Mapan Finansial di Masa Tua, Aplikasi Investasi Jadi Andalan
10 Jan 2022

Mapan Finansial di Masa Tua, Aplikasi Investasi Jadi Andalan

Siapa tidak ingin menikmati masa tua yang tenang dan mapan dari segi finansial? Kita semua mengharapkannya. Namun, tidak semua orang mau bekerja keras sejak dini untuk memperjuangkan masa tua yang mapan. Pemakaian aplikasi investasi yang marak beredar saat ini ternyata bisa jadi salah satu andalan untuk mempersiapkan finansial mapan di masa tua.

Persiapan Finansial Masa Tua

Jika kamu ingin bersantai di masa tua menikmati finansial yang mapan, kamu harus mengusahakannya sedini mungkin. Kemapanan finansial tidak akan bisa kamu dapatkan dalam sekejap mata. Ini merupakan suatu hal yang harus kamu perjuangkan sejak muda. Berikut ini adalah 10 langkah persiapan finansial mapan di masa tua yang bisa kamu lakukan:

  • Tentukan Target Masa Depan
    Langkah pertama, cobalah untuk menentukan terlebih dahulu seperti apa targetmu di masa depan. Artinya, kondisi apa yang ingin kamu raih di masa depan. Masa tua seperti apa yang kamu inginkan. Penting juga untuk menentukan berapa jumlah aset yang harus kamu miliki agar bisa menikmati masa tua yang tenang dan bahagia.
    Penentuan target masa depan ini akan menjadi pedoman bagi kamu untuk mengontrol finansial dengan lebih baik lagi. Adanya target akan membuat kamu jadi lebih terpacu untuk bekerja keras dan mengumpulkan aset sebanyak mungkin. Target ini pula yang akan membuat kamu merasa puas jika bisa meraihnya di masa tua nanti.
    Ingat, semua orang punya target dan prioritas yang berbeda. Tidak semua orang ingin merasakan masa tua yang mapan dan kaya raya. Ada yang menginginkan masa tua tenang dan berkecukupan tanpa harus kaya raya. Jadi, sesuaikan saja dengan keinginan dan kemampuanmu agar masa tua menjadi lebih tenang sekaligus bahagia.
  • Pantau Terus Jumlah Pemasukan
    Sangatlah penting untuk terus memantau jumlah pemasukan yang kamu miliki. Mudah saja, jika pendapatanmu besar maka akan jauh lebih mudah untuk merencanakan masa tua yang mapan. Biasakan diri untuk mencatat berapa besar pemasukan yang kamu peroleh. Penting untuk dilakukan bagi kamu yang berpenghasilan tetap maupun tidak tetap.
    Jika kamu tahu berapa jumlah uang yang masuk setiap bulannya maka akan lebih mudah untuk mengatur pengeluaran. Kamu juga jadi tahu berapa banyak uang yang bisa digunakan untuk keperluan konsumtif, berapa banyak uang yang harus ditabung. Jika kamu ingin berinvestasi, maka kamu bisa tahu juga berapa banyak uang yang bisa disetorkan ke aplikasi investasi.
  • Selalu Gunakan Rencana Anggaran
    Banyak orang menganggap bahwa rencana anggaran ini tidaklah penting untuk keperluan pribadi. Rencana anggaran dana hanya penting bagi perusahaan atau instansi tertentu. Padahal lingkup rumah tangga atau keuangan pribadi juga perlu memiliki rencana anggaran yang akurat.
    Ini merupakan kunci penting bagi kamu untuk mempersiapkan finansial yang mapan di masa tua. Dengan adanya rencana anggaran yang efektif maka kamu tidak akan boros. Kamu bisa mengendalikan jumlah uang masuk dan keluar dengan baik. Kamu juga akan lebih mudah mengevaluasi pemakaian uang setiap bulan berkat adanya rencana anggaran.
    Tuliskan berapa banyak uang yang masuk dan dari mana saja sumbernya. Setelah itu buatlah rencana pengeluaran. Mulai dari pengeluaran yang sifatnya wajib hingga tersier. Susun pengeluaran berdasarkan prioritas mana yang paling penting dan mana yang bisa ditunda. Teliti dan cermat mengatur arus pengeluaran serta pemasukan akan membuat finansial lebih stabil.
  • Sesuaikan Gaya Hidup dengan Kemampuan
    Jangan mengikuti gaya hidup orang lain. Sesuaikan gaya hidupmu dengan kemampuan yang kamu miliki. Gaya hidup ini membawa pengaruh besar pada stabilitas keuangan seseorang. Banyak orang yang ikut-ikutan gaya hidup modern dan akhirnya harus mengeluarkan banyak uang untuk memenuhi gaya hidup tersebut.
    Tapi bukan berarti gaya hidup di era modern ini semuanya mengarah negatif. Ada satu contoh gaya hidup masa kini yang patut dicontoh dan bisa membuat kamu mapan di masa depan, yaitu investasi. Sekarang banyak anak muda yang mulai sadar diri untuk berinvestasi. Apalagi ada banyak pilihan aplikasi investasi yang bisa digunakan dengan praktis dan cepat.
    Ikutilah gaya hidup tersebut agar kamu punya dana yang memadai di masa tua. Hindari gaya hidup konsumtif yang jauh melebihi kapasitas finansialmu hanya untuk mengikuti arus tren. Jika memang butuh hiburan atau ingin jalan-jalan, maka sesuaikan saja dengan ketersediaan dana.
  • Terapkan Prinsip Hemat
    Cara paling mudah untuk menjaga stabilitas kondisi keuanganmu adalah berhemat. Kamu harus lebih bijak dan hemat dalam menggunakan uang. Jangan sembarangan mengeluarkan uang dan pastikan kamu berhemat seoptimal mungkin. Prinsip berhemat ini akan membantu kamu menyimpan dana lebih banyak dan bisa menguntungkan di masa depan.
    Bagaimana caranya berhemat? Mudah saja, kamu harus selalu menggunakan rencana anggaran sebagai pedoman pengeluaran uang. Setiap kali akan mengeluarkan uang, lihat dulu rencana anggaranmu apakah sudah sesuai atau belum. Jika memang bisa ditunda atau tidak terlalu dibutuhkan maka pengeluaran tersebut bisa diabaikan dahulu.
    Hemat juga bisa kamu lakukan jika kamu terbiasa menabung atau investasi. Langsung saja tentukan jumlah dana untuk menabung dan uang yang akan disetorkan ke aplikasi investasi. Mau tidak mau kamu harus memanfaatkan sisa dana yang ada secara optimal. Secara otomatis kamu akan jadi lebih mudah untuk berhemat atau dengan kata lain dipaksa berhemat.
  • Disiplin Menabung
    Usahakan untuk terus disiplin menabung. Prinsip ini sebenarnya sudah ditanamkan sejak diri kita sejak masih anak-anak. Menabung secara rutin dan konsisten akan membantu finansial lebih stabil. Pilihlah platform yang tepat untuk menabung dan pastikan tabunganmu tersimpan aman.
    Zaman sekarang ini menabung sudah semakin mudah karena adanya fasilitas digital banking. Kamu juga bisa menggunakan fitur auto debit dan danamu akan langsung ditarik ke rekening tabungan. Manfaatkan saja segala fitur yang ada untuk mempermudah kamu menabung secara konsisten demi persiapan finansial di masa tua.
  • Lakukan Investasi
    Sebelumnya sudah disinggung berkali-kali bahwa investasi akan menjadi langkah penting dalam persiapan finansial di masa tua. Lakukan investasi di instrumen yang tepat dan pastikan bahwa pilihan instrumen sesuai dengan profil risiko. Selain itu lakukan diversifikasi atau alokasikan dana investasi ke beberapa jenis instrumen agar kamu bisa dapat profit lebih besar.
    Saat ini ada fasilitas aplikasi investasi yang akan membuat langkah investasi jadi semakin mudah. Melalui aplikasi tersebut kamu bisa membeli aneka jenis aset investasi dan menjualnya saat dibutuhkan. Kamu juga bisa lebih mudah menyetorkan dana atau memantau perkembangan aset investasimu dalam satu genggaman.
    Namun, pastikan kamu paham dulu prinsip-prinsip investasi agar langkah ini bisa memberi keuntungan yang optimal. Jangan memilih instrumen investasi yang profil risikonya tidak sesuai denganmu. Lalu, pastikan kamu menggunakan aplikasi investasi terbaik yang aman dan memang sudah memiliki kredibilitas untuk menjamin keamanan uangmu.
  • Kelola Utang dengan Baik
    Pada titik tertentu, kamu mungkin akan membutuhkan bantuan dana dari utang. Sebenarnya utang itu sendiri tidaklah buruk asalkan kamu tahu pemakaiannya dan punya rencana yang matang untuk melunasi utang tersebut. Hanya saja, sebaiknya minimalkan utang agar kamu bisa lebih tenang di masa tua.
    Jika kamu memang harus mengajukan utang atau pinjaman, maka perhitungkan dengan baik. Pastikan bahwa utang tersebut bisa dilunasi sebelum kamu memasuki masa pensiun. Jadi, ketika kamu sudah berhenti bekerja atau pensiun, maka kamu tidak akan terbebani dengan adanya pinjaman. Justru kamu bisa menikmati aset yang kamu miliki dan sudah diusahakan sejak muda.
  • Tingkatkan Passive Income
    Uangmu tidak hanya bisa didapatkan dari gaji utama karena bekerja. Ada sumber penghasilan lain yang bisa kamu andalkan. Contoh paling mudahnya adalah penghasilan pasif atau passive income. Ini merupakan jenis penghasilan yang bisa kamu terima tanpa harus bekerja. Salah satu contohnya berasal dari profit investasi yang sudah kamu lakukan.
    Itulah mengapa selalu disinggung pentingnya investasi sejak muda. Menggunakan aplikasi investasi terbaik untuk mengelola uang akan membawa keuntungan untukmu. Kamu bisa mendapatkan pemasukan pasif yang akan menambah jumlah kekayaanmu. Ketika kamu tua dan sudah tidak produktif, maka passive income inilah yang akan menjadi penolong bagimu.
  • Gunakan Platform Perbankan yang Tepat
    Tak bisa dipungkiri bahwa di era digital seperti sekarang ini layanan perbankan dan investasi semakin canggih. Kamu bahkan bisa menabung dan investasi hanya lewat satu aplikasi saja. Aplikasi investasi maupun tabungan atau digital banking sebaiknya memang digunakan karena akan mempermudah manajemen finansialmu.
    Agar kamu bisa mendapatkan kemapanan finansial di masa tua, bijaklah dalam memilih platform perbankan yang tepat. Jika memang ingin memakai aplikasi untuk berinvestasi, pilihlah aplikasi investasi terbaik dan menguntungkan. Apabila ingin memakai layanan digital banking maka selektiflah dalam memilih layanan yang fiturnya lengkap dan memenuhi kebutuhanmu.

 

Layanan Digital Banking Terbaik dari digibank by DBS

Kini kamu bisa menikmati layanan digital banking terbaik persembahan dari digibank by DBS. Fitur ini tak hanya bisa mempermudah kamu menabung dan bertransaksi, tapi juga bisa jadi aplikasi untuk berinvestasi yang menguntungkan. Berikut adalah beberapa kelebihan layanan digital banking dari digibank by DBS:

  • Buka Rekening Super Mudah
    Kamu bisa membuka rekening di digibank by DBS tanpa harus pergi ke kantor bank. Kamu juga tak harus menyerahkan dokumen-dokumen sebagai syarat. Pendaftaran akun bisa diselesaikan lewat Aplikasi digibank by DBS.
  • Verifikasi Mudah
    Tahap verifikasi yang harus kamu lalui untuk membuka rekening sangatlah mudah. Hanya dibutuhkan e-KTP dan sidik jari untuk melengkapi proses verifikasi. Jika proses ini sudah selesai maka kamu bisa menikmati layanan digital banking yang lengkap sekaligus bisa menggunakan aplikasi aman dari digibank by DBS.
  • Transfer Tarik Tunai tanpa Biaya
    Kamu bisa melakukan transfer maupun tarik tunai tanpa biaya apapun. Transfer uang bisa dilakukan melalui Aplikasi digibank by DBS. Sementara itu tarik tunai bisa dilakukan di berbagai gerai ATM.

Tunggu apa lagi? Segera buka akun rekening bersama digibank by DBS. Layanan digital banking dari digibank by DBS ini akan menjadi penolong bagimu untuk menabung dan berinvestasi. Kamu bisa menikmati fitur aplikasi untuk investasi yang aman sekaligus lengkap sesuai kebutuhan.

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS