Bijak Sikapi Untung Rugi Alokasi Dana di Aplikasi Investasi
20 Feb 2022

Bijak Sikapi Untung Rugi Alokasi Dana di Aplikasi Investasi

Langkah investasi kini dapat diambil dengan mudah dan fleksibel melalui aplikasi investasi. Banyak pilihan produk investasi yang kini bisa dijangkau dengan mudah secara online. Namun penting sekali untuk dipahami bahwa sebaik apapun aplikasi yang dipakai tetap saja akan ada potensi untung rugi dalam dunia investasi.

 

Investor yang bijak tak hanya pandai dalam mengelola dana investasinya. Lebih dari itu, investor juga harus pandai menyikapi untung dan rugi yang akan didapatkan dari langkah investasi tersebut. Jika kamu bisa mengambil sikap yang bijak atas dua kemungkinan tadi, maka akan jauh lebih mudah untuk mengembangkan dana investasi lebih jauh lagi.

 

Saat Investasi Untung

 

Semua orang pasti berharap investasi yang dilakukan bisa menghasilkan keuntungan atau profit. Ini bukanlah hal yang aneh karena bagaimanapun juga salah satu tujuan investasi adalah untuk mendapatkan keuntungannya. Jika kamu mendapatkan untung dari instrumen di sebuah aplikasi investasi, maka kamu harus mengambil langkah bijak dalam menyikapinya.

 

Tak sedikit orang yang berinvestasi kemudian mendapatkan untung besar dari investasi tersebut. Sayangnya, orang tadi tidak bisa menyikapi keuntungan ini secara bijak. Akhirnya, profit yang didapat lenyap begitu saja tanpa pengembangan lebih jauh. Agar tak terjebak dalam situasi seperti ini, terapkan beberapa tips menyikapi keuntungan investasi berikut:

 

  • Kontrol Kepuasan

Langkah pertama, cobalah untuk mengontrol atau mengendalikan kepuasan yang dirasakan setelah mendapat untung investasi. Semua investor pasti akan merasa sangat senang dan puas jika instrumen investasinya mendatangkan keuntungan. Tapi ingat, risiko kerugian masih tetap ada jadi cobalah untuk mengontrol kepuasan tersebut.

Melalui aplikasi investasi yang kamu gunakan, cari tahu bagaimana bisa instrumen yang kamu pilih menghasilkan keuntungan memuaskan. Boleh saja merasa puas namun jangan sampai kamu berhenti berinvestasi di sini. Lakukan analisis dan pelajari kondisi yang menyebabkan kamu mendapatkan keuntungan tadi.

 

  • Pikirkan Penggunaan Dana

Selanjutnya kamu bisa mulai memikirkan pemakaian dana hasil keuntungan investasi. Tentunya pemakaian dana ini sangat bergantung pada tujuan finansial yang kamu miliki. Seperti diketahui bahwa setiap orang pasti punya tujuan finansial tertentu dan investasi ini menjadi salah satu strategi untuk mencapai tujuan tersebut.

Jika kamu sudah mendapatkan profit, lihat kembali tujuan finansialmu. Cek apakah dana profit yang kamu dapat sudah bisa mencapai tujuan tersebut atau belum. Lalu mulai pikirkan untuk apa dana keuntungan tadi akan digunakan. Ingat, pastikan pemakaian dana ini dipikirkan secara bijak bukan untuk keperluan yang sifatnya impulsif.

 

  • Lakukan Diversifikasi

Setelah kamu mendapatkan keuntungan investasi, mulailah menyusun rencana diversifikasi. Diversifikasi artinya kamu membuka peluang baru dengan memilih instrumen investasi yang lain. Melalui aplikasi investasi milikmu, kamu bisa melihat pilihan produk atau instrumen investasi yang cocok kamu ambil sebagai bentuk diversifikasi.

Dalam hal ini, artinya uang yang kamu dapatkan sebagai keuntungan investasi tadi akan kamu putar kembali untuk berinvestasi. Ini adalah sebuah keputusan yang sangat bijak dan sangat direkomendasikan. Jika uang tersebut kamu putar kembali untuk investasi, maka keuntungan yang akan kamu terima bisa jadi semakin besar.

 

  • Analisis Peluang Profit Berikutnya

Jangan terlena dengan keuntungan yang sudah kamu dapatkan dari hasil investasi. Kamu sebaiknya mulai melakukan analisis peluang profit berikutnya jika kamu ingin terus mendapatkan keuntungan. Analisis ini harus disesuaikan dengan instrumen investasi yang kamu gunakan. Cari tahu terus agar kamu bisa tetap mendapatkan profit sesuai harapan.

Jika kamu memilih aplikasi investasi terbaik untuk digunakan, maka akan jauh lebih mudah untuk melakukan analisis tersebut. Umumnya aplikasi tersebut juga menyediakan sumber informasi yang akurat sebagai bahan analisis. Jadikan pengalaman profit ini sebagai acuan untuk mencari profit lagi di kemudian hari.

 

  • Jangan Pamer

Jadilah investor yang bijak dengan tidak mudah memamerkan hasil profit ke orang lain. Sebanyak apapun profit yang didapatkan, sebaiknya simpan untuk diri sendiri. Kecuali jika kamu ingin membagikan ilmu kepada orang lain. Namun bukan berarti caranya dengan menunjukkan hasil profit saja melainkan proses investasi yang harus dilalui.

Terlalu membanggakan hasil profit dalam berinvestasi juga bisa berakibat buruk bagi mentalmu sebagai investor. Ini akan membuat kamu semakin fokus untuk meraih profit dan melupakan adanya risiko kerugian. Sebaiknya tetap realistis dan tenang agar pengelolaan dana investasi yang ada semakin optimal.

 

Saat Investasi Merugi

Bagaimana jika investasi merugi? Sebelum berinvestasi, kamu sebaiknya sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi potensi kerugian. Dengan begitu kamu akan jauh lebih siap secara mental saat hasil investasi merugi. Berikut adalah beberapa hal yang penting untuk dilakukan saat instrumen investasi membuatmu rugi:

 

  • Jangan Panik

Pertama-tama jangan panik dulu jika kamu melihat hasil investasi merugi. Ini bukanlah akhir dari segalanya karena bagaimanapun juga kondisi instrumen investasi bisa naik turun. Banyak sekali investor yang langsung down atau menyerah ketika melihat fakta bahwa mereka mengalami kerugian. Bahkan ada juga yang sampai trauma membuka aplikasi investasi mereka.

Lihat dulu berapa banyak kerugian yang kamu terima. Cari tahu apa sebab kerugian tersebut dan lakukan evaluasi kesalahan apa yang sudah kamu lakukan. Tetaplah tenang dan kendalikan emosimu, jangan lepas kendali dan melampiaskan kekecewaan dengan membeli lebih banyak instrumen investasi dalam jumlah besar.

 

  • Lepaskan Instrumen

Apabila kerugian yang ditanggung ternyata terlalu besar dan sulit untuk diperbaiki maka lepaskanlah instrumen penyebab kerugian tersebut. Namun dibutuhkan keberanian untuk bisa melepaskan aset yang sudah diinvestasikan tadi. Langkah ini bisa diambil saat kamu merasa bahwa kerugian yang akan kamu terima bisa jauh lebih besar apabila aset tersebut tetap dipertahankan.

Setelah melepaskan instrumen yang membuat kamu merugi, maka kamu bisa mulai bangkit kembali. Gunakan aplikasi investasi untuk memburu aset atau instrumen investasi lainnya yang bisa mendatangkan keuntungan. Lakukan analisis profit sehingga kamu bisa tahu mana instrumen yang layak dijadikan pilihan karena potensi keuntungannya.

 

  • Cek Instrumen Lain

Saat berinvestasi, kamu sangat disarankan untuk melakukan diversifikasi. Artinya ada lebih dari satu instrumen yang bisa kamu andalkan. Jika kamu menemui satu instrumen ternyata menderita kerugian, maka kamu bisa cek instrumen yang lain. Ini bisa memberikan harapan bagimu bahwa kamu masih punya peluang untuk mendapatkan profit investasi.

Lalu bagaimana jika kamu tak melakukan diversifikasi atau tak punya instrumen investasi lainnya? Mulailah membidik instrumen investasi yang lain dan letakkan dana di lebih dari satu aset. Ini akan sangat membantu kamu untuk memperkecil potensi kerugian dan memperbesar peluang keuntungan.

 

  • Lakukan Analisis

Mulailah melakukan analisis dari hasil kerugian yang baru saja kamu alami. Sebagai investor yang bijak, kamu tidak seharusnya menyerah hanya karena menderita kerugian. Justru kamu harus tetap fokus dan melanjutkan analisis sehingga di masa yang akan datang kerugian tersebut tak akan terjadi lagi atau bisa diminimalkan.

Pilihlah aplikasi investasi terbaik yang bisa membantu kamu melakukan investasi. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa melihat seperti apa peluang investasi di masa yang akan datang. Dengan analisis ini maka kamu akan jauh lebih berhati-hati dan tidak mengulang kesalahan yang sama sehingga risiko kerugian akan jadi jauh lebih kecil.

 

  • Ubah Strategi

Selanjutnya kamu bisa mengubah strategi investasi. Jika kamu mengalami kerugian, maka kemungkinan besar strategi investasi yang sudah kamu terapkan salah. Jadi cobalah untuk mengubah strategi tersebut ke bentuk lain yang dirasa jauh lebih efektif dan menguntungkan. Jangan lupa, kamu tetap harus menyusun strategi yang sesuai dengan profil risiko.

Profil risiko menjadi acuan utama saat kamu memilih instrumen investasi dan mengambil strategi dalam berinvestasi. Jika sudah sesuai dengan profil risiko maka investasi tersebut bisa dikatakan berjalan aman dan akan memberi profit sesuai kapasitasmu. Jadi seandainya kamu memang harus mengubah strategi, maka ubahlah tanpa mengabaikan profil risiko.

 

  • Cari Banyak Referensi

Kamu bisa saja merugi karena ilmu investasi yang kamu miliki tidak cukup memadai. Percuma saja jika kamu memakai aplikasi investasi paling canggih dan berinvestasi dalam jumlah besar sekalipun jika tidak ada modal wawasan yang mencukupi. Kerugian yang terjadi bisa saja disebabkan oleh langkah investasimu yang kurang analisis dan hanya mengikuti tren.

Itulah mengapa kamu harus mulai belajar lebih jauh lagi. Gali ilmu dari berbagai jenis sumber atau referensi. Tingkatkan wawasanmu di bidang investasi sehingga kamu bisa meminimalkan risiko dan mengoptimalkan profit. Ini juga akan membantu kamu terhindar dari berbagai kesalahan.

 

Nikmati Layanan Investasi dari digibank by DBS!

 

Untung dan rugi dalam sebuah perjalanan investasi adalah hal yang lumrah terjadi. Tinggal bagaimana kita sebagai investor menyikapi semua kondisi tersebut. Nikmati perjalanan investasi sesuai profil risikomu bersama digibank by DBS. Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan:

 

  • Kepraktisan dalam Membuat Rekening

Digital banking dan investasi dari digibank by DBS ini akan memberikan banyak kemudahan. Dimulai dari proses pembuatan akun rekening yang sangat mudah. Tak perlu antre di bank dan menunggu lama. Bahkan tak perlu juga mengumpulkan dokumen persyaratan yang ribet.

 

  • Kemudahan Proses Verifikasi

Tak hanya mudah dalam proses pembuatan rekening, kamu juga akan merasakan kemudahan menjalani verifikasi. Proses verifikasinya sangat praktis. Kamu hanya perlu e-KTP dan sidik jari untuk bisa menyelesaikan tahapan tersebut sehingga dapat menikmati semua fitur yang ada di aplikasi digibank by DBS.

 

  • Bebas Biaya Tarik Uang dan Transfer

Setelah menjadi nasabah, kamu bisa merasakan kemudahan tarik uang juga transfer. Bahkan kamu bisa transfer dan tarik uang tanpa biaya. Transfer bisa dilakukan dengan mudah lewat Aplikasi digibank by DBS. Sementara itu tarik dana bisa diakses melalui berbagai fasilitas ATM yang tersedia.

 

Semua kemudahan siap dihadirkan oleh aplikasi investasi dan digital banking digibank by DBS. Kamu bisa berinvestasi dan menabung dengan mudah. Akses untuk transfer dan tarik tunai juga begitu mudah untuk dijangkau. Tak ada lagi kesulitan untuk menjangkau berbagai layanan perbankan bersama digibank by DBS.

 

Mari buktikan sekarang, betapa mudahnya akses perbankan bersama digibank by DBS. Pengelolaan keuanganmu juga bisa jadi lebih efektif dan efisien dengan adanya layanan ini. Semua fitur bisa diakses dengan mudah dan aman untuk memenuhi kebutuhan perbankan.

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS