ruang bermain anak

5 Tips Menciptakan Ruang Belajar dan Bermain Anak dengan KTA

Masa tumbuh kembang anak merupakan masa yang tepat untuk mempersiapkannya agar menjadi pribadi yang baik di masa depan. Salah satu caranya yaitu dengan membuat sebuah ruang belajar dan bermain dalam satu ruangan menggunakan kredit tanpa agunan.

Pada masa ini, anak-anak harus diajak untuk melakukan berbagai kegiatan yang bisa mengasah kemampuan kognitif dan kemampuan motoriknya. Kegiatan tersebut bisa dilakukan di mana saja, termasuk di ruang belajar dan bermain. Lalu, ruang seperti apa ya yang cocok? Mari simak informasi ini hingga selesai.

5 Tips Menciptakan Ruang Belajar yang Nyaman dan Fun untuk Anak

Sebenarnya, menciptakan ruang belajar yang nyaman dan fun itu sangat mudah dan bisa dilakukan dimana saja, termasuk di ruangan yang kurang luas sekalipun. Karena itu, mari simak beberapa tips yang akan kami bagikan ini.

  1. Pilih Set Meja Belajar yang Tepat

Berbicara mengenai ruang belajar, salah satu furniture wajib di ruang ini tentunya adalah set meja belajar. Ukuran dan desainnya dapat disesuaikan dengan si kecil. Misalnya, kamu dapat memilih meja belajar mungil berbentuk rumah dengan 2 sisi yang fungsional.

Pada sisi pertama terdapat meja dan rak panjang, sementara sisi lainnya terdapat hambalan penyimpanan dan area gambar. Set meja belajar ini umumnya sudah termasuk dengan kursi sehingga akan tampak sangat manis dan serasi saat disimpan di ruang belajar anak.

  1. Carilah Furniture yang Aman untuk Anak

Tidak hanya meja belajar saja yang harus kamu perhatikan, beberapa furniture lainnya pun harus menjadi fokus utama. Sebaiknya, pilihlah furniture yang aman untuk kegiatan belajar dan bermain anak. Misalnya, kamu dapat memilih rak buku dari bahan yang tidak mudah pecah seperti kaca dan plastik.

Akan lebih baik jika kamu memilih furnitur berbahan dasar kayu dan memiliki sudut-sudut tumpul. Material kayu ini umumnya menjadi pilihan favorit bagi orang tua dan cocok ditempatkan pada interior ruang belajar dengan tema apa saja, teramasuk desain Japandi dan modern minimalis.

  1. Tambahkan Beberapa Elemen Imajinatif

Anak-anak memiliki kemampuan berimajinasi yang sangat kuat. Karena itu, tidak ada salahnya jika kita bantu rangsang daya imajinasinya dengan beberapa elemen yang imajinatif. Misalnya, kamu dapat membuat ruang belajar dengan tema berkemah. Di dalamnya, kamu dapat menambahkan sebuah tenda dan kursi berkemah untuk memperkuat imajinasinya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih beberapa furnitur yang mendukung tema tersebut. Misalnya, membeli rak buku berbentuk tenda, kursi berbentuk beruang, dan menambah beberapa boneka hewan-hewan yang lucu. Tambahkan pula karpet yang lembut berbentuk rumput untuk memperkuat tema tersebut. 

  1. Pilih Kabin yang Mudah Dijangkau Anak

Seperti yang kita tahu, seorang anak pastinya memiliki buku dan mainan yang tidak sedikit. Karena itu, untuk merapikannya kamu membutuhkan sebuah kabin yang cukup banyak. Salah satu kriteria yang harus dipenuhi oleh kabin ini yaitu harus mudah dijangkau oleh anak.

Tujuannya yaitu untuk mengajarkan tanggung jawab pada mereka agar dapat merapikan kembali barang-barangnya setelah selesai digunakan. Sementara itu, kabin atau rak penyimpanan yang sulit dijangkau akan memancing mereka untuk memanjat. Hal ini tentu sangat berbahaya karena mereka bisa jatuh dan terluka.

  1. Isi Ruang dengan Mainan Edukatif

Di zaman sekarang, ruang belajar dan bermain tidak hanya diisi oleh kumpulan buku-buku dan mainan menyenangkan saja. Kini, sudah banyak bermunculan aneka permainan edukatif yang dapat merangsang perkembangan logika dan kemampuan si kecil.

Salah satu contohnya yaitu mainan berupa market booth. Di sini, anak bisa bermain peran layaknya seorang penjual makanan. Desain mainan ini dibuat dengan bentuk yang sangat mirip seperti market booth sungguhan. Hanya saja, ukurannya dibuat lebih mungil dan material yang digunakan lebih friendly untuk anak.

Sambil bermain peran, anak juga bisa sekaligus belajar matematika dengan cara menghitung uang mainannya, jumlah pesanan, dan sebagainya. Selain itu, kemampuannya dalam berkomunikasi pun dapat terlatih.

5 Tips Membuat Ruang Bermain Anak yang Menyenangkan

Selain ruang belajar, anak juga membutuhkan ruang bermain untuk bersenang-senang dan merangsang perkembangan motoriknya. 

  1. Paduan Warna Dekorasi yang Pas

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah ruang bermain anak yaitu paduan warna dekorasi yang digunakan. Ruangan bermain, umumnya memiliki paduan warna yang colorfull. Meskipun begitu, kamu tetap harus memilih warna-warna yang sesuai. Salah satu caranya yaitu dengan memadukan warna-warna gradasi.

  1. Sediakan Banyak Storage

Seperti yang telah kita ketahui jika jumlah mainan anak dan perintilannya itu tidak sedikit. Karena itu, kamu akan membutuhkan cukup banyak storage agar mainan mereka tidak berantakan. Selain itu, pastikan storage tersebut aman dan mudah dijangkau oleh anak.

  1. Gunakan Perabot yang Cukup

Tidak perlu menggunakan terlalu banyak perabot di ruang bermain anak. Tujuannya yaitu agar ruangan terasa lebih luas dan anak bisa bermain dengan bebas. Karena anak akan banyak bermain di lantai, sebaiknya kamu juga menggunakan alas lantai dengan permukaan yang sedikit empuk. Bisa juga dikombinasikan dengan kursi lesehan kecil dan beberapa permainan.

  1. Pakai Dekorasi yang Aman dan Mudah Dibersihkan

Memilih dekorasi yang aman dan mudah dibersihkan merupakan suatu keharusan saat membuat ruang belajar si kecil menggunakan kredit online. Hindari memilih perabotan yang memiliki sudut tajam, atau terbuat dari material yang mudah pecah. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kecelakaan pada si kecil.

  1. Dekorasi Sesuai Zona Ruangan

Ruang bermain anak bisa kamu buat menjadi beberapa zona, seperti zona menggambar, zona bermain perosotan, dan lain sebagainya. Cara ini bisa memberikan kesempatan anak untuk merasakan beberapa suasana berbeda dalam satu ruang bermain.

5 Inspirasi Desain Ruang Belajar dan Ruang Bermain Anak

Jika ruang belajar dan bermain dapat dijadikan satu, kenapa harus buat dua ruangan terpisah? Di bawah ini, telah kami siapkan beberapa desain ruang belajar sekaligus ruang berbaik sebagai inspirasi untuk kamu. Berikut informasinya!

  1. Desain Feminim

Jika kamu memiliki anak perempuan, desain ruang bermain dan belajar ini akan sangat cocok untuk kamu. Kamu bisa membuat ruangan bertema warna-warna feminim, seperti biru muda, ungu muda, merah muda, dan warna-warna pastel lainnya. Bisa juga menggunakan warna-warna cerah warna-warna cerah seperti biru, merah, hijau, kuning, dan sebagainya.

Untuk menonjolkan tema feminimnya, kamu bisa memilih beberapa furnitur dan permainan anak perempuan di sudut-sudut ruangan. Salah satu mainan wajib bagi anak perempuan yaitu boneka, seperti barbie, boneka satwa yang lucu, dan boneka lainnya.

  1. Mewah dan Fantastis

Siapa yang tidak ingin memiliki ruangan belajar dengan alat permainan yang lengkap? Tentu ini merupakan impian bagi setiap anak dan orang tua. Dengan tema ini, kamu bisa menyulap sebuah ruangan yang sederhana menjadi taman bermain yang menyenangkan seperti di pasar malam.

Kamu bisa menambahkan komidi putar dengan warna-warna yang cerah dengan bentuk kuda yang klasik untuk menambah kesan ceria dan mewah di ruangan tersebut. Kamu juga juga bisa mengecat ruangan tersebut dengan warna yang mewah pula, seperti gold, biru, putih, coklat, dan sebagainya.

  1. Ala Perkemahan

Untuk anak yang memiliki jiwa petualang yang tinggi, tema yang satu ini mungkin cocok untuk dipilih. Tema ini bersifat unisex, yaitu bisa digunakan untuk anak perempuan dan laki-laki. Di sini, kamu bisa membangun sebuah ruangan bertema perkemahan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih nyata.

Untuk memperkuat tema perkemahan ini, pilihlah beberapa dekorasi yang mendukung, seperti tenda, teko, kayu bakar mainan, lampu darurat, piring dan gelas sederhana, hingga alas untuk tidur dan berkemah.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa dekorasi pohon mainan untuk menciptakan suasana seolah sedang berada di hutan. Di ruangan ini, anak bisa belajar mengenali alam, mengenali berbagai jenis tumbuhan, atau bahkan belajar membaca peta sederhana.

  1. Bertema Kapal Laut

Tema ruang belajar dan bermain yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki anak laki-laki. Kamu bisa melengkapi ruangan ini dengan sebuah kapal kecil berwarna-warni yang bisa memberikan kesan belajar yang berbeda pada anak.

Kapal tersebut bisa dilengkapi dengan berbagai aksesorisnya, seperti jangkar, pelampung ban, dan sebagainya. Dengan begitu, anak akan merasa menjadi seorang nahkoda sesungguhnya. Untuk menambah suasana di laut, kamu bisa menggunakan beberapa stiker dinding dengan gambar nuansa pelabuhan yang kental.

Sebagai pelengkapnya, beberapa mainan lainnya seperti perosotan, balok, meja belajar, dan kursi juga dapat ditambahkan di sana. Kamu juga bisa memiliki rak buku yang bentuknya mirip dengan mercusuar di pelabuhan.

  1. Tema Outdoor

Pada dasarnya, tema outdoor sedikit mirip dengan tema perkemahan karena sama-sama bertema alam. Namun, jika pada tema perkemahan anak memiliki tenda untuk tempat beristirahat, pada tema outdoor mereka memiliki rumah pohon.

Kamu bisa membuat sebuah rumah pohon buatan, lengkap dengan ranting dan daun-daun palsu untuk memberikan kesan outdoor yang menyenangkan. Selain itu, kamu juga bisa membuat perosotan dengan bentuk yang mirip seperti pelepah kayu dan daun rambat.

Bangun Ruang Bermain dan Belajar Paling Menyenangkan Bersama digibank KTA

Tertarik untuk membangun ruang belajar dan bermain anak, tapi tidak punya dana sampingan? digibank KTA dengan senang hati akan membantu kamu. DBS Indonesia telah berkomitmen untuk menciptakan digibank sebagai digital banking terbaik untuk para nasabahnya. Karena itu, produk kredit tanpa agunan ini menawarkan beberapa keuntungan untukmu, yaitu:

  • Apply Online Tanpa Batas Waktu

Ajukan pinjaman tanpa ribet melalui Aplikasi digibank by DBS dan go.dbs.com/kta.

  • Approval Instan

Nikmati proses approval instan dalam waktu 60 detik saja.

  • Limit Rp80 Juta

Dapatkan limit pinjaman hingga Rp80 juta yang bisa langsung cair ke rekening digibank kamu.

  • Atur Jumlah Pinjaman

Pinjam kredit online berapa saja untuk kebutuhan dengan mudah melalui Aplikasi digibank by DBS.

  • Tenor 36 Bulan

Spesial untuk kamu, ada pilihan tenor pinjaman hingga 36 bulan, lho!

  • Tanpa Dokumen Fisik

Tidak butuh dokumen fisik, proses pengajuan akan dilakukan secara online melalui Aplikasi digibank by DBS.

  • Syarat Pengajuan Mudah

Kamu hanya perlu berdomisili di area Jabodetabek, Bandung, Surabaya, dan Semarang. Selain itu, kamu juga perlu memiliki e-KTP, NPWP, berpenghasilan minimal Rp5 juta, serta memiliki kartu kredit bank lain minimal Rp10 juta.

Segera ajukan kredit tanpa agunan bersama digibank KTA sekarang! Untuk mewujudkan ruang belajar dan bermain paling fun untuk si kecil. Lebih lengkapnya kamu bisa klik link berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan!

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /