Investasi Reksadana
17 Apr 2022

Cara Investasi Reksadana Terjangkau: Seharga Kopi Kekinian

Banyak masyarakat yang saat ini terbiasa memiliki gaya hidup kekinian yang cenderung boros. Salah satu rutinitas seperti minum kopi di tempat kekinian bisa membuat kantong cepat tipis. Uang ngopi kekinian tersebut sebenarnya bisa lebih bermanfaat untuk masa depan apabila dimanfaatkan untuk investasi Reksadana.

Dengan menginvestasikan uang di Reksadana, uang tersebut tidak akan habis percuma. Justru uang akan berkembang hingga mendapatkan keuntungan yang cukup besar hingga mencapai sekitar 25%.

Keinginan untuk nongkrong nongkrong di tempat hits seperti Starbuck terkadang menjadi godaan yang sangat berat. Jika tidak dikontrol, pengeluaran tiap bulan bisa membengkak.

Sedangkan masa depan selalu memiliki tantangan lebih berat terutama dalam hal ekonomi. Dalam sekali nongkrong, seseorang bisa menghabiskan uang mulai dari Rp10.000 sampai ratusan ribu rupiah. Bisa Anda perhitungan sendiri berapa besar pengeluaran bulanan jika hobi tersebut tidak terkontrol.

Cara Investasi dengan Modal Terjangkau, Hanya Seharga Kopi Kekinian

Kini, semua orang bisa punya kesempatan untuk berinvestasi yang sama. Anda tak harus menunggu memiliki jabatan khusus di perusahaan atau punya penghasilan yang fantastis setiap bulannya, begini tipsnya:

  • Kurangi pengeluaran yang bukan prioritas

Punya kebiasaan nongkrong setiap akhir pekan atau bahkan setiap hari? Mungkin saatnya Anda mengurangi intensitasnya. Saat Anda memiliki kebiasaan minum kopi setiap hari dengan rata-rata pengeluaran sekitar Rp10.000 dalam sebulan biaya yang dikeluarkan untuk nongkrong saja bisa mencapai Rp300.000.

Uang tersebut apabila ditabung dalam waktu 1 tahun maka uang yang terkumpul bisa mencapai 3-4 juta.

Cerita akan sangat berbeda apabila uang tersebut Anda gunakan untuk berinvestasi Reksadana. Uang tersebut bisa terus tumbuh setiap bulannya. Anda bisa memilih jangka waktu investasi yang diinginkan.

  • Pilih Jenis Reksadana sesuai Tujuan Anda

Investasi Reksadana memiliki banyak jenis seperti Reksadana Pasar Uang, Reksadana Saham, Reksadana Pendapatan Tetap, Reksadana Obligasi dan sebagainya. Salah satu yang paling menarik adalah menempatkan dana untuk Reksadana Obligasi. Dengan investasi ini Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimum dan risiko yang rendah.

Misalnya saja Anda menempatkan uang setara 6 tahun ngopi yaitu Rp3000.000 * 6 tahun = 18 juta rupiah.

Tempatkan uang tersebut pada Reksadana obligasi. Dalam jangka waktu tersebut, uang akan berkembang dan meningkat hingga 25%. Bisa Anda kalikan saja 18.000.000 *25%+18juta =4.500.000+18juta= 22.500.000.

Betapa uang Anda semakin bermanfaat apabila digunakan untuk berinvestasi. Jika Anda ingin mendapatkan keuntungan maksimal dari investasi Reksadana, memang sebaiknya memahami bagaimana cara aman berinvestasi. Apalagi investasi kini bisa dimulai dari modal kecil.

Kenapa Investasi di Reksadana?

Meskipun investasi Reksadana terdengar menggiurkan, akan tetapi masih banyak juga orang yang merasa takut dengan risiko yang mungkin terjadi. Hal ini wajar karena memang dalam investasi tentu ada risiko kerugian. Beberapa alasan memilih investasi di Reksadana adalah:

  • Investasi bisa dimulai dengan modal kecil

Jika Anda tertarik melakukan investasi, memilih investasi Reksadana merupakan pilihan yang tepat. Selain ada beberapa pilihan instrumen investasi, cara berinvestasi di Reksadana juga mudah.

Anda dapat berinvestasi dengan modal yang tidak terlalu besar. Di Reksadana, Anda bisa berinvestasi dengan nilai mulai dari 100.000. Tentu hal ini cukup ringan mengingat kebiasaan minum kopi bisa menghabiskan uang lebih dari itu.

Supaya Anda semakin yakin berinvestasi Reksadana, perlu diingat bahwa di masa pandemi kesulitan ekonomi semakin jelas. Kenaikan harga bahan pokok juga mengharuskan Anda untuk tetap hemat dan mampu mengelola keuangan secara bijak.

Berinvestasi di Reksadana, kini bisa dilakukan dari rumah. Jadi Anda tidak harus datang ke bank atau tempat berinvestasi karena hanya menggunakan smartphone Anda sudah bisa berinvestasi.

Sebelum memahami lebih jauh tentang bagaimana cara investasi Reksadana online modal kecil, perlu Anda ketahui juga mengenai beberapa instrumen investasi yang tersedia.

  • Dana Dikelola oleh Manajer Investasi yang Profesional

Melakukan investasi di Reksadana artinya menempatkan uang melalui Manajer Investasi dari institusi yang terpercaya. Banyak yang mempercayakan Reksadana karena selain aman, disini Anda juga bisa menikmati kenyamanan karena kestabilan serta likuiditas yang tinggi.

Anda tidak harus menganalisis pasar sendiri karena akan dibantu oleh Manajer Investasi yang profesional.

Berdasarkan undang-undang nomor 8 tahun 95, mengenai pasar modal, disebutkan bahwa Reksadana merupakan wadah untuk menghimpun dana masyarakat. Dana tersebut diinvestasikan pada portofolio efek kemudian dikelola oleh Manajer Investasi.

Di Indonesia sendiri ada beberapa jenis Reksadana yang sangat populer yaitu Reksadana pasar uang, Reksadana campuran Reksadana saham, dan Reksadana pendapatan tetap.

Masing-masing instrumen investasi tersebut, menawarkan kelebihan tersendiri. Saat ini bukan hanya investor besar saja yang memilih Reksadana. Namun banyak kalangan muda yang senang berinvestasi Reksadana karena mudah dan mampu memberikan imbal hasil yang menggiurkan.

Investasi Reksadana Online Bersama digibank by DBS

Setelah mengetahui tentang Reksadana, sekarang Anda bisa mulai untuk melakukan investasi Reksadana online bersama dengan digibank by DBS.

Berinvestasi melalui digibank adalah pilihan tepat. digibank by DBS menyediakan lebih dari 50 pilihan produk investasi yang sangat lengkap seperti menu nasi padang. Ada 5 keuntungan menarik yang bisa di dapatkan jika memilih berinvestasi bersama dengan digibank by DBS yaitu seperti:

  1. Jual, Beli, dan Switch Melalui Satu Aplikasi

Jika ternyata ini adalah kali pertama Anda melakukan investasi, Anda perlu untuk mendaftarkan diri atau registrasi SID yaitu Single Investor Identification.

Cara untuk meregistrasi sangatlah mudah yaitu hanya dengan masuk ke aplikasi tersebut. Selanjutnya ikuti petunjuk yang ada dan tunggu sampai maksimum 2x24 jam hingga akhirnya mendapatkan konfirmasi melalui email.

SID atau Single Investor Identification ini sangat penting karena menjadi nomor bukti jika Anda sudah terdaftar sebagai investor pasar modal yang resmi. Jika sudah terdaftar sebagai investor, tentu kesempatan untuk berinvestasi pada Surat Berharga Negara akan semakin mudah.

Anda bisa melakukan registrasi tanpa harus keluar rumah hanya dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Setelah memiliki aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi mengunduh aplikasi lain.

digibank by DBS sudah memiliki fitur yang lengkap sehingga memungkinkan Anda untuk bisa menjual, membeli dan bahkan switch investasi melalui aplikasi tersebut.

Melalui digibank by DBS, Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi penting mengenai produk, prospektus serta ringkasan informasi mengenai Reksadana. Bahkan disini Anda juga bisa menemukan informasi mengenai syarat dan ketentuan dari bank yang harus dipenuhi sebagai investor.

Melalui aplikasi ini, Apabila ternyata risiko produk cukup tinggi dibandingkan dengan profil risiko Anda, nantinya akan terdapat notifikasi pop up yang yang memberikan Anda pengetahuan tentang perbedaan risiko.

Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan kembali risiko produk dan risiko profil. Jika setelah dilakukan perhitungan ternyata tidak ada masalah yang serius, Anda bisa melanjutkan melakukan transaksi melalui aplikasi ini.

  1. Pilih Kategori Reksadana Tanpa Bingung

Melakukan investasi Reksadana melalui digibank by DBS juga memudahkan Anda karena terdapat tiga kategori pilihan produk yang bisa dipahami.

Tiga kategori tersebut yaitu kategori terpopuler, kategori kinerja terbaik, dan juga scoring terbaik. Untuk memanfaatkan informasi ini Anda hanya perlu melihat pada daftar Reksadana yang memiliki kinerja terbaik dalam 1 tahun terakhir.

Selanjutnya, Anda juga bisa mengetahui daftar Reksadana berdasar pembelian terbanyak oleh para nasabah dalam kurun waktu 1 bulan terakhir.

Untuk memaksimalkan keamanan berinvestasi, di sini Anda juga bisa melihat Reksadana berdasarkan scoring terbaik. Scoring ini merupakan skor berdasarkan PT Infovesta Utama yang menjadi perusahaan riset dan teknologi independen terpercaya.

Banyak dari investor pasar modal yang memanfaatkan informasi dari PT Infovesta Utama ini karena memiliki kredibilitas yang tinggi. Proses penilaian dilakukan secara seksama setiap bulannya. Jadi, Anda bisa mengetahui kira-kira produk mana yang memiliki skor terbaik dalam waktu 1 tahun.

  1. Membeli saham Lebih Fleksibel

Keuntungan berikutnya jika menjadi nasabah digibank by DBS adalah bisa membeli saham dengan mudah dan fleksibel.

Cara untuk membeli saham melalui aplikasi ini yaitu dengan memilih Reksadana kemudian tinggal pilih pembelian berkala.

Anda tidak diharuskan untuk mendaftar lagi jika ingin membeli saham berikutnya. Setelah melakukan langkah-langkah tersebut, Anda bisa mengubah jumlah atau nominal investasi Reksadana tiap bulannya. Atur juga tanggal pendebetan melalui Aplikasi digibank by DBS.

Setiap transaksi Reksadana bisa dilihat melalui aplikasi ini dalam bentuk dokumen Reksadana.

  1. Mulai Investasi dari Rp100.000

Bagi Anda yang masih merasa takut untuk berinvestasi, kini bisa mulai dengan nilai kecil yaitu Rp100.000. Investasi dengan modal kecil ini memberikan Anda ketenangan karena tidak terlalu khawatir dengan risiko kerugian.

Seiring berjalannya waktu, Anda akan semakin memahami tentang investasi Reksadana ini sehingga akan semakin mendapat keuntungan besar.

5. Ada Lebih dari 50 Produk Reksadana

Keuntungan lainnya yang bisa Anda temukan saat berinvestasi Reksadana di Aplikasi digibank by DBS adalah karena adanya banyak pilihan produk Reksadana (lebih dari 50 produk) yang bisa Anda pilih sesuai kriteria dan profil risiko investasi Anda. Anda bisa lebih memperbanyak portofolio dengan memilih produk Reksadana yang berbeda untuk menempatkan dana atau modal Anda.

Buka Rekening Online di digibank by DBS

Untuk bisa berinvestasi melalui aplikasi digibank, hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka rekening terlebih dahulu. Caranya:

  • Mengunduh Aplikasi digibank by DBS melalui Google play store.
  • Setelah berhasil diunduh, install dan buka aplikasi tersebut. Selanjutnya tinggal pilih opsi "buka rekening". Nantinya akan muncul formulir yang harus diisi dengan data diri.
  • Langkah selanjutnya yaitu membuat password dan username yang nantinya digunakan untuk login ke aplikasi. Setelah membuat password dan username, jawab semua pertanyaan yang muncul pada aplikasi tersebut.

Bagi Anda yang berada di Jabodetabek, Anda dapat melakukan verifikasi biometrik dengan bertemu agen digibank. Akan tetapi jika Anda berada di wilayah Surabaya dan Bandung, cara melakukan verifikasi adalah dengan mengunjungi coffee shop.

  • Setelah proses verifikasi berhasil, Anda bisa menggunakan aplikasi tersebut untuk berinvestasi dan menikmati semua layanan yang ada.

Investasi Reksadana melalui digibank by DBS adalah keputusan yang sangat tepat. Anda bisa memilih instrumen investasi paling sesuai karena semuanya menawarkan kelebihan masing-masing.

Sekarang Anda sudah memahami tentang bagaimana cara investasi Reksadana online. Untuk informasi lebih lengkap mengenai investasi Reksadana Anda bisa membuka website https://www.dbs.id/digibank/id/id/investasi/produk-investasi/Reksadana. Anda bisa langsung mengunduh dan menginstal Aplikasi digibank by DBS agar bisa menikmati semua kemudahan yang ditawarkan.

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS