Expor
14 Jun 2023

Apa Itu Freight Forwarding dan Manfaatnya untuk Ekspor

Kemudahan kirim uang ke luar negeri sangat dibutuhkan oleh para pebisnis di era digital seperti sekarang. Apalagi untuk pebisnis yang berkecimpung di bidang ekspor. Intensitas transaksi dengan mata uang antar negara di kalangan pebisnis ekspor pastinya cukup tinggi. Salah satunya untuk keperluan membayar jasa freight forwarding.

Apakah Anda sudah pernah mendengar tentang freight forwarding? Ini merupakan sebuah layanan jasa yang bisa melayani proses pengiriman sekaligus penerimaan barang dengan berbagai jenis moda transportasi. Layanan jasa ini sangat dibutuhkan oleh para pelaku bisnis yang melakukan ekspor impor agar barang-barang yang mereka kirim bisa sampai dengan selamat ke alamat tujuan.

Keuntungan Menggunakan Jasa Freight Forwarding

Pada dasarnya proses ekspor itu tidaklah mudah. Apalagi jika pebisnis melakukan pengiriman barang dengan kapasitas yang besar. Banyak sekali pebisnis yang memilih untuk menggunakan jasa freight forwarding dan kirim uang ke luar negeri untuk membayar jasa mereka. Berikut adalah beberapa keuntungan dari pemakaian jasa freight forwarding tersebut:

  1. Mempermudah Proses Impor dan Ekspor

    Sudah pasti jasa freight forwarding ini akan membantu proses impor dan ekspor berjalan lebih mudah. Anda pasti tahu bahwa ada serangkaian proses yang harus dilalui jika ingin mengirimkan barang ke negara lain. Prosesnya tidak semudah dan sesederhana pengiriman barang antar daerah di satu negara.

    Di sinilah jasa freight forwarding berperan. Mereka akan membantu Anda mengirimkan barang-barang ke negara lain dengan cara yang jauh lebih sederhana. Mereka sudah memiliki pengalaman dalam proses ekspor impor jadi prosesnya tinggal diserahkan saja. Anda pun tinggal memantau dan memastikan bahwa barang yang dikirim sampai ke tujuan dengan selamat.

  1. Proses Pengiriman Barang Lebih Efisien

    Bagi seorang pebisnis, proses pengiriman barang ke negara lain bisa jadi memakan terlalu banyak waktu. Belum lagi harus mengikuti prosedur yang tidak singkat dan harus ada syarat-syarat yang dipenuhi. Jauh lebih efisien jika pebisnis menggunakan jasa freight forwarding dalam proses pengiriman tersebut.

    Nantinya jasa freight forwarding yang akan menentukan jenis moda transportasi dan rute yang akan ditempuh. Selain itu jasa ini juga akan mengurus semua kelengkapan dokumen barang-barang sebelum dikirim. Bahkan jasa tersebut juga bisa mengurus klaim asuransi jika terjadi kerusakan barang selama pengiriman. Jadi jauh lebih efisien dibandingkan harus mengurus semua sendiri.

  1. Efektif untuk Mengirim Barang dalam Jumlah Besar

    Anda harus tahu bahwa jasa freight forwarding ini benar-benar efektif untuk pengiriman barang dalam jumlah besar. Jika barang yang dikirim hanya satu atau dua mungkin masih bisa diatur sendiri. Namun bagi pebisnis yang harus mengirim barang dalam jumlah besar, hal ini akan jadi lebih ribet.

    Itulah mengapa pebisnis akan membutuhkan jasa freight forwarding. Mereka memiliki tenaga profesional yang sudah berpengalaman melakukan pengiriman dan penerimaan barang antar negara. Jadi proses ekspor pun lebih mudah karena ada tim yang siap menerima barang di negara tujuan. Anda tinggal kirim uang ke luar negeri untuk membayar jasa mereka.

  1. Meminimalisir Kesalahan Pengiriman

    Jasa freight forwarding memiliki tim yang akan bekerja sesuai job desc masing-masing. Mereka akan mengurus proses impor dan ekspor barang sesuai prosedur yang berlaku. Mereka juga sudah memiliki pengalaman dan terlatih dalam proses impor maupun ekspor. Jadi bisa dikatakan bahwa kesalahan pengiriman barang bisa diminimalkan bahkan tidak ada sama sekali.

    Coba bayangkan jika Anda harus mengirim barang dengan kapasitas besar ke luar negeri dan ini adalah pengalaman pertama bagi Anda. Pasti akan terasa sangat sulit dan bisa jadi ada kesalahan di tengah proses pengiriman tersebut karena Anda tidak punya pengalaman. Lebih baik serahkan saja pada layanan jasa yang sudah profesional dan ahli mengurusi impor maupun ekspor.

  1. Mempercepat Proses Pengiriman Barang

    Jasa freight forwarding juga akan membuat proses pengiriman barang jadi lebih cepat. Bayangkan saja jika Anda harus mengurus semua sendiri, pasti akan memakan waktu yang jauh lebih lama. Lain halnya jika Anda mempercayakan proses tersebut kepada jasa yang sudah berpengalaman.

    Anda mungkin akan mengeluarkan biaya tambahan untuk membayar jasa freight forwarding tersebut. Namun tidak masalah karena proses pengiriman barang jadi lebih efisien dan cepat. Apalagi sekarang biaya kirim uang ke luar negeri juga semakin terjangkau jadi Anda bisa memperhitungkannya baik-baik agar pemakaian jasa freight forwarding tidak memberatkan.

Ciri Jasa Freight Forwarding Terpercaya

Sudah jelas bahwa jasa freight forwarding ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi para pelaku bisnis ekspor. Jika Anda juga tertarik menggunakan jasa ini untuk memperlancar proses pengiriman barang, maka pastikan untuk memilih layanan yang tepat. Berikut ini ciri-ciri jasa freight forwarding yang terpercaya dan bisa diandalkan:

  1. Memiliki Track Record yang Baik

    Tentu saja jasa freight forwarding yang terpercaya pasti memiliki track record yang baik. Perhatikan seperti apa pengalaman mereka dalam melakukan pengiriman barang ke luar negeri. Cari tahu siapa saja klien yang sudah mereka layani dan bagaimana testimoni dari para klien tersebut. Jika perlu Anda juga bisa mengecek website bisnis maupun media sosial mereka.

  1. Memberi Informasi yang jelas

    Pastikan bahwa jasa freight forwarding tadi memberikan informasi yang jelas. Jika Anda kesulitan mencari informasi pengiriman barang dari jasa tersebut, lebih baik beralih ke jasa lain. Selain itu call center dari layanan jasa tersebut juga sebaiknya responsif sehingga lebih mudah dihubungi saat Anda butuh informasi.

  1. Menawarkan Garansi

    Ciri lain dari jasa freight forwarding yang terpercaya adalah bersedia memberi penawaran garansi. Bagaimanapun juga garansi ini bisa menjadi jaminan bagi Anda sehingga lebih nyaman saat memakai jasa mereka. Pelajari seperti apa penawaran garansinya dan pastikan mudah untuk diklaim. Jika sewaktu-waktu ada kerusakan atau kendala maka Anda tidak perlu kebingungan.

  1. Memberi Kemudahan Prosedur

    Sangat disarankan untuk memilih jasa freight forwarding yang memberi kemudahan prosedur. Di zaman sekarang ini kita pasti ingin semua berjalan mudah dan lancar. Jadi carilah jasa freight forwarding yang tidak ribet sehingga proses pengiriman barang bisa lebih mudah dan cepat.

    Anda pasti akan merasa sangat diuntungkan jika bisa bertemu dengan jasa freight forwarding yang tidak ribet ditambah transaksinya juga mudah. Jadi selain mencari jasa freight forwarding yang pelayanannya simple, Anda juga perlu menemukan layanan transfer uang yang praktis sehingga transaksi lebih mudah. Pastikan biaya kirim uang ke luar negeri untuk membayar jasa tersebut juga terjangkau.

  1. Memberikan Penawaran Harga Terbaik

    Biaya jasa menjadi salah satu pertimbangan utama saat Anda mencari jasa freight forwarding. Pastikan bahwa mereka bisa memberi penawaran harga terbaik kepada Anda. Cari tahu informasi harga atau biaya yang mereka tawarkan dan sesuaikan dengan bujet atau anggaran bisnis Anda.

    Selain itu tanyakan juga sistem transaksi yang diterima oleh jasa freight forwarding tersebut. Jika Anda bekerja sama dengan jasa freight forwarding di luar negeri maka secara otomatis Anda harus melakukan transfer dalam bentuk valuta asing. Oleh sebab itu Anda juga harus mencari layanan transfer valuta asing yang terpercaya dengan biaya kirim uang ke luar negeri terjangkau.

Mekanisme Pengiriman Barang Melalui Freight Forwarding

Mari cari tahu lebih jauh mengenai peran jasa freight forwarding dalam mengirimkan barang ke luar negeri. Jika Anda ingin mengirim barang, maka Anda dapat langsung menghubungi jasa freight forwarding sesuai tujuan negara. Setelah itu pihak freight forwarding akan melakukan pendataan barang-barang apa saja yang akan dikirim dan memilih moda transportasi yang paling tepat.

Selain memilih moda transportasi pengiriman, jasa freight forwarding juga akan menentukan rute terbaik sehingga barang bisa sampai lebih cepat. Kemudian tim mereka akan melakukan pengurusan dokumen sesuai tujuan pengiriman barang apakah impor atau ekspor. Semua jenis dokumen penting terkait izin bea cukai, bill of lading, dan lain-lain akan diurus oleh tim dari jasa freight forwarding.

Pihak jasa freight forwarding juga akan mengurus asuransi untuk pengiriman barang sehingga klien bisa melakukan klaim jika terjadi kerusakan dan kehilangan. Jika barang sudah mulai dikirim maka tim mereka juga akan melakukan monitoring untuk memastikan barang melalui rute yang tepat. Monitoring akan terus dilakukan sampai barang tiba di tempat tujuan.

Di negara tujuan tadi, ada tim dari jasa freight forwarding yang akan menerima barang. Selanjutnya barang-barang tersebut akan disimpan di warehouse sebelum akhirnya didistribusikan. Prosesnya dijamin aman karena tim dari jasa freight forwarding akan terus mengontrol dan siap membantu klaim asuransi jika terjadi sesuatu.

Sebagai klien yang menggunakan layanan jasa freight forwarding, Anda harus membayar biaya jasa mereka. Pembayaran biaya jasa ini perlu dilakukan dengan mata uang yang mereka gunakan di negara tujuan. Anda bisa memilih layanan transfer uang ke luar negeri yang aman dan terpercaya. Pastikan juga biaya kirim uang ke luar negeri di layanan tadi terjangkau sehingga tidak memberatkan.

Transfer untuk Biaya Freight Forwarding Pakai Remittance

Anda pasti membutuhkan layanan kirim uang ke luar negeri jika berkecimpung di bidang ekspor. Apalagi jika Anda menggunakan jasa freight forwarding. Tenang saja, proses pengiriman uang ke luar negeri bisa berjalan lebih mudah dan aman di zaman sekarang. Apalagi jika Anda memilih layanan remittance dari digibank by DBS yang menawarkan kelebihan sebagai berikut:

  • Bisa transfer kapanpun 24/7 melalui Aplikasi digibank by DBS.

  • Bebas biaya kirim dana ke lebih dari 20 negara dengan 7 mata uang yakni EUR, SGD, HKD, USD, AUD, CAD, dan GBP.

  • Memiliki FX rate yang sangat kompetitif.

  • Transfer dana cepat bisa sampai di hari yang sama.

Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin transfer dana ke luar negeri. Layanan digibank by DBS ini bisa diakses kapan saja dan prosesnya tidak butuh waktu lama. Biaya kirim uang ke luar negeri juga bisa jadi lebih hemat. Sangat cocok untuk diandalkan oleh Anda yang mengelola bisnis ekspor dan sering melakukan transfer dana ke berbagai negara.

Layanan remittance dari digibank by DBS juga terjamin aman sehingga Anda bisa merasa lebih nyaman untuk mengirim dana.  Kirim uang ke luar negeri juga jadi jauh lebih simple apalagi bagi Anda yang menjalankan bisnis ekspor dan butuh layanan transfer yang cekatan. Jadi tidak perlu berpikir lama, klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.