Aplikasi investasi terbaik
20 Mar 2022

Siapkan 8 Hal Ini Sebelum Pakai Aplikasi Investasi Terbaik

Dalam melakukan investasi kamu perlu mempelajari dan mempertimbangkan banyak hal. Selain memilih aplikasi investasi terbaik yang legal dan terpercaya kamu juga perlu mempersiapkan beberapa hal sebelum berinvestasi.

Meskipun investasi termasuk hal penting yang sangat disarankan bukan berarti kamu bisa melakukannya tanpa melakukan persiapan dan pertimbangan. Tanpa persiapkan yang matang kamu pasti akan kesulitan menjalankannya dan mendapatkan hasil yang maksimal.

Oleh karena itu kamu perlu mengetahui apa saja hal-hal penting yang harus dipersiapkan sebelum menginvestasikan uang di aplikasi investasi terbaik. Supaya kamu bisa memaksimalkan keuntungan dan menjalankan investasi tanpa ada kendala.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan dan Dipersiapkan Sebelum Berinvestasi

Salah satu cara menghasilkan pendapatan pasif yaitu dengan berinvestasi tapi tidak semua orang mendapatkan keuntungan yang mereka impikan dari investasi yang dilakukan. Hal ini bisa terjadi karena berbagai faktor salah satunya karena kurangnya persiapan saat mengambil keputusan.

Persiapkan menjadi langkah awal yang cukup riskan dan harus diperhatikan sebelum benar-benar terjun ke dunia investasi. Mengenal jenis instrumen investasi juga menjadi salah satu langkah awal yang cukup penting.

Supaya kamu bisa mengetahui seperti apa cara kerjanya dan bagaimana perhitungan keuntungan yang didapatkan. Nah, bagi kamu yang berencana melakukan investasi sebaiknya perhatikan dan persiapkan beberapa hal berikut ini.

  1. Pastikan Penghasilan Lebih Besar dari Pengeluaran
    Hal pertama yang harus kamu perhatikan saat berencana melakukan investasi yaitu dengan memastikan bahwa gajimu lebih besar dari pengeluaran. Pengeluaran yang lebih tinggi dari pendapatan menandakan bahwa kondisi keuangan sedang tidak sehat.
    Perlu kamu tahu dalam melakukan investasi di aplikasi investasi kamu harus menggunakan uang dari sisa gajimu. Walaupun investasi itu penting bukan berarti kamu harus menjadikannya prioritas utama.
    Sebagian orang menganggap bahwa investasi itu penting di atas segalanya dan mengorbankan uang kebutuhan sehari-harinya untuk berinvestasi. Alhasil mereka justru kesulitan dalam urusan keuangan karena sebagian besar gajinya habis untuk berinvestasi di platform yang belum tentu terjamin legalitasnya.
    Jadi sepenting apa pun itu masih lebih penting menggunakan uang untuk kebutuhan pokok sehari-hari. Jangan berinvestasi jika keuanganmu sedang pas-pasan investasi sebaiknya dilakukan ketika keuanganmu telah berada di titik berlebih dan semua kebutuhan sudah tercukupi dengan baik.
  2. Tidak Memiliki Utang yang Terlalu Banyak
    Hal penting selanjutnya yang harus kamu perhatikan sebelum melakukan investasi yaitu tidak memiliki utang melebihi 30 persen dari total penghasilanmu. Jika kamu memiliki utang atau cicilan melebihi 30 persen sebaiknya jangan melakukan investasi terlebih dulu.
    Fokuslah melunasi utang-utang tersebut selanjutnya barulah kamu bisa fokus berinvestasi secara rutin di aplikasi investasi terbaik. Membayar utang termasuk kewajiban yang harus dipenuhi dan masuk dalam kebutuhan pokok setiap bulannya.
    Akan terasa berat jika kamu memaksakan diri melakukan investasi di kondisi kondisi keuangan yang sedang kurang baik. Untuk itu sebelum melakukan investasi pastikan kamu tidak memiliki utang yang melebihi 30 persen dari jumlah pendapatan dan memiliki uang lebih yang belum tahu dimanfaatkan untuk apa. 
  3. Siapkan Dana Darurat Lebih Dulu
    Hal selanjutnya yang harus dipersiapkan sebelum melakukan investasi di aplikasi investasi terbaik adalah menyiapkan dana darurat. Sebelum menggunakan sisa gajimu untuk kebutuhan investasi sebaiknya gunakan untuk menyiapkan dana darurat terlebih dulu. Dana darurat berbeda dengan tabungan biasa karena dikhususkan untuk mengantisipasi peristiwa tak terduga di masa mendatang.
    Misalnya seperti rumah kebakaran, jatuh sakit, kecelakaan, diberhentikan dari kantor, bisnis mengalami kerugian, dan masalah genting lainnya. Memiliki dana darurat sebenarnya lebih penting dibandingkan dengan berinvestasi.
    Oleh karena itu sebaiknya sisihkan sebagian pendapatanmu untuk mengumpulkan dana darurat terlebih dulu. Setelah target dana darurat sudah tercapai barulah kamu bisa melakukan investasi dengan lebih tenang dan nyaman. 
  4. Pahami dan Pelajari Berbagai Instrumen Investasi
    Nah, jika kamu sudah melakukan hal-hal di atas dan sudah siap melakukan investasi di aplikasi investasi terbaik. Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah memahami dan mempelajari instrumen investasi yang akan kamu gunakan. Pastikan jangan terlalu fokus pada satu instrumen tapi pelajari beberapa instrumen investasi sekaligus.
    Supaya kamu memiliki referensi dan pengetahuan yang lebih luas tentang dunia investasi, sebaiknya jangan malu bertanya kepada investor senior yang sudah berpengalaman. Selain itu kamu juga perlu mempelajarinya secara mandiri melalui internet dan forum-forum online.
    Jika kamu baru terjun ke dunia investasi sebaiknya jangan mengambilnya risiko yang terlalu tinggi. Mulailah dengan memilih jenis instrumen investasi yang rendah risiko meskipun imbal hasil yang ditawarkan lebih sedikit karena kamu perlu belajar secara perlahan-lahan terlebih dulu.
    Jangan terlalu berambisi mendapatkan keuntungan besar dari investasi karena untuk mendapatkan imbal hasil yang besar kamu juga harus menghadapi risiko yang tinggi. Untuk itu sebaiknya mulailah secara bertahap dan dapatkan keuntungan sesuai dengan profil resikomu.
    Nah, selain mempelajari jenis-jenis instrumen investasi kamu juga perlu mengenal profil resikomu. Setiap orang mempunyai profil risikonya masing-masing jadi setiap orang memiliki kebutuhan investasi yang berbeda-beda.
    Itulah mengapa kamu tidak dianjurkan melakukan investasi karena terpengaruh atau ikut-ikutan teman. Sebaiknya tentunya jenis instrumen dan aplikasi investasi  yang tepat berdasarkan kebutuhanmu pribadi.
  5. Tentukan Tujuan yang Jelas
    Setelah mempelajari beberapa instrumen investasi dan mengenal profil resikomu, selanjutnya kamu perlu menentukan tujuan yang jelas. Investasi tanpa didampingi dengan tujuan yang jelas akan berjalan tanpa arah. Sehingga hasil yang didapatkan pun juga kurang maksimal.
    Supaya investasi yang dilakukan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar sebaiknya pikirkan tujuan investasi terlebih dulu. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda sehingga instrumen yang digunakan juga akan berbeda mengikuti kebutuhan dan tujuannya masing-masing.
    Jadi dalam tahap ini kamu harus memikirkan dan menentukannya secara mandiri. Dengan memiliki tujuan investasi yang jelas, investasi yang dilakukan akan lebih terarah dan bisa berjalan dengan lancar.
    Mempunyai tujuan investasi yang jelas akan membantumu memilih jenis instrumen dan aplikasi investasi yang tepat. Jadi jangan meremehkan tujuan investasi karena hal ini menjadi dasar yang akan membimbingmu menentukan langkah-langkah yang tepat.
  6. Tentukan Jangka Waktu Investasi yang Ideal
    Jangka waktu investasi juga berpengaruh pada nilai keuntungan yang didapatkan. Pada dasarnya semakin lama investasi yang dilakukan peluang keuntungannya juga semakin tinggi dengan catatan jika dilakukan di instrumen dan platform investasi yang tepat dan legal.
    Untuk menentukan jangka waktu yang ideal kamu harus menyesuaikannya dengan tujuan investasi yang sudah ditentukan tadi. Contohnya kamu memiliki tujuan investasi untuk menyiapkan dana pensiun. Itu berarti investasi yang dilakukan harus dalam jangka panjang yakni 5 tahun ke atas.
    Jika kamu memiliki tujuan investasi seperti membeli smartphone baru, menyiapkan biaya DP rumah, atau menyiapkan dana untuk liburan. Berarti jangka waktu investasi yang dibutuhkan adalah jangka pendek yakni mulai dari 1 tahun hingga 2 tahun.
    Dengan menentukan jangka waktu yang ideal, investasi yang kamu lakukan akan berjalan lebih terorganisir. Sehingga alur investasi menjadi lebih terencana dan kamu bisa memaksimalkan keuntungan yang didapatkan dengan lebih mudah.
  7. Tentukan Modal Investasi Sesuai Kondisi Keuangan
    Nah, setelah semua hal-hal di atas sudah kamu pahami langkah selanjutnya yaitu menghitung modal investasi yang tepat. Ketika menanamkan modal di aplikasi investasi terbaik sebaiknya jangan memaksakan diri.
    Tentukan modal investasi sesuai dengan kondisi keuanganmu, memulai investasi dengan modal kecil bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang memiliki penghasilan pas-pasan. Sekarang memulai investasi dengan modal ratusan ribu bukanlah hal yang mustahil di era seperti sekarang.
    Salah satu investasi yang bisa dipilih bagi kamu yang memiliki pendapat pas-pasan yaitu Reksadana. Kamu bisa membeli produk Reksadana dengan modal mulai dari Rp100 ribu di Aplikasi digibank by DBS.
    Prosesnya pun sangat mudah semua proses pembelian, penjualan, hingga switching investasi bisa dilakukan di satu aplikasi tanpa harus berpindah-pindah aplikasi. Jadi tidak ada halangan lagi bagi kamu yang ingin berinvestasi dengan aman dan praktis.
  8. Menerapkan Strategi yang Tepat
    Dalam melakukan investasi kamu tidak hanya menyetorkan modal dan menunggu mendapatkan hasilnya. Tapi juga harus memikirkan strategi investasi yang tepat. Misalnya kamu berinvestasi di Reksadana dengan modal ratusan ribu dan ingin mendapatkan keuntungan yang maksimal.
    Tentunya semakin kecil modal yang disetorkan imbal hasil yang didapatkan juga kecil. Supaya kamu mendapat keuntungan yang lumayan besar di kemudian hari. Sebaiknya lakukan investasi secara rutin, cara ini biasanya disebut sebagai strategi investasi berkala.

Gunakan digibank by DBS dan Nikmati Kemudahan dalam Bertransaksi

digibank by DBS menjadi salah satu digital banking dengan menawarkan berbagai fitur dan layanan menarik. Salah satunya berhubungan dengan aplikasi investasi terbaik, cukup melalui Aplikasi digibank by DBS kamu bisa mengembangkan uangmu dengan mudah dan praktis tanpa perlu berpindah-pindah aplikasi.

Mulai dari investasi Reksadana, Obligasi, hingga pembukaan Deposito Valas. Jika kamu lebih tertarik berinvestasi dalam bentuk mata uang asing karena ingin jalan-jalan keluar negeri, membuka Deposito Valas menjadi salah satu pilihan yang tepat.

Aplikasi digibank by DBS tidak hanya sekedar aplikasi digital banking tapi juga sebagai aplikasi investasi terbaik yang aman dan terpercaya. Selain memberikan kemudahan dalam berinvestasi ada keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan, di antaranya adalah:

  • Buka Rekening Tanpa ke Bank
    Sekarang kamu tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk membuka rekening karena bisa dilakukan di Aplikasi digibank by DBS. Tanpa harus pergi langsung ke bank dan tidak perlu lagi mengisi dokumen hingga berlembar-lembar.
  • Verifikasi Mudah
    Selain itu digibank by DBS juga menawarkan proses verifikasi yang mudah yaitu cukup dengan e-KTP dan sidik jari atau face id. Unduh Aplikasi digibank by DBS di hp kamu, isi data diri, kemudian verifikasi sidik jari ataupun face id di booth digibank atau bisa juga panggil agen digibank di manapun kamu mau. Hanya butuh waktu lima menit, loh!
  • Gratis Transfer dan Tarik Tunai
    Ada satu kelebihan lagi yang menguntungkan yaitu layanan transfer uang secara gratis ke mana saja di Aplikasi digibank by DBS dan tarik tunai bebas biaya di semua ATM. Hanya dengan syarat minimal saldo rata-rata perbulannya Rp1 juta rupiah.
    Jangan ragu lagi menggunakan layanan investasi di aplikasi investasi terbaik yang aman dan terbukti terpercaya. Segera buka rekening di Aplikasi digibank by DBS tanpa proses yang ribet dan tanpa perlu pergi ke bank. Nikmati kemudahan dalam berbagai urusan transaksi dengan menggunakan fitur-fitur yang ada di Aplikasi digibank by DBS.

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS