potensi laut
19 Jun 2023

Mengungkap Potensi Laut dan Perannya Dalam Mengurangi Dampak Krisis Iklim

Tahukah kamu, laut sebenarnya menyimpan potensi yang sangat besar untuk mengatasi krisis iklim? Laut dikatakan sebagai salah satu elemen vital, karena kemampuannya untuk mengurangi emisi gas rumah kaca di dunia. Cek selengkapnya di bawah ini, yuk!

  1. Laut Sebagai Penghasil Oksigen dan Penyerap Karbon Dioksida
    Pohon bukan satu-satunya sumber oksigen di muka bumi ini. Para ilmuwan mengatakan bahwa lautan dapat menyediakan 50% oksigen yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Sebagian besar dari oksigen ini dihasilkan oleh plankton laut, yang membantu ganggang, tumbuhan, bahkan bakteria untuk berfotosintesis. Selain itu, laut juga menyerap sekitar 25% dari seluruh emisi karbon dioksida di bumi. Keren, kan?
  1. Rumah Keanekaragaman Hayati Laut yang Menghidupi Manusia
    Terumbu karang, sebagai ekosistem yang sangat berharga, menyokong kehidupan sebagian makhluk hidup yang ada di laut. Ratusan. Bahkan ribuan spesies ikan-ikanan yang menjadi sumber pangan masyarakat menggantungkan hidupnya pada terumbu karang sebagai tempat tinggal.
    Sementara itu, hutan bakau atau mangrove yang berada di antara lautan dan daratan, juga merupakan salah satu sahabat terbaik makhluk hidup untuk terus mendukung kebaikan kondisi laut. Hutan bakau dapat memperbaiki kualitas air laut, serta melindungi daerah pesisir dari banjir.
    Seiring suhu lautan yang terus meningkat, kondisi ekosistem di dalam laut dan kelestarian hutan bakau dapat terus terancam.
  1. Sumber Energi Terbarukan
    Pernah dengar soal energi yang dihasilkan dari angin? Energi ini dapat memenuhi lebih dari 30% kebutuhan listrik di seluruh dunia, lho. Untuk mendukung energi terbarukan, pembangkit energi angin yang terletak di kawasan pesisir juga merupakan sumber energi luar biasa tanpa menghasilkan karbon dioksida, yang berkontribusi terhadap krisis iklim.
    Lautan juga memiliki potensi yang sama dengan angin. Energi kinetik yang memanfaatkan air laut atau gelombang dapat menghasilkan listrik juga, lho.
    Emisi gas rumah kaca yang sedang berlangsung dan terus meningkat saat ini memiliki pengaruh yang besar pada kondisi air laut. Selain suhunya yang terus naik, pH pada air laut juga terus berkurang karena penyerapan karbon dioksida dari atmosfer.
    Tidak sulit mengambil langkah untuk memulai melindungi lingkungan. Kamu bisa coba berinvestasi pada perusahaan yang memiliki misi untuk melindungi laut dari kerusakan. Dengan demikian, kamu juga menjadi salah satu pahlawan yang mendukung kelestarian laut!

Mulailah dengan mengecek fitur Invest Better pada Live Better dalam Aplikasi digibank by DBS, di mana kamu dapat berinvestasi pada perusahaan yang mengedepankan prinsip berkelanjutan atau ESG (Environmental, Social, Governance). Konsep investasi ESG menitikberatkan tidak hanya pada mengejar keuntungan semata, melainkan juga memperhatikan dampak bisnis bagi lingkungan, masyarakat, dan pemerintah, sehingga bisa membuat nilai perusahaan menjadi naik secara signifikan dalam jangka panjang.

Saat ini tersedia 4 Reksa Dana yang dalam pemilihan emitennya mengacu pada indeks investasi hijau seperti SRI-KEHATI dan IDX ESG Leaders, yang bisa kamu beli mulai dari Rp100 ribu rupiah saja.

  1. Reksa Dana Indeks BNP Paribas Sri Kehati
  2. Allianz Sri Kehati Index Fund
  3. Ashmore Digital Equity Sustainable Fund
  4. Eastspring IDX ESG Leaders Plus