Yuk Pahami Pengertian, Manfaatnya dan Keuntungan Obligasi
25 Nov 2021

Yuk Pahami Pengertian, Manfaatnya dan Keuntungan Obligasi

Investasi saat ini sudah mulai diminati banyak orang. Tak peduli tua dan muda, masyarakat sudah banyak yang melek akan investasi. Hal ini seiring dengan semakin gencarnya literasi digital yang diberikan kepada masyarakat baik oleh pemerintah maupun dari lembaga yang berkaitan dengan industri keuangan.

Sayangnya, meski literasi dan minat untuk berinvestasi makin besar, pengetahuan masyarakat akan produk investasi masih terbatas. Kebanyakan orang baru berinvestasi pada instrumen investasi seperti saham dan emas. Padahal, ada instrumen lain yang menarik untuk investasi obligasi. Ada banyak keuntungan obligasi yang bisa kamu dapatkan. 

Nah, biar lebih paham lagi, cari tahu yuk terkait pengertian, manfaat dan keuntungan  obligasi. Semakin kamu mengenal obligasi, kamu akan semakin memahami bagaimana instrumen investasi bekerja sehingga sangat cocok untuk pemula.

 

Pengertian Obligasi

Obligasi adalah instrumen investasi yang makin banyak dipilih karena dinilai lebih aman dan menjanjikan. Obligasi bisa dikatakan sebagai Surat Berharga Negara (SBN). Meskipun popularitas investasi obligasi tidak seramai seperti investasi saham ataupun deposito, bukan berarti instrumen investasi ini tidak ada peminatnya sama sekali lho!

Secara umum, obligasi adalah Surat Utang Negara (SUN) yang diterbitkan oleh pemerintah atau perusahaan dengan jangka waktu tertentu sesuai kesepakatan. Obligasi merupakan surat utang dari penerbit kepada pihak pemegang obligasi yang disertai perjanjian terkait pembayaran pokok utang dan bunga yang sesuai.

Banyak pihak yang bisa menerbitkan obligasi seperti pemerintah dan perusahaan swasta atau korporasi. Obligasi dapat diterbitkan dengan mata uang rupiah ataupun mata uang asing. Bisa dikatakan, saat kamu memiliki atau berinvestasi di obligasi,

berarti negara atau perusahaan yang ditunjuk telah berhutang kepada kepada kamu sebanyak nilai yang telah disepakati dalam surat obligasi.

Banyaknya utang perusahaan atau pemerintah tersebut tergantung nilai yang disepakati di awal, dengan jangka waktu atau jatuh tempo yang sudah disepakati kedua belah pihak. Negara atau perusahaan akan menjadi debitur juga akan membayarkan sejumlah bunga atau kupon kepada pemegang obligasi di setiap bulannya.

 

Manfaat dan Keuntungan Obligasi

Setelah mengetahui pengertian obligasi, ini saatnya kamu mengetahui apa saja manfaat dan keuntungan obligasi. Semakin kamu mengenal instrumen investasi yang akan dipilih, semakin kamu bisa merencanakan keuangan dengan lebih baik.

Apa saja sih manfaat yang bisa didapatkan dengan berinvestasi dan keuntungan obligasi? Yuk simak penjelasannya.

 

  1. Memperoleh Kupon (bunga) Secara Berkala

Pemegang obligasi akan memperoleh kupon secara rutin dengan kurun waktu sesuai kesepakatan. Ada obligasi yang menetapkan pembagian kupn setiap satu bulan, per tiga bulan atau per enam bulan sekali.

Nilai kupon atau bunga yang bisa diterima oleh investor juga akan berbeda-beda tergantung kesepakatan. Ada kupon dengan jenis tetap atau fixed dan ada juga kupon tidak tetap atau mengambang (floating).

 

  1. Mendapat Capital Gain

Capital gain merupakan keuntungan yang bisa didapat dengan menjual obligasi kepada investor umum di pasar sekunder. Keuntungan ini dapat dihitung dari selisih harga jual dikurangi dengan harga beli obligasi. Semakin kamu bisa membeli pada harga termurah dan menjual pada harga tertinggi maka semakin besar pula capital gain yang kamu dapat.

 

  1. Dibayarkan Kembali dengan Tambahan Return

Pada umumnya tingkat kegagalan pengembalian modal oleh penerbit obligasi sangat kecil meski risiko gagal bayar tetap ada. Namun risiko ini hanya ada pada obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan swasta. Sementara pengembalian dana oleh pemerintah lebih terjamin karena adanya keharusan dan jaminan oleh Undang-undang.

Obligasi yang diterbitkan pemerintah Republik Indonesia sudah dijamin keamanannya karena pasti dibayarkan kembali. Obligasi juga sudah tercantum dalam UU No. 24 Tahun 2002 Tentang Surat Utang Negara dan UU No. 19 Tahun 2008 Tentang Surat Berharga Syariah Negara. Jadi  kamu tidak perlu khawatir lagi.

 

  1. Keuntungan Obligasi Lebih Tinggi dari Bunga Deposito

Nilai kupon yang didapat dari obligasi bisa lebih tinggi dari rata-rata bunga deposito. Hal ini menjadi pertimbangan kebanyakan investor dalam membeli obligasi untuk memperoleh keuntungan semaksimal mungkin.

 

  1. Bisa Dijadikan Jaminan atau Agunan

Tak banyak yang tahu, obligasi ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai jaminan atau agunan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan pinjaman bank. Selain itu, surat obligasi bisa juga dijadikan sebagai  jaminan untuk membeli saham ke bursa efek (stock exchange). Jadi keuntungan obligasi yang kamu dapat menjadi berganda.

Nah, itulah sekilas mengenai pengertian, manfaat dan keuntungan obligasi yang bisa kamu peroleh dengan berinvestasi obligasi. Investasi ini juga termasuk jenis investasi yang aman dan mumpuni untuk dicoba.

 

Investasi Obligasi Bersama digibank by DBS

Setelah memahami apa itu obligasi dengan segala keuntungan dan manfaatnya saatnya bagimu untuk mulai investasi obligasi, Kamu tak perlu menunda karena Investasi obligasi kini makin mudah karena sudah bisa diakses secara online lewat Aplikasi digibank by DBS. Kamu tidak perlu repot dan susah saat mulai berinvestasi obligasi.

Sebagai Aplikasi investasi terbaik digibank by DBS akan memberi kamu kesempatan untuk mendapatkan keuntungan obligasi secara maksimal. Kamu bisa mulai mencoba dengan membeli produk obligasi seperti ST008 yang merupakan produk obligasi pemerintah.

Banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi ST008 di Aplikasi digibank by DBS. Selain menambah cuan, kamu juga bisa turut berkontribusi untuk lingkungan khususnya di Indonesia. Secara tidak langsung kamu juga turut berpartisipasi dalam mendorong pembangunan dan menjaga pertumbuhan ekonomi. Berikut info lengkap keuntungan obligasi yang bisa kamu dapatkan di digibank by DBS.

 

  1. Cash Reward

Asyiknya berinvestasi obligasi lewat digibank by DBS adalah kamu bisa mendapatkan cash reward untuk setiap transaksi. Nilai reward yang didapat tergantung seberapa besar nilai investasi yang kamu pilih. Nilainya pun lumayan karena kamu bisa mendapatkan cash reward hingga Rp 1 juta. Wow. 

  1. Pembelian mulai dari Rp 1 juta.

Kamu bisa berinvestasi obligasi dengan modal awal yang relatif terjangkau. Investasi ST008 di Aplikasi digibank by DBS dapat dimulai dengan dana mulai dari Rp 1 juta.

  1. Kupon 4,8 persen per tahun.

Menginvestasikan aset dalam bentuk obligasi memberi kamu kesempatan mendapatkan imbal hasil berupa kupon atau bunga. Nilai yang diterima menyesuaikan dengan obligasi yang dipilih. Nah untuk obligasi ST008 misalnya kamu bisa mendapat kupon hingga 4,8 persen dengan perhitungan floating with floor atau mengambang.

  1. Keuntungan diterima setiap bulan

Pembayaran kupon dibayarkan secara berkala setiap satu bulan sekali. Dengan begitu saat kamu berinvestasi obligasi di Aplikasi digibank by DBS kamu sudah bisa memiliki passive income setiap bulannya.

  1. Registrasi SID sampai pembelian investasi dari 1 Aplikasi

Investasi obligasi dari digibank by DBS sangat memudahkan karena kamu bisa melakukan semua transaksi dari satu Aplikasi. Kamu juga bisa membuat Single Investor Identification (SID) dengan mudah tanpa perlu datang ke kantor cabang bank atau sekuritas. Semua kebutuhan investasi obligasi hanya dari satu Aplikasi.   Mudah dan efisien bukan?

Selanjutnya, setelah kamu mengetahui segala manfaat yang bisa dirasakan dengan berinvestasi obligasi lewat digibank by DBS kamu tak perlu ragu. Saatnya memulai langkah untuk berinvestasi sejak dini.

Kamu hanya perlu mendownload Aplikasi digibank by DBS dan mulai langkah untuk investasi obligasi. Yuk rasakan manfaatnya!

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS