cara investasi reksadana
14 Jun 2023

Dollar Cost Averaging: Trik Investasi Rutin Makin Cuan

Demi mendapatkan imbal hasil yang optimal, Anda harus tahu seperti apa cara investasi reksadana yang tepat. Setiap investor memang perlu menguasai cara dan strategi khusus dalam berinvestasi. Tujuannya agar mereka bisa mengelola dana dengan baik dan mendapatkan lebih banyak profit sampai tujuan finansial tercapai.

Salah satu strategi investasi reksadana yang banyak digunakan oleh investor adalah dollar cost averaging atau DCA. Strategi investasi ini dianggap sangat efektif untuk membantu investor mencapai tujuan finansial mereka. Bahkan para pemula juga disarankan untuk mengikuti strategi ini agar bisa merasakan manfaat reksadana secara optimal.

Cara Investasi Reksadana dengan Teknik Dollar Cost Averaging

Anda mungkin sudah pernah mendengar istilah dollar cost averaging dalam investasi reksadana sebelumnya. DCA ini merupakan sebuah strategi investasi yang sangat sederhana. Prinsipnya simple sehingga sangat mudah untuk diikuti oleh investor pemula sekalipun.

Strategi ini membantu investor untuk berinvestasi secara rutin selama periode waktu tertentu. Konsepnya mudah, investor akan melakukan investasi secara konsisten tanpa peduli naik turun harga. Jadi tidak perlu melakukan update harga pasar karena Anda sudah pasti akan melakukan pembelian secara rutin. Baik saat harga tinggi maupun rendah.

Anda mungkin bertanya-tanya, bagaimana jika saat itu harga tinggi? Bukankah investor bisa merasakan kerugian jika harus membeli dengan harga tinggi? Baik saat harga naik maupun turun, investor tetap akan melakukan transaksi. Hasil akhirnya jumlah uang yang dikeluarkan untuk investasi seimbang karena Anda membeli saat harga tinggi maupun rendah.

Jika Anda membeli produk investasi saat harga rendah maka akan menutup biaya yang Anda keluarkan saat harga tinggi. Kesimpulannya saling seimbang, karena bagaimanapun juga selalu ada fluktuasi harga saat berinvestasi. Itulah mengapa cara investasi reksadana ini ramah bagi pemula karena tidak perlu susah-susah menganalisis harga pasar.

Manfaat Dollar Cost Averaging

Strategi dollar cost averaging ini sangat populer di kalangan investor. Terbukti bahwa strategi ini memberikan begitu banyak manfaat dan keuntungan tersendiri bagi mereka. Berikut adalah beberapa manfaat dari strategi dollar cost averaging dalam investasi reksadana:

  1. Menurunkan Risiko Investasi

    Strategi ini terbukti bisa menurunkan risiko investasi. Dalam berinvestasi, kita tahu betul bahwa selalu ada risiko yang membayangi. Anda bisa meminimalkan risiko tersebut dengan memakai strategi investasi yang tepat. Salah satunya lewat strategi dollar cost averaging yang terbukti bisa mengoptimalkan manfaat reksadana sekaligus membuat risikonya jadi lebih kecil.

    Cara investasi semacam ini akan membantu mengoptimalkan nilai return dalam jangka panjang. Selain itu strategi ini juga ikut meminimalkan risiko perubahan nilai pada portofolio yang Anda miliki. Rata-rata nilai yang bisa didapatkan tidak terlalu rendah dan ini sangat menguntungkan untuk portofolio investasi Anda.

  1. Mudah Diaplikasikan oleh Pemula

    Konsep dollar cost averaging ini sangat mudah untuk diaplikasikan oleh para pemula. Investasi itu sendiri bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Seorang investor tidak bisa asal-asalan mengambil langkah investasi. Ada strategi dan cara-cara khusus yang perlu dilakukan oleh investor sehingga mereka bisa mendapatkan keuntungan yang optimal sesuai target.

    Strategi dollar cost averaging ini membuat investasi jadi terasa lebih mudah bagi pemula. Cara kerjanya hampir sama seperti aktivitas menabung dimana Anda harus konsisten. Investor harus mengalokasikan dana dengan jumlah tertentu untuk diinvestasikan. Melalui cara mudah ini, investor pemula bisa menikmati manfaat reksadana yang terasa begitu menguntungkan.

  1. Mencegah FOMO dalam Investasi

    Manfaat lain dari strategi dollar cost averaging adalah bisa mencegah FOMO atau fear of missing out dalam investasi. Sebisa mungkin investor harus menghindari FOMO dan melakukan investasi sesuai kemampuan atau kapasitas diri sendiri. FOMO hanya akan membawa investor ke dalam kondisi yang tidak menguntungkan sama sekali.

    Strategi dollar cost averaging ternyata bisa membawa investor terhindar dari kondisi ini. Investor akan melakukan investasi dengan konsep rutin dan konsisten seperti layaknya menabung. Tidak peduli tren apa yang sedang berlangsung di dunia investasi, investor akan tetap fokus melakukan transaksi secara rutin. Hal inilah yang membantu investor dapat menikmati manfaat reksadana secara optimal.

  1. Mendukung Investasi secara Konsisten

    Tujuan utama dari strategi dollar cost averaging adalah investasi yang konsisten. Cara investasi ini akan membantu Anda untuk berinvestasi secara rutin tidak peduli harga sedang naik atau turun. Jika tidak menerapkan strategi ini, bisa saja Anda jadi tidak konsisten dalam berinvestasi. Apalagi saat harga naik, Anda mungkin akan memilih untuk tidak bertransaksi terlebih dahulu.

    Perlu diketahui bahwa demi mencapai target finansial, Anda harus berusaha rutin berinvestasi. Hanya saja komitmen semacam ini seringkali sulit untuk dipertahankan. Daripada Anda berhenti di tengah jalan, lebih baik gunakan strategi dollar cost averaging tadi. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bertransaksi karena Anda akan melakukannya secara konsisten tanpa perlu melihat harga.

  1. Menghindari Kesalahan Waktu Investasi

    Dollar cost averaging juga membantu Anda terhindar dari kesalahan pemilihan waktu investasi. Banyak sekali investor yang merasa menyesal karena bertransaksi saat harga tinggi. Mereka menyesal harus mengeluarkan uang lebih banyak saat berinvestasi. Namun hal ini tidak berlaku bagi investor yang memakai strategi dollar cost averaging.

    Anda bisa terhindar dari kesalahan pemilihan waktu transaksi. Tidak ada waktu yang salah karena Anda akan selalu bertransaksi. Entah harga sedang tinggi atau rendah, Anda akan selalu mengeluarkan dana investasi. Tujuannya memang agar Anda selalu konsisten. Jika memang harganya tinggi maka tidak masalah karena nanti akan tergantikan saat transaksi dilakukan di harga yang rendah.

Investasi Reksadana Lebih Aman dan Mudah

Anda dapat menerapkan cara investasi reksadana dengan teknik dollar cost averaging tadi bersama digibank by DBS. Di sini Anda akan mendapatkan banyak kemudahan dalam berinvestasi khususnya di instrumen reksadana. Berikut adalah beberapa kelebihan yang ditawarkan dan bisa Anda nikmati:

  • Investasi dengan modal terjangkau mulai dari Rp100 ribu.

  • Pembelian berkala reksadana bisa lebih fleksibel.

  • Tersedia 3 kategori reksadana yakni reksadana terbaik, terpopuler, dan scoring

  • Ada lebih dari 50 jenis produk reksadana yang ditawarkan.

  • Akses mudah lewat satu aplikasi smartphone mulai dari daftar SID (Single Investor Identification) hingga jual beli maupun switch.

Anda bisa merasakan sendiri manfaat reksadana secara optimal jika berinvestasi dengan cara yang tepat. digibank by DBS akan menjadi sebuah pilihan tepat bagi Anda yang ingin berinvestasi dengan nyaman, aman, dan mudah. Transaksi investasi lebih praktis lewat aplikasi dan pembelian reksadana jadi terasa begitu mudah.

Langsung mulai langkah investasi Anda di instrumen reksadana bersama digibank by DBS. Terapkan cara investasi reksadana dengan konsep dollar cost averaging tadi agar Anda bisa mendapat keuntungan optimal. Informasi lebih lengkap mengenai investasi reksadana di digibank by DBS bisa Anda akses di sini.