan untuk anak, dengan apply kartu kredit tentu akan mempermudah kamu untuk membelinya.

Bahkan berdasarkan penelitian yang diterbitkan di laman National Institutes of Health, sebuah hasil menunjukkan bahwa anak yang bermain game setidaknya tiga jam per hari atau lebih, menunjukkan kemampuan kognitif yang lebih baik dibandingkan anak yang tidak pernah bermain game.

Ingin tahu lebih jelas mengenai manfaat bermain game dan alat permainan seperti apa saja yang dibutuhkan anak? Intip artikel berikut ini hingga selesai!

Manfaat Permainan Asah Otak Anak, Beli dengan Apply Kartu Kredit

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa dengan permainan yang tepat, dapat membantu mengasah kemampuan otak anak. Berikut ini beberapa manfaat lain yang perlu kamu ketahui:

●     Melatih Daya Ingat

Beberapa jenis permainan, salah satunya puzzle dapat membantu mengasah ingatan anak. Disini anak dilatih untuk dapat mengingat gambar yang utuh dan kemudian mengharuskan ia menyusun potongan-potongan gambar sesuai arahan dan menjadikannya gambar yang utuh kembali. 

●     Membentuk Pola Pikir

Alat permainan tertentu dapat melatih kreatifitas dan juga membentuk pola pikir anak akan pengetahuan yang baru. Seperti misalnya, permainan lego yang mengharuskan anak berpikir untuk menyusun lego menjadi objek yang ia inginkan.

●     Melatih Memecahkan Masalah

Sebagian besar permainan dalam bentuk apapun umumnya dapat melatih anak untuk dapat belajar mandiri dalam menyelesaikan suatu masalah. Pastinya anak akan menemukan kesulitan saat bermain, dan disitu pula anak dengan sendirinya dituntut untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut.

●     Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pada saat anak berhasil menyelesaikan masalah yang ia temukan saat bermain permainan, rasa percaya diri pun akan terbentuk dengan sendirinya. Rasa percaya diri semacam inilah yang perlu dilatih agar anak juga dapat merasa percaya diri ketika berada di lingkungan sosial.

●     Melatih Konsentrasi

Pada saat bermain permainan asah otak, mengharuskan anak untuk dapat lebih konsentrasi dan focus pada permainan yang sedang dimainkannya hingga selesai. Namun peran orang tua tetap dibutuhkan disini untuk selalu memantaunya.

●     Melatih Kesabaran

Permainan asah otak bagi anak memang membutuhkan kesabaran untuk menyelesaikannya dengan benar. Tak jarang anak merasa kesal ketika permainan tersebut tidak dapat terselesaikan. Disinilah momen dimana kesabaran anak dilatih.

Seringnya, anak yang tidak dilatih kesabarannya sejak dini, akan lebih sering mengamuk atau rewel. Hal ini tentu akan berpengaruh pada kehidupannya sehari-hari.

●     Mengasah Kemampuan Motorik

Permainan yang mengasah otak nyatanya dapat menekankan stimulus motorik pada anak, baik motorik halus maupun kasar. Dengan begitu kemampuan motorik anak dapat lebih seimbang dan tentunya membantu anak dalam kegiatannya sehari-hari.

Dengan memberikan permainan mengasah otak juga dapat meningkatkan kemampuan koordinasi antara otak dengan setiap anggota tubuhnya. Sangat membantu bukan?

●     Meningkatkan Kemampuan Bahasa

Pada saat anak bermain, tentunya anak akan menemukan berbagai kosakata baru yang terbilang asing. Maka dari itu, orangtua perlu mendampinginya agar ketika si kecil bertanya, orangtua dapat menjelaskannya secara sederhana, atau juga memberikan koreksi apabila kosakata yang diucapkan salah. 

●     Mempererat Hubungan antara Orang Tua dan Anak

Ketika kamu ikut mendampingi anak saat bermain, secara tidak langsung akan membuat hubunganmu dengan si kecil lebih erat. Disini juga kamu dapat memperhatikan sejauh mana perkembangan yang dialami anakmu.

 
Permainan yang Dapat Tingkatkan Kemampuan Otak Anak

Dari sekian banyaknya jenis permainan, berikut ini beberapa mainan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan otak anak:

●     Permainan Balok

Permainan balok biasanya terbuat dari kayu yang dibuat menjadi berbagai macam bentuk seperti kubus, balok, segitiga, lingkaran, dan bentuk lainnya. Permainan semacam ini dapat melatih anak untuk dapat menyusunnya menjadi berbagai objek yang ia inginkan seperti rumah atau yang lainnya.

●     Flash Card

Ini merupakan permainan di mana terdapat sejumlah kartu dengan berbagai gambar dan warna yang tentunya mendidik.  Biasanya konten yang terdapat pada flash card berupa gambar hewan, sayuran, buah-buahan, pekerjaan atau gambar lainnya yang dikombinasikan dengan berbagai warna menarik bagi anak-anak.

Permainan satu ini tentunya dapat menstimulasi otak anak dengan memperkenalkannya pada berbagai objek. Hal ini juga tentunya dapat melatih daya ingat anak.

●       Origami

Permainan sederhana satu ini juga nyatanya dapat melatih kreatifitas anak. Kamu dapat menyediakan kertas warna warni dan mengajari anak membuat berbagai bentuk seperti binatang, bunga atau bentuk lainnya dengan menggunakan kertas tersebut.

●       Puzzle

Alat permainan satu ini juga memberikan berbagai manfaat bagi otak anak. Selain dapat menstimulasi otak anak, memainkan puzzle juga dapat melatih konsentrasi, melatih daya ingat dan merangsang motorik anak. Kamu dapat menyesuaikan tingkat kesulitan puzzle dengan usia anak agar hasilnya pun lebih efektif.

●       Lego

Lego merupakan permainan yang berupa sejumlah kepingan yang mengharuskan pemainnya berfikir kreatif untuk membentuk sebuah objek yang diinginkan dengan menyusun kepingan-kepingan tersebut. Dengan begitu, imajinasi anak pun akan semakin terlatih.

●       Jenga

Mainan satu ini berupa balok-balok kayu berbentuk persegi panjang yang disusun layaknya menara. Cara bermainnya yaitu dengan memindahkan satu persatu balok kayu tanpa membuat menara kayu tersebut roboh. Disini konsentrasi anak akan terlatih dan juga melatih anak berpikir strategis.

●       Mainan Alphabet dan Angka

Permainan satu ini sangat cocok diberikan kepada anak untuk memperkenalkannya pada berbagai huruf dan angka. Dengan memperkenalkan huruf dan angka kepada anak, akan melatih anak untuk menyusun kata dan mengeja dengan baik.

Tak hanya itu, dengan memperkenalkan huruf dan angka sejak dini, maka hal tersebut juga dapat mengasah kecerdasan berpikir dan juga berhitung anak.

Itulah beberapa contoh alat permainan yang dapat membantu mengasah kemampuan anak. Namun sebelum kamu membelinya, pastikan bahwa mainan tersebut terbuat dari bahan yang aman untuk anak-anak.

Melihat banyaknya manfaat dari permainan yang mengasah otak tersebut, pastikan kamu memberikan mainan tersebut kepada si kecil. Dengan memiliki kartu kredit, kamu tentu dapat membeli berbagai alat permainan tersebut.

Pastikan memilih satu yang memberikan  banyak keuntungan kartu kredit  seperti kemudahan transaksi, promo, dan keunggulan lainnya. Mari penuhi kebutuhan si kecil dengan memberikan permainan terbaik yang dapat melatih kemampuan otak anak bersama Kartu Kredit Digital digibank!

Sebagai kartu kredit digital pertama di Indonesia, tentunya terdapat banyak manfaat dan kemudahan yang dapat kamu dapatkan dari Kartu Kredit Digital digibank. Kartu kredit tanpa fisik dapat dimiliki secara instan karena kamu bisa apply dan approval dalam 60 detik.

Kamu juga bisa bebas iuran tahun pertama dengan melakukan transaksi tanpa nominal minimum dalam 60 (enam puluh) hari pertama sejak kartu disetujui. Tidak hanya itu, limit belanja dapat mudah diatur melalui Aplikasi digibank by DBS.

Tertarik untuk memilikinya? Apply Kartu Kredit Digital digibank sekarang juga dan nikmati segala kemudahannya! Dapatkan informasi lebih lanjut mengenai kartu kredit ini dengan klik di sini!