digital banking
14 Jun 2023

Gaya Hidup Minimalis dalam Keuangan Bersama Digital Banking

Digital banking merupakan perkembangan dalam dunia perbankan yang banyak membawa perubahan, termasuk dalam pengelolaan keuangan. Saat ini banyak orang yang tertarik dengan trend gaya hidup minimalis karena mempunyai berbagai keuntungan. Minimalism atau orang yang hidup minimalis bisa lebih santai tanpa beban dan perasaan bersalah karena banyak berbelanja.

Selain itu minimalism juga dapat membantu dalam mengelola keuangan sehingga bisa memiliki kebebasan finansial. Digital banking adalah salah satu cara yang bisa membantu dalam mengelola arus kas pribadi, termasuk memantau kondisi finansial yang banyak diterapkan oleh orang dengan gaya hidup minimalis.

Pengertian Gaya Hidup Minimalis

Kesadaran masyarakat untuk mengelola keuangan dengan baik dapat membawa banyak dampak positif. Bukan hanya bagi pribadi yang bisa memanfaatkan pendapatan secara optimal, tetapi juga mendukung kesehatan finansial masyarakat secara umum. Gaya hidup minimalis adalah kebiasaan menggunakan barang, termasuk uang seperlunya dan mengoptimalkan apa yang ada.

Meski demikian, bukan berarti trend ini akan membuat pelakunya ketinggalan zaman atau tidak bisa mengikuti fashion. Dengan memilih jenis produk evergreen mereka akan tetap terlihat fashionable. Konsep minimalis justru membuat pelakunya lebih bisa menikmati hidup karena tidak perlu membuang waktu untuk mengurus koleksi barang yang dimiliki.

Karena membatasi diri dalam berbelanja, menjadikan apa yang dimiliki bisa digunakan secara lebih optimal. Banyak minimalism yang bisa hidup sejahtera. Salah satu strategi yang digunakan adalah menggunakan digital banking untuk mengontrol pengeluarannya. Ini sangat penting karena semua aset yang dimiliki justru bisa berguna secara lebih maksimal.

Bagaimana Menerapkan Gaya Hidup Minimalis Dalam Keuangan

Keuntungan dan manfaat gaya hidup minimalis menarik banyak orang untuk melakukannya. Dengan ditunjang digital banking, semua orang lebih mudah memantau pengeluaran dalam menjalankan minimalis.

Digital banking adalah salah satu sarana yang mendukung dalam melakukan penghematan bagi orang yang menerapkan gaya hidup minimalis. Bagaimana menerapkan minimalism dalam bidang keuangan? Simak beberapa cara berikut ini.

1. Ketahuan kondisi keuangan saat ini

Pertama yang perlu diketahui adalah bagaimana kondisi keuangan saat ini. Apabila Anda sudah menggunakan digital banking, untuk menjawab pertanyaan ini sangat mudah karena semua transaksi bisa terekam sehingga dapat sewaktu-waktu melihatnya. Jika belum, Anda perlu mengingat dan membuat catatan mengenai pendapatan dan kemana dana tersebut digunakan.

2. Buat tujuan keuangan

Selanjutnya perlu membuat tujuan keuangan, baik jangka panjang maupun pendek. Hal ini akan membuat Anda bisa lebih disiplin dalam mengelola uang karena mempunyai target yang ingin dicapai. Digital banking adalah solusi untuk memantau keluar masuk kasa yang memudahkan dalam mencapai financial goals tersebut.

3. Susun rencana untuk mencapai tujuan

Bukan hanya tujuan, Anda juga perlu menyusun langkah atau rencana apa yang akan dilakukan untuk mencapainya. Jangan sampai ada bagian yang terlupakan sehingga memudahkan dalam pencapaian keinginan tersebut. Sebaiknya juga menyiapkan cadangan rencana apabila plan pertama ternyata gagal.

4. Disiplin dalam menjalankan rencana

Selanjutnya, Anda jupa perlu disiplin dalam menjalankan rencana tersebut sehingga potensi keberhasilan besar. Sebagus apapun sebuah planning tidak akan membawa hasil jika tidak dijalankan dengan disiplin.

Anda perlu selalu ingat bahwa dengan hidup secara minimalis berpotensi besar untuk meraih kebebasan finansial. Apalagi saat ini sangat mudah mengelola keuangan karena ada digital banking yang bisa membantu.

5. Terapkan prinsip less is more

Konsep minimalism adalah memanfaatkan barang secara maksimal. dengan demikian semakin sedikit jumlahnya justru bertambah bagus. Selain bisa menghemat pengeluaran, Anda juga tidak membutuhkan banyak waktu untuk merawatnya. Anda pun bisa lebih produktif dengan memanfaatkan waktu tersebut.

Untuk mengoptimalkan prinsip ini, Anda bisa membeli barang atau produk yang multifungsi. Selain meminimalkan pengeluaran juga menjadikan tidak perlu membeli banyak barang. Dengan demikian rumah terasa lebih lega. Anda juga tidak membutuhkan banyak tempat untuk menyimpan. Selain itu juga bisa hemat waktu untuk membersihkan dan merawatnya.

6. Alihkan belanja ke produk investasi

Salah satu jenis belanja yang bisa mendatangkan keuntungan adalah investasi. Anda bisa mengalihkan dana yang biasanya untuk keperluan konsumtif ke produk yang dapat mendatangkan pemasukan ini. Semakin banyak berinvestasi, maka uang yang dimiliki bertambah aman, bahkan berkembang.

Banyaknya alternatif produk investasi bisa menjadi pilihan. Untuk memilih dan membeli produk ini sangat mudah. Jika Anda sudah menggunakan digital banking, dapat melakukan pembelian melalui aplikasi ini. Dengan demikian Anda bisa menjalankan gaya hidup minimalis dan meningkatkan penghasilan sehingga lebih sejahtera.

7. Evaluasi

Seperti dalam perencanaan lain, Anda juga perlu melakukan evaluasi untuk mengetahui penyebab kegagalan dan langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan keberhasilan. Evaluasi bisa dilakukan secara berkala sehingga begitu ada penyimpangan dari plan awal bisa segera diketahui.

Peran Digital Banking dalam Gaya Hidup Minimalis

Peran digital banking dalam gaya hidup minimalis sangat besar. Aplikasi ini bisa menjadi tool untuk memudahkan proses mengontrol pemasukan dan pengeluaran sehingga minimalism bisa mengetahui status keuangannya secara cepat.

Dengan melihat semua transaksi yang terjadi setiap waktu bisa mengurangi keinginan untuk berbelanja. Karena digital banking tersedia dalam bentuk aplikasi, Anda bisa membukanya kapan saja, bahkan dapat dengan mudah membandingkan dari bulan sebelumnya.

Hal ini bisa membantu mempercepat evaluasi dan mengetahui apakah Anda sudah berhasil dalam melakukan gaya hidup minimalis. Selain itu, terdapat banyak fitur yang bisa digunakan. Digital banking adalah penyedia layanan multifungsi dalam dunia perbankan. Anda bisa secara mudah membelanjakan saldo untuk membeli produk investasi.

Belanja produk investasi merupakan salah satu langkah tepat yang dilakukan minimalism untuk mengamankan keuangan dan mengembangkannya. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan passive income untuk meningkatkan keuangan.

Gaya Hidup Minimalis dalam Keuangan Bersama Digital Banking

Manfaat digital banking dari digibank by DBS sudah dirasakan banyak orang, termasuk dalam mendukung gaya hidup minimalis. Aplikasi ini sangat memudahkan dalam mengelola keuangan, baik mengetahui jumlah pemasukan, mengontrol pengeluaran maupun dalam berinvestasi.

Semakin banyaknya orang yang memilih hidup minimalis berdampak positif pada berbagai hal. Selain bagi mereka sendiri yang bisa dengan mudah mencapai kebebasan finansial, juga mendorong banyak orang untuk meniru pola hidup yang dijalankan.

Digital banking adalah teknologi yang tepat guna. digibank by DBS menghadirkan aplikasi ini untuk memudahkan siapa saja dalam mengelola keuangannya, termasuk bagi minimalism. Keunggulannya adalah:

  • Transaksi yang tersedia lengkap, mudah, dan terjamin aman.

  • Ada berbagai produk asuransi dan tersedia lebih dari 150 pilihan produk investasi.

  • Anda bisa mendapatkan penawaran kartu kredit dan pinjaman dengan approval 60 detik.

Digital banking di digibank by DBS sangat user friendly sehingga siapa saja bisa menggunakan untuk mengelola keuangannya agar bisa lebih terarah. Kini Anda pun dapat memanfaatkannya agar bisa menjalankan gaya hidup minimalis dan mendapatkan kebebasan keuangan. Tertarik untuk mengetahui informasinya lebih detail? Silahkan klik di sini