Strategi Kelola Keuangan 2024 Perbanyak Menabung & Investasi
01 Jan 2024

Strategi Kelola Keuangan 2024 Perbanyak Menabung & Investasi

Tabungan dan Investasi menjadi hal penting yang harus kamu persiapkan di tahun 2024. Apalagi jika kamu punya target untuk memperbaiki stabilitas finansial dan mengamankan masa depan sekaligus meningkatkan nilai asetmu agar terus bertambah.

Yuk Mulai Kelola Keuangan agar Bisa Menabung dan Berinvestasi

Kunci penting agar kamu bisa terus menabung dan meningkatkan aset investasi adalah pengelolaan keuangan yang tepat. Berikut ini hal-hal yang bisa kamu terapkan agar pengelolaan keuangan lebih cerdik, sehingga kamu punya lebih banyak dana untuk menabung dan berinvestasi.

● Minimalkan Pengeluaran Konsumtif

Pertama-tama cobalah perbaiki pola pengeluaranmu yang sifatnya konsumtif. Pengeluaran konsumtif hanya akan membuat kamu jadi semakin boros apalagi jika sebenarnya pengeluaran tersebut tidak sesuai dengan kebutuhanmu. Coba buat daftar kira-kira pengeluaran mana saja yang bisa kamu pangkas tahun ini?

Pisahkan mana pengeluaran konsumtif yang tidak terlalu penting dan mana pengeluaran yang masih perlu dilakukan. Jika kamu bisa meminimalkan pengeluaran konsumtif, maka dananya bisa mulai kamu alokasikan untuk menabung dan berinvestasi.

● Alokasikan Dana ke Beberapa Tabungan

Meningkatkan nilai tabungan bisa kamu lakukan dengan mengalokasikan dana ke beberapa jenis rekening. Strategi ini terbilang efektif untuk diterapkan karena kamu jadi punya beberapa pos saat menabung. Kamu bisa coba pakai Dompet Maxi yang bisa membantu kamu membuat alokasi tabungan dan bujet lebih rapih ke 20 dompet yang bisa kamu personalisasi, misalnya dompet untuk travelling, pendidikan, kebutuhan skin care, hingga renovasi rumah.

Cara ini mungkin terkesan sederhana namun ternyata cukup efektif untuk meningkatkan nilai dana yang tersimpan. Selain itu kamu juga bisa lebih on-track atas jumlah tabungan di masing-masing dompet untuk tujuan berbeda.

● Siapkan Dana Darurat secara Terpisah

Dana darurat harus menjadi prioritas karena bagaimanapun juga kita harus selalu siap dengan segala kemungkinan. Namun yang terpenting, pahami perbedaan fungsi tabungan dan dana darurat.

Uang yang kamu tabung akan kamu simpan untuk mencapai tujuan tertentu. Sementara dana darurat adalah dana khusus yang hanya akan dipakai dalam situasi darurat. Keduanya berbeda, jadi jangan disimpan di satu tempat yang sama.

Jika sebelumnya kamu menyimpan dana darurat dengan cara menabung di satu rekening yang sama, yuk mulai dari sekarang coba untuk pisahkan. Karena jika kamu membuatnya jadi satu maka akan lebih sulit untuk memisahkan kebutuhanmu dan meningkatkan nilai asetmu di masa depan.

● Kelola Utang dengan Bijak

Peluang untuk berutang di zaman modern seperti sekarang sangatlah besar. Ada banyak jenis produk pinjaman yang ditawarkan oleh pihak bank. Bahkan syarat pengajuan pinjaman dan prosesnya pun semakin mudah.

Pinjaman atau utang bisa jadi alat untuk mengelola cashflow dan mendongkrak finansialmu di masa depan jika dimanfaatkan dengan baik dan bijak. Ketahui jumlah utang yang sanggup untuk kamu ambil dan cicil beserta jangka waktunya. Selain itu pastikan pelunasannya berjalan lancar agar credit scoring kamu tetap bagus.

● Jadikan Investasi sebagai Prioritas

Di tahun 2024 ini, tim Group Research DBS memproyeksikan adanya pertumbuhan ekonomi rata-rata sebesar 5%. Hal ini berkaitan erat dengan berakhirnya era suku bunga tinggi, stabilnya pertumbuhan ekonomi, dan momentum ekonomi pasca pemilu sehingga menjadi sentimen positif untuk pasar modal Indonesia.

Tentu momen ini menjadi kesempatan yang sangat baik untuk mulai menambah asetmu dalam berinvestasi. Pastikan kamu memilih instrumen yang tepat dan terus konsisten agar tujuan finansial di masa depan bisa tercapai.

Ada 120+ pilihan produk Investasi di Aplikasi digibank. Untuk memudahkanmu mendapatkan rekomendasi sesuai tujuan keuangan, kamu bisa cobain fitur Goal-culator. Kamu akan mendapatkan rekomendasi produk investasi dari besaran nilai investasi dan jangka waktu yang kamu butuhkan sesuai tujuan keuanganmu.

Kalau mau tanya-tanya lebih banyak tentang rencana keuangan dan investasi supaya lebih cuan, jangan ragu untuk tanyakan ke digibank Advisor.

● Tingkatkan Sumber Penghasilan

Siapa yang gak mau penghasilannya bertambah? Apalagi dengan penghasilan yang bertambah, semakin banyak pula nilai tabungan yang bisa kamu kumpulkan. Untuk menambah penghasilan ini ada banyak peluang yang bisa kamu ambil, misanya mencari pekerjaan tambahan melalui bisnis sampingan atau freelance sesuai keahlianmu. Di era digital seperti saat ini banyak platform yang bisa kamu manfaatkan, seperti menjadi content creator atau reviewer di media sosial.

Memperoleh penghasilan tambahan gak selalu datang dari pekerjaan tambahan. Uang yang kamu investasikan pun juga bisa ‘bekerja’ buat kamu, artinya nilai keuntungan dari hasil investasi yang kamu terima pun bisa menjadi penghasilan tambahanmu lho, yang bisa kamu tabung atau investasikan kembali.

● Lakukan Evaluasi Keuangan

Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi keuangan secara berkala. Hal ini sangat penting untuk dilakukan bahkan dalam lingkup keuangan pribadi sekalipun. Bagaimanapun juga kamu perlu mengevaluasi apakah pemakaian dana dan strategi yang kamu implementasikan sudah cukup efektif atau belum.

Melalui evaluasi keuangan ini kamu bisa mengetahui apakah cash flow kamu sudah terjaga?. Kamu juga bisa tahu apakah alokasi dana untuk menabung dan berinvestasi sudah meningkat atau masih belum bergerak. Jika target menabung dan berinvestasi masih kurang maka kamu bisa segera melakukan perbaikan.

Demi mencapai resolusi keuangan 2024 agar bisa meningkatkan menabung maupun berinvestasi, kamu bisa memanfaatkan 1 Aplikasi  digibank by DBS. Ada produk Tabungan Maxi dengan bunga 3% per tahun yang bisa kamu manfaatkan untuk menabung dan alokasi tabungan ke 20 Dompet Maxi. Selain itu juga terdapat pilihan deposito dengan bunga 5% per tahun, yang tenornya bisa kamu pilih mulai dari 1 hingga 12 bulan, dan 120+ pilihan produk Investasi mulai dari Reksa Dana hingga Obligasi.

Proses pembukaan rekening digibank by DBS pun mudah, karena 100% prosesnya digital dan verifikasi fitur face biometric cukup selfie pakai e-KTP, yang bisa dilakukan dari smartphone yang biasa kamu pakai.

Tunggu apa lagi? Buka rekening tabungan di digibank by DBS sekarang. Manfaatin berbagai fitur untuk mencapai resolusi keuangan 2024 versi kamu! Klik di sini jika kamu ingin mengakses informasi lebih lengkap.