10 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Investasi Obligasi
20 Dec 2021

10 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Investasi Obligasi

Investasi dalam bentuk obligasi menjadi salah satu pilihan langkah tepat untuk mendapatkan banyak keuntungan atau return. Namun sayangnya masih banyak yang tidak mengenal metode investasi satu ini. Padahal jika tidak mengenal dengan baik jenis investasi yang akan dilakukan maka akan sulit untuk mendapatkan return yang optimal. Oleh sebab itu mari kenali metode investasi ini lebih dalam lagi.

Jenis investasi yang satu ini menggunakan aset berupa surat utang jangka menengah dan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan. Tujuan dari jenis investasi ini adalah untuk melakukan diversifikasi juga meningkatkan pertumbuhan nilai investasi agar relatif stabil. Dibandingkan saham jenis investasi ini memang relatif lebih aman dan stabil.

 

Hal yang Harus Diperhatikan

Sebelum memulai langkah investasi, sudah pasti kamu harus memiliki pertimbangan khusus. Ini dilakukan agar kamu tidak salah langkah dan bisa mendapatkan return yang optimal dari pilihan investasi tersebut. Berikut ini akan dibahas 10 hal yang penting untuk diperhatikan ketika kamu akan memulai investasi dalam bentuk obligasi.

  • Tujuan Investasi
    Pertama, perhatikan dulu tujuan investasi yang kamu miliki. Ini merupakan poin dasar yang harus kamu perhatikan saat memulai investasi dalam bentuk instrumen apapun. Setiap orang punya tujuan investasi yang berbeda dan untuk mencapai tujuan tersebut maka dibutuhkan pilihan instrumen yang berbeda pula. Jadi ketahui secara pasti apa tujuan investasi yang akan dicapai.
  • Profil Risiko
    Poin berikutnya yang wajib dipertimbangkan adalah profil risiko. Kamu harus memahami profil risiko yang kamu miliki. Apakah kamu termasuk sebagai risk taker atau kamu merupakan investor yang tidak berani mengambil risiko besar. Perlu diketahui bahwa instrumen investasi yang satu ini memiliki risiko yang cukup besar meskipun memang tidak sebesar investasi saham.
  • Jenis Aset yang Digunakan
    Percuma saja memiliki instrumen investasi tapi tidak paham pada aset yang digunakan dalam instrumen tersebut. Aset yang digunakan dalam jenis investasi ini adalah surat utang. Artinya kamu akan meminjamkan uang kepada perusahaan yang menerbitkan surat utang tersebut. Hal ini perlu dipahami agar kamu tahu aset apa yang memberikan uang atau return kepada kamu dari modal yang sudah kamu keluarkan sebelumnya.
  • Sumber Pendapatan
    Selain aset, kamu juga harus mempertimbangkan sumber pendapatan dari instrumen investasi ini. Artinya kamu perlu mencari tahu dari mana hasil uang yang akan kamu peroleh nantinya. Untuk jenis investasi obligasi ini, kamu akan mendapatkan reguler kupon atau pendapatan tetap dari surat utang yang sudah dikeluarkan. Kemudian kamu juga akan mendapat kembali modal pokok setelah waktu jatuh tempo tiba.
  • Fitur yang Ditawarkan
    Ternyata instrumen investasi yang satu ini memiliki beberapa jenis penawaran fitur yang menarik dan tentunya harus kamu pahami terlebih dahulu agar tidak salah mengambil langkah investasi. Beberapa produk obligasi diketahui memiliki sifat callable dimana emiten atau penerbit bisa membeli kembali surat utang dan membayar pokok pinjaman kepada investor sebelum jatuh tempo.
    Namun ada juga beberapa jenis yang menawarkan fitur step-up. Artinya, tingkat kupon yang dimiliki oleh investor akan terus meningkat di tanggal yang sudah ditentukan atau disepakati bersama. Dengan begitu nilai keuntungan yang diperoleh investor juga pasti akan lebih banyak dan memuaskan.
  • Pihak Penerbit
    Penting juga bagi kamu untuk mempertimbangkan tentang penerbit atau emiten surat utang yang akan digunakan sebagai aset investasi. Cobalah untuk menggali informasi mengenai penerbit surat utang tersebut. Banyak kejadian dimana investor tidak bisa mendapatkan kembali uang yang tertera pada surat utang karena mereka tidak cermat memilih penerbit atau emiten.
    Agar bisa menemukan penerbit atau emiten yang tepat dan bisa dipercaya, coba cek dulu di Pefindo atau Pemeringat Efek Indonesia. Kamu bisa mengunjungi website mereka di www.pefindo.com. Dari sini bisa diketahui mana penerbit yang punya potensi bagus dan tidak akan mengalami gagal bayar. Jangan sampai kamu salah pilih dan berakibat pada kerugian besar, yang paling parah kamu tidak bisa mendapat uang modalmu kembali.
  • Klaim Aset
    Jika ada kemungkinan terburuk emiten mengalami gagal bayar maka kamu harus tahu seperti apa metode klaim aset yang diberlakukan. Misalnya, jika penerbit obligasi mengalami bangkrut dan gagal bayar maka hak menerima penjualan aset akan diprioritaskan untuk pemegang surat utang atau investor. Dengan memahami hal ini maka kamu bisa menentukan apakah memang kamu tetap mendapatkan keuntungan atau tidak saat terjadi gagal bayar.
  • Tingkat Bunga
    Jelas sekali bahwa kamu harus memperhitungkan nilai bunga ketika akan melakukan investasi dalam bentuk surat utang ini. Pastikan bahwa besar bunga yang diberlakukan dalam metode investasi ini cukup besar dan menguntungkan. Kamu juga harus membuat simulasi perhitungan agar bisa tahu apakah nilai bunga yang ditawarkan memang sudah sesuai atau setimpal atau belum.
  • Waktu Jatuh Tempo
    Berikutnya jangan lupa untuk mempertimbangkan waktu jatuh tempo surat utang yang diterbitkan tadi. Ini akan berpengaruh pada pencapaian tujuan investasi yang kamu harapkan. Pastikan bahwa waktu jatuh temponya sesuai dengan tujuan investasimu sehingga tidak akan terasa merugikan.
    Perlu diketahui bahwa setiap emiten akan memberikan waktu jatuh tempo yang berbeda-beda. Ada yang memasang durasi waktu 1 tahun bahkan ada juga yang 5 tahun. Semakin singkat waktu jatuh temponya maka akan semakin mudah untuk diprediksi risiko yang akan ditanggung. Jika waktu jatuh temponya lebih lama maka risikonya akan lebih besar tetapi jumlah keuntungannya juga jauh lebih besar.
  • Wali Amanat 
    Calon investor juga harus mempertimbangkan wali amanat atau trustee. Dalam dunia investasi obligasi, wali amanat ini akan mewakili kepentingan investor. Tugas mereka adalah melindungi kepentingan investor agar bisa terhindar dari kerugian. Jadi pastikan bahwa wali amanat atau trustee yang terlibat memang benar-benar bisa memberikan perlindungan yang optimal.

 

Keuntungan

Melalui sebuah pertimbangan yang matang, kamu bisa mengambil langkah investasi yang benar-benar menguntungkan. Ini menjadi prinsip penting yang harus kamu pegang saat akan melakukan investasi agar tidak menanggung kerugian besar. Agar semakin yakin, berikut ini adalah beberapa keuntungan obligasi yang penting untuk kamu pahami:

  • Dapat Bunga secara Teratur
    Kamu akan menerima bunga dalam bentuk kupon secara teratur setelah menginvestasikan uang dalam bentuk obligasi. Tentunya ini akan menjadi keuntungan yang sangat memuaskan untuk dirimu sebagai investor. Semakin panjang jangka waktu jatuh tempo dari surat utang yang kamu miliki maka akan semakin besar pula nilai kupon yang akan kamu dapatkan.
    Menariknya lagi penawaran bunga ini bisa dalam jumlah yang besar. Selain itu pemberian bunga juga bersifat periodik sehingga dapat kamu terima secara teratur. Ada yang diberikan setiap bulan, per 3 bulan, dan lain sebagainya. Tinggal dibuat perhitungan saja dan dipilih sesuai dengan kebutuhan.
  • Ada Untung Capital Gain
    Keuntungan obligasi lainnya adalah bisa mendapatkan capital gain sebagai sumber keuntungan. Ini merupakan jenis keuntungan yang diperoleh dari hasil selisih harga jual dengan harga beli dari perdagangan surat utang. Surat utang ini memang bisa diperjualbelikan sehingga akan memberi kamu keuntungan yang lebih besar.
  • Bisa Jadi Tabungan Jangka Panjang
    Instrumen investasi yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tabungan jangka panjang. Bagi kamu yang ingin mencapai tujuan investasi jangka panjang, maka instrumen ini akan menjadi sebuah pilihan yang tepat. Waktu jatuh tempo surat utang ini bisa dibuat lebih dari 5 tahun.
  • Terjamin Aman
    Jenis investasi ini juga sudah terjamin aman. Kamu tidak perlu meragukan keamanannya selama kamu memilih penerbit atau emiten yang tepat. Jauh lebih disarankan untuk memilih jenis surat utang pemerintah karena dinilai lebih menjanjikan dan dari segi keamanan juga lebih bisa dipercaya. Pemerintah akan menjamin secara langsung pengembalian dana 100% ketika jatuh tempo.
  • Risiko Cenderung Rendah
    Investasi dalam bentuk surat utang ini memiliki risiko yang cenderung rendah. Meskipun memang tetap ada risiko yang harus ditanggung namun relatif lebih rendah dibandingkan bentuk investasi saham. Nilai saham sangat fluktuatif sehingga lebih berisiko dan para low risk taker bisa dialihkan untuk mengambil investasi dalam bentuk surat utang saja.

 

Investasi Mudah bersama digibank by DBS

Semakin tertarik untuk mengalokasikan uangmu di instrumen investasi ini? Memang benar jika instrumen ini akan menjadi sebuah pilihan yang tepat. Apalagi jika kamu melakukan investasi bersama digibank by DBS. Ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh produk investasi obligasi dari digibank by DBS. Berikut adalah beberapa kelebihan tersebut:

  • Ada Cash Reward
    Layanan digibank by DBS akan memberikan cash reward bagi kamu yang melakukan investasi. Tentunya cash reward ini akan menjadi keuntungan tersendiri dan bisa dialokasikan untuk bentuk investasi lainnya. Nilai cash reward dari digibank by DBS bisa sampai Rp1 juta dan diberikan secara cuma-cuma.
  • Imbal Hasil Tinggi
    Kamu bisa mendapatkan keuntungan obligasi yang optimal bersama digibank by DBS. Nilai imbal hasil yang ditawarkan oleh layanan ini cukup tinggi. Nilainya mencapai 4,80% sehingga kamu bisa mendapat profit yang lumayan besar.
  • Pembelian Modal Terjangkau
    Bersama digibank by DBS kamu bisa memulai langkah investasi di bidang instrumen surat utang ini dengan mudah. Kamu tidak butuh modal besar agar bisa membeli instrumen investasi yang satu ini. Modalnya terjangkau mulai dari Rp1 juta saja kamu sudah bisa memulai investasi.
  • Keuntungan Terjadwal
    Layanan digibank by DBS akan memastikan kamu mendapatkan keuntungan yang terjadwal diterima setiap bulan. Ini tentu akan menjadi sebuah keuntungan yang sangat memuaskan untukmu sebagai investor. Kamu bisa menikmati keuntungan investasi secara terjadwal sehingga bisa menjadi pendapatan tetap.
  • Ada Aplikasinya
    Investasi bersama digibank by DBS memang sangat praktis dan mudah. Sudah tersedia aplikasi digibank by DBS yang akan membantu kamu untuk melakukan pembelian. Kamu bisa mendaftarkan SID terlebih dahulu lalu membeli investasi dan mengelolanya dalam satu jenis aplikasi mobile.
    Mulailah langkah investasimu sekarang juga bersama digibank by DBS. Investasi obligasi akan lebih mudah untuk dilakukan dan tentunya menghasilkan keuntungan yang lebih besar. Layanan digibank by DBS juga sudah terjamin aman karena terdaftar OJK. Tak perlu ragu untuk memulai sekarang juga karena semakin awal kamu mulai investasi maka akan semakin besar juga peluang untung yang akan kamu nikmati.

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS