Belanja
01 Aug 2023

Waspada Penipuan Belanja Online, Begini Tipsnya!

Kemudahan transfer uang di zaman digital seperti sekarang membuat segalanya terasa jauh lebih praktis. Apalagi bagi kamu yang hobi belanja online, pasti rasanya jauh lebih mudah karena bayar apapun tinggal pakai aplikasi mobile. Hanya saja kemudahan tersebut tetap harus diimbangi dengan sikap waspada agar kamu tidak menjadi korban penipuan belanja online.

Bisa kamu lihat sendiri sekarang ini ada banyak sekali kasus penipuan toko-toko online. Kemudahan transaksi dan belanja secara online di media digital membuat kasus semacam ini terus meningkat. Tapi kamu tidak perlu merasa takut karena sebenarnya penipuan seperti ini masih bisa dihindari. Yuk, cari tahu seperti apa cara bijak bertransaksi online agar terhindar dari penipuan.

3 Trik Cerdas Cek Rekening Penipu secara Online

Penipuan secara online memang marak terjadi seiring dengan perkembangan teknologi saat ini. Sebisa mungkin kamu harus waspada dan salah satu upaya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengecek nomor rekening terlebih dahulu. Pastikan kamu transfer ke rekening yang tepat, bukan rekening penipu. Berikut ini beberapa trik yang bisa dilakukan untuk mengecek nomor rekening:

1. Cek di Website Kominfo

Sebelum melakukan transfer, bisa mengecek status nomor rekening dengan menggunakan fasilitas yang sudah disediakan oleh Kominfo. Kominfo sendiri memiliki website bernama CekRekening.id untuk mempermudah pengecekan tersebut. Kamu bisa langsung masuk ke alamat website mereka lalu klik menu Periksa Rekening.

Di sana kamu bisa langsung mengikuti instruksi yang tersedia dan memasukkan nomor rekening. Selanjutnya kamu bisa klik opsi Cek Sekarang dan menunggu sampai hasil analisis keluar. Jika memang nomor rekening tersebut tercatat pernah melakukan penipuan maka kamu bisa klik pilihan Laporkan Rekening.

2. Gunakan Situs Lapor.go.id

Selain situs yang disediakan oleh Kominfo, ada juga situs Lapor.go.id yang juga menyediakan fasilitas untuk mengecek nomor rekening. Lapor.go.id itu sendiri merupakan layanan yang disediakan oleh pemerintah agar masyarakat bisa lebih mudah mengecek nomor rekening penipuan dan membuat laporan dengan cepat.

Caranya juga sama mudah seperti pengecekan lewat situs CekRekening.id tadi. Kamu bisa langsung masuk ke laman website mereka kemudian klik opsi Permintaan Informasi. Begitu memasukkan nomor rekening, kamu bisa langsung mendapatkan informasi lengkap dan kesimpulan apakah nomor tersebut punya riwayat penipuan atau tidak.

3. Cek Melalui Instagram

Belanja online memang jadi sangat mudah karena banyak platform yang tersedia dan ada banyak juga pilihan aplikasi transfer uang yang praktis dipakai. Tapi kamu juga harus tetap waspada dan tidak langsung kirim uang ke sembarang nomor rekening. Cara paling mudah yang bisa kamu coba untuk memastikan nomor sebelum kirim uang adalah cek lewat Instagram.

Saat ini ada akun Instagram @indonesiablacklist yang bisa membantu kamu untuk menelusuri riwayat nomor rekening. Jadi kamu bisa menghubungi tim mereka untuk mencari tahu apakah nomor rekening tersebut memang asli atau milik penipu. Mereka juga sering mengunggah informasi penting terkait kasus penipuan online.

Cara Bijak Transaksi Online

Jika kamu ingin terhindar dari penipuan saat belanja online, maka penting sekali untuk tetap bijak saat melakukan transaksi apapun. Berikut adalah beberapa cara bijak transaksi online yang bisa membuat kamu terhindar dari penipuan yang merugikan:

1. Selalu Lakukan Pengecekan

Tips pertama, kamu harus selalu melakukan pengecekan nomor rekening terlebih dahulu. Hal ini sangat penting untuk dilakukan apalagi jika kamu hobi belanja online. Jika kamu bertransaksi secara langsung dengan pihak penjual, tidak melalui marketplace, maka kamu harus memastikan nomor rekeningnya benar.

Tadi sudah disebutkan beberapa pilihan cara untuk mengecek keaslian nomor rekening sebelum transfer dana. Pastikan nomor tersebut tidak punya riwayat penipuan dan memang aman untuk bertransaksi. Jangan sampai mudah percaya dengan orang lain apalagi hanya demi mendapatkan barang dengan penawaran harga yang murah.

2. Belanja di Tempat Terpercaya

Kamu juga harus lebih cerdas memilih tempat belanja online. Saat ini ada banyak sekali platform belanja online yang bisa kamu pakai. Tapi ingat, tidak semuanya tepercaya dan menawarkan kualitas yang bagus. Tidak semua platform juga aman untuk kamu gunakan karena banyak sekali kasus penipuan di berbagai jenis platform belanja online.

Sebaiknya kamu pilih toko online yang benar-benar terpercaya dan sudah mendapatkan banyak review positif dari pelanggan. Itulah mengapa sangat penting untuk membaca ulasan dari sebuah toko atau platform belanja sebelum kamu mulai bertransaksi. Pastikan bahwa toko tersebut sudah lama beroperasi dan memang tidak mempunyai riwayat penipuan apapun sehingga dijamin aman.

3. Gunakan Aplikasi Transfer Uang yang Kredibel

Saat ini kamu bisa belanja online dengan mudah berkat banyaknya jenis aplikasi yang mempermudah proses transfer dana. Namun kamu harus pastikan bahwa aplikasi yang kamu pakai tadi benar-benar aman dan memang kredibel dalam menyelesaikan proses transaksi.

Saat ini ada banyak sekali pilihan jenis aplikasi transfer uang yang mungkin dapat kamu temukan. Perhatikan apakah aplikasi tersebut sudah terdaftar OJK atau belum. Cari tahu juga fitur apa saja yang tersedia di aplikasi tersebut. Jika kamu sudah memastikan keamanannya maka kamu bisa merasa lebih aman untuk bertransaksi.

4. Selalu Simpan Bukti Transaksi

Pastikan kamu selalu menyimpan bukti transaksi begitu selesai melakukan pembayaran atau kirim dana. Bukti transaksi ini sangatlah penting untuk melakukan klaim jika sewaktu-waktu terjadi kendala. Apalagi jika kamu bertransaksi langsung dengan rekening penjual atau tidak melalui platform perantara apapun.

Sebenarnya jika kamu menggunakan aplikasi transfer uang atau bank digital, maka riwayat bukti transaksi ini akan jauh lebih mudah untuk diakses. Biasanya bukti transaksi sudah langsung tersimpan dan bisa kamu buka kapan saja. Namun untuk berjaga-jaga alangkah jauh lebih baik jika kamu langsung melakukan screenshot dan mengirim bukti transaksi setelah proses kirim dana selesai.

Transfer Lebih Mudah Pakai Bank Digital Terpercaya

Tentunya keamanan transaksi saat belanja online akan sangat dipengaruhi oleh aplikasi yang akan kamu pakai untuk mengirim dana. Kamu bisa mempercayakan proses ini kepada digibank by DBS. Melalui layanan perbankan ini kamu bisa mendapatkan banyak kemudahan transaksi, apalagi jika kamu sering berbelanja secara online.

Aplikasi transfer uang dari digibank by DBS akan memungkinkan kamu untuk kirim dana bebas biaya dengan gratis trasnfer tanpa kuota. Selain itu proses pembukaan rekeningnya juga mudah karena bisa dilakukan secara online dan tidak perlu antre di bank. Nantinya layanan ini akan membuat proses transaksi belanja online jadi jauh lebih cepat dengan limit Rp250 juta ketika bertransaksi perharinya.

digibank by DBS memberi kemudahan transfer dana kapan saja dimana saja secara real time. Tapi ingat, kamu tetap harus berhati-hati sebelum melakukan transaksi dan memastikan nomor rekening tujuan sudah tepat. Silakan klik di sini untuk mengakses informasi lebih lengkap.