Syarat Membuat Kartu Kredit, Perhatikan Hal Ini!
20 Mar 2022

Syarat Membuat Kartu Kredit, Perhatikan Hal Ini!

Syarat membuat kartu kredit yang semakin mudah tetap saja membuat sebagian orang enggan melakukan pengajuan. Hal ini disebabkan karena kartu kredit sering dianggap sebagai hal yang negatif seperti membuat keuangan semakin boros, dan alasan lainnya.

Nyatanya, kartu kredit yang dianggap negatif dibutuhkan ketika berada dalam kondisi tertentu. Adanya klaim-klaim negatif yang dilakukan oleh sebagian orang bisa disebabkan karena kurangnya pemahaman cara kerja kartu ini.

Situasi yang Memerlukan Kartu Kredit

Padahal, sekarang ini kita sudah dimudahkan dengan syarat membuat kartu kredit yang mudah, sehingga sayang rasanya jika melewatkannya begitu saja. Lebih-lebih terdapat situasi tertentu yang mengharuskan kita memiliki kartu kredit, seperti:

  1. Belanja Online
    Salah satu situasi yang membuat kartu kredit yang bermanfaat adalah ketika berbelanja online. Selain sebagai metode pembayaran, biasanya merchant online ada promo-promo khusus untuk pembayaran menggunakan kartu kredit.
  2. Promo Khusus
    Kamu hobi traveling? Atau suka kulineran? Mungkin kamu penggemar Korean fashion yang selalu keliatan stylish, apa pun minatmu, dengan menggunakan kartu kredit kamu bisa menikmati berbagai promo khusus untuk bank-bank tertentu mulai dari cashback hingga hemat 50% di berbagai merchant favoritmu.
  3. Membayar Lebih Hemat
    Saat harus membeli barang-barang yang cukup mahal, kamu bisa membayar lebih hemat dengan memanfaatkan fitur cicilan dari kartu kredit. Tenor cicilan bisa kamu pilih sendiri sesuai keinginanmu.
  4. Transaksi wajib menggunakan kartu kredit
    Situasi lain yang membuat kartu kredit sangat bermanfaat ialah sejumlah layanan online yang mengharuskan pelanggan bertransaksi menggunakan kartu kredit. Jika tidak menggunakan kartu kredit, pemberi layanan tidak menerima, dan transaksi dibatalkan.
    Contohnya saja kamu ingin memesan kamar hotel melalui situs luar negeri yang harus menggunakan kartu kredit sebagai alat pembayarannya. Di masa inilah, seseorang harus memanfaatkan kartu kredit sehingga transaksi yang dilakukannya dapat berjalan.

 

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Kartu Kredit Pertama Kali

Ketika melihat syarat membuat kartu kredit yang mudah di sebuah bank, siapa yang tidak tertarik untuk langsung mengajukannya sesegera mungkin? Pada intinya, kamu tidak boleh terburu-buru untuk mengajukan kartu kredit di sebuah bank.

Tidak sedikit orang yang hanya memperhatikan keuntungan yang didapatkan namun lupa dengan masalah seperti biaya yang harus dibayar ketika menggunakannya. Akhirnya, mereka merasa kaget mendapati tagihan kartu yang lebih dari bayangan.

Agar dapat mencegah hal ini terjadi, berikut beberapa tips yang harus diperhatikan ketika mengajukan kartu kredit pertama kali, antara lain:

  1. Memperhatikan syarat kartu kredit
    Ketika ingin melakukan pengajuan, perhatikan syarat pembuatan kartu kredit dengan baik. Setiap bank penerbit kartu mengeluarkan jenis kartu kredit yang berbeda-beda. Pastikan kamu memenuhi syarat untuk mengajukan kartu yang akan di apply.
    Contohnya saja seperti penghasilan minimal Rp3 juta perbulan atau setara dengan Rp36 juta pertahun, untuk kartu kredit jenis silver, sedangkan untuk jenis gold, penghasilan minimal Rp8 juta perbulan. Syarat membuat kartu kredit seperti ini harus diperhatikan agar proses pengajuan berjalan lancar.
  2. Syarat membuat kartu kredit dari segi dokumen
    Agar pembuatan kartu kreditmu bisa berjalan dengan lancar, kamu bisa memperhatikan syarat yang dibutuhkan dari segi dokumen. Untuk wirausahawan, bank akan memberikan syarat seperti fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan terakhir, pendirian SIUP/TDP serta e-KTP dan NPWP.
    Sedangkan untuk profesional, bank memberikan syarat yang hampir mirip dengan karyawan namun ditambah dengan surat izin profesi. Jika seluruh syarat tersebut sudah siap, kamu bisa melakukan pengajuan kartu kredit.
  3. Minimal pembayaran tagihan serta konsekuensi yang dimilikinya
    Salah satu kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit ialah pengguna tidak harus membayar tagihan secara penuh. Bila sedang memiliki kondisi keuangan yang tidak begitu baik, kamu bisa membayar minimal sebelum waktu pembayaran yang diberi.
    Namun, untuk masalah pembayaran minimal ini, setiap bank mempunyai batas minimal pembayaran. Sebelum mengajukan kartu kredit, kamu harus memastikan ulang agar nantinya tidak menimbulkan masalah ketika tagihan muncul dan kamu melakukan pembayaran dengan jumlah minimal pembayaran.
    Selain itu bunga sisa tagihan juga harus kamu perjelas pada penerbit kartu. Lebih-lebih tidak semua pengguna kartu kredit mengetahui langkah menghitung sisa bunga tagihan dengan baik. Biasanya, kebanyakan orang beranggapan jika sisa tagihan tersebut yang dikenakan bunga.
  4. Limit kartu kredit yang diberikan
    Kartu kredit bukan sebuah barang ajaib yang dapat kamu gunakan untuk membayar berbagai macam transaksi dengan nominal yang unlimited. Setiap kartu mempunyai limit yang sudah disesuaikan dengan pendapatan nasabah.
    Tidak ada salahnya menanyakan besarnya limit yang akan kamu peroleh. Dengan mengetahui jumlah limitnya, kamu bisa melakukan perencanaan penggunaan serta tidak melakukan transaksi secara sembarangan.

Tanda Pengajuan Kartu Kredit akan Diterima

Diterima atau tidaknya pengajuan kartu kredit memang tidak bisa dipastikan. Namun, jika kamu memiliki ciri ini, besar kemungkinan kartu kredit yang kamu ajukan akan diterima, seperti:

  1. Tidak memiliki kredit macet
    Jika kamu pernah meminjam uang ke bank, kamu bisa mengingat-ingat seperti apa riwayat pembayaran tersebut sebelumnya. Riwayat pembayaran menjadi salah satu hal yang akan dicek bank saat nasabah mengajukan permohonan credit card.
    Bersihnya riwayat kredit bisa memudahkanmu memperoleh approval bank. Namun, jika kamu memiliki kredit yang bermasalah, kemungkinan pengajuanmu akan mengalami penolakan.
  2. Mempunyai pekerjaan tetap
    Memiliki pekerjaan tetap menjadi salah satu syarat kartu kredit. Kelancaran pembayaran kartu kredit yang kamu miliki bisa dinilai dari jenis pekerjaanmu sekarang. Pekerjaan akan menentukan kondisi finansial serta jumlah pemasukan.
    Pastikan kamu mempunyai pekerjaan tetap serta sudah bekerja di perusahaan tersebut selama minimal 1 tahun. Jika baru bekerja, bank mungkin akan mempertimbangkan pengajuan yang kamu miliki.
  3. Melengkapi seluruh syarat membuat kartu kredit dengan baik
    Seperti yang sudah dipaparkan di atas, ada berbagai syarat untuk membuat kartu kredit. Bila memenuhi syarat tersebut, tentu pengajuan kartu plastik ini tidak menjadi masalah. Batas usia minimal untuk mengajukan kartu kredit ialah 21 tahun.
  4. Sering menggunakan kartu kredit
    Bila kamu ingin mengajukan credit card dari bank lain, kamu harus memastikan jika kartu yang sebelumnya kamu miliki masih aktif, karena kartu akan lebih cepat diproses jika kartu kredit pertamamu memiliki transaksi yang lancar.

Rekomendasi Kartu Kredit yang Menarik Untukmu, digibank Live Fresh

Saat ini hampir semua bank memiliki produk kartu kredit, namun sebagai nasabah tentu saja kamu ingin ingin kartu kredit yang menguntungkan bukan? Salah satu pilihan kartu kredit yang menarik adalah digibank Live Fresh.

Berikut berbagai kelebihan yang dimiliki kartu kredit digibank Live Fresh, antara lain:

  1. Cashback hingga Rp1,5 juta
    Nikmati cashback hingga Rp1,5 juta setelah Kartu Kredit digibank-mu disetujui untuk transaksi online. Ini tentunya akan sangat menguntungkan dan bisa membuat kamu sebagai pengguna kartu kredit merasa semakin nyaman.
  2. Cashback 5% ketika melakukan transaksi online
    digibank Live Fresh memberikan cashback sebesar 5% sampai Rp500.000 setiap bulannya ketika melakukan transaksi online.
    Cashback sebesar 5% sampai Rp300.000 untuk pembelanjaan dengan kartu utama, sedangkan untuk kartu tambahan sebesar 5% maksimal Rp200.000. Untuk melakukan klaim cashback, kamu hanya perlu mengirimkan pesan singkat ke nomor 99333.
  3. Adanya keuntungan ganda dengan poin rewards
    Bukan hanya cashback kartu kredit, digibank Live Fresh juga memberikan keuntungan lain yakni poin rewards. Ada begitu banyak rewards bertebaran yang akan diperoleh ketika menggunakan credit card digibank Live Fresh untuk melakukan transaksi.
    Setiap transaksi sebesar Rp10.000, kamu akan memperoleh 1 poin rewards. Jika diakumulasi, 1600 poin rewards setara dengan Rp100.000. Kamu dapat melakukan penukaran dengan menggunakan DBS customer centre.
  4. Kemudahan mengubah transaksi menjadi cicilan
    Ingin membeli barang dengan harga mahal dan membayarnya secara mencicil? tidak perlu cemas, digibank Live Fresh bisa mengabulkannya untukmu. Kamu dapat melakukan pengubahan transaksi kapan saja dan dimana saja menjadi cicilan sesukamu sampai 60 bulan.
  5. Atur kartu kredit digibank Live Fresh melalui Aplikasi digibank by DBS
    Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS, kamu dapat mencari informasi transaksi, melakukan aktivasi kartu, pembuatan PIN dan menukarkan poin rewards.
  6. Gratis iuran di tahun pertama
    Setelah syarat membuat kartu kredit terpenuhi, dan kartu kredit digibank Live Fresh menjadi milikmu, kamu bisa langsung membelanjakannya hingga Rp1 juta dalam waktu 60 hari pertama semenjak kartu diterima.
    Dengan jumlah transaksi tersebut, kamu akan langsung memperoleh penawaran gratis iuran tahun pertama.

Dengan syarat membuat kartu kredit yang mudah, kartu kredit digibank Live Fresh akan memenuhi semua kebutuhanmu. 

 

 

Apply Kartu Kredit digibank

Download digibank