Syarat Membuat Kartu Kredit, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan
30 Dec 2021

Syarat Membuat Kartu Kredit, Ini Hal yang Perlu Diperhatikan

Syarat membuat kartu kredit sekarang ini menjadi semakin mudah. Maklum saja, hal ini disebabkan karena semakin banyaknya orang yang ingin merasakan fasilitas kartu kredit, mempunyai kartu kredit sekarang sudah menjadi sebuah hal yang jamak.

Bahkan, kartu kredit menjadi barang yang harus dimiliki agar bisa menopang kebutuhan hidup. Kartu kredit mempunyai fungsi yang membantu seseorang lebih mudah melakukan transaksi keuangan dengan cepat dan mudah.

Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk berbelanja kebutuhan bulanan, membayar biaya rumah sakit, membeli tiket pesawat hingga berbelanja secara online.

Perhatikan Hal ini saat Membuat Kartu Kredit Pertama

Meskipun syarat membuat kartu kredit mudah, namun ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan, lebih-lebih jika kamu baru pertama kali membuat kartu kredit.

Agar proses pembuatannya berjalan dengan lancar berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan, seperti:

  1. Ketahui Konsep Kartu Kredit sebelum Pengajuan
    Saat memutuskan mempunyai kartu kredit, kamu harus yakin bila kamu sudah cukup mampu untuk mempunyainya. Jika kamu merasa belum mempunyai kemampuan dalam hal finansial, akan lebih baik kamu menunda memiliki kartu kredit.
    Kartu kredit merupakan kartu hutang, sehingga kartu ini bukanlah tambahan penghasilan. Kamu harus bisa menentukan prioritas ketika akan menggunakannya, jangan sampai kamu menggunakannya untuk kebutuhan yang bersifat konsumtif.
    Menggunakan kartu untuk kebutuhan konsumtif malah bisa membawa tumpukan hutang yang akhirnya sulit terlunasi. Jika kamu sudah memegang kartu kredit dan memiliki sejumlah cicilan, kamu harus bertanggung jawab untuk membayar.
  2. Pastikan Riwayat Keuanganmu Aman
    Secara umum, syarat membuat kartu kredit adalah memiliki riwayat keuangan yang aman. Bila kamu tidak pernah mempunyai kartu kredit sebelumnya, kamu juga harus memastikan jika tidak mempunyai pinjaman dengan bentuk lain.
    Saat melakukan pengajuan kartu kredit pertama, biasanya bank penerbit akan secara cermat melakukan pemeriksaan kondisi keuangan termasuk hutang yang dilakukan untuk pembelian mobil, rumah atau berbagai hal lain.
    Kamu juga harus memastikan agar tidak mengalami kredit macet untuk berbagai pinjaman tersebut. Pastikan jika kamu melakukan pembayaran dengan lancar. Pihak penerbit kartu akan menjadikan kemampuan pembayaran ini sebagai pertimbangan untuk mengabulkan permohonanmu atau tidak.
    Tidak sedikit calon pemegang kartu yang gagal melakukan pengajuan karena keuangannya di jaman dulu yang berantakan. Bisa saja mereka terlibat kredit macet maupun menunggak pembayaran pinjaman dengan jumlah yang besar.
  3. Cari Kartu yang Sesuai
    Pemilihan kartu bisa dikatakan susah-susah gampang karena kamu harus meneliti serta memastikan pilihan paling tepat. Cari kartu yang memberikan banyak keuntungan contohnya seperti kartu online yang bisa digunakan untuk berbelanja di marketplace dengan mudah.
    Selain itu pertimbangan seperti gratis iuran tahunan, rewards, hingga bunga yang dibebankan juga harus kamu ketahui dengan baik sebelum memilih salah satu kartu kredit.
  4. Pastikan Memenuhi Seluruh Syarat Membuat Kartu Kredit
    Jika sudah memilih mana kartu yang sesuai, kamu juga harus memastikan jika sudah memenuhi syarat untuk membuat kartu tersebut. Umumnya, syarat yang diwajibkan penerbit kartu seperti usia minimal pemegang 21 tahun, gaji minimal sebesar Rp 3 juta per bulan, selain itu kamu juga harus menyiapkan slip gaji dan surat keterangan perusahaan.

Proses Pembuatan Kartu Kredit

Pada dasarnya, proses pembuatan kartu kredit dari bank mana saja mempunyai prosedur yang sama, hal yang menjadi pembeda biasanya hanya dokumen yang diperlukan dan syarat umum pengguna kartu.

Berikut proses pembuatan kartu yang harus kamu lalui, seperti:

  1. Mengisi Formulir Pengajuan
    Untuk mendapatkan formulir pengajuan kartu, ada beberapa cara yang bisa dijadikan sebagai alternatif, yaitu:
    • Mendatangi bank yang menjadi penerbit kartu kredit pilihanmu.
    • Mengisi formulir pengajuan secara online di situs bank penerbit kartu kredit yang kamu pilih.
    • Melalui marketing kartu di pusat perbelanjaan, event atau berbagai acara tertentu.

    Jika sudah mendapatkan formulir, kamu bisa mengisi informasi yang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan sudah mengisi seluruh formulir syarat membuat kartu kredit dengan baik seperti nomor telepon pribadi, telepon rumah, telepon kantor dan telepon saudara.
  2. Lengkapi Semua Dokumen yang Diperlukan
    Baik mengajukan kartu online maupun offline, kamu harus melengkapi berbagai macam dokumen pendukung yang dibutuhkan. Untuk pengusaha, kamu bisa memfotokopi e-KTP, surat izin usaha perdagangan dan nomor pokok wajib pajak. Kamu juga harus melampirkan rekening koran selama 3 bulan terakhir.
    Sedangkan, jika kamu merupakan pegawai, syarat yang dikumpulkan akan lebih sedikit karena kamu hanya perlu memfotokopi e-KTP, NPWP serta slip gaji. Ini menjadi syarat dokumen wajib, namun ada beberapa bank yang meminta dokumen pendukung tambahan.
  3. Menunggu Verifikasi dari Telepon
    Jika semua dokumen sudah lengkap, nantinya bank akan segera memproses pengajuan kartu yang kamu lakukan. Bank akan melakukan verifikasi data, apakah data yang kamu isi sudah sesuai. Bank akan melakukan verifikasi melalui telepon atau verifikasi biometric di booth Bank.
    Bila proses ini sudah selesai, kamu hanya perlu menunggu pihak bank menghubungimu untuk memberitahu persetujuan pengajuan kartu kredit tersebut.

Keuntungan Memiliki Kartu Kredit

Dengan syarat membuat kartu kredit yang mudah, ternyata hal ini masih ditambah dengan berbagai keuntungan yang akan kamu peroleh ketika memiliki kartu plastik ini. Berikut berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan, antara lain:

  1. Nyaman dan Praktis
    Kartu kredit memang bisa memberikan kita sejumlah kemudahan serta kepraktisan. Bayangkan saja, ketika memiliki kartu kredit di tangan, rasa-rasanya kita tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak di tas.
    Bukan hanya itu, kamu juga tidak perlu lagi repot mencari mesin ATM untuk menarik uang ketika ingin membeli sesuatu.  Sehingga, memiliki kartu kredit bukan hanya dapat menghemat tenaga dan waktu namun juga memperoleh keuntungan lain, apalagi jika bukan pengalaman belanja yang lebih nyaman dan mudah.
  2. Menawarkan Berbagai Macam Manfaat Lain
    Bank penerbit kartu sering menawarkan berbagai macam program untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan nasabahnya. Contohnya saja bagi kamu yang sering belanja online, kartu online ini bisa kamu gunakan dan kamu bisa memperoleh sejumlah cashback yang menggiurkan.
    Bukan hanya itu, penerbit kartu biasanya juga memberikan poin khusus atau frequent flier miles, atau travel poin yang bisa dikumpulkan dan menukarkannya dengan tiket pesawat terbang. Berbagai macam tambahan keuntungan lain seperti poin khusus, gratis iuran tahunan dan lainnya.
    Biasanya, program insentif yang diberikan penerbit kartu ini berdasarkan pada jumlah pembelian yang kamu lakukan. Banyak perusahaan yang menawarkan bunga rendah dan kartu kredit yang kamu minta bisa disetujui dalam tempo waktu yang cepat.
  3. Transaksi Menggunakan Kartu Kredit Aman
    Meskipun syarat membuat kartu kredit tergolong mudah dipenuhi, namun hal ini tidak mengurangi upaya bank untuk menjamin keamanan nasabahnya melakukan transaksi. Saat memiliki kartu kredit, kamu memang tidak terbebas dari risiko disalahgunakan atau dicuri.
    Namun bedanya, jika uang tunai yang dicuri, bisa digunakan oleh siapa saja, sedangkan kartu kredit jauh lebih aman. Jika kamu kehilangan kartu, kamu segera bisa melaporkan kehilangan kemudian penerbit kartu akan memblokirnya. Sehingga, kartu kredit tersebut tidak bisa digunakan oleh siapapun.
  4. Membantu Saat Berada dalam Keadaan Darurat
    Siapa saja tentu tidak ingin mengalami kecelakaan atau musibah yang menyebabkan kerugian. Sayangnya, keadaan darurat seperti ini tidak bisa dihindari. Kamu bisa menggunakan kartu kredit untuk membantu pembayaran ketika berada dalam kondisi darurat.
    Namun, agar kartu bisa memberikan manfaat tersebut, tentu saja kamu harus memiliki limit yang besar sehingga bisa digunakan untuk situasi darurat.
  5. Memudahkan Kita Mengatur Anggaran
    Kartu kredit memberikan penawaran kemudahan cara pembayaran tagihan secara penuh maupun dengan cara mencicil. Tentu saja fasilitas ini bisa memudahkan kamu untuk merencanakan keuangan.
    Lebih-lebih jika kamu ingin membeli barang dengan harga cukup mahal, kamu bisa mengatur cara membayarnya sesuai dengan anggaran serta kemampuan yang kamu miliki.
    Bukan hanya itu, kartu kredit juga memiliki pilihan pembayaran tagihan seperti telepon, tagihan internet, BPJS, air hingga listrik dalam satu pintu, sehingga kamu tidak akan terlewat melakukan pembayaran.

Pilihan Kartu Kredit Terbaik untuk Memenuhi Segala Kebutuhan

Begitu banyaknya bank yang menjadi penerbit kartu kredit terkadang membuat kita bingung memilih salah salah diantaranya. Sebenarnya, dibandingkan dengan memilih kartu yang belum tentu menguntungkan, kamu bisa langsung menjatuhkan pilihan pada digibank Live Fresh.

Berbagai macam fitur dan keunggulan diberikan untuk pemilik kartu digibank Live Fresh ini, seperti:

  1. Cashback hingga Rp1,5 juta
    Nikmati cashback hingga Rp1,5 juta setelah Kartu Kredit digibank-mu disetujui untuk transaksi online
  2. Cashback 5% saat Belanja Online
    Siapa yang tidak menyukai kegiatan belanja online. Jika kamu merupakan salah satu penggemar belanja online, digibank Live Fresh cocok dijadikan sebagai pilihan. Bayangkan saja, selain praktis, kamu juga bisa mendapatkan promo cashback sebesar 5% hingga Rp 500 ribu setiap bulan.
  3. Adanya Poin Reward
    Pemilik kartu kredit digibank Live Fresh bukan hanya dimanjakan dengan kemudahan syarat membuat kartu kredit hingga cashback, namun ada juga poin reward. Ada reward menarik yang akan kamu peroleh ketika menggunakan digibank Live Fresh.
    Setiap transaksi sebesar Rp 10 ribu, kamu akan memperoleh 1 poin rewards. Jika poin tersebut diakumulasikan hingga 1600 poin, kamu bisa menukarkannya dengan cashback sebesar Rp 100 ribu.
    Penukaran poin juga bisa dilakukan dengan mudah karena kamu bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS maupun menghubungi customer centre.
  4. Bisa dengan Mudah Mengubah Transaksi ke Dalam Bentuk Cicilan
    Ingin membeli barang dengan harga mahal menggunakan fasilitas cicilan? Ketika menggunakan digibank Live Fresh, kamu bisa merubah transaksi-mu jadi cicilan hingga 60 bulan di Aplikasi digibank by DBS.
  5. Bebas Iuran Tahunan Pertama
    Khusus pemegang kartu baru yang sudah melakukan aktivasi, kamu bisa memperoleh promo bebas iuran di tahun pertama hanya dengan berbelanja minimal Rp 1 juta dalam kurun waktu 60 hari pertama.
  6. Bisa Mengontrol Kartu Kredit dengan Leluasa
    digibank Live Fresh memang memiliki fitur memudahkan penggunanya dalam mengontrol kartu. Kamu bisa mengontrol kartu menggunakan Aplikasi digibank by DBS.

Sebenarnya ada berbagai macam informasi menarik lainnya, kamu bisa mengakses laman digibank Live Fresh untuk mengetahui syarat membuat kartu kredit beserta informasi promo lainnya. Menarik bukan?

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS