Manfaat Menabung & Cara Praktis Menabung, Dijamin Berhasil!
01 Feb 2024

Manfaat Menabung & Cara Praktis Menabung, Dijamin Berhasil!

Table of content

Upgrade Mindset Agar Bisa Nabung Cepat

  1. Fixed Mindset
  2. Growth Mindset
  3. Poor Mindset
  4. Rich Mindset

Kenapa Harus Menabung?

  1. Cadangan Dana
  2. Menghindari Sifat Konsumtif

Cara Praktis Menabung

  1. 50% untuk Kebutuhan Pokok
  2. 30% untuk Keinginan
  3. 20% untuk Tabungan & Investasi

Gaya hidup modern seringkali membuat kita jadi lebih konsumtif. Banyak orang tidak bisa menahan godaan belanja dan terjebak dalam siklus hidup yang cenderung boros. Menurut Haryanto Soedjatmiko, penulis buku Saya Berbelanja Maka Saya Ada: Ketika Konsumsi dan Desain Menjadi Gaya Hidup Konsumeris, konsumerisme merupakan gaya hidup yang memiliki konteks negatif. Belanja di luar kebutuhan dan dilakukan secara impulsif, tanpa menyadari pentingnya merencanakan keuangan untuk masa depan.

Merencanakan keuangan masa depan bukan hanya tentang menyisihkan sebagian uang untuk disimpan dalam rekening tabungan. Perencanaan keuangan bertujuan untuk menyiapkan masa depan dan tujuan yang ingin dicapai dengan cara yang bijak.

Hal ini bisa dicapai dengan berbagai macam instrument  tabungan, mulai dari produk konvensional, giro, tabungan berjangka, hingga investasi yang bisa dipilih sesuai dengan tujuan masa depan yang ingin sahabat digibank capai.

Upgrade Mindset Agar Bisa Nabung Cepat

Mindset itu kunci, Sahabat digibank. Ini bentuk keyakinan yang nge-boost cara kita melihat dunia dan diri sendiri. Bikin kita berpikir, merasakan, dan beraksi dengan style beda pas dihadapin situasi sulit.

Nah, ada 2 Mindset yang bisa banget ngubah hidup, termasuk soal duit.

1. Growth Mindset

Berkebalikan dengan Fixed Mindset, Growth Mindset adalah kunci untuk kesuksesan finansial cepat! Menurut Carol Dweck, pencipta konsep ini, kecerdasan atau bakat hanya titik awal. Semua bisa dipelajari dan ditingkatkan.

Fokus pada usaha, keinginan belajar, dan ketahanan terhadap kritik adalah keterampilan kunci. Kesulitan dianggap tantangan yang bisa diatasi, dan kegagalan tidak membuat orang menyerah, malah mendorong mereka untuk lebih berusaha.

Dengan Growth Mindset, menabung cepat bukan lagi impian tak tercapai, melainkan target yang optimis dan dapat dicapai dengan percaya diri. Yuk, semangat, sahabat digibank!

2. Rich Mindset

Ini adalah pola pikir yang penuh kelimpahan, merasa cukup, dan melihat setiap pembelian sebagai investasi. Dengan menerapkan prinsip ini, menabung bukan lagi tantangan. Rich Mindset tidak hanya membantu keuangan, tapi juga meningkatkan kualitas diri. Investasi dalam barang berkualitas menjadi kunci untuk mencapai financial goals yang diinginkan.

Nah, kira-kira dari jenis empat mindset di atas, diposisi manakah Mindset tentang keuangan Sahabat digibank saat ini?

Kenapa Harus Menabung?

Menabung dan mengelola keuangan secara bijak, memberi banyak manfaat. Kamu bisa mencapai tujuan jangka pendek misalnya untuk liburan atau upgrade gadget. Hal yang tak kalah penting, kamu punya cadangan dana untuk keperluan darurat. Jadi tidak perlu panik sewaktu ada kebutuhan tiba-tiba dan mendesak. Berikut ini beberapa manfaat menabung yang bisa kamu dapatkan.

1. Cadangan Dana

Salah satu manfaat penting menabung adalah memiliki cadangan dana atau dana darurat. Kamu dapat siap untuk menghadapi situasi keuangan tidak terduga, seperti kehilangan pekerjaan, sakit yang membutuhkan perawatan dalam waktu lama, atau kebutuhan mendesak lainnya. Cadangan dana ini memberi perlindungan finansial, memberikan ketenangan pikiran sekaligus mengurangi stres, dan menjaga kestabilan keuangan di masa depan.

2. Menghindari Sifat Konsumtif

Gaya hidup konsumtif dan belanja secara impulsif membuat kamu melakukan pengeluaran yang tidak terkendali. Jika diteruskan, kondisi tersebut bisa mengganggu kondisi keuanganmu. Kebiasaan menabung dapat membantu kamu terhindar dari sifat konsumtif. Kamu jadi lebih sadar akan prioritas kebutuhan dengan menghindari pengeluaran yang tidak perlu.

Selain itu, kamu juga lebih fokus mengatur keuangan dengan baik dengan mengalokasikan pendapatan bulanan secara bijak. Memiliki lebih banyak uang dalam rekening tabungan membuat kamu merasa aman dan siap menghadapi kebutuhan masa depan.

Cara Praktis Menabung

Menabung membutuhkan konsistensi yang dilakukan terus menerus. Meski di internet sudah banyak tips dan trik menabung, nyatanya masih banyak orang kesusahan menerapkannya.

Pernah dengar metode 50:30:20 untuk mengelola keuangan? Cara ini sangat praktis dan efektif untuk mengalokasikan penghasilan bulanan kamu sekaligus memiliki tabungan yang memadai untuk rencana masa depan. Berikut ini cara menabung yang lebih mudah dan praktis pakai metode 50:30:20.

1. 50% untuk Kebutuhan Pokok

Pisahkan 50% penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Termasuk dalam dana ini adalah belanja makanan sehari-hari, biaya tempat tinggal, biaya transportasi, cicilan pinjaman jika ada, dan tagihan rutin seperti listrik, air, internet, dan IPL. Kebutuhan pokok wajib diprioritaskan dan harus dipenuhi lebih dulu dibandingkan dengan alokasi dana lainnya.

2. 30% untuk Keinginan

Supaya kamu mendapatkan kesenangan dalam mengelola keuangan, berikan self reward setelah mendapatkan penghasilan bulanan. Tentunya, dana untuk self reward bisa kamu keluarkan setelah kebutuhan utama terpenuhi. Alokasikan dana self reward sebesar 30% dari penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulan. Kamu bisa menggunakan dana ini untuk liburan saat weekend, nonton bioskop, membeli baju kerja yang baru, atau pergi ke spa. Bisa dikatakan self reward adalah kebutuhan sekunder yang bertujuan untuk memberi penghargaan dan menyenangkan diri sendiri. Self reward juga penting untuk menjaga kesehatan mental, lho!

3. 20% untuk Tabungan & Investasi

Meski alokasi dana tabungan berada di paling akhir, bukan berarti hanya mendapat sisa penghasilan saja. Sebaiknya, dana ini sudah kamu pisahkan sejak awal dan lakukan secara tertib dan konsisten. Kamu bisa memilih produk tabungan konvensional atau produk investasi yang bisa membantu memudahkan terwujudnya tujuan masa depan. Pilih bank yang menawarkan produk investasi dengan modal kecil sehingga kamu bisa memulai lebih cepat dan mendapat pengalaman investasi yang luas.

Pentingnya menabung terletak pada kemampuan untuk merencanakan keuangan dengan baik, menghindari beban finansial yang berlebihan, dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Untuk memudahkan kegiatan menabung, kamu dapat mempertimbangkan membuka tabungan di lembaga keuangan yang menyediakan layanan digital seperti digibank by DBS.

Nikmati berbagai keunggulan tabungan digibank by DBS, mulai dari kemudahan proses buka rekening 100% digital dengan verifikasi face biometric. Kamu cukup menyiapkan e-KTP dan selfie sebagai persyaratannya. Tersedia bunga tinggi per tahun di 20 Dompet Maxi untuk kelola keuangan lebih mudah dan rapih.

Selain itu, digibank by DBS juga memberi manfaat menabung lebih banyak melalui produk investasi yang tersedia. Kamu bisa memilih produk investasi yang menawarkan keuntungan lebih tinggi seperti reksadana atau obligasi, dengan tingkat risiko yang lebih rendah. Seluruh proses, mulai dari mendaftar SID hingga transaksi investasi bisa dilakukan dalam 1 aplikasi. Sehingga lebih praktis dan mudah dilakukan.

Nah, tunggu apalagi? Yuk segera buka tabungan online di aplikasi digibank by DBS. Cek produk lainnya di sini.

Yuk, disiplin menabung dan mengalokasikan penghasilan bulanan dengan bijak! Membuat anggaran bulanan, mengurangi pengeluaran yang tidak perlu, dan mengatur prioritas kebutuhan dapat membantu kamu menjalankan kebiasaan menabung dengan lebih efektif. Unduh aplikasi dan buka tabungan digibank by DBS sekarang juga! Cek informasi produk selengkapnya di sini.