Bunga Tabungan: Manfaat Memiliki Tabungan dan Tipsnya
10 Jan 2022

Bunga Tabungan: Manfaat Memiliki Tabungan dan Tipsnya

Apakah kamu sudah memiliki rekening tabungan? Menabung menjadi hal sangat penting bahkan menjadi sebuah kebutuhan finansial yang harus dimiliki di era saat ini. Ketika memiliki tabungan, perasaan akan jauh lebih tenang, bahkan kamu seperti tidak merisaukan masa depan.

Dari berbagai macam pilihan tempat untuk menabung, bank bisa dikatakan sebagai pilihan paling tepat untuk menyimpan uang. Bukan hanya aman, nantinya kamu juga akan memperoleh berbagai macam benefit ketika menabung di bank termasuk bunga tabungan.

Apa itu bunga tabungan adalah bunga yang harus diberikan bank pada nasabahnya setelah melakukan simpanan dana dalam kurun waktu tertentu.

Manfaat Memiliki Tabungan Bank dan Jumlah Idealnya

Setelah mengetahui apa itu bunga tabungan, hal lain yang harus kamu ketahui adalah manfaat memiliki tabungan di bank. Memiliki rekening tabungan tentu saja memberikan sejumlah keuntungan, seperti:

  1. Kondisi keuangan bisa menjadi lebih sehat
    Apa itu bunga tabungan memang sepintas menggiurkan dan memberi angin segar. Namun, bunga ini bukan menjadi satu-satunya keuntungan. Keuntungan yang kamu dapatkan saat memiliki tabungan ialah kondisi keuangan yang sehat.
    Ini menjadi sebuah manfaat pasti saat menabung karena setiap saat kita harus mengeluarkan uang. Namun, dengan memiliki tabungan kamu bisa lebih berhemat, apalagi jika sudah memiliki pos tabungan yang memang ditujukan untuk kebutuhan berbeda-beda.
  2. Menabung jauh lebih aman
    Jika dibandingkan dengan investasi, pada dasarnya menabung jauh lebih aman. apalagi nantinya dana yang kamu simpan akan dijamin penuh oleh LPS. Sehingga selain kamu memperoleh bunga tabungan, tabunganmu juga akan dijamin aman.
  3. Transaksi keuangan menjadi semakin praktis
    Di era modern seperti sekarang ini, menyimpan uang di dalam bank tentu saja bisa memberi keuntungan karena ada berbagai macam akses untuk melakukan transaksi seperti transfer, pembayaran cicilan hingga pembayaran listrik PLN.
    Bahkan tidak sedikit bank yang memberikan kemudahan untuk melakukan investasi menggunakan sebuah rekening tabungan. Ketika menabung di bank, pastikan rekening simpanan yang kamu miliki sudah aktif untuk mobile banking atau internet banking.
  4. Bisa menikmati berbagai macam promo
    Sebagai seorang nasabah, kamu juga memiliki kesempatan untuk menikmati sejumlah promo yang ditawarkan. Promo yang ditawarkan cukup menarik contohnya saja seperti potongan belanja ketika kamu berbelanja di merchant tertentu, ada juga diskon belanja di tempat yang sudah bekerjasama dengan bank yang kamu pilih.
  5. Mendapatkan bunga  setiap bulan
    Ketika menabung di bank, kamu bukan hanya bisa merapikan rencana keuangan. Namun, kamu juga akan mendapatkan bunga tabungan yang bisa dicairkan dalam waktu tertentu. Meskipun bunga tergolong lebih rendah dibandingkan dengan deposito, itu tetaplah jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan menabung di rumah.
    Memiliki rekening tabungan di bank ternyata menguntungkan bukan, sekarang kamu harus mengetahui jumlah ideal yang harus dimiliki. Sebenarnya untuk jumlah idealnya, kamu tinggal membaginya pada rentang 20% dari total kekayaan bersih yang kamu miliki.

Tips Memperoleh Bunga Tabungan yang Tinggi

Ketika menabung di bank, bunga tabungan menjadi hal pasti yang akan kamu dapatkan. Sebagai nasabah, tentu saja kamu ingin memperoleh bunga yang tinggi bukan? untuk mendapatkan bunga tinggi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, yaitu:

  1. Lihat reputasi bank dengan baik
    Hal pertama sebelum melihat bunga tabungan, kamu harus melihat reputasi bank terlebih dahulu. Bank yang memiliki reputasi baik biasanya sudah dikenal di tengah masyarakat.
    Selain itu fasilitas serta pelayanan untuk nasabahnya juga sangat diperhatikan. Biasanya, bank yang memiliki layanan terbaik memiliki penghargaan secara nasional serta internasional. Bahkan review-review positif dari masyarakat juga dimiliki.
  2. Bandingkan bunga yang ditawarkannya
    Salah satu hal yang membuat orang tertarik menabung di bank adalah bunga yang ditawarkan pihak bank. Untuk memilih salah satu produk terbaik, kamu harus membandingkan bunga antara satu bank dengan bank yang lain.
    Ada beberapa bank yang memberikan suku bunga sama, namun ada pula yang memberikan suku bunga sedikit berbeda.
  3. Lihat benefit yang diberikan
    Bila bunga tabungan yang dimiliki tidak begitu tinggi, kamu bisa melihat seperti apa benefit yang diberikan. Contohnya saja bunga yang diberikan standar, kamu diberikan kemudahan untuk melakukan berbagai macam transaksi atau memiliki berbagai macam promo yang bisa membuat transaksi perbankan semakin untung.
  4. Hindari memilih bunga yang kelewat tinggi
    Memilih bank dengan bunga yang sedikit lebih tinggi sebenarnya tidak menjadi masalah. Namun, hal yang harus kamu waspadai adalah jika Bunga bank yang mereka berikan kelewat tinggi bahkan lebih jauh di atas LPS.
    Setiap perhitungan bunga pada dasarnya sudah tetapkan oleh LPS, sehingga tidak ada bank yang diperbolehkan memberikan bunga yang sangat tinggi. Jika ditemukan hal tersebut, ini menjadi salah satu tanda jika bank tersebut sedang dalam keadaan yang kurang sehat, bila hal ini terjadi, lebih baik kamu memilih bank lain.
  5. Melihat apa saja fitur yang diberikan
    Hal lain yang sangat penting ialah melihat fitur yang diberikan bank yang memberi bunga tabungan lebih tinggi. Bila bank memberikan bunga lebih tinggi dan fitur serta keuntungan yang diberikan sangat terbatas, lebih baik kamu memilih bunga standard yang memiliki fitur cukup banyak.

Cara Menabung di Bank

Bila kamu tidak mempunyai tabungan dengan jumlah cukup, sudah saatnya memperbaiki kondisi ini. Tabungan bisa membantumu menghindari berbagai macam masalah keuangan, bahkan masalah keuangan yang cukup berat.

Oleh sebab itu, siapkan tabungan dari sekarang agar dapat mempunyai kondisi keuangan yang lebih baik di masa mendatang. Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti:

  1. Susun anggaran dengan baik
    Selama ini, kamu sulit menabung bisa jadi disebabkan karena adanya masalah anggaran keuangan atau kamu tidak pernah mempunyai serta menerapkan anggaran ini dalam keuangan.
    Untuk menghindari hal ini terjadi lagi, kamu bisa menyusun anggaran keuangan dengan baik. Contohnya seperti mencatat seluruh pengeluaran mulai dari pemasukan tetap yang kamu miliki setiap bulannya dan berbagai hal lain.
    Buat anggaran keuangan yang masuk akal serta sesuai dengan kondisi keuangan, sehingga berbagai kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik serta sesuai dengan kemampuan keuanganmu. Jangan lupa buat pos tabungan yang berada di dalam anggaran serta alokasikan sejumlah dana.
  2. Tentukan tujuanmu untuk menabung
    Apa yang ingin kamu capai dengan menabung serta jumlah tabungan yang ingin dikumpulkan menjadi hal sangat penting sehingga bisa membantumu mencapai tujuan keuangan ini dengan baik.
    Pastikan kamu mempunyai tujuan yang jelas ketika menabung, contohnya seperti ingin membeli mobil baru, atau menyiapkan dana liburan. Dengan adanya tujuan yang jelas, nantinya kamu akan jauh lebih fokus.
  3. Tetapkan jumlah yang tepat
    Ketika sudah mendapatkan tujuan, kamu juga harus menentukan berapa jumlah yang ingin kamu capai. Dengan cara ini, kamu bisa fokus serta serius dalam menjalaninya. Jumlah tabungan sudah pasti harus disesuaikan dengan penghasilan yang dimiliki.
    Selain itu agar nantinya kebutuhan rutin bisa terpenuhi dengan baik, kondisi keuanganmu juga harus baik serta tidak tertekan. Jangan memilih jumlah tabungan yang terlalu besar serta tidak masuk akal. Karena, hal ini bisa membuatmu mengalami kesulitan untuk mengatur pengeluaran.
  4. Miliki komitmen yang kuat
    Mencapai tujuan keuangan dengan cara menabung saja memang tidak mudah. Namun, ini menjadi sebuah proses panjang yang harus kamu lalui, apalagi jika kamu ingin mengumpulkan lebih banyak uang.
    Dengan komitmen dari awal, kamu bisa konsisten untuk menjalankan aktivitas keuangan ini dan bisa mencapai tujuan awal seperti yang telah kamu tetapkan ketika membuka rekening tabungan.
  5. Pilih jenis tabungan yang tepat
    Ada berbagai macam jenis tabungan yang disediakan bank. Pastikan kamu memilih jenis tabungan yang tepat agar bisa lancar dalam mendukung rencana keuanganmu di masa mendatang.

Rekomendasi Tabungan dengan Berbagai Benefit yang Menguntungkan

Jika kamu bingung memilih mana tabungan yang menarik dengan bunga kompetitif, Tabungan digibank by DBS bisa dijadikan sebagai pilihan.

digibank by DBS memiliki produk digital banking yang akan membantu seluruh kebutuhan transaksi yang akan kamu lakukan. Berikut berbagai macam kelebihan yang dimiliki Tabungan digibank by DBS, antara lain:

  1. Membuka rekening tidak perlu ke bank
    Di era modern seperti sekarang ini, sepertinya sudah bukan jamannya lagi jika ingin membuka rekening tabungan harus pergi ke bank. digibank by DBS tentu saja mengetahui hal ini dengan baik.
    Untuk membuka rekening tabungan, kamu tidak perlu menyambangi bank, cukup download Aplikasi digibank by DBS, melalui smartphone yang kamu miliki. Di sana, kamu akan menemukan form yang berisi pengajuan tabungan. Kamu bisa mengisi seluruh data diri.
    Jika data diri sudah diisi, lakukan verifikasi dengan menggunakan sidik jari yang berada di booth digibank by DBS. Tidak memiliki waktu? Kamu bisa memanggil agen digibank dimana saja dan kapan saja kamu mau. Hanya dalam 5 menit, tabunganmu sudah beres. Tanpa ribet dan hemat waktu bukan?
  2. Hanya membutuhkan e-KTP
    Selain kemudahan dalam pengajuan, untuk menjadi nasabah digibank by DBS, kamu juga hanya membutuhkan dokumen e-KTP. Kamu bisa menyiapkan e-KTP serta sidik jari untuk proses verifikasi. Kamu tidak perlu menyiapkan berbagai macam dokumen yang mungkin masih dibutuhkan oleh bank lain.
  3. Gratis transfer serta tarik tunai
    Biaya transfer memang terkesan tidak begitu besar, namun jika dalam sehari kamu harus melakukan transfer dalam jumlah yang cukup banyak, pasti biayanya akan sangat besar. jika tidak rela harus membayar biaya transfer tabungan digibank by DBS bisa menjadi jawabannya.
    Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa transfer ke mana saja gratis. Bukan hanya itu, kamu juga bisa melakukan tarik tunai di ATM mana saja gratis. kamu tidak perlu antri karena bisa bebas pilih ATM untuk mengambil uang.
    Tarik tunai di bank mana saja bebas tanpa perlu takut terkena biaya. Tabungan digibank by DBS juga memberikanmu fasilitas Aplikasi digibank by DBS sehingga kamu bisa leluasa melakukan seluruh transaksimu.

Temukan berbagai macam kemudahan dengan memilih tabungan digibank by DBS, bukan hanya mendapatkan bunga tabungan, serangkaian fasilitas menguntungkan juga akan kamu dapatkan.

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS