Gaji Di Bawah 5 Juta Bingung Mau Investasi Apa?

Bingung Mau Investasi Apa?

Punya gaji di bawah 5 juta ingin investasi? Tentu bisa dong! Investasi itu bisa dilakukan oleh semua orang. Bila terkendala dengan gaji yang masih UMR atau di atas UMR sedikit, Anda tetap bisa melakukan investasi dan merencanakan keuangan Anda dengan baik loh!
 
Ada 5 kecerdasan finansial yang harus dimiliki oleh setiap orang.
  1. Kecerdasan penghasilan
    Penghasilan terbagi dua yaitu penghasilan aktif dan pasif. Kita menukarkan waktu kita untuk mendapatkan uang. Namun waktu yang kita miliki waktu yang sangat terbatas. Kita hanya bisa bekerja dalam usia produktif. Penghasilan pasif didapatkan dari aset yang bekerja untuk kita. Misalnya saja kita memiliki rumah yang disewakan. Uang dari aset ini merupakan penghasilan pasif yang kita miliki.
  2. Kecerdasan mengelola
    Dengan gaji yang terbatas yaitu di bawah 5 juta, Anda harus sangat berhati-hati dalam mengelola keuangan. Jangan sampai di pertengahan bulan gaji sudah habis karena kesalahan mengelola uang. Belajar membuat anggaran bulanan dan belajar menahan diri untuk menghabiskan uang untuk kebutuhan yang tidak penting. Untuk gaji di bawah 5 juta, sebaiknya membuat anggaran untuk kebutuhan hidup maksimal 40%, cicilan produktif maksimal 30 %, investasi, asuransi, dan dana darurat maksimal 20%, untuk sedekah maksimal 10 %.
    Bagaimana bila tidak memiliki hutang sama sekali? Tentunya itu sangat baik. Anda bisa mengalokasikan anggaran sebesar 30% tersebut ke pos investasi agar dana Anda semakin berkembang.
  3. Kecerdasan mengembangkan uang
    Kecerdasan ini wajib dimiliki oleh setiap orang. Kecerdasan untuk mengembangkan uang. Aset terbagi menjadi dua, yang pertama yaitu aset konsumtif, yang kedua yaitu aset produktif. Aset konsumtif itu adalah aset yang mengalami penurunan nilai misalnya alat elektronik, mobil, handphone. Aset produktif adalah aset yang memiliki kenaikan nilai misalnya tanah, saham, emas.
  4. Kecerdasan proteksi
    Untuk proteksi, masih banyak orang mengabaikan pentingnya asuransi kesehatan. Padahal bila dirinya tidak terproteksi oleh asuransi kesehatan, bila terjadi resiko sakit dan harus dirawat di rumah sakit tapi tidak memiliki proteksi maka uang tabungan yang sudah dikumpulkan terpaksa harus digunakan. Bahkan bila uang tabungan tidak cukup maka bisa jadi harus berhutang ke orang lain untuk membayar biaya rumah sakit.
  5. Kecerdasan mencari informasi
    Kecerdasan ini diperlukan agar Anda tidak salah pilih dalam menentukan instrumen keuangan maupun proteksi. Pengetahuan seputar investasi sangat penting untuk dapat mengendalikan resiko dalam berinvestasi. Jangan sampai investasi karena ikut-ikutan oleh saran orang lain.
 
Jika Anda sedang membaca artikel ini tentunya Anda sudah mulai menerapkan kecerdasan dalam mencari informasi. Lalu investasi apa yang cocok untuk orang yang memiliki gaji di bawah 5 juta? Bila Anda mencari investasi yang rendah resiko dan bisa dimulai dengan nominal yang kecil, obligasi negara cocok untuk Anda.
 
Apa itu obligasi pemerintah? Obligasi pemerintah atau SBN ( Surat Berharga Negara ) merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah Indonesia. SBN dibagi menjadi dua kelompok yaitu berdasarkan underlying asset dan berdasarkan pasar penjualannya.
 
  1. Untuk underlying asset, terdiri dari konvensional ( SBR, ORI, FR, INDON ) dan syariah /sukuk ( ST/SR/INDOIS )
  2. Berdasarkan pasar penjualannya terdiri dari pasar perdana ( SBR, ORI, ST, SR ) dan pasar sekunder ( FR, INDON, INDOIS )
 
Obligasi pasar perdana hanya dijual di periode waktu tertentu dengan harga 100 % sesuai yang ditawarkan kepada publik. Jangka waktu investasinya antara 2- 3 tahun. Ada beberapa produk dari pasar perdana yang tidak bisa diperjualbelikan kembali seperti SBR dan ST.
 
Obligasi pasar sekunder berbeda dengan pasar perdana. Obligasi ini dapat dibeli kapan saja selama belum jatuh tempo. Jangka waktu obligasi ini 5-50 tahun. Harga yang berlaku adalah harga pasar saat itu.
 
Kenapa obligasi negara menarik?
  1. Keuntungan investasi cair setiap 6 bulan
    Pembayaran kupon ini ditransfer langsung ke rekening Anda setiap 6 bulan sekali..
  2. Jumlah investasi mulai dari Rp 1 juta
    Investasi obligasi bisa dimulai dengan nominal kecil memudahkan banyak kalangan masyarakat menengah ke bawah untuk ikut berpartisipasi membantu negara dengan membeli obligasi negara. Hanya dengan nominal Rp 1 juta saja kita bisa berinvestasi sekaligus membantu negara mengembangkan infrastrukturnya.
  3. Investasi rendah resiko
    Investasi obligasi negara dijamin oleh pemerintah dengan pengembalian 100% nilai pokok pada saat jatuh tempo.
  4. Layanan transaksi 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS
    Anda bisa melakukan transaksi jual beli di Aplikasi digibank by DBS.
 
Menarik kan untuk memulai investasi obligasi? Dengan tingkat pengembalian di atas bunga deposito dan memiliki resiko rendah karena dijamin oleh Undang-undang, investasi obligasi ini sangat menarik untuk dimiliki bagi Anda yang memiliki gaji di bawah Rp 5 juta.

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /