Strategi Menabung Agar Bunga Tabungan Tidak Tekor
20 Feb 2022

Strategi Menabung Agar Bunga Tabungan Tidak Tekor

Apakah sekarang ini kamu merasa jika sudah rajin menabung namun bunga tabungan hanya “segitu” saja? atau, kamu malah heran karena uang yang berada di rekening tabungan malah berkurang untuk biaya administrasi bank serta biaya yang lain.

Menabung pada dasarnya memang memberi manfaat yang sangat baik untuk keuangan, tetapi kamu juga harus mengetahui cara menabung dengan tepat agar uang yang ditabung semakin bertambah tidak berkurang.

Sebenarnya cara menabung yang tepat bukan hanya disiplin memasukkan uang ke dalam rekening tabungan, tetapi juga memilih rekening simpanan atau produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan serta mampu memberi keuntungan.

Tips Memilih Bank yang Menguntungkan untuk Menabung

Agar bunga tabungan tidak terus menerus tergerus, dan kamu juga tidak repot saat ingin menabung, kamu harus memilih bank yang. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  1. Cari tahu lokasi bank serta ATM-nya
    Sebelum memilih salah satu bank yang akan digunakan sebagai tempat menabung, kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu letak bank serta mesin ATM yang mereka miliki. Jarak serta akses ke lokasi mesin ATM harus menjadi bahan pertimbangan-mu.
    Bila di daerah sekitarmu cabang bank tersebut sangat jauh atau sangat jarang dari rumah, kamu harus mempertimbangkan memilih bank dengan lokasi lebih mudah dijangkau. Meskipun terkesan sepele, jarak akan menyulitkanmu mengurus sesuatu.
    Kecuali, jika kamu ingin buka rekening bank online, kamu cukup mempertimbangkan ATM  yang dimilikinya saja. Karena biasanya, ketika ada hal yang harus diurus, bank dapat mengurusnya secara online.
  2. Saldo awal dan saldo minimal
    Tidak sedikit bank yang memberikan syarat saldo contohnya seperti saldo minimal yang harus ada di dalam ATM hingga minimal setoran awal. Kamu pasti sering melihat terdapat bank yang memberikan syarat setoran awal tertentu seperti Rp 500 ribu.
    Namun, ada pula bank yang hanya memberikan syarat setoran awal Rp 100 ribu saja, kemudian ada bank yang memberikan syarat jumlah saldo minimal di rekening sebesar Rp 100 ribu, sehingga jika uang di ATM yang kamu miliki Rp 130 ribu, uang tersebut tidak bisa digunakan lebih dari Rp 30 ribu.
  3. Fasilitas bank dengan kebutuhan yang kamu miliki
    Setiap orang pada dasarnya mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, kamu juga demikian tentunya. Ada orang yang ingin serba praktis, sehingga membutuhkan aplikasi perbankan agar dapat bertransaksi dimana saja dan kapan saja.
    Ada juga orang yang sangat memperhatikan bunga tabungan, sehingga ia mencermati bunga yang diterima setiap bulannya. Lain halnya dengan orang yang memerlukan waktu operasional bank yang panjang, dengan fasilitas setor tunai ATM yang banyak.
    Dengan mengetahui apa yang menjadi kebutuhanmu, kamu bisa mengecek apakah bank yang akan kamu jadikan sebagai pilihan untuk tempat menabung memiliki fasilitas tersebut atau tidak.
  4. Memiliki akses pembayaran di berbagai macam tempat
    Kamu juga dapat mencari tahu seperti apa kemudahan bertransaksi. Jangan sampai hanya karena fokus pada saldo dan bunga tabungan, kamu tidak memperhatikan hal ini. Kamu bisa mencermati apakah kartu debit yang dimilikinya dapat digunakan di berbagai mall, tempat makan, hingga minimarket.
    Selain itu apakah bank tersebut juga memiliki fasilitas layanan pembayaran sehari-hari seperti listrik, internet, hingga e-wallet, sehingga transaksi yang kamu lakukan bisa berjalan dengan praktis dan mudah.

Strategi Agar Bunga Tabungan Tidak Tergerus Biaya Administrasi

Agar bisa semakin untung dan tidak terus kecewa karena bunga terpotong biaya administrasi, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  1. Buat rekening tabungan khusus
    Agar hasil menabung yang kamu dapatkan maksimal, kamu bisa memisahkan rekening tabungan serta rekening gajian. Jika kamu ingin menabung untuk salah satu tujuan keuangan seperti menikah atau membeli mobil, kamu harus membuat rekening khusus tabungan selain rekening untuk menerima gaji.
    Idealnya, kamu harus memiliki 2 rekening. Satu rekening untuk gajian, dan satu rekening untuk tabungan. Tujuannya, agar nantinya uang gajian dan tabungan tidak tercampur. Uang gajian digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.
    Selain menggunakan rekening tabungan khusus, kamu harus cermat agar dapat menabung dengan untung. Kamu bisa memastikan jika rekening khusus tersebut diatur agar dapat autodebet ketika menabung setiap bulan, tujuannya agar kamu lebih disiplin.
    Selain itu, usahakan memilih tabungan yang tidak memiliki banyak potongan biaya bulanan sehingga bunga tabungan tidak tergerus potongan biaya admin.
  2. Ketahui seluruh rincian biaya menabung
    Kamu harus mengetahui berbagai macam biaya potongan menabung. Agar hasil menabung maksimal, kamu tidak boleh sembarangan dalam memilih produk tabungan. Mengingat, sekarang ini banyak produk tabungan yang bisa digunakan.
    Berikut berbagai macam biaya potongan bank yang biasa muncul ketika kamu menabung, antara lain:
    • Biaya administrasi bank
      Kamu harus mengetahui besarnya potongan biaya yang ditarik bank setiap bulan. Contohnya saja seperti potongan biaya administrasi bank sebesar Rp 20 ribu per bulan.
      Potongan biaya administrasi bank sebesar Rp 20 ribu per bulan memang terlihat kecil, namun jika bunga tabungan yang kamu miliki tidak seberapa, tentu saja akan memotong saldo tabunganmu.
      Jika dalam sebulan Rp 20 ribu, dalam satu tahun kamu harus rela saldomu terpotong sebesar Rp 240 ribu per tahun. Tentu saja jumlah ini tidak bisa dikatakan kecil.
    • Biaya tarik tunai
      Jika tarik tunai dilakukan di ATM bank yang bersangkutan, biasanya tidak dikenakan biaya. Namun, jika kamu melakukan tarik tunai melalui ATM bank lain, tentu saja tidak gratis.
      Biasanya, besaran biaya tarik tunai jika kamu mengambil uang dari ATM bank lain sebesar Rp 6500. Bila bank yang kamu gunakan untuk menabung memiliki jumlah ATM yang sedikit di kota tempatmu tinggal, tentu kamu harus rela mengambil uang di ATM bank lain bukan.
      Bila dalam satu bulan kamu melakukan 20x transaksi penarikan tunai, kamu harus bersiap jika saldo rekening berkurang hingga Rp 130 ribuan dalam  sebulan. Tentu saja, bunga tabungan tidak akan cukup untuk menutupinya.
    • Biaya transfer ke bank yang lain
      Bukan hanya biaya penarikan tunai, ketika kamu mentransfer sejumlah dana ke bank lain, kamu harus bersiap membayar biaya sebesar Rp 6500 untuk 1x transaksi. Bila dalam satu bulan kamu harus melakukan transfer dana ke rekening bank lain sebanyak 20 kali, saldo-mu sudah terpotong hingga Rp 130 ribuan.
    • Top up e-wallet
      Di zaman yang serba e-wallet seperti sekarang ini, bisa dikatakan jika transaksi menggunakan e-wallet cukup tinggi. Ketika ingin menggunakan akun e-wallet, kamu harus melakukan top up,
      Besarnya biaya top up ini sebenarnya hanya seribu dua ribu saja. Namun, kamu tidak bisa meremehkannya karena jika kamu sering top up, biayanya akan menjadi cukup besar.
      Contohnya saja dalam satu bulan kamu melakukan top up berulang kali hingga 20x, saldomu sudah terpotong hingga Rp 20 ribu sampai Rp 40 ribu.
      Sudah jelas bukan jika berbagai macam biaya di atas ternyata membuat bunga tabungan yang kamu miliki menjadi kurang maksimal. Bayangkan saja jika semua transaksi di atas terjadi setiap bulannya. Dalam satu tahun, bukan hanya bunga yang terpotong, namun juga saldo tabungan yang terus tergerus. 
  3. Pilih tabungan yang memberikan keuntungan, bukan hanya memotong saldo
    Agar bunga tabungan tidak tekor, kamu bisa cermat dalam memilih produk tabungan untuk memenuhi semua kebutuhan finansial yang kamu miliki, entah rekening khusus maupun rekening gajian.
    Jika tepat dapat memilih produk tabungan atau simpanan, kamu bisa menghindari berbagai macam biaya yang terus menggerus bunga beserta saldo tabungan yang kamu miliki.

Buka Rekening Bank Online yang Praktis dan Menguntungkan

Jika masih bingung memilih produk tabungan yang tepat, salah satu solusi cermat agar pintar menabung ialah memilih Aplikasi digibank by DBS, hadir untuk memenuhi seluruh kebutuhan finansial yang kamu miliki serta memberi keuntungan untuk seluruh transaksi keuangan yang dilakukan.

Bukan hanya bunga tabungan saja yang ditawarkan Aplikasi digibank by DBS, sebagai sebuah pilihan tabungan yang tepat, berikut berbagai keunggulan yang dimiliki, antara lain:

  1. Buka rekening tidak perlu pergi ke bank
    Melalui Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa buka rekening bank online tanpa perlu pergi ke bank. Sepertinya sudah bukan jamannya lagi pergi ke bank untuk membuka rekening tabungan.
    Untuk membuka rekening digibank by DBS, kamu hanya perlu download Aplikasi digibank by DBS di handphone. Kemudian buka dan isi semua data diri dengan lengkap.
    Setelah memastikan seluruh data diri diisi dengan lengkap, lakukan verifikasi menggunakan sidik jari di booth digibank by DBS atau melalui agen digibank by DBS dimana saja yang kamu inginkan. Cukup lima menit, proses pembukaan rekening selesai dilakukan. Hemat waktu, dan anti ribet.
  2. Hanya membutuhkan dokumen e-KTP serta sidik jari untuk melakukan proses verifikasi
    Sering diminta berbagai macam dokumen hanya untuk pembuatan rekening tabungan? Melalui Aplikasi digibank by DBS, kamu hanya membutuhkan dokumen seperti e-KTP hanya untuk pembuatan rekening.
    Selain itu, untuk proses verifikasi, kamu hanya perlu identifikasi wajah menggunakan front camera smartphone kamu. Jadi, kamu tidak perlu mengisi berbagai macam dokumen hingga berlembar-lembar.
  3. Gratis transfer bank serta tarik tunai dimana saja
    Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, biaya transfer bank dan tarik tunai menggunakan ATM bank lain memang terlihat kecil. Namun jika dilakukan secara terus menerus, tentu saja akan sangat besar.
    Menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa  dengan bebas memilih ATM yang paling dekat dari lokasi-mu sekarang ini untuk mengambil uang. Kamu tidak perlu cemas, karena kamu bebas menarik uang dari mana saja tanpa takut terkena biaya.
    Selain bebas biaya penarikan tunai di ATM manapun, kamu juga bisa bebas transfer kemana saja menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Dengan bebasnya kamu melakukan transfer, ke rekening bank mana saja, kamu tidak perlu cemas jika harus melakukan transaksi hanya dengan minimal saldo rata-rata per bulannya 1 juta rupiah saja.

Dengan sejumlah keunggulan yang diberikan Aplikasi digibank by DBS, bukan hanya bunga tabungan saja bukan yang membuatmu tertarik sekarang ini? Install Aplikasi digibank by DBS sekarang juga dan dapatkan keuntungannya.

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS