sneaker
16 Sep 2022

Tips Aman Bertransaksi Beli Sneaker ORI di Luar Negeri

Menggunakan sneaker original atau ORI tidak hanya bisa menambah kepercayaan diri. Alas kaki ini bahkan bisa digunakan pada acara santai dan olahraga. Mengingat fungsinya yang banyak tidak heran antusiasme orang untuk membelinya cukup tinggi meskipun harganya tergolong tidak murah.

Pembelian sneaker ORI bermerek seperti Nike, Adidas dan Vans atau Yeezy paling aman adalah langsung dari negara yang memproduksinya, misalnya saja sneaker Nike dari Amerika Serikat. Oleh karena itu, proses kirim uang ke luar negeri yang aman pun harus diketahui. Tujuannya supaya Anda tidak tertipu dan rugi karena biaya kirim yang mahal. Seperti apa cara beli yang aman, kenali tipsnya di sini.

Tips Membedakan Sneaker ORI dan Palsu

Jangan buru-buru untuk bertransaksi sebelum tahu apakah produknya benar-benar asli. Cukup banyak penjual online yang mengaku menawarkan barang ORI tapi sebenarnya palsu.

Menghindari kerugian, Anda perlu memiliki pengetahuan tentang sneaker dan mengetahui ciri-ciri sneaker yang asli dan palsu meskipun membeli secara online. Pertama adalah mengecek bagian label dan barcode yang terlihat di foto dengan website resmi sesuai brand sepatu yang ingin Anda beli.

Pastikan bahwa nomor seri yang tertera pada lidah sepatu sama dengan kardus. Kedua adalah dengan membeli produk dengan nama BNIB (Brand New In Box). Artinya sepatu yang dijual adalah barang asli yang segelnya belum dibuka dari kardus.

Ketiga adalah memperhatikan detail sepatu. Anda bisa mengecek bagaimana peletakan logo, jahitan, sampai dengan bahan dan warna pada sol sepatu. Sekali lagi bandingkan dengan foto yang ada pada website resminya.

Selain membedakan dengan cara ini paling aman lagi adalah langsung membeli ke website resminya. Kecuali jika sepatu yang Anda inginkan limited edition dan terpaksa membeli dari tangan kedua atau ketiga atau menggunakan Jastip atau Jasa Titip dari penyedia jasa profesional atau titip saudara yang sedang berada di negara tersebut.

Tips Kirim Uang ke Luar Negeri Aman untuk Beli Sneaker ORI

Anda yang sudah yakin dengan sneaker yang ditawarkan adalah asli maka bisa melanjutkan ke tahapan transaksi. Cara yang ditawarkan oleh toko online dan penyedia jasa titip biasanya bervariasi, tapi cara yang paling umum adalah dengan remitansi online.

Pada cara ini Anda bisa menggunakanplatform remitansi yang berupa website maupun aplikasi. Waktu pengiriman pun hanya dalam hitungan menit mirip seperti Anda transfer ke dalam negeri. Hanya saja supaya pembelian lebih aman, Anda harus memperhatikan beberapa tips berikut ini.

  1. Bagaimana Proses Transfer yang Disediakan

    Hal paling utama yang harus diketahui adalah langkah-langkah transfernya. Tidak semua platform memiliki tahapan yang sama. Anda bisa melihat tutorial dari platform resmi untuk mengetahuinya.

    Cara ini juga bisa digunakan untuk mencari tahu fitur apa yang saja yang disediakan dan sejauh mana kemudahan menggunakannya. Anda bisa memilih platform yang menyediakan layanan pengiriman paling muda, cepat dan transparan.

  2. Pastikan Nomor Rekening Tujuan sudah Benar

    Kegagalan pembelian bisa terjadi karena hal sepele seperti salah menuliskan nomor rekening. Oleh karena itu Anda bisa meminta nomor rekening penjual dan catat nomornya dengan benar ke dalam platform remitansi.

    Salah menginput satu angka saja bisa gagal sehingga Anda harus mengulang kembali. Hindari terburu-buru pada saat input nomor rekening. Cek kembali apakah nomor sudah benar supaya uang terkirim dan sneaker ORI bisa langsung dikirim oleh penjual.

  3. Mengecek Kurs untuk Menghitung Biaya Kirim

    Selain rekening hal penting lain adalah mengecek kurs atau mata uang. Sesuaikan kurs Rupiah dengan mata uang Dollar. Namun kembali lagi perlu disesuaikan dengan mata uang di negara penjual.

    Dampak yang diberikan jika Anda salah memperhatikan kurs adalah pengiriman uang menjadi berkurang. Artinya Anda harus mengirimkan kembali nominal yang kurang di hari berikutnya.

    Perubahan kurs ini terjadi setiap hari, jadi paling aman adalah mengeceknya tepat sebelum Anda mengirimkan uang. Kemudian pada saat mengisi nominal uang yang dikirim juga harap dicek kembali, jangan sampai ada angka yang kurang atau lebih.

  4. Mengecek Biaya Transaksi

    Berbeda dengan transfer dalam negeri yang biaya pengiriman kerap kali gratis, Anda akan dikenakan biaya transaksi atau administrasi saat transfer uang ke luar negeri. Biaya ini juga berbeda-beda antara platform remitansi.

    Jadi selain kurs, supaya uang yang terkirim jumlahnya tepat Anda juga perlu mengetahui biaya transaksi ini. Pastikan nominalnya cukup sehingga tidak memotong uang yang seharusnya dikirimkan oleh penjual.

    Anda bisa mengecek biaya transaksi ini dari aplikasi kirim uang ke luar negeri yang dipilih. Biaya transaksi ini seharusnya tertera sehingga Anda bisa menghitung terlebih dahulu berapa uang yang harus dipersiapkan.

  5. Kapan Waktu Pengiriman yang Tepat

    Masalah waktu ini kerap kali terlewatkan ketika Anda transfer uang ke luar negeri. Ingat bahwa waktu di Indonesia dengan negara lain berbeda, seperti Amerika yang beda 12 jam. Belum lagi waktu operasional bank.

    Paling mudah adalah bertanya ke platform remitansi kapan waktu uang akan diterima pemilik nomor rekening tujuan. Selain itu cari tahu juga kapan waktu pengiriman yang tersedia. Berdasarkan informasi ini Anda bisa menentukan waktu yang tepat untuk transfer.

    Belum lagi jika Anda membeli sneaker ORI limited edition yang waktu transfernya terbatas. Lebih baik untuk bersiap satu hari sebelumnya sehingga Anda tidak melewatkan sneaker yang ingin dibeli.

  6. Mempersiapkan Informasi yang Diperlukan

    Tidak hanya nomor rekening, untuk mencegah kesalahan transfer ada beberapa informasi penting yang harus dipersiapkan. Anda perlu memiliki data seperti nama pemilik rekening, bank tujuan dan tidak lupa dana yang diperlukan.

    Apabila Anda mengirim langsung melalui aplikasi, maka perlu adanya rekening aktif dengan jumlah dana sesuai atau mencukupi. Cara ini lebih mudah dibandingkan Anda harus pergi ke bank dan membawa uang tunai.

    Ketika semua informasinya sudah lengkap maka Anda tinggal mengisinya pada formulir di platform remitansi yang disediakan. Sisanya proses pengiriman akan langsung dilakukan.

    Selain mengikuti keenam tips ini, pemilihan platform remitansi yang bagus menjadi hal yang paling penting. Pastikan platform yang digunakan memiliki kredibilitas tinggi dan terpercaya.

Transfer Valas dari digibank by DBS untuk Beli Sneaker ORI

Salah satu layanan remitansi yang terpercaya dan bisa langsung Anda gunakan hadir di digibank by DBS. Layanan transfer valas yang disediakan bisa Anda gunakan kapan saja untuk membeli sneaker ORI.

Selama menggunakan digibank by DBS, beberapa keunggulan akan diperoleh, seperti:

  1. Akses Online Tidak Perlu ke Kantor Cabang Bank

    Pembelian sneaker ORI dilakukan secara online, tentu saja pembayaran sebaiknya dilakukan dengan cara sama. Inilah yang ditawarkan oleh digibank by DBS kepada nasabahnya. Anda bisa melakukan pembelian sneaker ORI dengan transfer secara online 24/7.

    Anda tak perlu lagi pergi ke kantor cabang bank membawa uang tunai dan mengisi begitu banyak formulir. Semua prosesnya hanya perlu dengan klik dan klik saja melalui satu platform aplikasi. Kemudahan ini bisa menghemat waktu Anda.

  2. Biaya Transfer Gratis untuk Ke Lebih Dari 20 Negara Tujuan

    Biaya transfer kerap kali jadi pertimbangan utama seseorang memilih platform remitansi. Anda tidak perlu khawatir lagi soal ini selama menggunakan digibank by DBS karena terdapat penawaran gratis biaya transfer.

    Layanan ini bisa dilakukan untuk pengiriman ke 20 negara lebih yang menggunakan mata uang USD, SGD, CAD, GBP, HKD, EUR, dan AUD. Boleh dikatakan negara dengan mata uang tersebut kerap kali tersedia sneaker ORI yang bisa Anda beli.

    Anda yang menemukan penjual dengan mata uang tersebut tentu tidak perlu ragu lagi untuk beli karena bebas biaya transfer. Jadi coba cek kembali apa mata uang yang digunakan pada nomor tujuan rekening. Jika perlu Anda bisa mencari sneaker ORI di negara-negara dengan mata uang tersebut.

  3. Nilai FX Rate yang Kompetitif

    Saat kirim uang ke luar negeri dengan digibank by DBS Anda juga akan diringankan soal nilai tukar rupiah. Nilai tukar yang Anda dapatkan selalu terkini sehingga jika terdapat nilainya turun akan semakin untung.

    FX Rate ini bisa Anda cek di Aplikasi digibank by DBS sehingga tidak perlu lagi mengecek melalui platform lainnya. Jangan lupa cek nilai tukar ini tepat sebelum Anda mengisi formulir transfer valas. Nantinya bank akan melakukan konversi mata uang Rupiah sesuai kurs yang sedang berlaku.

  4. Uang akan Sampai pada Hari yang Sama

    Satu lagi kelebihan yang dihadirkan oleh digibank by DBS adalah uang yang dikirimkan akan sampai pada hari yang sama. Artinya sepatu yang dibeli bisa langsung dikirimkan lebih cepat tanpa harus menunggu hari berikutnya.

    Soal waktu ini yang perlu diperhatikan adalah batas waktu yang sudah ditentukan. Aplikasi digibank by DBS memiliki beberapa batas waktu pengiriman sesuai dengan negara yang dituju. Misalnya saja untuk negara Amerika, uang akan diterima di hari yang sama selama Anda mengirim sebelum pukul 16.00 WIB.

    Beda lagi jika ingin mengirim ke negara Inggris, transfer perlu dikirim sebelum pukul 13.30 WIB. Jadi cek kembali soal waktu ini supaya penerima bisa mendapatkan uang sesuai dengan waktu yang dijanjikan.

Sekarang Anda bisa mulai untuk mencari mana sneaker ORI yang diinginkan. Bandingkan beberapa toko dan cek ulang apakah sneaker tersebut benar-benar asli. Cek kembali label, barcode, tampilan fisik dari foto atau membeli langsung di website resminya.

Jaminan untuk mendapat sneaker ORI bisa Anda dapatkan dan jangan lupa untuk memastikan bahwa proses transfernya berjalan lancar. Layanan transfer valas pada Aplikasi digibank by DBS bisa Anda manfaatkan setelah menemukan sneaker ORI yang tepat.

Anda bisa memulainya dengan langsung menginstal Aplikasi digibank by DBS dan membuka rekening baru. Isi rekening dengan uang yang cukup untuk beli sneaker ORI incaran Anda.