pengajuan kartu kredit
28 Oct 2022

No Worry! Kartu Kredit Tidak Disalahgunakan dengan Cara Ini

Sekalipun kartu kredit online memberikan banyak kemudahan untuk berbagai kalangan saat melakukan berbagai transaksi. Namun, tingginya aktivitas penggunaan kartu kredit digital menjadi peluang bagi banyak pelaku penipuan. 

Beberapa jenis kasus yang ditemukan di antaranya seperti skimming, phising, penipuan lewat pinjaman untuk kartu kredit dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, pengguna kartu kredit wajib untuk lebih waspada saat menggunakan kartu kredit fisik maupun jenis yang digital yang dimilikinya.

Cara Menghindari Kartu Kredit Disalahgunakan

Untuk menghindari penyalahgunaan kartu kredit dari oknum yang tidak bertanggung jawab, cobalah mengikuti tips-tips berikut.

  • Gunakan Jaringan Internet Pribadi

Saat ingin bertransaksi menggunakan kartu kredit, pastikan untuk memakai jaringan internet pribadi. Kamu bisa membawa modem atau memanfaatkan tethering pribadi dan jangan sampai menggunakan internet umum.

Pemilik kartu kredit sangat tidak disarankan untuk memanfaatkan jaringan wifi umum saat bertransaksi. Hal ini bisa memicu peretasan atau pencurian data karena jaringan tersebut bisa diakses oleh siapapun.

  • Rutin Ganti Password dan Gunakan yang Susah Ditebak

Tips selanjutnya yang wajib kamu lakukan adalah dengan rutin mengganti kata sandi. Jangan lupa untuk memasukkan kata sandi yang rumit sehingga sulit untuk ditebak. Pihak perbankan menyarankan untuk mengganti kata sandi setiap tiga bulan atau enam bulan sekali.

Jika kata sandi yang diminta berupa angka, pastikan untuk tidak memasukkan tanggal lahir. Sedangkan jika huruf, masukkanlah kalimat yang jarang dipakai seperti belibajuditoko.

  • Gunakan Kartu Kredit dengan PIN dan Chip

Kartu kredit umumnya juga didesain menggunakan 6 digit PIN untuk menjaga keamanan transaksi setiap nasabah. Kehadiran PIN juga untuk menghindari risiko penyalahgunaan kartu kredit seperti skimming. Untuk keamanan yang lebih maksimal lagi, jangan lupa untuk mengganti PIN secara rutin.

Tak hanya PIN, kamu juga sebaiknya mengganti kartu kredit yang sudah mengaplikasikan teknologi chip. Sama halnya dengan PIN, chip juga berperan penting dalam menjaga sistem keamanan transaksi nasabah.

Chip ini akan memproduksi kode setiap kali pengguna menggunakannya untuk bertransaksi. Kode yang diproduksi pun akan selalu berbeda untuk setiap jenis transaksi sehingga aman dan tidak gampang ditiru.

  • Rahasiakan Nomor Kartu Kredit dan CVV

Selain jeli untuk memilih berbagai promo kartu kredit yang banyak ditawarkan, kamu juga perlu menjaga kerahasiaan nomor kartu kredit dan nomor Card Verification Value atau CVV. CVV ini umumnya terdapat dibalik kartu kredit dan terdiri atas tiga angka. CVV bisa ditemukan pada jenis kartu kredit seperti VISA dan MasterCard.

Adapun nomor kartu kredit merupakan beberapa digit angka yang menjadi identitas kartu yang berjumlah 16 angka. Baik nomor kartu kredit maupun CVV akan selalu dibutuhkan untuk keperluan transaksi. Oleh sebab itu, tetaplah menjaga kerahasian keduanya.

Jangan sekali-sekali menggunakan kartu kredit untuk berbelanja pada situs yang tidak terpercaya. Tak hanya itu saja, kamu juga tidak perlu membagikan nomor kartu kredit dan CVV kepada orang lain, baik itu kepada teman maupun keluarga terdekat.

  • Rutin Cek transaksi Kartu Kredit

Pastikan untuk terus memantau saldo di dalam kartu kredit yang kamu punya. Jika terdapat perubahan saldo yang signifikan ataupun munculnya transaksi yang mencurigakan, segeralah melaporkannya pada bank penerbit kartu kredit.

Jangan ragu untuk langsung melapor kepada pihak berwajib sesegera mungkin saat mengalami kerugian. Untuk menghindari risiko seperti ini, tetaplah waspada dan berhati-hati dalam melakukan berbagai jenis transaksi.

Langkah Sigap Saat Menemukan Transaksi Aneh Pada Kartu Kredit

Jika kamu menemukan berbagai jenis transaksi aneh pada kartu kredit yang digunakan, segeralah lakukan beberapa langkah berikut.

  • Hubungi Pihak Penerbit Kartu Kredit

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan saat mendapati tagihan aneh pada kartu kredit adalah dengan menghubungi pihak penerbit kartu kredit. Tetaplah tenang saat menghubungi customer service bank penerbit kartu kredit yang kamu gunakan.

Sampaikan kejadian yang kamu alami secara runut tanpa panik. Mintalah pihak penerbit kartu kredit untuk segera melakukan pemblokiran agar saldo yang tersisa tetap aman serta tak ada lagi transaksi aneh lainnya yang dapat merugikanmu.

  • Sanggah Transaksi

Selain melapor kepada kepada pihak customer service, kamu bisa sanggah transaksi yang tidak kamu lakukan. Bahkan kamu bisa lakukan sanggah transaksi dengan sangat mudah melalui aplikasi.

  • Minta Kartu Kredit Pengganti

Setelah kamu melakukan sanggah transaksi, pihak bank akan segera menindak lanjuti indikasi terjadinya penyalahgunaan kartu kredit tersebut. Selama proses penyidikan yang melibatkan pihak kepolisian dan pihak perbankan ada baiknya kamu juga mengajukan penggantian dari kartu kredit fisik ke kartu yang baru.

Saat mendapatkan kartu kredit baru, pastikan untuk menggunakannya secara lebih hati-hati lagi. Jaga kerahasiaan PIN serta rutinlah mengganti kata sandi. Pilihlah kata sandi yang menggunakan kombinasi unik dan beda sehingga kartu kredit kamu tidak gampang disalahgunakan.

  • Buat Laporan Polisi

Selain berurusan dengan pihak penerbit kartu kredit, kamu juga perlu membuat laporan kepada pihak berwajib atau pada kepolisian terdekat. Hal ini perlu kamu lakukan untuk melengkapi surat sanggahan yang telah kamu ajukan kepada pihak penerbit kartu kredit.

Transaksi Lebih Aman dan Praktis Bersama Kartu Kredit Online digibank by DBS

Sebagai kartu kredit digital pertama di tanah air, Kartu Kredit Digital digibank terus melakukan beragam inovasi kepada setiap penggunanya. Adapun beberapa kemudahan yang bisa kamu dapatkan jika mengajukan kartu kredit digital bersama digibank by DBS adalah sebagai berikut.

  • Approval 60 Detik

Proses pengajuan kartu kredit hanya memerlukan waktu selama 60 detik saja.

  • Bisa Langsung Digunakan

Jika verifikasi sudah berhasil, pengguna kartu akan mendapatkan dua jenis kartu kredit:

  1. Kartu Kredit Digital yang bisa langsung digunakan
  2. Kartu Kredit Fisik dengan nomor yang berbeda akan diterima selambat-lambatnya 14 hari kerja.
  • Stay in Control

Kamu bisa mengontrol limit belanja transaksi dengan mengatur pengeluaran lewat Aplikasi digibank by DBS.

  • Pay Your Way

Kamu juga bisa mengubah cicilan sesuka hati bahkan hingga 60 bulan anytime, anywhere melalui Aplikasi digibank by DBS. Jangan lupa untuk mengaktivasi Kartu Kredit Fisik yang dimiliki.

  • Atur dan Monitor 24/7

Segala jenis transaksi berupa aktivasi Kartu Kredit Fisik digibank, pembuatan PIN, informasi transaksi dan penukaran Poin Rewards bisa dilakukan 24/7 lewat Aplikasi digibank by DBS.

  • Gratis Iuran Tahun Pertama

Kamu perlu melakukan minimum pembelanjaan sebesar 1 juta dalam 60 hari pertama sejak kartu disetujui.

  • Cashback hingga Rp250 ribu

Segera ajukan kartu kredit bersama digibank by DBS sekarang juga dan dapatkan cashback hingga Rp250 ribu.

Kamu bisa mendapatkan cashback sebesar 50 ribu saat melakukan aktivasi kartu kredit fisik dan cashback berupa e-voucher senilai 200 ribu untuk belanja di e-commerce favoritmu.

Untuk menghindari kasus penyalahgunaan kartu kredit online yang kian marak terjadi maka pastikan untuk memilih kartu kredit yang tepat, salah satunya ialah dengan menggunakan Kartu Kredit Digital digibank. Untuk informasi seputar kartu kredit digital ini, kamu bisa mengakses di go.dbs.com/id-digicc dan simak cara pengajuannya.