tabungan online
24 Aug 2022

Buka Tabungan Online, Faktor Penting untuk Kembangkan Bisnis

Apakah faktor penting dalam bisnis yang harus Anda perhatikan pertama kali? Jawabannya adalah keuangan. Buka tabungan online yang terpisah adalah langkah awal yang harus dilakukan semua pebisnis. Adanya rekening terpisah ini memudahkan operasional ke depannya.

Sayangnya pebisnis anyaran kerap menyepelekan hal ini, belum lagi jika merasa usahanya masih berskala kecil. Anda yang memiliki usaha sedang berkembang juga harus awas akan hal ini. Apa yang membuat memiliki rekening terpisah ini penting? Apa saja tips untuk bisa memulai atau mengembangkan bisnis?

Alasan Buka Tabungan Online Terpisah Penting dalam Bisnis

Keuangan yang rapi, tercatat dan transparan sangat dibutuhkan agar pengelolaan bisnis lebih mudah. Jika di awal laporan keuangan saja acak-acakan, bagaimana cara Anda bisa mengukur apakah usaha sudah maju?

Anda hanya perlu buka tabungan online khusus untuk bisnis sejak dini, maka segala sesuatu yang berhubungan dengan keuangan akan mudah dikontrol. Inilah yang menjadi alasan memiliki rekening terpisah itu penting.

Ada beberapa alasan yang penting dan perlu diingat, pertama kehadiran rekening bisnis bisa melindungi aset Anda. Rekening terpisah menjadi batas yang sangat jelas, sehingga Anda tidak memakai aset usaha begitu juga sebaliknya.

Pada saat terjadi kejadian tidak terduga, contohnya saat pandemi Corona kemarin maka uang pribadi Anda tidak akan terpakai untuk menutup operasional usaha. Anda bisa menggunakan dana darurat yang sudah disiapkan pada rekening usaha.

Kedua, kredibilitas bisnis meningkat pasalnya konsumen akan percaya dengan nama bisnis Anda tercantum pada rekening. Berbeda jika Anda masih saja menggunakan rekening yang mencantumkan nama pribadi.

Ketiga, jika Anda buka tabungan online saat ingin mengajukan pinjaman jauh lebih mudah. Anda bisa membuat pembukuan keuangan lebih cepat yang akan digunakan sebagai proposal pengajuan pinjaman. Suntikan dana ini pun bisa dipergunakan untuk mengembangkan bisnis lebih cepat.

Keempat, Anda yang ingin mengevaluasi bisnis baik dari segi keuangan, marketing dan bagian apapun akan lebih mudah. Pengambilan keputusan untuk mempertahankan, menghapus, atau memperbaiki strategi bisnis pun bisa lebih tepat berdasarkan laporan keuangan yang jelas.

Tips Memulai dan Mengembangkan Bisnis Anda

Setelah memahami betapa pentingnya buka tabungan online terpisah untuk bisnis, sekarang Anda bisa memulai atau justru mengembangkan bisnis. Ada beberapa tips berikut ini yang bisa Anda ikuti supaya bisnis lebih lancar operasionalnya.

1.     Menentukan Produk yang Unik dan Banyak Dibutuhkan

Kunci sukses dari sebuah bisnis berawal dari produk. Apakah produk yang akan Anda tawarkan? Apakah produknya memiliki demand yang cukup tinggi? Mengetahui mana produk yang tepat membuat Anda harus melakukan riset terlebih dahulu.

Caranya bisa dengan memperhatikan tren atau jenis-jenis consumer goods yang peminatnya tinggi. Carilah produk yang unik, jika produk sama maka Anda harus bisa membuat sesuatu yang berbeda supaya menarik.

Pastikan juga bahwa Anda paham betul dengan produknya. Berbisnis dengan produk yang tidak dipahami, akan membuat Anda kesulitan untuk mengembangkannya. Anda juga bisa melihatnya dari segi hobi yang sedang ditekuni. Misalnya Anda suka memasak, bisa membuka usaha kuliner atau peralatan masak.

2.     Menetapkan Modal dan Anggaran

Anda sudah tahu produk apa yang ingin dijual, sekarang masuk ke area finansial. Inilah untungnya jika Anda sudah buka tabungan online, semua modal untuk usaha bisa langsung ditransfer ke rekening ini. Anda tidak akan kerepotan setelah usaha berjalan.

Persiapan modal tidak harus dimulai dengan meminjam di bank. Anda bisa memanfaatkan modal sendiri dari tabungan agar lebih aman. Kecuali Anda sudah yakin bahwa mampu untuk mencicil dengan benar.

Sambil mempersiapkan modal Anda juga harus membuat anggaran terkait operasional. Jangan sampai anggaran ini melebihi modal yang Anda miliki. Tidak perlu menuntut bisnis harus sempurna sejak awal, karena Anda bisa memulai sambil terus melengkapi kebutuhan.

3.     Menetapkan dan Mengembangkan Strategi Promosi

Hal lain yang penting dalam bisnis adalah promosi. Strategi apa yang akan Anda gunakan dan media apa yang dipilih. Strategi ini kembali lagi akan disesuaikan dengan produk yang Anda miliki. Promosi ini juga harus masuk ke dalam anggaran.

Membuat strategi ini juga harus melihat target konsumen. Misalnya Anda akan berjualan pakaian anak-anak, maka target konsumennya adalah ibu rumah tangga. Maka strateginya dengan memasang iklan di media sosial yang kontennya dapat diakses dengan cepat di jam siang hari saat konsumen membuka akun mereka.

Apabila Anda membuka toko fisik, maka memasang banner di pinggir jalan yang strategis bisa jadi solusi juga. Strategi promosi ini juga harus disesuaikan dengan modal yang Anda persiapkan.

4.     Mengelola Pembukuan dengan Baik

Anda mungkin bukan lulusan jurusan akuntansi atau ekonomi, namun bukan berarti tidak bisa membuat pembukuan bisnis. Owner bisnis wajib tahu bagaimana cara membuat dan membaca pembukuan. Anda bisa mempelajarinya sambil bisnis terus berjalan.

Pembukuan merupakan catatan lengkap dari pengeluaran dan pemasukan setiap harinya. Di sini juga Anda akan mencatat aset serta hutang sehingga rugi untungnya bisnis bisa diketahui lebih cepat.

Buatlah pembukuan yang baik yaitu rapi, mudah dibaca dan transparan. Jika Anda memiliki pegawai, maka carilah yang sudah berpengalaman dan jujur. Pastikan Anda mengecek pembukuan ini secara rutin sehingga tidak ada kesalahan.

5.     Memiliki Rekening Bisnis yang Terpisah

Tips yang tidak bisa dilewatkan adalah pembukaan tabungan online secara terpisah. Baik itu rekening pribadi, bisnis A, B, C dan seterusnya. Apabila Anda memiliki lebih dari satu jenis bisnis maka membedakan rekeningnya sangatlah penting.

Anda tentunya sudah sangat paham setelah mengenali alasan pentingnya memiliki rekening terpisah di atas. Satu lagi yang bisa diperhatikan ketika telah memiliki tabungan terpisah yaitu mempersiapkan dana darurat lebih mudah.

Suatu bisnis akan bertahan lama jika memiliki dana darurat yang bisa digunakan untuk operasional minimal tiga bulan ke depan. Dana darurat ini juga sebaiknya disimpan dalam rekening berbeda sehingga tidak terpakai dalam operasional bisnis.

Bahkan Anda bisa menyimpan dana darurat ini dalam bentuk investasi yang likuid atau sewaktu-waktu bisa dicairkan. Pastikan saja bahwa rekening yang Anda pilih memiliki fitur lengkap baik untuk menabung maupun investasi.

Aplikasi digibank by DBS: Solusi Buka Tabungan Online dengan Mudah

Pembuatan rekening baru untuk bisnis sekarang dipermudah dengan hadirnya Aplikasi digibank by DBS. Mengingat pebisnis memiliki mobilitas tinggi sehingga kebanyakan tidak sempat untuk bertandang langsung ke bank. Sekali Anda menginstal Aplikasi digibank by DBS maka ada sederet keuntungan yang akan diperoleh sebagai berikut:

1.     Tidak Harus ke Bank untuk Membuka Rekening

Selama ini orang hanya memahami bahwa membuka rekening harus dan wajib dilakukan di bank. Datang ke customer service bank, mengambil nomor antrian dan mengisi formulir berlembar-lembar.

Semua itu kini tidak perlu Anda lakukan. Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS Anda akan dibebaskan dari cara konvensional tersebut. Pembukaan tabungan online bisa dilakukan di rumah dengan menginstal Aplikasi digibank by DBS.

Modal untuk membuka rekening hanyalah jaringan internet, smartphone yang sudah menginstal aplikasinya dan waktu tidak sampai 10 menit untuk mengisi data diri. Penawaran kemudahan ini tentu tidak membuat Anda menunda membuka rekening baru lagi bukan?

2.     Tahapan Verifikasi 100% Digital

Tidak sedikit juga yang terjebak iming-iming pembukaan tabungan online namun tetap harus ke bank mengantri untuk verifikasi data. Aplikasi digibank by DBS tidak membuat Anda harus ke bank untuk verifikasi karena semua dilakukan menggunakan sistem face biometric.

Sistem ini memanfaatkan kamera di ponsel Anda, jadi pada saat pendaftaran Anda hanya perlu memotret wajah sesuai dengan tata cara yang disediakan. Pastikan hasil potretnya jelas agar tidak perlu mengulang. Selain itu verifikasi juga hanya membutuhkan e-KTP.

Anda yang sudah mengisi data diri akan melakukan tahapan verifikasi ini sehingga semuanya 100% digital. Tidak ada lagi Anda harus meluangkan waktu pergi ke bank untuk verifikasi ulang.

3.     Tidak Terbebani dengan Biaya Transfer dan Tarik Tunai

Pada saat memilih rekening untuk bisnis, Anda tentu akan mempertimbangkan soal biaya admin. Tingginya jumlah transaksi seperti transfer yang dilakukan setiap bulannya tentu membuat Anda rugi jika biaya admin besar.

Aplikasi digibank by DBS menawarkan keunggulan lainnya yaitu Anda tidak akan dibebankan oleh biaya admin saat transfer ke rekening manapun. Transfer tanpa biaya admin ini bisa Anda dapatkan hanya dengan menjaga agar saldo rata-rata per bulannya adalah 5 juta rupiah. Selain itu Anda juga bisa mengambil uang dari ATM mana saja gratis sebanyak 5 kali transaksi pertama setiap bulannya.

Bersama dengan Aplikasi digibank by DBS Anda akan menerapkan sistem pembukaan rekening branchless, signatureless dan paperless. Segala kemudahan akan Anda dapatkan dan tidak perlu menunda lagi untuk memiliki rekening terpisah untuk bisnis Anda.

Sebagai pemilik usaha Anda tentu ingin melihat bisnis semakin berkembang dan bisa melalui masa apapun, termasuk ketika kondisi perekonomian sedang kritis. Apalagi jika bisnis ini menjadi tumpuan mata pencaharian Anda.

Kondisi finansial harus selalu diatur dengan benar dan tepat, jika Anda ingin mengembangkan usaha. Seperti memiliki cabang yang lebih banyak dan kontrol akan usaha dapat lebih sempurna. Termasuk bagi Anda yang sedang memulai usaha, modal tidak boleh sampai habis sehingga usaha terus berjalan.

Keuangan bisnis Anda akan terbantu pengelolaannya selama sudah buka tabungan online yang terpisah. Disinilah Anda bisa mengandalkan bantuan dari Aplikasi digibank by DBS. Aplikasinya bisa diunduh terlebih dahulu dan mulai mendaftar kemudian membuka rekening baru.

Aplikasi digibank by DBS akan membantu Anda dalam banyak hal, baik itu menabung, transfer, tarik tunai begitu juga dengan investasi. Jika Anda sudah merencanakan untuk mengumpulkan dana darurat untuk bisnis bisa dimulai secara langsung.

Manfaatkan semua fitur-fitur yang sudah disediakan sehingga operasional bisnis jadi lebih lancar. Aplikasinya bisa langsung Anda unduh secara gratis melalui Google Play dan App Store.