Menabung Valas Sambil Berinvestasi Memang Bisa?

Menabung Valas Sambil Berinvestasi Memang Bisa?

Bagi Anda yang terbiasa melakukan transaksi keuangan antar negara, memiliki rekening valuta asing atau valas tentu saja menjadi suatu yang biasa. Dengan memiliki tabungan yang bisa dikonversi dalam mata uang asing ini, Anda bisa dengan mudah menyelesaikan berbagai keperluan baik karena pekerjaan atau memenuhi sebuah keperluan. Baik transfer dana pendidikan, belanja online, atau membayar jasa untuk sebuah pekerjaan.

Tak sedikit pula orang yang memanfaatkan rekening valas untuk jangka panjang seperti menabung untuk rencana jalan-jalan keliling dunia. Mereka yang bercita-cita menyekolahkan anak ke luar negeri juga banyak yang memanfaatkan rekening valas untuk menabung. Namun, belum banyak yang memanfaatkan rekening valas sebagai instrumen investasi. Masih banyak masyarakat yang melakukan investasi valas secara konvensional.  

Faktanya, saat ini  rekening valas bisa juga dimanfaatkan untuk berinvestasi baik untuk kebutuhan jangka panjang maupun jangka pendek. Dengan begitu, uang yang sudah ditabung untuk kebutuhan travelling ke luar negeri atau shopping bisa menjadi likuid aset yang dapat memberikan nilai tambah lewat investasi yang tepat.

Keuntungan berganda menabung sambil berinvestasi ini bisa Anda dapatkan dengan memanfaatkan layanan digibank Rekening Valas (Multi Currency Account).  Lewat fitur yang bisa diakses melalui aplikasi digibank by DBS ini, Anda bisa menabung dan bertransaksi dalam 10 mata uang dengan nilai tukar dan bunga kompetitif. Selain itu semua transaksi konversi tidak dikenai biaya. 

Hal menarik dari layanan Multi Currency Account (MCA) dari digibank ini adalah semua transaksi bisa dilakukan secara online sepanjang waktu hanya melalui aplikasi. Tanpa perlu datang ke kantor cabang.  Dengan begitu urusan transfer, terima pengiriman dari luar negeri, dan konversi mata uang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Inilah serunya menjadi pengguna aplikasi digibank by DBS. Tabungan yang untuk sementara mengendap di rekening valas bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pengembangan investasi. Anda tinggal melakukan transaksi pembelian dan melakukan penjualan di saat yang dirasa tepat.

Sebagai salah satu lembaga valuta asing terbaik di Asia, DBS akan menyediakan nilai tukar untuk 10 mata uang asing dengan harga yang bersaing yaitu USD, SGD, AUD. NZD, EUR, GBP. JPY, HKD, CAD, dan CHF. Nanti pada saat bertransaksi Anda tinggal switch mata uang sesuai dengan yang diinginkan.

Nah,untuk mendapatkah pengembangan investasi yang maksimal, ada baiknya Anda memperhatikan dua hal berikut: 

  1. Lindung Nilai

Berinvestasi melalui valas bisa dimanfaatkan untuk sarana lindung nilai atas aset yang kita miliki. Hanya  saja perlu diperhatikan bahwa investasi dilakukan terhadap nilai mata uang yang stabil terhadap rupiah. Sebagai contoh  kita bisa berinvestasi dengan dolar Amerika Serikat (USD) atau dolar Australia.

  1. Proporsi Investasi

Bila Anda ingin memanfaatkan MCA untuk berinvestasi ada baiknya untuk tidak menempatkan seluruh aset dalam bentuk valas. Porsi investasi valas sebaiknya hanya berkisar 10 persen hingga 30 persen dari total portofolio. Hal ini untuk meminimalisir risiko akibat fluktuasi nilai mata uang yang seringkali sulit diprediksi.

Yup, meski berinvestasi valas bisa menjanjikan margin yang cukup besar, tapi tetap harus diingat bahwa nilai kurs biasanya sangat tidak stabil dan mudah terpengaruh dengan keadaan ekonomi global. Karena itu upayakan tetap selalu bijak dan rasional dalam berinvestasi valas ini.

Begaimana? Apakah sekarang Anda akan tetap membiarkan tabungan dolar yang ada mengendap di rekening valas atau mau menjadikannya sebagai aset investasi yang menjanjikan?

 Apapun pilihannya,  download aplikasi digibank by DBS dari google playstore atau mengakses go.dbs.com/semuapastibisa di device Anda untuk mendapatkan berbagai informasi mengenai pengelolaan keuangan yang lebih baik. Bila aplikasi ini sudah terpasang di perangkat Anda, ini saatnya memanfaatkan semua fitur dan layanan yang tersedia untuk membuat hidup Anda lebih berwarna.***

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /