Remittance
12 Jul 2022

Praktis! Ini Cara Kerja & Keunggulan Layanan Remittance

Salah satu layanan pengiriman uang ke luar negeri yang seringkali digunakan oleh masyarakat yaitu layanan Remittance. Layanan yang satu ini dapat membantu masyarakat melakukan pengiriman uang antar negara menggunakan valuta asing.

Akan tetapi, cukup banyak pihak yang belum mengetahui bagaimana cara kerja dan alasan mengapa pengiriman uang lewat Remittance sangat membantu. Berikut ini ulasan mengenai layanan pengiriman uang ke luar negeri yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Layanan Remittance?

Sebelum mengetahui cara kerja dan alasan pengiriman uang ke luar negeri menggunakan layanan Remittance, Anda perlu mengetahui pengertian dari Remittance itu sendiri. Istilah Remittance cukup asing bagi sebagian masyarakat di Indonesia yang jarang menggunakan layanan lembaga keuangan untuk transaksi antar negara.

Layanan remitansi merupakan salah satu cara pengiriman uang ke luar negeri dalam bentuk valuta asing. Transaksi menggunakan layanan ini bisa digunakan antar individu maupun instansi atau perusahaan. Biasanya, Anda bisa menemukan dan menggunakan layanan ini melalui lembaga keuangan dalam bentuk instansi bank maupun non-bank.

Biasanya, pihak individu menggunakan layanan transfer uang dalam bentuk valuta asing ke luar negeri dilakukan karena beberapa alasan. Seperti halnya untuk mengirimkan uang saku untuk keluarga yang sedang menuntut ilmu di luar negeri.

Selain pelajar dan mahasiswa yang menuntut ilmu di luar negeri, pengiriman uang antar negara juga seringkali digunakan oleh para tenaga kerja Indonesia. Sehingga transaksi pengiriman uang bisa tetap dilakukan Walaupun terbentang jarak yang jauh sekalipun.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Remittance

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat melakukan Remittance ataupun saat akan melakukan pengiriman uang dalam bentuk valuta asing. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan transfer uang ke luar negeri.

  1. Jumlah Dana yang Akan Dikirim Cukup di Rekening

    Hal pertama yang perlu Anda perhatikan untuk menggunakan layanan Remittance yaitu memastikan jumlah dana yang akan dikirim cukup dalam rekening. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan pengecekan jumlah saldo dalam rekening sebelum mengirim uang.

    Hal tersebut perlu diperhatikan dengan seksama agar transaksi pengiriman uang ke luar negeri sukses. Karena kurangnya jumlah saldo pada rekening akan mengakibatkan transaksi Remittance yang dilakukan gagal.

  1. Menentukan Jenis Mata Uang Asing yang Akan Dikirim

    Hal kedua yang perlu Anda perhatikan untuk melakukan transaksi Remittance yaitu menentukan jenis mata uang asing yang akan dikirim. Pastikan Anda menggunakan lembaga keuangan yang menyediakan pengiriman uang dengan mata uang asing yang dibutuhkan.

  1. Pilihlah Lembaga Keuangan yang Cepat Tanggap

    Selanjutnya, Anda juga perlu memilih lembaga keuangan baik pihak bank maupun non-bank yang dapat memproses layanan Remittance dengan cepat. Hal tersebut terjadi karena layanan Remittance yang diproses cukup lama akan membuat Anda merasa khawatir.

    Pengiriman uang ke luar negeri biasanya membutuhkan waktu yang lebih lama daripada pengiriman uang lainnya. Sehingga Anda bisa memilih lembaga keuangan yang bisa memproses pengiriman uang ke luar negeri di hari yang sama.

  1. Memilih Bank dengan Tagihan Biaya yang Kompetitif

    Kemudian, hal lain yang juga perlu Anda perhatikan dengan baik yaitu tagihan biaya pengiriman uang ke luar negeri. Tagihan biaya yang dikenakan oleh pihak lembaga keuangan perlu dipertimbangkan baik, apalagi bagi Anda yang yang seringkali melakukan pengiriman uang ke luar negeri.

    Sehingga Anda perlu mencari lembaga keuangan dengan tagihan biaya yang kompetitif atau bahkan gratis. Agar proses transaksi pengiriman uang ke luar negeri bisa dilakukan secara berulang-ulang.

  1. Melengkapi Penulisan di Kolom Berita

    Terakhir, hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pengiriman uang ke luar negeri dalam bentuk valuta asing yaitu melengkapi penulisan di kolom berita secara lengkap. Penulisan di kolom berita perlu dilakukan untuk menjelaskan identitas diri penerima.

    Hal tersebut yang kemudian digunakan oleh bank koresponden untuk melakukan screening terhadap calon penerima. Sehingga uang yang Anda kirimkan ke luar negeri bisa sampai pada pihak penerima yang dituju.

Cara Kerja Remittance untuk Proses Pengiriman Uang ke Luar Negeri

Layanan pengiriman uang ke luar negeri tidak jauh berbeda dengan cara pengiriman uang lainnya. Yuk, simak cara kerja pengiriman uang ke luar negeri dalam bentuk valuta asing agar pengiriman uang berjalan lancar.

  1. Membuka Akses Layanan Remittance

    Langkah pertama transfer uang ke luar negeri yaitu dengan cara membuka akses layanan Remittance. Anda bisa mengunduh dan menggunakan layanan Remittance yang tersedia dalam aplikasi maupun mendatangi bank terdekat.

  1. Mengisi Kolom Berita dengan Lengkap

    Setelah itu, Anda bisa melanjutkan cara kerja layanan ini dengan mengisi kolom berita secara lengkap. Kolom berita biasanya terdiri dari identitas diri penerima, bank koresponden milik pihak penerima serta jumlah uang yang akan Anda kirimkan. Pastikan semua informasi dalam kolom berita terisi dengan benar dan lengkap.

  1. Mengubah Mata Uang dalam Bentuk Valuta Asing

    Selanjutnya, langkah yang bisa Anda ambil setelah mengisi formulir atau kolom berita yaitu mengubah mata uang yang akan dikirimkan dalam bentuk valuta asing. Pastikan lembaga keuangan yang Anda pilih menyediakan transaksi pengiriman uang dalam bentuk mata asing pihak penerima.

    Pada langkah ini, lembaga keuangan akan melakukan konversi dana yang akan dikirimkan melalui debit maupun tabungan Valas pengirim. Bagi masyarakat yang ingin menggunakan layanan ini untuk transfer uang ke luar negeri tanpa memiliki tabungan Valas bisa dilakukan dengan cara mengkonversi dana dalam bentuk valuta asing.

  1. Menghubungkan Layanan dengan Bank Koresponden

    Setelah mengubah dana yang akan dikirimkan menjadi valuta asing, lembaga keuangan akan menghubungkan layanan dengan bank koresponden. Bank koresponden akan menjadi penghubung atau perantara bagi pengirim uang dengan penerima.

  1. Bank Koresponden Melanjutkan Proses Kepada Pihak Penerima

    Terakhir, bank koresponden yang telah menerima dana pengiriman akan meneruskan proses dengan melakukan screening kepada pihak yang tertera dalam kolom berita. Sehingga bank koresponden akan memastikan jika proses pengiriman uang sukses diterima oleh pihak yang dituju.

Alasan Penggunaan Layanan Remittance

Ada beberapa alasan yang dimiliki masyarakat untuk menggunakan layanan transfer uang ke luar negeri. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui alasan penting penggunaan Remittance sebagai jasa pengiriman uang ke luar negeri.

  1. Proses Pengiriman Uang Antar Negara Lebih Cepat

    Alasan pertama yang seringkali membuat masyarakat menggunakan layanan transfer uang ke luar negeri yaitu karena proses pengiriman yang cepat. Hal tersebut terjadi karena pengiriman uang menggunakan layanan ini melibatkan bank koresponden. Sehingga uang lebih cepat sampai pada pihak penerima.

  1. Layanan Pengiriman yang Terpercaya

    Selanjutnya, alasan penggunaan layanan oleh masyarakat yaitu karena pelayanan yang terpercaya. Beberapa orang merasa khawatir menggunakan layanan lembaga keuangan dalam proses pengiriman uang. Sehingga uang yang Anda kirimkan bisa sampai kepada pihak penerima sesuai dengan yang dimaksud.

  1. Tagihan Biaya Transfer yang Terjangkau

    Kemudian, alasan lainnya yang masyarakat miliki untuk menggunakan layanan ini yaitu terkait tagihan biaya yang lebih terjangkau. Bahkan, beberapa pihak lembaga menawarkan tagihan biaya yang gratis untuk setiap transaksi pengiriman uang ke luar negeri.

  1. Tersedia Pengiriman ke Berbagai Negara dengan Mata Uang Asing

    Alasan lain yang juga seringkali digunakan untuk menggunakan layanan ini yaitu terkait pengiriman uang ke berbagai negara menggunakan mata uang asing. Pastikan lembaga negara yang akan Anda pilih menyediakan pengiriman uang dengan mata uang asing yang dimiliki pihak penerima.

Kelebihan Penggunaan Produk digibank by DBS untuk Transfer Valas

Selain mengetahui beberapa alasan penting penggunaan layanan Remittance, Anda juga perlu mengetahui keunggulan produk digibank by DBS. Produk digibank by DBS yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mengirim uang ke luar negeri dalam bentuk valuta asing. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap terkait Transfer Valas.

  1. Akses Layanan Terbuka Selama 24/7

    Kelebihan produk digibank by DBS yaitu memiliki akses pengiriman uang ke luar negeri yang terbuka bebas selama 24/7. Akses tersebut bisa dengan bebas Anda gunakan melalui Aplikasi digibank by DBS.

    Sehingga Anda bisa mengirim uang ke luar negeri kapanpun dan saat berada dimana saja tanpa perlu mendatangi bank secara langsung. Bahkan, melalui Aplikasi digibank by DBS Anda bisa melakukan transaksi valas dengan mudah tanpa perlu mengantri.

  1. Tagihan Biaya Transfer yang Gratis

    Kelebihan lainnya yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk digibank by DBS yaitu biaya tagihan transaksi yang relatif terjangkau bahkan gratis. Anda bisa melakukan pengiriman uang ke luar negeri dengan tagihan gratis untuk tujuan pengiriman ke lebih dari 20 negara.

    Selain itu, Anda bisa melakukan pengiriman uang ke luar negeri menggunakan 7 pilihan mata uang asing di Aplikasi digibank by DBS. 7 mata uang asing tersebut terdiri dari mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, dan GBP.

  1. Nilai FX Rate Terkini dan Juara

    Selanjutnya, Anda bisa menikmati nilai FX rate yang terkini dan juara menggunakan produk digibank by DBS. Hal tersebut berhubungan dengan nilai tukar yang bersifat kompetitif dan tanpa tambahan biaya lainnya membuat proses transfer lebih ringan.

  1. Proses Pengiriman yang Sampai di Hari yang Sama

    Terakhir, Anda bisa menikmati layanan transfer uang ke luar negeri yang cepat. Hal tersebut terjadi karena proses pengiriman uang ke luar negeri dengan melibatkan pihak bank koresponden bisa diproses dengan cepat bahkan sampai di hari yang sama.

    Proses pengiriman yang lebih cepat sampai kepada pihak penerima bisa Anda dapatkan dengan memenuhi syarat yang berlaku. Syarat tersebut bisa Anda lakukan dengan cara memproses transaksi tidak lebih dari batas waktu yang ditentukan.

Bagaimana, menarik bukan beberapa keunggulan penggunaan produk digibank by DBS seperti pada ulasan di atas? Anda juga bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS untuk proses transaksi keuangan lainnya. Demikian ulasan singkat mengenai cara kerja dan alasan penggunaan layanan Remittance, semoga bermanfaat.