Obligasi
14 Jun 2023

Pengertian Obligasi Hijau, Keuntungan, dan Tips Suksesnya

Obligasi hijau atau green bond menjadi salah satu jenis instrumen investasi yang saat ini banyak dilirik oleh para investor. Bentuk investasi ini dianggap menguntungkan dan memiliki prospek yang sangat bagus untuk jangka panjang. Namun, apakah Anda sudah tahu apa sebenarnya green bond itu dan seperti apa keuntungan yang bisa didapatkan dari instrumen ini?

Sebelum berinvestasi, sangatlah penting bagi Anda untuk mencari tahu jenis instrumen yang akan dipakai. Ini menjadi bekal wawasan yang penting sehingga Anda tahu bagaimana cara mengelola instrumen investasi tersebut demi mendapat keuntungan optimal. Mari kenali lebih dalam apa itu obligasi hijau dan bagaimana tips sukses untuk mengoptimalkan keuntungannya.

Pengertian Obligasi Hijau

Jenis surat utang ini juga dikenal dengan istilah green bond. Ini merupakan sebuah efek bersifat utang yang modal dananya akan dipakai untuk membiayai KUBL. KUBL adalah kependekan dari Kegiatan Usaha Berwawasan Lingkungan. Artinya, modal dana yang diinvestasikan akan dipakai untuk kegiatan usaha yang sifatnya berhubungan dengan lingkungan.

KUBL merupakan sebuah kegiatan usaha yang memiliki tujuan melindungi serta memperbaiki alam. Selain itu KUBL juga meliputi kegiatan meningkatkan kualitas dan fungsi lingkungan hidup. Bentuk KUBL itu sendiri sangat beragam sehingga Anda perlu memilih dengan cermat saat memutuskan berinvestasi green bond.

Beberapa contoh bentuk KUBL yang didanai oleh green bond adalah energi terbarukan, penggunaan lahan berkelanjutan, juga efisiensi energi. Selain itu transportasi ramah lingkungan, adaptasi perubahan iklim, dan pengelolaan air juga termasuk di dalamnya. Masih ada lebih banyak lagi bentuk KUBL yang masuk ke dalam daftar pendanaan green bond di tanah air.

Setelah tahu apa itu obligasi hijau, Anda mungkin penasaran siapa yang menerbitkan jenis surat utang ini. Ada 3 bentuk penerbit green bond yang ada di Indonesia yaitu pemerintah, korporasi atau perusahaan, dan lembaga perbankan. Jika Anda ingin berinvestasi di instrumen ini maka Anda perlu mempertimbangkan penerbit green bond tersebut demi mendapat keuntungan yang optimal.

Di tengah perubahan iklim yang cukup ekstrim saat ini, green bond mendapatkan dukungan yang cukup besar dari banyak pihak. Terbukti jumlah investor untuk green bond semakin banyak. Apabila Anda juga tertarik dengan isu perubahan iklim dan lingkungan, maka green bond akan menjadi pilihan investasi yang tepat.

Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

Ternyata bentuk obligasi hijau ini memberikan beragam keuntungan. Tidak heran jika popularitas instrumen investasi ini terus meningkat. Sebelum Anda yakin berinvestasi di sini, Anda harus tahu apa saja keuntungannya. Berikut adalah beberapa keuntungan dari green bond:

  1. Berkontribusi untuk Lingkungan Hidup

    Sesuai dengan konsepnya, green bond mampu memberikan kontribusi untuk kelestarian lingkungan hidup. Pada pembahasan tentang apa itu obligasi hijau tadi, sudah disebutkan bahwa surat utang ini diterbitkan untuk proyek yang berkaitan dengan lingkungan. Bisa dikatakan investor yang membeli surat utang ini nantinya akan berkontribusi langsung terhadap lingkungan hidup.

    Sebagai manusia yang tinggal di bumi, kita seringkali lupa bahwa lingkungan bumi ini perlu dirawat dengan sebaik mungkin. Kita tidak punya cukup waktu dan tenaga untuk berkontribusi dengan menjaga kelestarian lingkungan hidup. Kini dengan berinvestasi dalam bentuk instrumen green bond Anda sudah bisa ikut berkontribusi dalam hal tersebut.

    Saat Anda berinvestasi pada green bond, maka uang yang Anda miliki akan dipakai untuk mendukung proyek ramah lingkungan. Baik itu sebagian maupun seluruhnya, modal yang sudah Anda keluarkan akan dimanfaatkan untuk proyek-proyek berbasis lingkungan hijau. Artinya Anda sudah memberikan kontribusi dan ikut menjaga kelestarian lingkungan sesuai kapasitas.

  1. Memberi Manfaat bagi Banyak Orang

    Investasi lewat instrumen green bond ini tidak hanya memberi keuntungan bagi investor. Lebih dari itu, manfaat investasi bisa dirasakan oleh lebih banyak orang. Sesuai tujuannya tadi, green bond merupakan bentuk surat utang dimana modal investasi akan dipakai untuk proyek-proyek lingkungan hidup.

    Jika proyek yang berhubungan dengan lingkungan hidup tadi berhasil maka ada banyak orang yang akan merasa diuntungkan. Dana investasi bisa mendukung berbagai proyek untuk menyelamatkan lingkungan dan hasilnya bisa dinikmati oleh banyak orang.

  1. Memberikan Pendapatan Pasif

    Instrumen investasi dalam bentuk surat utang adalah pilihan tepat bagi Anda yang ingin mendapatkan passive income. Perlu diketahui bahwa salah satu keuntungan dari investasi obligasi diperoleh dari kupon atau bunga yang dibagikan secara rutin sampai jatuh tempo. Kupon ini bisa menjadi passive income bagi para investor yang memegang surat utang tadi.

    Hal ini juga berlaku untuk green bond. Instrumen investasi ini juga bisa memberikan keuntungan berupa kupon secara berkala. Jika Anda memilih produk green bond yang tepat, maka bisa jadi peluang bunga kuponnya cukup besar. Tentunya nilai bunga ini sangat menguntungkan dan akumulasinya bisa cukup besar sampai surat utang jatuh tempo.

  1. Bagus untuk Investor Pemula

    Anda harus tahu bahwa green bond adalah bentuk instrumen investasi yang cocok bagi pemula. Secara umum memang surat utang dikenal sebagai instrumen investasi dengan risiko rendah. Apalagi instrumen green bond ini memiliki jangka waktu jatuh tempo yang sangat bervariasi. Semakin singkat jangka waktu jatuh temponya maka akan semakin rendah risiko yang harus ditanggung.

    Investor pemula yang baru saja memulai langkah investasi, sebaiknya memilih green bond dengan periode jangka pendek dan menengah. Ini jauh lebih aman dan risikonya sangat rendah. Jika dibandingkan dengan investasi saham, surat utang ini jelas jauh lebih aman dan mudah dikontrol oleh pemula di bidang investasi.

Tips Sukses agar Untung Lebih Optimal

Semua orang pasti berharap bisa mendapat untung optimal saat berinvestasi. Namun Anda harus tahu bahwa keuntungan yang optimal tidak bisa dicapai jika Anda tidak menerapkan strategi yang tepat. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar sukses mencapai untung optimal lewat investasi green bond:

  1. Cari Informasi tentang Penerbit

    Tips pertama, Anda perlu mencari informasi lebih detail tentang penerbit surat utang. Penting sekali untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum Anda mulai melakukan transaksi. Belilah produk surat utang yang diterbitkan oleh penerbit terpercaya. Lebih aman memang memilih surat utang yang diterbitkan pemerintah namun surat utang korporasi bukanlah pilihan yang salah.

    Anda juga bisa menelusuri track record penawaran investasi dari penerbit yang bersangkutan. Dari sini Anda bisa mengetahui seperti apa prospek keuntungan investasi dengan instrumen tersebut. Jangan lupa, jika Anda membeli surat utang dari korporasi maka pastikan bahwa perusahaan yang bersangkutan sudah terdaftar di OJK dan memiliki izin resmi.

  1. Amati Suku Bunga

    Tips berikutnya, amati seperti apa tingkat suku bunga yang sedang berlaku saat ini. Perlu diketahui bahwa apapun jenis surat utang yang akan Anda pilih, nantinya nilai transaksi sangat dipengaruhi oleh suku bunga. Itulah mengapa Anda perlu mengikuti perkembangan atau perubahan suku bunga dari waktu ke waktu.

    Rumusnya mudah, jika nilai suku bunga menurun maka prospek keuntungan surat utang justru akan meningkat dan berlaku sebaliknya. Ini bisa jadi acuan yang penting untuk diperhatikan jika Anda ingin melakukan jual beli surat utang. Gunakan sumber yang tepat dan terpercaya untuk mengakses informasi mengenai suku bunga tersebut.

  1. Sesuaikan dengan Profil Risiko

    Saat berinvestasi, Anda harus memahami profil risiko sendiri. Sesuaikan semua pilihan dan langkah investasi Anda dengan profil risiko tersebut. Jangan sembarang mengambil keputusan hanya karena mengikuti tren atau ikut-ikut orang lain. Setiap investor punya kondisi yang berbeda dan profil risikonya juga bisa jadi tidak sama sehingga langkah investasi pun seharusnya juga berbeda.

  1. Selalu Pantau Kondisi Pasar

    Cobalah untuk selalu memantau seperti apa kondisi pasar saat ini. Memantau kondisi pasar adalah hal yang perlu dilakukan investor apalagi jika ingin mengoptimalkan profit. Setelah memantau kondisi pasar, Anda bisa dengan mudah menyusun strategi dalam berinvestasi sehingga nilai keuntungannya jadi lebih besar.

    Jika Anda rajin memantau kondisi pasar, maka Anda tahu langkah apa yang harus diambil ke depannya. Anda tahu apakah saat ini stabilitas ekonomi cukup baik atau tidak. Jika cukup baik, maka risiko investasi juga semakin rendah. Sebaliknya, saat stabilitas ekonomi kurang bagus maka Anda bisa segera menyusun strategi untuk meminimalkan kerugian di masa depan.

  1. Pilih Aplikasi Investasi yang Tepat

    Tips berikutnya, pilihlah aplikasi investasi yang tepat dan terpercaya. Ternyata pilihan aplikasi investasi ikut mempengaruhi hasil investasi Anda di masa depan. Hal paling penting yang harus diperhatikan dalam memilih aplikasi investasi adalah faktor keamanan. Pastikan bahwa aplikasi tersebut sudah beroperasi secara legal dan perusahaannya juga terdaftar OJK.

    Selain itu Anda juga perlu memilih aplikasi yang fiturnya lengkap. Kemudahan investasi sangat dibutuhkan agar Anda bisa rajin berinvestasi dan mencapai target finansial. Bayangkan saja jika Anda menggunakan aplikasi yang fiturnya tidak lengkap dan kurang simple, pasti rasanya malas untuk berinvestasi.

Kini Anda sudah paham tentang green bond dan apa saja yang harus dilakukan agar bisa mencapai keuntungan optimal. Tiba saatnya untuk memulai langkah investasi Anda di instrumen surat utang. Pastikan bahwa pilihan investasi ini sudah tepat sesuai profil risiko dan kemampuan Anda sebagai investor.

Investasi Obligasi Lebih Aman dan Nyaman

Setelah paham apa itu obligasi hijau, Anda mungkin semakin tertarik untuk berinvestasi di instrumen tersebut. Tidak perlu ragu untuk memulai investasi karena semakin dini memulai maka semakin cepat pula target keuntungan tercapai. Apalagi jika Anda memilih investasi bersama digibank by DBS yang memiliki kelebihan-kelebihan sebagai berikut:

  • Memiliki banyak produk di pasar perdana maupun pasar sekunder.

  • Modal investasi bisa mulai Rp1 juta.

  • Lebih praktis karena transaksi investasi bisa diakses lewat aplikasi smartphone.

Anda sudah tahu apa itu obligasi hijau dan tips-tips apa saja yang bisa diterapkan agar keuntungan mencapai nilai optimal. Kini waktunya Anda untuk mulai menyusun strategi investasi bersama digibank by DBS. Pastikan Anda memilih produk surat utang yang tepat dan berinvestasi dengan penuh pertimbangan matang.

Investasi obligasi jadi lebih praktis dan mudah bersama digibank by DBS. Bahkan Anda bisa melakukan transaksi investasi kapan saja lewat aplikasi mobile. Langsung klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan segera mulai langkah investasi Anda demi keuntungan optimal.