Ini Dia 3 Sumber Cuan Saat Berinvestasi Obligasi

Ini Dia 3 Sumber Cuan Saat Berinvestasi Obligasi

Mendapatkan keuntungan maksimal dari pengembangan aset merupakan harapan banyak orang saat memutuskan untuk berinvestasi. Begitu pula saat memilih obligasi sebagai instrumen investasi.

Saat memutuskan berinvestasi obligasi peluang untuk mendapatkan cuan memang lebih terbuka. Meski begitu faktor risiko seperti gagal bayar, serta harga obligasi di pasaran yang turun menyebabkan terjadinya capital loss. Berbeda halnya bila kita memilih investasi obligasi pemerintah (government bonds).

Investasi obligasi pemerintah melalui Surat Berharga Negara (SBN) memang lebih aman dibanding instrumen investasi obligasi korporasi karena mendapat jaminan pengembalian uang 100% yang sudah diatur Undang-Undang. Selain itu, obligasi negara juga bisa dengan mudah didapatkan di pasar sekunder dengan harga yang terjangkau.

Beberapa seri obligasi pemerintah yang diperjualbelikan di pasar sekunder  adalah  obligasi seri FR, INDON, dan INDOIS. Obligasi seri FR menggunakan rupiah sebagai mata uang dengan minimal investasi Rp 1 juta. Sedangkan obligasi INDON dan INDOIS menggunakan USD sebagai mata uang dengan minimal investasi USD 1.000.

Investasi obligasi khususnya government bonds berupa SBN menjadi makin digemari karena dianggap lebih menguntungkan. Obligasi yang sudah dibeli di pasar sekunder dapat diperjualbelikan kembali sehingga aset menjadi lebih liquid.

Sebenarnya, dari mana saja sumber keuntungan yang didapat saat berinvestasi obligasi pemerintah ini? Simak penjelasan berikut:

  1. Pengembalian dana 100 persen.

    Untuk investasi obligasi berupa SBN, pada akhir masa jatuh tempo setiap investor akan mendapatkan kembali 100 persen dana yang sudah diinvestasikan pada saat pembelian obligasi. Jaminan pengembalian 100 persen dana investor untuk SBN ini sudah diatur dalam Undang-Undang.

    Semua investor baik yang membeli lewat pasar primer pada saat Initial Public Offering (IPO) atau investor yang mendapatkan obligasi melalui pasar sekunder akan mendapat pengembalian dengan jumlah yang sama.
  1. Kupon

    Investor yang membeli obligasi selanjutnya akan menerima pembayaran kupon dalam jumlah tertentu secara reguler hingga tanggal jatuh tempo obligasi yang telah ditetapkan. Terdapat dua bentuk kupon yang diterima oleh investor yaitu kupon tetap (Fixed Rate), dan kupon variable (Variable Rate).

    Pada investasi obligasi seri fixed rate, investor akan mendapat kesempatan memperoleh imbal hasil dengan persentase yang sama hingga masa jatuh tempo. Sedangkan pada  obligasi kupon variable atau biasa disebut floating coupon, nilai imbal hasil yang diterima akan berbeda-beda sesuai harga pasar hingga masa jatuh tempo. Pembagian kupon imbal hasil biasanya diberikan dalam rentang 3 bulan, enam bulan atau tahunan sesuai kesepakatan awal.

    Biasanya pendapatan yang diperoleh dari investasi obligasi lebih tinggi daripada investasi deposito. Selain itu nilai pajak yang dikenakan untuk setiap transaksi penjualan lebih rendah yaitu 15% dibanding pajak untuk transaksi deposito 20%.
  1. Capital Gain

    Capital gain merupakan potensi kenaikan harga yang diperoleh pada saat melakukan transaksi penjualan kembali obligasi yang telah dibeli. Besar kecilnya capital gain yang diperoleh sangat tergantung pada kecakapan investor dalam melihat situasi pasar. Bila tidak cermat dalam melihat situasi pasar bukan tidak mungkin investor bisa saja mengalami capital lost atau rugi.

Untuk memudahkan para investor melakukan transaksi investasi obligasi, saat ini digibank by DBS telah dilengkapi dengan layanan obligasi pasar sekunder. Lewat fitur ini setiap nasabah bisa melakukan transaksi secara online kapan saja dan di mana saja.

Layanan obligasi pasar sekunder di digibank by DBS akan memudahkan nasabah untuk melakukan pembuatan SID (Single Investor Identification). SID merupakan nomor identifikasi yang diterbitkan oleh KSEI untuk mengidentifikasi customer sebelum melakukan transaksi di pasar modal. SID bersifat unik untuk setiap customer sehingga tak akan terjadi duplikasi atau penyalahgunaan.

Layanan obligasi pasar sekunder di digibank by DBS juga akan membantu nasabah dalam hal pemesanan, pembayaran dan penjualan kembali. Terdapat varian produk yang lengkap dengan nilai minimum pembelian yang sangat terjangkau  yaitu mulai dari Rp 1juta.. Download Aplikasi digibank by DBS sekarang juga dan saatnya merasakan segala kemudahan dan manfaatnya.

Terima kasih atas masukan Anda

Apakah informasi ini bermanfaat?

Terima kasih atas masukan Anda
Bagaimana informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini
Beri kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!>$&-()',./

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /