Dapatkan Keuntungan Menabung dengan Buka Rekening Online
20 Feb 2022

Dapatkan Keuntungan Menabung dengan Buka Rekening Online

Dari dulu, orang-orang memang lebih memilih menyimpan uang di bank karena terasa lebih aman. Sehingga, mereka akan langsung datang ke bank, menulis identitas serta nominal uang beserta dengan nomor rekening, kemudian menyetorkan uang ke teller.

Saat sudah selesai menyetorkan uang, nantinya teller akan memberikan buku tabungan sebagai bukti jika uang sudah masuk di dalam rekeningnya. Namun, dengan berkembangnya teknologi yang memudahkan berbagai macam hal, menabung menjadi semakin mudah.

Bank meluncurkan cara baru untuk menabung serta melakukan transaksi melalui digital banking. Kita bisa buka rekening online, kemudian memulai aktivitas transaksi dengan mudah.

Tips Agar Lancar Buka Rekening Online Tanpa Ke Bank

Proses pembukaan rekening secara online memang mudah. Namun, agar proses yang dilakukan semakin lancar, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan, antara lain:

  1. Pastikan memilih tempat pembukaan rekening yang tepat
    Agar proses pembukaan rekening yang kamu lakukan berjalan dengan lancar, pastikan kembali sudah memilih bank yang tepat. sekarang ini cukup banyak bank yang memberikan fasilitas buka rekening online.
    Ketika akan memilih salah satu bank, kamu bisa membandingkan biaya administrasi, proses lama pembukaan rekening, dokumen yang diperlukan, dan yang lainnya. Jangan sampai, meskipun menggunakan metode online, namun proses yang mereka miliki cukup rumit dan membutuhkan waktu lama.
  2. Siapkan dokumen yang dibutuhkan
    Sebenarnya, ketika buka rekening online tanpa ke bank. Kamu hanya membutuhkan data seperti e-KTP. Nantinya petugas bank akan melakukan verifikasi data yang berada di KTP. Namun, yang harus dijadikan sebagai catatan adalah dokumen yang digunakan ialah e-KTP, bukan KTP biasa.
    Oleh sebab itu, jika KTP yang kamu miliki sekarang bukan merupakan e-KTP, tentu saja kamu akan kesulitan melakukan pembukaan rekening tabungan. Biasanya, sebagai gantinya kamu harus melampirkan surat keterangan yang menunjukkan jika e-KTP yang kamu ajukan sedang dalam proses.
  3. Baca syarat dan ketentuan pembukaan rekening
    Sebelum memutuskan untuk membuka rekening, kamu bisa membaca kembali syarat serta ketentuan pembukaan rekening secara online. Contohnya saja, pembukaan rekening baru dilayani untuk daerah tertentu.
    Atau, untuk proses verifikasi, kamu harus bertemu langsung dengan agen bank dan tidak bisa melakukan panggilan video call. Ketentuan seperti ini tentu harus diperhatikan dengan baik. Karena, tidak sedikit bank yang melayani buka rekening online hanya di kota-kota tertentu karena proses verifikasinya harus dilakukan oleh agen bank secara langsung.
  4. Isi semua data diri dengan lengkap
    Ketika buka rekening online tanpa ke bank, kamu memang tidak diharuskan untuk mengisi berbagai macam dokumen di kertas. Namun, kamu harus mengisi berbagai data diri yang berada di aplikasi.
    Bedanya, jika pembuatan rekening di bank konvensional membutuhkan berbagai macam data diri dengan runtut, pembukaan rekening online biasanya tidak demikian. Kamu hanya akan diminati data diri seperti e-KTP, nama lengkap, nomor handphone, alamat, tanggal lahir, hingga pekerjaan.
    Pastikan seluruh data sudah kamu isi, contohnya mencocokan Nomor Induk Kependudukan atau NIK di aplikasi dengan NIK yang asli di e-KTP. Meskipun terlihat sepele, nyatanya tidak sedikit orang yang melewatkan satu atau dua nomor dan membuat pengajuan rekening tertunda.

Keuntungan Buka Rekening Online

Sebagai sebuah fasilitas terkini yang memiliki banyak pengguna, tentu saja pembukaan rekening secara online di digital banking ini memiliki kelebihan tersendiri, seperti:

  1. Proses mudah
    Kemudahan proses memang tidak bisa ditampik lagi. Bahkan tidak sedikit digital banking yang memberikan klaim bila proses pembukaan rekening sangat mudah, bahkan dapat dilakukan oleh mereka yang masih awam.
    Selain mudah, proses juga dilakukan dengan cepat. Proses pembukaan rekening bahkan hanya membutuhkan waktu 5 menit saja. Tentu ini menjadi durasi yang sangat singkat bukan.
  2. Memberikan bunga yang kompetitif
    Selain prosesnya yang mudah, siapa yang menyangka ketika buka rekening online, kamu juga masih dihadiahi dengan bunga yang kompetitif. Memang, sebagian besar masyarakat masih menggunakan bank konvensional untuk menyimpan uangnya.
    Namun, tidak sedikit yang mengeluhkan tingkat bunga yang ditawarkan bank konvensional. Sedangkan bunga yang diberikan juga tidak dapat menutupi biaya yang dipotong bank konvensional setiap bulannya contohnya saja seperti biaya pajak, biaya administrasi dan biaya transfer.
    Bank konvensional memiliki bunga kurang dari 1% per tahun, sedangkan untuk digital banking, ada yang berani memberikan bunga hingga 5% per tahun. Tentu saja jumlah bunga ini jauh lebih menggiurkan dibandingkan dengan bank konvensional.
  3. Digital banking gratis biaya
    Biasanya, bank konvensional akan memberikan biaya administrasi mulai dari Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu per bulan yang dipotong dari saldo tabungan. Selain biaya administrasi, nasabah masih diberatkan dengan berbagai biaya seperti saldo minimal yang harus berada di rekening tabungan, biaya transfer, dan yang lainnya. Beda dengan bank konvensional, digital banking memiliki biaya administrasi gratis.
    Dengan buka rekening online di digital banking, nasabah bukan hanya merasakan gratisnya biaya administrasi namun juga biaya penutupan, biaya pembukaan rekening dan lainnya. Bahkan tidak ada minimal saldo yang harus mengendap di rekening.
  4. Tidak adanya biaya transfer
    Keunggulan lain yang ditawarkan digital banking adalah tidak adanya biaya transfer. Ketika kamu menggunakan bank konvensional, kamu harus membayar biaya sebesar Rp 6500 untuk satu kali transfer.
    Bayangkan jika dalam satu bulan kamu harus mentransfer hingga 10 kali ke berbeda rekening, tentu jumlahnya akan cukup lumayan. Namun, digital banking tidak demikian. Kamu tidak perlu membayar biaya transfer antar bank, karena transfer beda bank bisa dilakukan dengan gratis.
  5. Bebas tarik tunai di ATM lain
    Penetapan biaya jika melakukan tarik tunai di ATM Bersama atau di ATM lain masih berlaku untuk bank konvensional. Oleh sebab itu, nasabah lebih memilih melakukan penarikan tunai  di ATM yang sama dengan bank yang dimiliki.
    Namun, bagaimana jika rumahmu jauh dari ATM bank yang bersangkutan. Kamu harus rela setiap melakukan penarikan, saldo tabungan terpotong Rp 6.500 secara terus menerus.
    Saat buka rekening online, kamu bisa melakukan penarikan tunai dimana saja dan kapan saja. bahkan kamu bisa melakukan penarikan di ATM mana saja tanpa dikenakan biaya apapun.
  6. Uang terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan
    Meskipun semua proses transaksi dilakukan secara online, bahkan membuka tabungan juga dilakukan secara online, sepertinya kamu tidak perlu cemas karena uang yang kamu masukkan ke dalam bank akan terlindungi.
    Kamu tidak perlu cemas jika saldo-mu akan hilang karena sudah dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS. LPS akan menjamin simpanan nasabah yang berbentuk deposito, tabungan, sertifikat, giro dan bentuk lainnya.
    Besarnya nilai uang simpanan yang dijamin LPS ini sangat tinggi karena mencapai Rp 2 milyar per nasabah per bank dari tahun 2008 lalu.
  7. Transaksi menjadi semakin praktis
    Buka rekening online di digital banking banyak keuntungan yang diberikan karena akses untuk transaksi keuangan menjadi semakin mudah seperti transfer, membayar listrik PLN bahkan untuk melakukan investasi.
    Sebagai nasabah, kamu juga memiliki kesempatan untuk menikmati rangkaian promo serta hadiah yang sangat menarik dari bank contohnya saja seperti potongan harga, promo diskon belanja dan lainnya.

Pilihan Digital Banking yang Tepat untuk Buka Rekening Secara Online

Dengan berbagai keuntungan yang diberikan, masih ragu untuk membuka rekening secara online? Jika kamu masih ragu menggunakan digital banking untuk menunjang transaksi keuangan yang kamu lakukan, digibank by DBS bisa menjadi jawabannya.

Berbagai keunggulan diberikan oleh Aplikasi digibank by DBS, bahkan untuk membuka tabungan, kamu hanya membutuhkan e-KTP dan sidik jari. berikut berbagai keunggulan yang diberikan Aplikasi digibank by DBS, antara lain:

  1. Buka rekening tanpa perlu pergi ke bank
    Masih sabar menunggu antrian customer service yang panjang bahkan masih harus mengisi dokumen dengan jumlah berlembar-lembar hanya untuk memiliki rekening tabungan?
    Bila menggunakan Aplikasi digibank by DBS, sepertinya hal ini tidak akan kamu rasakan lagi, sudah bukan masanya untuk membuka tabungan harus datang ke bank. Kamu hanya perlu download aplikasi di handphone.
    Setelah proses download selesai, isi berbagai data diri kemudian lakukan verifikasi menggunakan e-KTP, sidik jari dan bisa juga melalui face recognition atau scan wajah yang menggunakan kamera depan smartphone kamu.
    Jika proses pembukaan rekening sudah selesai, kamu bisa langsung menggunakan rekening untuk melakukan transaksi sesuai dengan kebutuhan-mu.
  2. Kamu hanya membutuhkan e-KTP serta sidik jari atau face recognition
    Ketika membuka rekening bank, biasanya bank memang membutuhkan dokumen. Untuk beberapa bank konvensional, jika pembukaan rekening tidak dilakukan di domisili, kamu harus melampirkan surat keterangan domisili. Cukup merepotkan bukan?
    Bagaimana jika di Aplikasi digibank by DBS? Ya, kamu hanya membutuhkan dokumen e-KTP dan sidik jarimu atau scan wajah melalui kamera depan smartphone kamu untuk proses verifikasinya. Jadi, tidak perlu menyiapkan dokumen dalam jumlah banyak hanya untuk memiliki sebuah rekening tabungan.
  3. Gratis transfer serta tarik tunai
    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, biaya transfer dan tarik tunai menjadi biaya yang harus dibayar ketika melakukan transaksi. Besarnya biaya transfer antar bank memang hanya Rp 6500 namun, jika sering dilakukan pasti akan terasa mencekik.
    Sedangkan biaya tarik tunai beda ATM juga sama. Biaya ini sepertinya sudah tidak perlu lagi kamu pikirkan ketika menggunakan digibank by DBS.
    Menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bebas biaya transfer hingga kemana saja, selain itu kamu juga tidak perlu antri ATM, karena kamu bisa dengan bebas memilih ATM untuk mengambil uang.
    Kamu bebas melakukan tarik tunai di ATM bank mana saja dimana saja tanpa perlu cemas dengan biaya yang membebani. Bahkan, Aplikasi digibank by DBS akan membuat transaksi keuangan-mu menjadi lebih praktis.

Dengan berbagai keunggulan yang ditawarkan, sayang bukan jika melewatkannya begitu saja. Install Aplikasi digibank by DBS sekarang juga, dan dapatkan kemudahan untuk buka rekening online.

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS