Tabungan: Manfaat, Penyebab Sulit Menabung & Tips Suksesnya
01 Feb 2024

Tabungan: Manfaat, Penyebab Sulit Menabung & Tips Suksesnya

Pasti Sahabat digibank sudah sangat familiar dengan pepatah "hemat pangkal kaya", bukan? Pepatah bijak yang mengajarkan kita, jika ingin kaya, maka rajin-rajinlah menabung.

Dengan tabungan, kita bisa melakukan apapun dan bisa bebas membeli apa saja yang kita inginkan. Menurut UU perbankan No. 10 tahun 1998, tabungan adalah simpanan dalam tabungan yang hanya bisa ditarik sesuai syarat yang disepakati, tapi nggak bisa lewat cek, bilyet giro, atau alat lain yang setara.

Sedangkan dilansir dari OJK, pengertian tabungan adalah simpanan di bank dengan penarikan sesuai syarat tertentu. Salah satu ciri khasnya, ada setoran awal minimal saat buka rekening baru.

Nah, jika masih bingung tentang tabungan secara detail, apa saja manfaatnya, dan penyebab gagal menabung, yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut ini.

Penyebab Bahwa Kamu Sulit Menabung

Menabung nggak cuma soal jumlah uang yang bisa disisihkan, tapi juga soal membentuk kebiasaan terus-menerus. Kuncinya, adalah konsistensi. Di internet, banyak banget trik menabung yang seru sesuai kondisi keuangan kamu. Namun jika sampai sekarang masih susah nyisihin uang, mungkin ada trik menabung yang lebih asyik.

Namun sebelum itu, Sahabat digibank perlu pahami terlebih dahulu, sebenarnya apa sih yang menjadi penyebab kamu sulit menabung?

1. Prioritas Terlalu Condong ke Sekarang

Nggak jarang, orang kesulitan menabung karena lebih fokus ke kebutuhan sekarang. Uang di tabungan terasa nggak 'nyata' karena nggak ada bentuknya. Padahal, tabungan punya manfaat besar, bikin kita tenang dari stres finansial dan siap hadapi kejadian darurat.

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, Sahabat digibank bisa mulai melakukan budgeting dengan menyisihkan sebagian gaji untuk tabungan setiap bulan. Tingkatkan jumlahnya seiring waktu.

Gunakan sistem pos untuk memudahkan pemisahan kebutuhan. Misal, seperti menabung di Tabungan Maxi dari digibank by DBS yang memiliki fitur Dompet Maxi, yang mana bisa kamu kamu manfaatkan untuk kelola keuangan lebih rapih dan bijak.

2. Belum ada tujuan keuangan yang ingin dicapai

Setiap aksi pasti punya misi. Tanpa misi, semangat dan komitmen kita bisa melempem, loh.

Demikian juga menabung, meski menabung bikin pikiran tenang dan memberi banyak manfaat lainnya, punya tujuan bikin kita fokus dan semangat.

3. Pengeluaran Mengikuti Penghasilan

Nah, apa itu maksudnya?

Oke, jadi gini, perlu kamu tahu jika naik gaji itu kayak dapet undangan VIP ke mall belanja. Awalnya bagus, tapi hati-hati, jangan sampai pengeluaran membengkak. Lebih baik, tetap atur budget dan sisihkan sebagian buat tabungan. Biar makin fun, tambahin tujuan keuangan yang bikin semangat finansialmu terjaga.

4. Faktor Eksternal

Ada beberapa faktor eksternal yang menjadi penyebab nggak bisa menabung, salah satunya adalah FOMO. Fear Of Missing Out alias FOMO adalah rasa takut merasa “tertinggal” karena tidak mengikuti aktivitas tertentu.

Tak dimungkiri trend terkini kian menggoda, anti-FOMO berujung belanja tak terkendali. Diskon merayu di dunia online dan offline, bikin nggak tahan untuk melewatkan kesempatan langka.

Jadi, semua barang diskon diborong, meski sebenarnya nggak perlu. Faktor eksternal lainnya, seperti keinginan membuat orang lain kagum atau terkesan dan peer pressure juga ikutan menyulitkan menabung ya, Sahabat digibank!

Kesimpulannya, menabung sebetulnya nggak susah. Yang penting, kenali dulu penyebab sulit menabung, baru deh bisa mencari solusi yang tepat buat kamu dan kondisi finansialmu.

Tujuan dan Manfaat Menabung Bikin Keuanganmu Sehat

Menabung itu lebih dari sekadar menyimpan semua uang yang masuk. Salah satu tujuannya adalah buat punya dana darurat untuk menghadapi situasi tak terduga. Atau untuk membeli barang impian, dimana untuk bisa membelinya kamu perlu menyiapkan target waktu yang spesifik dan sejumlah uang untuk mencapai tujuan terebut.

Menabung memiliki sejumlah manfaat yang penting dalam keuangan pribadi dan stabilitas keuangan jangka panjang. Berikut adalah beberapa manfaat menabung:

1. Keamanan Keuangan

Menabung memberikan keamanan finansial karena kamu jadi memiliki cadangan dana yang dapat digunakan dalam keadaan darurat atau kebutuhan mendesak.

2. Persiapan untuk Masa Depan

Menabung membantumu merencanakan dan mempersiapkan masa depan, seperti biaya pendidikan, perjalanan, atau kebutuhan pensiun.

3. Mengatasi Kebutuhan Mendesak

Dana yang ditabung dapat digunakan untuk mengatasi atau menghadapi berbagai kebutuhan mendesak, seperti biaya medis, perbaikan rumah, atau keadaan darurat lainnya.

4. Mengurangi Beban Utang

Dengan memiliki tabungan, kamu pun dapat mengurangi ketergantungan pada utang untuk mengatasi kebutuhan sehari-hari atau kejadian tak terduga.

5. Meningkatkan Kemandirian dalam Keuangan

Menabung membantu meningkatkan kemandirian finansialmu dengan membangun kebiasaan menyimpan uang secara teratur atau belajar untuk bisa konsisten mengumpulkan uang.

6. Peluang Investasi

Kalau sudah bisa konsisten dalam menabung, tabunganmu bisa  menjadi modal awal untuk berinvestasi. Sehingga hal ini juga membuka peluang untuk pertumbuhan kekayaan jangka panjang.

7. Pembentukan Kredit yang Baik

Memiliki rekening tabungan yang stabil dapat membantu membangun sejarah kredit yang baik, yang dapat berguna ketika kamu memerlukan pinjaman dalam bentuk hipotek atau kredit lainnya.

8. Mengatasi Fluktuasi Pendapatan

Menabung membantu kamu mengatasi fluktuasi pendapatan atau keadaan ekonomi yang tidak stabil.

9. Memberikan Rasa Aman dan Tenang

Tabungan memberikan rasa aman dan ketenangan dengan menciptakan buffer finansial untuk mengatasi situasi darurat atau ketidakpastian ekonomi. Mengetahui bahwa ada dana cadangan yang dapat diandalkan mengurangi stres terkait keuangan, memberikanmu kepastian dan kontrol dalam mengelola keuangan pribadi yang lebih baik.

10.  Memfasilitasi Pencapaian Tujuan Finansial

Menabung membantumu untuk mencapai tujuan finansial, seperti membeli rumah, membayar pendidikan anak, atau pensiun yang nyaman.

Dengan merencanakan dan melaksanakan kebiasaan menabung secara teratur, Sahabat digibank dapat membangun fondasi keuangan yang kuat dan lebih siap menghadapi tantangan ekonomi.

Kiat Sukses Menabung

Tidak ada kata terlambat buat memulai menabung. Makin ditunda, makin gede nominalnya. Biar jadi lifestyle atau kebiasaan, konsistensi adalah kuncinya. Buat yang baru mulai, cek tips sukses menabung ini ya, Sahabat digibank!

1. Buat Autodebet Tabungan

Menerapkan sistem autodebet tabungan dari rekening gaji setiap bulan adalah strategi efektif untuk membiasakan diri menabung.Setelah menetapkan alokasi anggaran, autodebet pada tanggal gajian, atau paling lambat satu hari setelahnya, akan memastikan tabungan terisi secara otomatis, menghindari risiko penggunaan saldo untuk kebutuhan lain. Kebiasaan ini membantu konsistensi dalam menabung tanpa risiko lupa.

2. Sisihkan, bukan sisakan

Dalam merancang anggaran keuangan, alokasikan setidaknya 10-20% dari gaji untuk menabung, tanpa kompromi. Setelah itu, baru manfaatkan sisanya untuk memenuhi hal-hal yang bersifat keinginan.

Jika ada kebutuhan mendesak, sesuaikan dengan mengurangi pengeluaran harian, bukan porsi tabungan. Dan apabila kamu mendapatkan kenaikan gaji atau bonus, maka sebaiknya tambahkan lebih banyak pada porsi tabungan.

3. Pisahkanlah uang tabungan dengan membuka rekening khusus

Pastikan rekening tabungan tidak tercampur. Hindari untuk mencampur antara rekening tabungan dengan rekening harian. Hal ini akan mengamankan dana tabungan dari terkikis oleh pengeluaran tak terduga.

Alangkah baiknya, Sahabat digibank membuat rekening tabungan dengan membatasi fasilitas transaksi, misalnya tanpa kartu ATM atau tak dapat diambil dalam jangka waktu tertentu. Pilihlah jenis rekening yang cocok yang sesuai dengan kondisi finansial kamu.

4. Tentukan Target yang Jelas

Menabung dengan menentukan target jelas, sejatinya bikin semangat. lho, Sahabat digibank. Misal saja, kamu memiliki target untuk mengumpulkan dana darurat sebanyak 20 juta dalam dua tahun. Maka, kamu perlu menyisihkan dana minimal Rp550.000 per bulan.

Contoh lainnya, apabila kamu punya target ingin menikah di gedung, maka buatlah rencana anggaran dan tentukan jumlah dana tabungan. Dengan memiliki tujuan akan memberikan dorongan semangat yang besar untuk menabung.

Yakinlah bahwa konsistensi adalah kuncinya. Ingatlah juga bahwa hidup terus berkembang, dan pendapatan akan naik setiap tahun. Let's crush those savings goals, ya, Sahabat digibank.

Kini, kamu bisa memulai membuka tabungan online di aplikasi digibank by DBS, yang mana prosesnya lebih praktis dan aman. Kamu bisa menikmati banyak kemudahan, seperti buka rekening 100% online, verifikasi dengan fitur face biometric, cukup siapkan e-KTP dan selfie langsung dari smartphone yang biasa kamu gunakan.

Selain itu, bunga yang ditawarkan juga cukup tinggi sebagaimana syarat dan ketentuan berlaku per tahunnya. Kamu pun bisa alokasi dana di 20 Dompet Maxi agar keuangan bisa dikelola dengan lebih rapih, baik untuk simpanan dana darurat atau berbagai kebutuhan lainnya. Praktis dan amannya, semua transaksi harian dapat di lakukan mudah dalam 1 aplikasi, lho.

Yuk, mulai menabung di aplikasi digibank by DBS sekarang juga. Cek produk lainnya di sini.