Transfer ke Luar Negeri
12 Jul 2022

Berapakah Biaya Transfer ke Luar Negeri? Cari Tahu Disini!

Saat ini, layanan pengiriman uang ke luar negeri atau remitansi semakin meningkat. Bukan hanya karena ingin mengirim untuk sanak keluarga, tetapi juga sebagai proses transaksi bisnis atau usaha. Nah, adakah biaya transfer ke luar negeri? Mahalkah?

Pada dasarnya, baik menggunakan jasa bank nasional maupun aplikasi transfer uang ke luar negeri ada yang menerapkan kebijakan biaya transfer. Hal ini yang kemudian membuat nasabah sedikit khawatir untuk mengirim uang ke luar negeri, karena biaya transfer yang cukup tinggi.

Jika sebelum adanya aplikasi, Anda harus melakukan transfer ke luar negeri antar bank dengan biaya transfer yang cukup tinggi, kini ada lebih banyak pilihan. Bahkan ada pula aplikasi yang memungkinkan Anda transfer ke luar negeri tanpa dikenakan biaya transfer.

Selain biaya transfer yang lebih ringan, prosesnya pun lebih cepat. Terlebih lagi, dengan memanfaatkan aplikasi, Anda bisa mentransfer uang ke berbagai negara kapan saja dan dari mana saja. Hanya dengan bermodal aplikasi di dalam smartphone saja.

Berikut ini beberapa aplikasi yang cukup sering digunakan untuk mentransfer uang ke kuar negeri. Di mana masing-masing aplikasi tersebut memiliki kebijakan yang berbeda-beda terkait biaya transfer ke luar negeri.

Biaya Transfer ke Luar Negeri Melalui digibank by DBS

Dengan berkembangnya teknologi, kini Anda bisa transfer ke luar negeri melalui aplikasi. Dengan adanya aplikasi transfer uang ke luar negeri ini, Anda bisa menghemat waktu, tenaga, dan juga biaya.

Tentu saja karena berbasis mobile, maka Anda bisa transfer melalui aplikasi yang sudah di unduh ke dalam ponsel. Jadi, tidak perlu lagi mendatangi kantor Bank dan mengantre. Biaya transfer ke luar negeri lewat aplikasi juga terbilang lebih murah jika dibandingkan dengan transfer lewat bank.

Bagi Anda yang masih bingung memilih aplikasi yang bisa membantu proses transfer uang ke luar negeri lebih cepat, mudah, dan biayanya murah, bisa coba digibank by DBS. Di mana proses transfer bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja tanpa perlu datang ke kantor cabang.

Layanan transfer valas adalah fitur yang dihadirkan oleh Aplikasi digibank by DBS. Sebuah fitur yang memungkinkan nasabah untuk mengirim mata uang asing kepada penerima yang berada di dalam maupun luar negeri.

Adapun fitur transfer valas itu sendiri dibagi ke dalam dua jenis berbeda. Di mana kedua jenis transfer tersebut dibedakan berdasarkan biaya transfer ke luar negeri dan waktu sampainya uang kepada penerima. Berikut ini jenis-jenis transfer valas dari Aplikasi digibank by DBS.

  1. Transfer Valas Gratis atau Bebas Biaya

    Layanan yang pertama yaitu fitur transfer valas bebas biaya. Di mana Anda tidak akan dikenakan biaya atas aktivitas transfer valas, dan uang bisa diterima di hari yang sama oleh penerima. Ini berlaku bagi beberapa negara melalui sistem internal Bank DBS indonesia. Dengan catatan transfer valas menuju negara pemilik mata uang tersebut.

    Sebagai contoh, Anda mentransfer dollar Amerika (USD) ke USA, bisa juga mentransfer dollar Singapura (SGD) ke penerima di Singapura. Meskipun transaksi ini bebas biaya transfer, akan tetapi beberapa bank penerima memberlakukan biaya penerimaan valas. Hal ini tergantung kepada kebijakan masing-masing bank penerima.

    Negara tujuan transfer yang masuk ke dalam layanan bebas biaya ini antara lain negara-negara Uni Eropa seperti Spanyol, Jerman, Prancis, Italia, dan lain sebagainya. Selain itu juga ada Australia, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Hongkong, dan Singapura.

  2. Transfer Valas Jalur Reguler

    Jenis layanan yang kedua yaitu transfer valas melalui jalur reguler atau berbayar. Layanan ini diperuntukkan bagi transaksi pengiriman mata uang asing yang memakai SWIFT (Society Worldwide Interbank Financial Telecommunication).

    Sebuah sistem perbankan tingkat internasional, terkait penerimaan dan pengiriman informasi yang berhubungan dengan transaksi keuangan yang standar lingkungan maupun keamanannya mampu diandalkan.

    Anda harus menggunakan layanan ini di aplikasi digibank by DBS, ketika akan mentransfer mata uang asing yang tidak termasuk dalam layanan bebas biaya. Sebagai contoh yaitu, pengiriman mata uang Yen ke Jepang, dollar Australia ke Amerika Serikat, dan masih banyak lagi lainnya.

    Adapun mata uang yang bisa Anda kirim lewat aplikasi transfer uang ke luar negeri digibank by DBS ini antara lain USD, AUD, CAD, SGD, HKD, Yen, EUR, GBP, CHF, THB, NZD, SEK.

Kelebihan Transfer ke Luar Negeri dengan Aplikasi digibank by DBS

Apa kelebihan digibank by DBS? Mengapa harus menggunakan digibank? Anda akan mendapatkan jawabannya, setelah menyimak berbagai keunggulan aplikasi ini, antara lain seperti:

  • Aplikasi transfer uang ke luar negeri, tujuh hari dalam seminggu hanya dengan melalui Aplikasi digibank by DBS tanpa harus ke kantor cabang terlebih dahulu.

  • Bebas biaya transfer ke luar negeri, sampai lebih dari 20 negara di seluruh dunia. Di mana mata uang yang bisa Anda kirimkan tanpa biaya transfer antara lain USD, AUD, SGD, EUR, GBP, HKD, dan CAD.

  • Senantiasa memberi informasi fixed rate terbaru, dengan nilai tukar mata uang yang kompetitif tanpa tambahan biaya lainnya. Dengan begitu transfer uang pun menjadi lebih ringan. Meskipun kurs mata uang bisa berubah-ubah, tetapi ketika Anda melakukan transfer valas, maka kurs yang tertera pada aplikasi digibank yang digunakan.

  • Uang yang dikirimkan bisa sampai pada penerima di hari yang sama dengan hari Anda mengirim, ketika proses pengiriman tidak melewati batas waktu yang telah ditentukan.

Batas waktu proses transfer ialah pukul 16.00 WIB untuk transfer gratis, dan 17.00 WIB untuk layanan reguler. Namun selain batas proses juga ada batas waktu masing-masing mata uang untuk transfer bebas biaya. Di mana batas waktu mata uang berbeda-beda, dan batas waktu mata uang yang paling mempengaruhi waktu diterimanya uang oleh si penerima.

Apabila Anda mengirim atau mentransfer uang sebelum batas waktu proses habis, akan tetapi melewati batas waktu mata uang, maka pengiriman diproses hari itu juga, tetapi diterima hari kerja berikutnya.

Sementara jika transfer dilakukan sebelum batas waktu proses maupun batas waktu mata uang, maka akan diterima hari itu juga oleh penerima. Beda lagi jika transfer dilakukan lewat dari waktu proses dan juga waktu mata uang. Otomatis proses transfer dilakukan hari kerja berikutnya, begitu juga dengan penerimaan uang oleh penerima.

Peraturan tersebut berlaku untuk layanan transfer gratis alias bebas biaya. Berbeda lagi jika Anda menggunakan layanan reguler atau berbayar. Tidak ada batas waktu mata uang, hanya batas waktu pemrosesan. Ketika Anda melakukan transfer sebelum batas waktu proses, uang akan diterima penerima maksimal tiga hari kerja.

Sementara jika Anda melewati pukul 17.00, yakni batas waktu proses maka uang akan diterima oleh penerima maksimal empat hari kerja, karena proses transfer dilakukan hari berikutnya.

Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, aktivitas Anda yang berkenaan dengan transfer uang ke luar negeri akan lebih efektif serta efisien. Anda juga tidak akan dikenakan biaya transfer ke luar negeri karena terdapat layanan transfer bebas biaya. Hanya saja beberapa bank penerima memiliki kebijakan biaya penerimaan uang oleh si penerima.

Segera download Aplikasi digibank by DBS dan nikmati manfaat serta berbagai kemudahannya.

Di sana Anda akan memperoleh banyak informasi terkait fitur-fitur yang dihadirkan oleh digibank by DBS. Selain itu, Anda juga bisa melihat rincian biaya transfer mata uang asing untuk layanan transfer valas reguler. Selain itu, terdapat pula rincian biaya pembatalan ataupun perubahan pada transaksi transfer valas.

Sementara untuk biaya refund, biasanya tergantung pada kebijakan masing-masing bank penerima. Dalam menggunakan Aplikasi digibank by DBS, Anda akan diberikan batasan transfer per hari juga per bulan.

Pada pengaturan standar atau default, batas transfer valas harian adalah sebesar US$5000. Sementara untuk batas transfer valas tiap bulannya yakni sebesar US$25000. Bagaimana jika Anda transfer sudah melebihi batas dalam satu hari. Anda bisa bisa melakukan kustomisasi batas transfer harian di laman profil, tepatnya menu utama digibank by DBS.

Sementara apabila transaksi Anda melampaui batas transfer bulanan, maka aplikasi tidak akan bisa melanjutkan kecuali di bulan berikutnya. Sebagai alternatif solusi, Anda bisa mendatangi kantor cabang Bank DBS Indonesia, sekaligus membawa dokumen pendukung.

Supaya transaksi transfer valas berjalan lancar, pastikan Anda sudah memasukkan nama penerima, bank penerima, dan nomor rekening penerima beserta nominal yang akan ditransfer dengan benar. Hal ini karena transaksi yang telah diautentikasi tidak dapat dibatalkan, termasuk juga transaksi valas.

Anda bisa mengecek status transfer valas melalui notifikasi yang dikirimkan ke email terdaftar. Selain itu juga bisa melalui aplikasi dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Masuk menu utama digibank by DBS dengan menekan ikon berwarna merah di sudut kiri atas.

  • Lanjutkan dengan memilih menu 'transaksi' kemudian pilih menu 'transaksi valas'.

  • Kemudian tekan menu 'histori transaksi' yang tertera.

Sangat mudah bukan untuk dioperasikan? Soal keamanan, digibank by DBS tidak perlu Anda ragukan. DBS sendiri telah menjadi bank pertama di dunia yang menerima tiga penghargaan sekaligus. Jadi, soal kredibilitas sudah terbukti aman dan terpercaya.

Aplikasi digibank by DBS pun terus melakukan pembenahan guna menjawab setiap kebutuhan penggunanya. Memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna aplikasi menjadi misi utama dari digibank by DBS.

Dengan hadirnya aplikasi transfer uang ke luar negeri digibank by DBS, diharapkan dapat membantu mempermudah masyarakat untuk bisa mengirim uang ke luar negeri. Baik untuk kepentingan personal, biaya pendidikan, maupun kepentingan dalam rangka transaksi bisnis yang legal tentunya.

Transfer ke luar negeri jadi lebih mudah dan cepat dengan adanya digibank by DBS. Hanya dengan mengakses aplikasi yang telah diunduh pada smartphone, Anda bisa melakukan transfer valas kapan pun dan dari mana pun.

Biaya transfer ke luar negeri melalui aplikasi ini juga sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan transfer antar bank, bahkan ada layanan gratis untuk transfer mata uang tertentu ke negara-negara tertentu. Jadi, jangan tunda lagi! Segera gunakan digibank by DBS untuk menikmati berbagai kemudahan dalam melakukan transaksi keuangan.