Jerman
14 Jun 2023

Ausbildung, Program Vokasi di Jerman Jadi Incaran Generasi M

Remittance atau layanan transfer ke luar negeri kini semakin dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi bagi mereka yang menjalani pendidikan di luar negeri dan sering melakukan transfer uang antar negara. Kebutuhan transfer dana ke negara asing tersebut dapat terpenuhi dengan mudah jika ada layanan yang tepat dan aman.

Remittance adalah layanan memungkinkan Anda transfer dengan mata uang berbeda. Hal tersebut sangat dibutuhkan saat belajar di luar negeri, termasuk jika Anda ikut program ausbildung. Ini merupakan sebuah program sekolah vokasi yang ada di Jerman. Menariknya lagi, ausbildung ini ternyata menjadi salah satu program belajar yang populer dan digemari oleh generasi milenial.

Peran Remittance dalam Program Ausbildung

Pada dasarnya ausbildung ini merupakan program yang digelar secara gratis. Pemerintah Jerman memberikan kesempatan bagi siapa saja yang ingin menjalani program vokasi ausbildung tanpa perlu membayar. Namun bagaimanapun juga Anda pasti akan membutuhkan biaya lain-lain selama menjalani program vokasi ini.

Peserta program ausbildung tentunya juga tetap butuh biaya hidup selama tinggal di Jerman. Selain itu bisa saja ada biaya akomodasi maupun biaya untuk kebutuhan tidak terduga selama program berlangsung. Itulah mengapa peserta program ini juga tetap membutuhkan suntikan biaya baik itu dari pihak lain maupun dari dirinya sendiri.

Layanan remittance adalah salah satu bentuk kemudahan yang sangat dibutuhkan oleh para peserta ausbildung. Adanya layanan ini mempermudah proses transfer dana dengan valuta asing. Saat peserta ausbildung membutuhkan asupan dana, maka bisa langsung dilakukan transfer melalui layanan tersebut.

Keuntungan Mengikuti Ausbildung

Program belajar ini memiliki konsep yang cukup menarik. Tidak heran jika banyak generasi milenial yang ingin mengikuti program tersebut. Ditambah lagi program pendidikan vokasi ini juga memberikan begitu banyak keuntungan bagi para pelajar yang bergabung. Berikut adalah beberapa keuntungan mengikuti program sekolah vokasi ausbildung di Jerman:

1. Mendapat Tambahan Ilmu dan Pengalaman

Tentunya program ausbildung ini akan memberikan tambahan ilmu dan pengalaman kepada Anda. Melalui program ini, Anda mendapatkan pendidikan vokasi sesuai bidang atau jurusan yang sudah dipilih. Anda akan menjalani program kuliah dengan materi yang pastinya akan sangat bermanfaat di masa depan.

Ilmu yang diperoleh juga tidak main-main tetapi sudah bertaraf internasional. Wawasan akan terbuka lebih lebar karena Anda belajar langsung di negeri orang melalui mentor yang ahli di bidangnya. Anda bisa mendapatkan lebih banyak pengetahuan melalui dosen-dosen yang berpengalaman dan profesional di bidang masing-masing.

Lebih dari itu, Anda juga akan mendapatkan tambahan pengalaman yang pastinya sangat bermanfaat untuk kehidupan ini. Pengalaman tinggal di luar negeri tentu saja sangat berkesan. Banyak hal yang bisa Anda dapatkan selama tinggal di Jerman. Anda akan mempelajari budaya baru sekaligus mengumpulkan pengalaman merantau di negara asing.

2. Menerima Gaji sambil Belajar

Ternyata program ausbildung ini cukup banyak diminati karena tidak hanya hadir dalam bentuk program kuliah. Anda juga akan mendapat kesempatan untuk bekerja di perusahaan. Menariknya lagi Anda tidak hanya bekerja secara sukarela tetapi bekerja dan mendapatkan gaji dari perusahaan tersebut.

Besar nominal gaji yang bisa diterima sangat bervariasi karena setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda-beda. Jadi Anda bisa mencari informasi terlebih dahulu mengenai program ausbildung yang akan diikuti. Cari tahu jurusannya apa lalu cermati lokasi perusahaan yang akan dijadikan tempat Anda bekerja sehingga pertimbangannya lebih matang.

3. Mendapat Kesempatan Praktik di Perusahaan

Selama ikut program ausbildung, Anda akan mendapat kesempatan untuk praktik langsung di perusahaan. Jadi Anda tidak hanya belajar teori tetapi juga mempraktikkan ilmu tersebut secara langsung. Hal ini tentu menjadi sebuah kesempatan besar dan sangat bermanfaat karena Anda bisa mengimplementasikan ilmu yang sudah diperoleh di perusahaan.

Selama praktik bekerja di perusahaan tadi, Anda juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Selain itu Anda akan mendapat lebih banyak pengalaman. Jika nantinya Anda ingin bekerja setelah program ausbildung selesai, maka hal ini bisa jadi pelajaran berharga yang membuat Anda jauh lebih siap.

4. Memiliki Jenjang Karir yang Terbuka Lebar

Sebagai lulusan program vokasi ausbildung di Jerman, Anda bisa memiliki peluang karir yang terbuka lebar. Tidak bisa dipungkiri bahwa belajar di luar negeri adalah sebuah kesempatan besar dan tidak semua orang bisa menjalaninya. Jadi mengikuti program ausbildung di Jerman adalah sebuah pencapaian yang bisa mengangkat value diri Anda di dunia profesional.

Inilah salah satu alasan terkuat yang membuat para millennial memburu program ausbildung. Tidak hanya gratis tapi juga bisa dapat ilmu langsung di lapangan dan peluang karier terbuka semakin lebar. Lebih mudah bagi Anda untuk mencapai karir impian dengan adanya riwayat atau pengalaman pernah ikut program ausbildung.

Jadi rasanya wajar saja jika banyak milenial yang berusaha mencari informasi lebih lengkap tentang program ini. Mereka mempersiapkan diri secara optimal mulai dari persyaratan, kompetensi diri, dan biaya yang dibutuhkan untuk merantau di Jerman. Bahkan layanan remittance adalah salah satunya agar mereka bisa lebih mudah melakukan transfer dana kapan saja dibutuhkan saat program berlangsung.

5. Menambah Relasi di Bidang yang Digeluti

Keuntungan lain yang bisa Anda nikmati jika bergabung dengan program ausbildung adalah bisa mendapatkan lebih banyak relasi. Di dunia profesional, relasi adalah hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Semakin banyak relasi yang bisa Anda dapatkan maka akan semakin bagus dan bisa mendongkrak karir profesional Anda di masa depan.

Saat menjalani program ausbildung, Anda berkesempatan untuk bertemu dengan banyak orang. Tidak hanya teman-teman yang juga mengikuti program tersebut, namun juga dosen-dosen dan atasan di perusahaan tempat Anda praktik. Semua orang yang Anda temui selama program ausbildung berlangsung akan memberikan banyak ilmu dan pengalaman yang bermanfaat bagi Anda.

Ternyata ada begitu banyak keuntungan yang bisa dinikmati dari program ausbildung ini. Jadi bukan hal yang aneh jika generasi milenial berusaha memburu program tersebut. Ini menjadi sebuah kesempatan besar bagi Anda untuk membuka wawasan lebih luas dan mendapatkan pengalaman merantau di negara asing sambil belajar sekaligus bekerja.

Pilihan Jurusan yang Bisa Diambil

Ada banyak sekali pilihan jurusan program ausbildung yang ditawarkan kepada mahasiswa asing. Jika Anda tertarik mengikuti program ini, tentu saja Anda harus mempertimbangkan pilihan jurusannya sebaik mungkin. Berikut adalah beberapa pilihan jurusan yang bisa Anda ambil saat menjalani ausbildung di Jerman:

1. Perhotelan

Kita tahu bahwa jurusan perhotelan memiliki cukup banyak peminat. Prospeknya pun begitu besar apalagi saat ini bidang pariwisata semakin meningkat setelah pandemi dinyatakan usai. Anda bisa mengambil jurusan perhotelan di program ausbildung dan belajar banyak mengenai divisi-divisi di bidang tersebut.

Jika Anda mengambil jurusan ini maka Anda akan menjalani kerja praktik di hotel secara langsung. Program ini bisa jadi pilihan tepat untuk diambil jika Anda pernah menempuh pendidikan di jurusan pariwisata maupun perhotelan.

2. Keperawatan

Jurusan yang satu ini juga sangat populer dijadikan pilihan oleh peserta ausbildung. Bidang keperawatan memang diminati oleh banyak orang, termasuk oleh masyarakat di Indonesia. Di sini Anda bisa belajar banyak mengenai administrasi rumah sakit sekaligus ilmu keperawatan medis dan klinis.

Anda akan mendapat kesempatan untuk bekerja langsung mengaplikasikan ilmu-ilmu tadi di rumah sakit atau klinik. Ada banyak pilihan spesialisasi keperawatan yang bisa diambil. Sangat cocok untuk dijadikan pilihan jika Anda adalah lulusan ilmu keperawatan.

3. Restoran

Jurusan restoran juga banyak diambil dalam program ausbildung. Bidang ini memiliki prospek yang sangat menjanjikan saat ini, sama halnya seperti bidang perhotelan tadi. Apalagi jika Anda bercita-cita memiliki restoran sendiri di masa depan, maka jurusan ini harus Anda ambil. Di sini Anda akan belajar banyak soal manajemen restoran yang menjadi kunci penting dalam pengelolaan bisnis restoran nanti.

4. Mechatroniker

Berikutnya ada jurusan mechatroniker yang jumlah peminatnya juga cukup besar. Ini adalah jurusan yang mempersiapkan peserta program menjadi ahli mekatronika. Di jurusan ini peserta program bisa belajar tentang pengoperasian dan perbaikan mesin secara menyeluruh.

Bidang mekatronika ini memang tidak cukup dipelajari dalam batas teori namun harus dipraktikkan secara langsung. Praktik langsung akan membantu para peserta program memahami ilmu teori secara menyeluruh dan mendalam. Jadi siapkan tenaga ekstra karena Anda pasti akan sangat sibuk di lapangan jika mengambil jurusan ini.

5. Chef atau Koki

Jurusan ausbildung chef atau koki juga tidak kalah peminat. Jurusan ini bahkan sudah menghasilkan banyak chef andal di berbagai negara. Jika Anda memiliki ketertarikan di bidang kuliner dan ingin menjadi seorang chef maka jurusan ini adalah pilihan yang sangat tepat.

Di sini Anda bisa belajar banyak soal dunia kuliner. Anda juga akan mendapat kesempatan bekerja langsung sebagai chef di restoran maupun hotel. Jurusan ini membuka peluang besar bagi Anda untuk meningkatkan skill dan menambah pengalaman sebagai seorang chef profesional.

Manfaatkan Remittance untuk Menjalani Program Ausbildung

Menjalani program sekolah vokasi di Jerman bisa jadi lebih mudah jika kebutuhan biaya tercukupi dengan baik. Selain butuh dana, Anda juga butuh layanan kirim uang ke luar negeri yang praktis dan aman. Layanan remittance adalah solusi yang tepat dan digibank by DBS menyediakannya dengan berbagai keunggulan. Berikut adalah beberapa keunggulan yang ditawarkan:

  • Biaya transfer gratis ke lebih dari 20 negara tujuan dengan 7 mata uang berbeda yakni EUR, AUD, SGD, HKD, USD, GBP, dan CAD.

  • Transfer uang bisa kapan saja 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS.

  • Memberi penawaran FX rate yang sangat kompetitif.

  • Proses transfer cepat bahkan bisa sampai di hari yang sama.

Remittance adalah salah satu layanan yang sangat dibutuhkan jika ingin menjalani program pendidikan di luar negeri. Pasti ada banyak sekali kebutuhan biaya yang harus dipenuhi selama bersekolah di negara asing. Kemudahan transfer dana lewat layanan ini akan sangat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan biaya tersebut.

Jangan ragu untuk menggunakan layanan remittance dari digibank by DBS. Ada banyak kemudahan yang bisa Anda nikmati di sini dan prosesnya pun tidak membutuhkan waktu yang lama. Silakan klik di sini agar Anda bisa mengakses informasi lebih lengkap mengenai layanan tersebut.