Transfer Uang ke Luar Negeri
12 Jul 2022

Kriteria Layanan Terbaik untuk Transfer Uang ke Luar Negeri

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan transfer uang ke luar negeri semakin meningkat. Hal tersebut tentu saja membuat banyak pihak dan masyarakat perlu memahami dengan baik cara transfer ke luar negeri untuk memudahkan transaksi antara pengirim dan penerima uang.

Beberapa alasan yang menyebabkan meningkatnya proses transfer uang ke luar negeri yaitu karena banyaknya Warga Negara Indonesia  yang bekerja, mencari ilmu dan menetap di luar negeri. Sehingga situasi tersebut mendukung peningkatan layanan Remittance.

Layanan Remittance merupakan istilah yang digunakan untuk melakukan transfer (pengiriman) uang yang berbentuk valuta asing. Selain itu, Remittance juga termasuk layanan yang bisa digunakan untuk menerima uang yang dikirim oleh pihak tertentu dari luar negeri.

Biasanya, layanan Remittance atau transfer uang ke luar negeri dilakukan oleh individu maupun instansi tertentu. Beberapa pihak yang menyediakan layanan Remittance ini berasal dari lembaga keuangan seperti halnya non-bank maupun bank.

Manfaat Penggunaan Layanan Remittance

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan layanan Remittance untuk mengirim dan menerima uang dalam bentuk valuta asing. Yuk, simak ulasan berikut ini untuk mengetahui apa saja manfaat dari proses transfer uang ke luar negeri.

  1. Manfaat Layanan Remittance untuk Negara

    Manfaat dari penggunaan layanan Remittance bisa dirasakan oleh negara terutama di bidang keuangan. Beberapa manfaat layanan Remittance untuk negara seperti halnya berkontribusi untuk membantu pertumbuhan ekonomi negara dan juga penolong saat terjadi krisis keuangan yang terjadi di suatu negara.

  1. Manfaat Layanan Remittance untuk Masyarakat

    Selain itu, proses transfer uang ke luar negeri juga memiliki beberapa manfaat untuk masyarakat sebagai penerima dan pengirim. Manfaat pertama dari layanan Remittance yaitu untuk memudahkan proses pengiriman dan penerimaan uang dari luar negeri. Sehingga masyarakat bisa mengirim dan menerima uang dari anak maupun keluarga.

    Kedua, memahami cara transfer ke luar negeri dapat dilakukan dengan mudah melalui website maupun aplikasi dengan sistem keamanan yang terjamin. Selain itu, Anda juga dapat melakukan transfer uang ke luar negeri dengan biaya transfer yang relatif rendah menggunakan layanan Remittance daripada layanan transfer uang lainnya.

    Ketiga, manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat dengan menggunakan layanan Remittance untuk transfer uang ke luar negeri yaitu keamanan transaksi terjamin. Hal tersebut terjadi karena lembaga keuangan yang memiliki layanan ini menjamin sistem keamanan dan juga berada di bawah pengawasan pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Ciri-ciri Pelayanan Terbaik dari Pelayanan Transfer Uang ke Luar Negeri

Ada beberapa ciri lembaga keuangan yang memiliki layanan Remittance terbaik yang cocok untuk digunakan. Simak ulasan di bawah ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja ciri-ciri pelayanan transfer uang ke luar negeri yang terbaik.

  1. Pelayanan Transfer Uang ke Luar Negeri Cepat dan Mudah

    Ciri pertama yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan layanan Remittance yaitu memilih lembaga keuangan yang cepat dan mudah. Beberapa lembaga keuangan bisa diakses dengan cepat dan mudah karena menggunakan jaringan internet yang bisa diakses secara maksimal.

    Beberapa lembaga keuangan yang menyediakan layanan Remittance biasanya menggunakan website maupun aplikasi untuk memudahkan para nasabah dalam proses penggunaannya. Sehingga Anda tidak perlu keluar rumah dan mengantri di bank untuk melakukan proses transfer uang antar negara.

    Selain menawarkan kemudahan dalam penggunaannya dengan menggunakan akses jaringan internet melalui website dan aplikasi, layanan Remittance juga dapat dilakukan dengan cepat. Bahkan, beberapa lembaga keuangan menjamin proses transaksi berhasil dalam waktu hitungan jam.

  1. Memudahkan Nasabah untuk Menerima dan Melakukan Transfer Uang ke Luar Negeri

    Ciri kedua yang dimiliki oleh layanan Remittance terbaik yaitu memudahkan nasabah untuk menerima dan melakukan transfer menggunakan valuta asing. Bahkan, kemudahan cara transfer ke luar negeri menggunakan layanan Remittance dapat dilakukan oleh masyarakat yang belum tersentuh oleh layanan perbankan sebelumnya.

    Hal tersebut terjadi karena layanan yang satu ini bisa dilakukan di berbagai daerah dan mendukung masyarakat untuk memiliki akun rekening perbankan untuk melakukan transaksi. Sehingga semakin banyak masyarakat yang menjadi nasabah aktif yang bisa melakukan transaksi keuangan walaupun menggunakan valuta asing.

  2. Tagihan Biaya Transfer Lebih Murah Bahkan Gratis

    Selanjutnya, Anda juga bisa memilih lembaga keuangan yang menyediakan layanan ini dengan tarif biaya transfer murah. Ciri-ciri yang satu ini dimiliki hampir oleh seluruh lembaga keuangan yang memiliki layanan Remittance. Karena layanan Remittance tergolong paling terjangkau daripada penyedia jasa pengiriman uang lainnya.

  3. Keamanan Transfer Uang ke Luar Negeri Terjamin

    Terakhir, ciri-ciri penyedia layanan Remittance yang cocok untuk digunakan yaitu lembaga keuangan yang memiliki keamanan terjamin. Hal tersebut berarti jika setiap proses transaksi maupun kegiatan transfer uang yang Anda lakukan bisa dipertanggungjawabkan oleh pihak lembaga keuangan.

    Proses pengiriman uang tersebut juga bisa dilakukan secara transparan oleh sebagian besar lembaga keuangan. Sehingga nasabah bisa mengetahui sekaligus memantau proses pengiriman uang dari maupun ke luar negeri melalui website ataupun aplikasi yang tersedia.

    Anda bisa memilih lembaga keuangan terpercaya yang berada dibawah pengawasan beberapa license negara. Seperti halnya lembaga keuangan yang sudah mendapatkan lisensi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) maupun BI (Bank Indonesia).

Komponen dalam Bisnis Remittance

Setelah mengetahui beberapa ciri yang dimiliki oleh lembaga keuangan dengan layanan Remittance terbaik, Anda juga perlu mengetahui istilah dan komponen yang sering digunakan dalam bisnis Remittance. Berikut ulasan ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja komponen dan istilah dalam bisnis Remittance.

  1. Beneficiary Bank

    Istilah pertama yang perlu Anda ketahui dan seringkali digunakan dalam bisnis Remittance yaitu Beneficiary Bank. Komponen yang satu ini menggambarkan dan menjelaskan terkait bank tujuan yang digunakan oleh calon penerima uang. Sehingga proses pengiriman uang Remittance dari bank lain bisa sukses dilakukan.

    Setelah itu, pihak Beneficiary Bank akan melanjutkan tugas pengiriman uang dari bank lain sesuai dengan permintaan dan instruksi yang diberikan. Sehingga penerima uang Remittance bisa segera mendapatkan valuta asing yang dikirimkan oleh pengirim.

  1. Beneficiary

    Istilah kedua yang perlu Anda ketahui dan sering digunakan untuk bisnis Remittance yaitu Beneficiary. Komponen yang satu ini merupakan pihak yang namanya tertera dalam formulir pada website ataupun aplikasi Remittance.

    Pihak Beneficiary yang namanya tertera dalam aplikasi Remittance tersebut yang berhak menerima uang sesuai dengan instruksi pengirim. Sehingga valuta asing yang dikirimkan bisa sampai pada penerima yang dituju.

  1. Remitting Bank

    Selanjutnya adalah komponen Remitting Bank yang juga seringkali digunakan dalam bisnis Remittance. Remitting merupakan lembaga keuangan atau bank yang memiliki pelayanan Remittance.

    Sehingga lembaga keuangan tersebut dapat digunakan untuk mengirim uang ke luar negeri atau mengirim valuta asing. Oleh karena itu, nasabah bisa melakukan pengiriman valuta asing sesuai dengan kebutuhan dan keinginan.

  1. Correspondent Bank

    Terakhir, istilah ataupun komponen yang seringkali digunakan dalam bisnis Remittance yaitu Correspondent Bank. Correspondent Bank merupakan bank perantara yang dapat menjadi penghubung antara bank asal dan bank penerima. Sehingga proses pengiriman valuta asing bisa sampai pada pihak penerima atau Beneficiary.

Kelebihan Transfer Uang di Luar Negeri dengan digibank by DBS

Salah satu lembaga keuangan yang memiliki layanan Remittance terbaik dan cocok digunakan oleh nasabah untuk mengirim valuta asing adalah digibank by DBS. Produk yang dimiliki oleh digibank by DBS yang bisa nasabah gunakan untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri adalah Transfer Valas, berikut ini kelebihan yang dimiliki.

  1. Akses Pengiriman Valuta Asing Tanpa Batas Selama 24/7

    Saat Anda menggunakan aplikasi digibank by DBS untuk melakukan pengiriman valuta asing, maka Anda bisa bebas mengakses layanan kapanpun. Hal tersebut terjadi karena produk digibank by DBS dapat diakses melalui aplikasi yang tersedia.

    Sehingga Anda tidak perlu keluar rumah dan datang ke bank untuk melakukan pengiriman uang ke luar negeri. Cukup dengan klik layanan Remittance pada menu yang tersedia di Aplikasi digibank by DBS, proses transaksi pengiriman uang valuta asing mudah dilakukan.

  1. Biaya Transfer Valas Gratis ke Lebih dari 20 Negara

    Kelebihan kedua yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk digibank by DBS yaitu biaya transfer gratis untuk tujuan pengiriman ke lebih dari 20 negara. Tidak hanya itu, biaya transfer tersebut bebas biaya transfer dengan tujuh mata uang seperti USD, SGD, CAD, AUD, EUR, HKD dan GBP.

    Namun, nasabah perlu membayar biaya transfer untuk menggunakan produk digibank by DBS jika negara dan mata uang yang dituju tidak tertera dalam pelayanan. Sehingga, transaksi tersebut akan masuk ke dalam layanan transfer valas reguler.

  2. Memiliki FX Rate Terkini dan Juara

    Selanjutnya, Anda juga bisa memiliki FX rate terkini dan kompetitif tanpa tambahan biaya lainnya. Hal tersebut terjadi karena memiliki nilai tukar yang kompetitif sehingga membuat nasabah bisa melakukan transfer menjadi lebih ringan.

  3. Valuta Asing Sampai di Hari yang Sama

    Terakhir, kelebihan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan produk digibank by DBS yaitu dapat mengirimkan valuta asing yang cepat sampai. Bahkan, penggunaan produk yang satu ini memiliki penawaran dengan pengiriman valuta asing yang bisa sampai di hari yang sama pada pihak yang dituju.

    Hal tersebut bisa dengan mudah dilakukan jika Anda melakukan transaksi yang dilakukan sebelum batas waktu yang ditentukan. Sehingga proses pengiriman uang ke luar negeri bisa sampai lebih cepat.

    Ada dua persyaratan yang perlu Anda penuhi untuk menggunakan layanan Remittance pada digibank by DBS. Pertama, Anda perlu menggunakan Aplikasi digibank dari bank DBS.

    Kemudian, syarat kedua penggunaan digibank by DBS yaitu melakukan proses transaksi sesuai dengan limit bulanan yang dimiliki. Limit penggunaan Transfer Valas dari digibank by DBS bulanan sebesar USD 25,000.

Bagaimana, mudah bukan penggunaan lembaga keuangan untuk mengirim valuta asing? Anda bisa menggunakan produk digibank by DBS untuk mendapatkan berbagai kelebihan pengiriman valuta asing sesuai kebutuhan seperti pada ulasan di atas. Demikian ulasan mengenai transfer uang ke luar negeri, semoga bermanfaat.