obligasi
14 Jun 2023

Bagaimana Cara Mengumpulkan 100 Juta dari Obligasi?

Semua orang pasti ingin mempunyai uang dalam jumlah cukup, tetapi bagaimana caranya? Dengan bekerja saja masih banyak yang tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup, apalagi memiliki dana hingga Rp 100 juta. Namun apabila tahu strategi yang dapat dilakukan, mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan. Salah satu caranya dengan memanfaatkan obligasi.

Obligasi adalah instrumen investasi yang terkenal cuan karena semua investor berpotensi mendapatkan keuntungan. Sebelumnya, produk ini belum terlalu banyak peminatnya, tetapi karena tahu potensinya dalam menghasilkan passive income, kini menjadi salah satu investasi yang banyak dipilih oleh investor pemula maupun profesional.

Hal-hal yang Harus Dilakukan untuk Menghasilkan 100 Juta Pertama

Mimpi orang untuk mempunyai uang dalam jumlah 100 juta akan mudah dicapai apabila mengetahui trik yang bisa dilakukan. Dengan cara ini semua bisa mencapai tujuan keuangan, termasuk mengumpulkan uang maupun hal lainnya dengan mudah. Obligasi sebagai instrumen yang menguntungkan sering dipilih agar bisa mempunyai banyak uang.

Dari berbagai jenis investasi yang ada, obligasi adalah produk yang berpotensi cuan karena investor bisa mendapatkan passive income dari dua cara sekaligus. Pertama dari yield atau kupon yang nominalnya sudah ditentukan sejak awal bertransaksi. Kedua dari capital gain yang besarnya tergantung fluktuasi harga produk asuransi tersebut. Beberapa poin yang perlu dilakukan untuk mendapatkan 100 juta pertama adalah:

1. Catat arus kas

Penghasilan yang tinggi tidak menjamin seseorang bisa mempunyai uang dalam jumlah 100 juta jika pengelolaannya kurang tepat. Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mencatat semua pengeluaran maupun pemasukan atau membuat arus kas.

Cara ini akan memudahkan Anda dalam memantau pengeluaran dan melakukan pengeluaran belanja pada pos yang dianggap terlalu banyak. Anda juga mulai bisa mengurangi pengeluaran dan membelikan produk obligasi yang terkenal bisa memberikan banyak keuntungan.

2. Menentukan target

Berikutnya, Anda perlu membuat target kapan akan mempunyai uang dalam jumlah 100 juta. Hal ini akan menumbuhkan semangat untuk mengelola pengeluaran dan meningkatkan pemasukan. Obligasi adalah instrumen yang tepat untuk memudahkan Anda dalam mencapai target keuangan.

3. Gunakan metode 50/30/20

Banyak metode yang bisa dilakukan dalam mengelola keuangan dengan cara bijaksana. Diantara prinsip yang banyak digunakan adalah penggunaan uang dengan perhitungan 50:30:20. Artinya dari total pendapatan 50% digunakan untuk memenuhi kebutuhan, 30% untuk keinginan dan 20% sebagai tabungan dan investasi

Dengan metode ini Anda akan mudah mengelola pendapatan dan mengembangkannya sehingga mempercepat target mempunyai uang sebanyak 100 juta. Agar bisa berhasil dengan cara ini, perlu konsisten dan disiplin.

4. Buat skala prioritas

Skala prioritas akan membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan yang penting. Ada beberapa pengeluaran yang sifatnya tidak harus sehingga bisa ditunda atau bahkan dihilangkan. Keterampilan dalam memilah pengeluaran ini bisa membantu dalam mengelola pendapatan dengan lebih bijaksana.

5. Lakukan frugal living

Frugal living atau hidup minimalis saat ini menjadi trend di negara barat dan anak muda Indonesia. Dengan hidup minimalis, Anda akan mempunyai jumlah uang yang lebih banyak untuk disimpan sehingga mudah mencapai 100 juta pertama.

Agar semakin berkembang, uang tersebut jangan hanya disimpan, tetapi diinvestasikan. Obligasi adalah instrumen yang tepat sebagai pilihan untuk bisa mempunyai uang 100 juta sesuai rencana.

6. Membeli produk investasi

Investasi merupakan jenis fitur keuangan yang wajib dimiliki semua orang jika ingin hidup sejahtera dan bebas finansial. Produk ini berpotensi menghasilkan passive income, tetapi juga mempunyai potensi kerugian. Jika pandai mengelolanya Anda bisa mendapatkan profit dalam jumlah besar.

7. Cari penghasilan tambahan

Pendapatan utama mungkin belum mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sekaligus mengumpulkan uang hingga sejumlah 100 juta. Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan mencari penghasilan tambahan.

Di era digital sekarang ini banyak pekerjaan sampingan yang cuan dan tidak mengganggu job utama. Manfaatkan waktu dan keterampilan yang bisa mendatangkan uang dan kumpulan hingga Anda mencapai tujuan yang sudah direncanakan.

8. Maksimalkan passive income

Passive income bisa diperoleh dengan cara memaksimalkan aset yang dimiliki. Jika Anda mempunyai properti yang tidak terpakai, bisa menyewakannya. Apabila ada dana lebih bisa menginvestasikannya sehingga dapat menghasilkan keuntungan.

Dengan pengelolaan yang tepat, aset maupun barang yang dimiliki bisa mendatangkan uang secara mudah, bahkan tanpa harus menambah jam kerja. Cara ini sangat rasional untuk bisa memiliki uang sebanyak 100 juta.

Simulasi Investasi Obligasi untuk Mempunyai Uang 100 Juta Pertama

Berapapun pendapatan yang diperoleh setiap bulan, keinginan untuk mempunyai uang sejumlah 100 juta tidak mustahil. Kuncinya dengan mengelola pendapatan tersebut dan membeli produk investasi yang cuan, seperti obligasi. Agar bisa mengkalkulasi cara mencapai jumlah tersebut, perlu mengetahui dana yang disisihkan dan jangka waktunya.

Sebagai contoh saat ini Anda mampu menyisihkan pendapatan setiap bulan sebanyak 2 juta dan keuntungan dari obligasi sebesar 5% maka simulasinya sebagai berikut:

Apabila modal awal yang dimiliki sebanyak 2 juta, maka selama 1 tahun akan terkumpul 24 juta, ditambah dengan bunga 5%, bunga yang diterima adalah 1,2 juta. Di akhir tahun jumlah dana sebesar 25,2 juta.

Di tahun kedua, modal awal 25,2 juta dan setiap bulan ditambah 2 juta atau 24 juta dalam setahun. Di akhir tahun terkumpul sejumlah 49,2 juta. Bunga yang diperoleh 2,46 juta maka total uang di tahun ketiga sebanyak 51,66 juta.

Pada akhir tahun ketiga penambahan 24 juta atau total 71,66 juta. Bunga yang diperoleh 3,58 juta sehingga total uang 75,24 juta. Pada tahun keempat Anda masih menginvestasikan 2 juta per bulan, sehingga akhir tahu nada penambahan sebanyak 24 juta.

Total uang 99,24. Di akhir tahun ini, dana yang terkumpul sudah lebih dari 100 juta karena ada bunga 4,9 juta.  Untuk mempunyai uang 100 juta, Anda membutuhkan waktu kurang dari 4 tahun.

Manfaatkan Obligasi untuk Meraih 100 Juta Pertama

Obligasi merupakan instrumen investasi terpercaya yang cuan dan mempunyai resiko kecil. Anda bisa mencapai uang 100 juta pertama dengan membeli instrumen ini di digibank by DBS. digibank merupakan aplikasi bank online yang menyediakan berbagai jenis layanan keuangan.

Dalam mencapai uang 100 juta, obligasi adalah produk terpercaya yang memudahkan Anda untuk. Dengan menginvestasikan dana di instrumen tersebut dan membelinya di digibank by DBS Anda akan mendapatkan keunggulan berikut ini:

  • Modal untuk membeli produk investasi ringan mulai dari Rp1 juta atau $1000 USD.

  • Ada banyak pilihan produk yang ditawarkan di pasar perdana maupun pasar sekunder.

  • Transaksi bisa berjalan lebih praktis pakai satu aplikasi.

Membeli obligasi di digibank by DBS merupakan Langkah tepat dalam menyusun rencana untuk memiliki uang sejumlah 100 juta dengan mudah dan rasional. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang instrumen ini, bisa cek di sini.