kredit tanpa agunan
22 May 2022

Kredit Tanpa Agunan: Pengertian, Jenis, Tujuan dan Syaratnya

Produk pinjaman saat ini sudah semakin beragam. Masing-masing produk juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan para nasabah, sebut saja salah satunya seperti KTA atau kredit tanpa agunan.

Masih bingung dengan produk pinjaman? Berikut kami akan coba jelaskan informasi berbagai macam hal yang sedang kamu cari-cari terkait produk pinjaman tersebut. Silahkan simak artikel ini hingga selesai.

Pengertian Kredit Tanpa Agunan

Para nasabah saat ini tidak perlu mempersiapkan aset atau barang berharga untuk mengajukan pinjaman. Karena KTA adalah produk pinjaman yang tidak memerlukan agunan atau jaminan seperti barang berharga dan sejenisnya.

KTA adalah produk pinjaman yang tidak menyulitkan nasabah yang sedang membutuhkan dana. Namun meskipun tidak memerlukan agunan, produk pinjaman ini tetap memiliki sejumlah persyaratan tertentu yang sederhana.

Pihak bank juga tidak langsung mengambil keputusan pencairan untuk pengajuan KTA kredit tanpa agunan. Nasabah akan dinilai terlebih dahulu berdasarkan riwayat kredit. Umumnya riwayat tersebut akan dilihat dari kredit lain seperti KPR, mobil, motor, hingga pinjaman online.

KTA sendiri bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan yang bermanfaat. Karena saat ini jumlah pinjaman yang ditawarkan ada yang mencapai hingga puluhan juta rupiah.

Apa Saja Jenis-Jenis KTA?

Setidaknya ada 5 jenis KTA Kredit tanpa agunan yang populer di Indonesia. Berikut kami jelaskan apa saja jenis-jenisnya.

  1. KTA Dana Cepat
    Kami kenalkan dari yang paling populer terlebih dahulu, yaitu KTA dana cepat. Produk pinjaman ini bisa cair dalam waktu yang sangat cepat, yaitu dalam waktu kurang dari satu minggu saja.
    Produk pinjaman ini sangat cocok untuk yang sedang membutuhkan dana yang bersifat mendesak. Kamu juga bisa mendapatkan pencairan dana dalam jumlah besar sehingga bisa kamu gunakan untuk berbagai macam keperluan pembiayaan.
  2. KTA Tenor Panjang
    Sesuai dengan namanya, jenis kredit tanpa agunan yang satu ini menawarkan jangka waktu pelunasan atau tenor yang cukup lama. Dengan begitu dana cicilan yang kamu keluarkan pun tergolong ringan.
    KTA tenor panjang yang saat ini tersedia bahkan ada yang hingga 3 tahun. Produk pinjaman ini sangat cocok sekali untuk para nasabah yang memerlukan jumlah pinjaman besar dengan pengembalian yang lebih lama.
    Pinjaman dengan tenor yang lama juga sangat cocok untuk yang mengajukan pinjaman modal usaha. Karena yang seperti kita ketahui, pinjaman modal biasanya diajukan dalam jumlah yang besar.
  3. KTA Early Payment Fee
    Produk pinjaman selanjutnya ini mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. KTA kredit tanpa agunan early payment fee merupakan pinjaman yang pelunasannya dipercepat.
    Dipercepat yang dimaksud bukan berarti harus membayar sesegera mungkin, namun ada keistimewaan yang bisa diperoleh jika membayar lebih cepat. Karena seperti yang kita ketahui, beberapa bank biasanya memberlakukan penalti bagi nasabah yang ingin membayar lebih cepat.
    KTA early payment fee merupakan produk pinjaman yang tidak memberlakukan penalti. Artinya nasabah yang ingin membayarnya lebih cepat bisa langsung memprosesnya tanpa terkena denda sama sekali.
  4. KTA Payroll
    Produk pinjaman ini juga dikenal dengan istilah lain, yaitu KTA gaji. Cocok sekali untuk nasabah yang ingin menyalurkan penghasilannya ke bank tertentu. Dengan adanya payroll, maka pihak bank akan sangat yakin dengan kemampuan pembayaran nasabah.
    Pihak bank juga bisa mengetahui secara pasti pendapatan nasabah setiap bulannya. Hal ini juga mereka gunakan untuk mengetahui kemampuan melunasi kredit. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh KTA ini yaitu dari segi bunga yang kompetitif.
  5. KTA Tanpa Kartu Kredit
    Umumnya KTA yang menawarkan jumlah pinjaman besar mengharuskan nasabahnya untuk memiliki kartu kredit. Namun disisi lain, jenis KTA tanpa kartu kredit ini tidak mengharuskannya, atau tidak menjadi persyaratan utama.
    Produk pinjaman ini sangat cocok sekali untuk yang malas mengajukan kartu  kredit terlebih dahulu sebelum memproses pinjaman.
    Kartu kredit biasanya dijadikan sebagai tolok ukur untuk mengetahui histori kredit nasabah. Dengan begitu bank bisa menilai sejauh mana kemampuan nasabah dalam membayar pinjaman.
    Proses pengajuan kredit tanpa agunan ini tidak jauh berbeda dengan yang lain. Begitu juga dengan suku bunganya yang tergolong cukup beragam sesuai dengan regulasi bank masing-masing.

Tujuan Pengajuan KTA

Produk pinjaman ini bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan pembiayaan. Karena seperti yang kami jelaskan sebelumnya, saat ini pencairan pinjamannya bahkan sudah ada yang menawarkan hingga puluhan juta rupiah.

Berikut ini kami sudah merangkum apa saja tujuan pengajuan KTA yang umumnya dilakukan oleh masyarakat di tanah air:

  1. Biaya Renovasi Rumah
    Saat ini biaya renovasi bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Banyak masyarakat yang lebih memilih mengajukan pinjaman dibandingkan harus menabung dalam jangka waktu yang lama. Dengan begitu proses renovasi bisa dilakukan dengan segera.
    Produk pinjaman kredit tanpa agunan bisa menjadi solusi untuk biaya renovasi yang saat ini bisa memakan biaya besar. Kamu bisa memanfaatkannya untuk merenovasi seluruh ruangan atau satu ruangan rumah saja sesuai kebutuhan.
  2. Modal Usaha
    Mendirikan usaha tanpa perlu menggadaikan barang berharga kini bisa kamu wujudkan. Pinjaman KTA bisa menjadi solusi modal usaha kamu saat ini. Pinjamannya bisa kamu gunakan untuk membuka bisnis UMKM.
    Kamu hanya perlu mencari bank yang menyediakan produk pinjaman KTA dengan pencairan hingga puluhan juta rupiah. Namun sebelum itu tentukan terlebih dahulu jenis usaha dan juga kebutuhan modalnya.
  3. Traveling
    Memanfaatkan produk KTA untuk biaya traveling adalah salah satu cara yang banyak dilakukan oleh kaum milenial saat ini. Bahkan pencairan dananya bisa memenuhi kebutuhan traveling hingga ke mancanegara, lho.
    Tentukan destinasi wisata kamu. Setelah itu buat budgeting lalu ajukan pinjaman kredit tanpa agunan sebagai biayanya. Beberapa penawaran pencairan bahkan cukup untuk travelling mewah di Eropa.
  4. Modifikasi Mobil
    Biaya yang kamu kumpulkan belum cukup untuk memodifikasi mobil kesayangan kamu? KTA bisa menjadi salah satu solusi pembiayaan yang tepat. Dengan pencairan hingga puluhan juta rupiah, kamu bisa memodifikasi mobil kesayanganmu menjadi lebih keren.
    Selain modifikasi mobil juga bisa kamu manfaatkan untuk memodifikasi moge (motor gede). Pasalnya biaya modifikasi moge sama mahalnya dengan memodifikasi mobil yang memerlukan biaya hingga puluhan juta rupiah.
  5. Biaya Pesta Pernikahan
    Seperti yang kamu ketahui, ada banyak sekali alokasi dana yang harus kamu siapkan untuk persiapan pernikahan. Bahkan biayanya bisa mencapai ratusan juta rupiah. Dengan adanya KTA, kamu bisa mengajukan pinjaman untuk menambah biaya pernikahan yang kurang.
    Silahkan cari bank yang menyediakan dana pinjaman besar untuk kebutuhan pesta pernikahanmu. Setelah itu, list kebutuhan biaya pernikahan, lalu ajukan pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

Persyaratan KTA

Sebelum mengajukan pinjaman, alangkah baiknya kamu mengetahui persyaratan-persyaratannya terlebih dahulu. Persyaratan  kredit tanpa agunan umumnya berbeda-beda tergantung jenis dan bank yang kamu pilih.

Di sini kami akan coba memberikan informasi terkait persyaratannya secara umum untuk kamu siapkan.

  1. Domisili Nasabah
    Tidak semua produk KTA di suatu bank tersedia untuk seluruh masyarakat di Indonesia. Maka dari itu, cek terlebih dahulu syarat domisili bank terkait untuk mengetahuinya. Pastikan daerah kamu masuk ke dalam domisili persyaratannya.
  2. e-KTP & NPWP
    Saat ini syarat dokumen KTP telah berubah menjadi e-KTP seiring dengan perkembangan regulasi yang lebih modern. Selain itu juga siapkan NPWP karena beberapa bank mengharuskan kamu untuk memilikinya sebagai persyaratan wajib pengajuan pinjaman.
    Meski begitu, ada juga yang tidak mewajibkan nasabahnya untuk menyetorkan NPWP sebagai syarat utamanya.
  3. Penghasilan Bulanan
    Nasabah harus sudah memiliki penghasilan bulanan. Terkait jumlahnya biasanya berbeda-beda tergantung bank maupun jenis KTA yang ditawarkannya.
  4. Kartu Kredit
    Pinjaman dana yang besar biasanya mewajibkan nasabahnya untuk memiliki kartu kredit. Selain itu ketahui juga minimum limit kartu kredit yang biasanya berbeda-beda tergantung dari bank yang kamu pilih.

Rekomendasi Produk KTA Hingga Puluhan Juta Rupiah

Sedang membutuhkan dana untuk liburan keluar negeri, renovasi rumah, modifikasi mobil, atau kebutuhan-kebutuhan lainnya? Produk pinjaman digibank KTA adalah solusi terbaik karena menawarkan pinjaman hingga puluhan juta rupiah.

digibank KTA merupakan produk pinjaman dari digibank by DBS. Cara pengajuan pinjaman sudah bisa secara online sehingga bisa kamu proses dimana saja dan kapan saja.

Kelebihan digibank KTA

DBS Indonesia berkomitmen menghadirkan digibank sebagai digital banking terbaik, salah satunya melalui  kredit tanpa agunan digibank KTA. Berikut apa saja kelebihan-kelebihannya.

  • Proses pengajuan online 24 jam kapan saja dan dimana saja. Bisa diproses melalui Aplikasi digibank by DBS maupun melalui go.dbs.com/kta.
  • Nasabah hanya perlu menunggu 60 detik saja untuk proses
  • Pencairan pinjaman hingga Rp80.000.000 dan langsung cair ke rekening digibank by DBS kamu.
  • Bebas mengatur jumlah pinjaman sesuai kebutuhan.
  • Pilihan lama cicilan hingga 36 bulan.
  • Tidak memerlukan dokumen fisik karena proses pengajuannya dilakukan secara online.
  • Persyaratan mudah. Memiliki e-KTP, NPWP. Kamu juga harus berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Semarang atau Surabaya. Penghasilan bulanan yang kamu dapatkan minimum Rp5.000.000 dan kredit di bank lain dengan limit minimum Rp10.000.000

Cara Pengajuan di digibank KTA

Untuk mengajukan kredit tanpa agunan di digibank KTA tidaklah sulit. Berikut penjelasan seputar langkah-langkah pengajuannya.

Untuk langkah-langkah pengajuan pinjaman di sini ada dua cara. Cara pertama yaitu untuk non nasabah:

  1. Masuk ke situs digibank by DBS lalu klik “Apply sekarang”. Isi data diri kamu dengan lengkap. Untuk pengisian data kamu selalu dimulai dengan https://secure.id.dbsdigibank.com/
  2. Silahkan tunggu proses approval dalam waktu 60 detik. Jangan menutup layar saat proses berlangsung.
  3. Pilih jumlah pinjaman dan cicilan yang kamu butuhkan. Setelah itu silahkan buat username dan juga password akun digibank by DBS. Ingat! password harus berbeda dan tidak mudah ditebak.
  4. Mengisi formulir pengajuan pinjaman kemudian atur janji untuk bertemu dengan agen digibank untuk verifikasi biometrik. Jangan ijinkan orang lain untuk mengisi ya!
  5. Tunggu pencairan secepatnya hingga Rp80.000.000.

Kedua untuk yang sudah menjadi nasabah digibank by DBS. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Unduh dan pasang Aplikasi digibank by DBS kemudian masuk ke menu “Personal Loan”.
  2. Isi data diri melalui formulir yang ada di aplikasi.
  3. Tunggu konfirmasi dalam waktu 1 menit.
  4. Pilih jumlah pinjaman dan tenor sesuai yang kamu inginkan.
  5. Pencairan akan dilakukan secara real time hingga Rp80.000.000 langsung ke rekening digibank by DBS.

Demikian informasi seputar penjelasan tentang kredit tanpa agunan. Untuk kamu yang sedang membutuhkan dana cepat hingga puluhan juta rupiah, silahkan ajukan langsung di digibank KTA!