Reksadana pasar uang
17 Apr 2022

Ini Dia Cara Untung Investasi Reksadana Pasar Uang

Selama ini orang hanya mengenal bank sebagai tempat untuk melakukan transaksi keuangan. Namun sangat sedikit yang mengenal jika bank juga bisa dijadikan tempat untuk berinvestasi Reksadana termasuk Reksadana Pasar Uang.

Jika konsep bank konvensional pada awalnya hanya digunakan sebagai tempat lalu lintas seperti menabung, mengirimkan atau mentransfer uang maupun layanan lainnya, kini memang banyak yang mulai memanfaatkan bank sebagai tempat untuk melakukan investasi secara aman tanpa harus khawatir akan keamanan modal yang diinvestasikan.

Reksadana Pasar Uang juga memberikan jaminan kepada siapapun yang menjalankan praktik investasi positif ini dengan keuntungan yang menggiurkan. Sebagaimana konsep investasi yang mengharapkan keuntungan dari aktivitas penanaman modal yang dilakukan sebelumnya. Reksadana Pasar Uang juga bisa dijadikan tempat mengembangkan uang untuk keperluan di masa depan seperti untuk biaya pendidikan anak, membangun properti ataupun membeli kendaraan.

Mengenal Reksadana Pasar Uang

Meski memiliki prospek yang besar sebagai ajang investasi yang tepat, tapi masih banyak masyarakat belum mengenal apa itu Reksadana Pasar Uang, cara menghitung Reksadana Pasar Uang serta keuntungan yang akan diperoleh dengan berinvestasi ini.

Seperti diketahui, Reksadana adalah salah satu produk investasi yang berasal dan diperoleh dari kumpulan dana masyarakat selaku pemodal dan dilakukan pengelolaan ke dalam beberapa sektor investasi oleh Manajer Investasi.

Bentuknya bisa berupa portofolio efek yang meliputi obligasi, saham, pasar uang maupun bentuk efek lainnya yang diakui oleh pemerintah sebagai tempat untuk menghimpun dana.

Sedangkan dari sisi jenisnya, Reksadana terdiri atas; Reksadana Pasar Uang, Reksadana pendapatan tetap, Reksadana Campuran, Reksadana Terproteksi, Reksadana Index atau RDI serta Reksadana Saham.

Dana yang diinvestasikan dalam Reksadana Pasar Uang ini, dikelola sepenuhnya sebagai instrumen pasar uang, yang bentuknya bisa berupa sertifikat Bank Indonesia atau SBI, deposito, maupun obligasi dengan ketentuan batas waktu yang tidak boleh melebihi waktu 1 tahun.

Keunggulan Reksadana Pasar Uang

Dengan tingkat risiko yang minim, Reksadana Pasar Uang sangat cocok dilakukan oleh masyarakat yang masih terbilang awam dalam dunia investasi.

Disisi lain, investasi Reksadana jenis ini juga memiliki banyak keunggulan yang ditawarkan. Berikut berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh Reksadana Pasar Uang:

1.     Memiliki Keuntungan yang Selalu Stabil

Sebagai investor, Anda tentu membutuhkan bentuk portofolio yang memberikan keuntungan relatif stabil dan memberikan kepastian serta kejelasan atas pengelolaan dana investasi yang dipercayakan.

Pasar uang memiliki nilai stabilitas yang relatif baik meskipun situasi dan kondisi ekonomi di tingkat global maupun lokal sedang terganggu.

Stabilitas pasar uang ini juga membuat jenis Reksadana ini tidak mengenal istilah fluktuasi. Oleh karenanya, bagi masyarakat yang membutuhkan instrumen investasi jangka pendek tapi memiliki keuntungan yang stabil maka memilih investasi Reksadana jenis ini adalah pilihan yang tepat.

2.     Suku Bunga Tinggi

Keunggulan lain dari investasi Reksadana Pasar Uang adalah memiliki suku bunga yang tinggi bahkan ketika dibandingkan dengan suku bunga deposito.

Jaminan suku bunga yang tinggi ini diperoleh dari kenaikan nilai pada tiap aset yang dikelola di dalamnya. Saat semakin tinggi nilai aset yang ada dalam Reksadana Pasar Uang maka akan secara otomatis menaikkan pula keuntungan suku bunga.

Berbeda dengan deposito, yang memiliki tingkat suku bunga yang cenderung flat karena sejak awal sudah ditetapkan besaran suku bunganya.

3.     Pencairan Dana yang Fleksibel

Reksadana Pasar Uang juga memberikan jaminan proses pencairan dana yang fleksibel sehingga bisa dilakukan kapan saja. Berbeda dengan deposito, Anda tidak akan bisa melakukan pencairan dana tabungan yang dikelola di deposito sebelum masa jatuh tempo.

Ketika Anda membutuhkan dana secara cepat, sedangkan dana tabungan Anda dikelola melalui program deposito. maka Anda akan dikenai konsekuensi berupa penalti potongan dana jika tetap ingin melanjutkan pencairan dana.

4.     Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Siapa bilang untuk memulai investasi selalu membutuhkan modal yang besar. Pada Reksadana Pasar Uang, Anda bahkan bisa memulai investasi cukup dengan modal awal hanya Rp100 ribu.

5.     Risiko yang Minim serta Pembebasan Biaya Transaksi

Investasi Reksadana Pasar Uang memiliki tingkat risiko yang minim. Selain itu, investor juga tidak dikenakan biaya transaksi apapun termasuk biaya penjualan dan biaya pembelian.

6.     Imbal Hasil

Investasi Reksadana Pasar Uang umumnya menawarkan imbal hasil atau keuntungan antara 3% hingga 5% tiap tahunnya. Namun persentase angka keuntungan ini akan sangat bervariasi dan tergantung dari kinerja dari jenis maupun instrumen investasi maupun sejauh mana kompetensi Manajer Investasi dalam mengelola investasi Reksadana ini.

Cara Agar Untung Investasi di Reksadana Pasar Uang

Agar investasi di Reksadana Pasar Uang memperoleh keuntungan sebagai passive income, sebaiknya perhatikan dan terapkan beberapa hal berikut:

1.     Tentukan Tujuan Investasi

Hal pertama yang sebaiknya Anda lakukan untuk memaksimalkan keuntungan dalam Reksadana Pasar Uang adalah memilih jenis Reksadana yang sesuai tujuan dari perencanaan keuangan Anda. Apakah untuk tujuan jangka panjang atau jangka pendek. Jika Anda ingin berinvestasi untuk jangka pendek. Reksadana Pasar Uang mungkin cocok untuk Anda pilih karena dana kelolaannya memang ditujukan untuk instrumen pasar uang dengan jangka waktu 1 tahun .

2.     Menentukan Strategi Investasi

Dalam melakukan investasi dibutuhkan strategi khusus yakni strategi investasi yang bersifat sekaligus dan strategi yang bersifat berkala. Pada strategi investasi sekaligus lebih cocok untuk investor yang memiliki dana atau modal yang besar dan memiliki kemampuan dalam melakukan prediksi waktu investasi dan umumnya didominasi oleh kalangan investor profesional.

Sedangkan untuk strategi investasi berkala, lebih cocok untuk jenis investor yang memiliki kemampuan modal yang masih terbatas dan masih dalam tahap mencoba.

3.     Belajar serta Terus Ikuti Perkembangan Informasi Investasi

Walaupun investasi Reksadana maupun Reksadana Pasar Uang tidak mewajibkan investornya untuk melakukan prediksi terhadap pasar dan menganalisa pasar, tapi tetap ada baiknya investor juga harus terus belajar membaca kondisi pasar untuk mengetahui dan mengenali potensi yang bisa jadi peluang investasi.

4.     Cermat Memilih Manajer Investasi

Sebelum melakukan investasi di sektor Reksadana Pasar Uang, hal yang tak kalah penting adalah memilih bank platform aplikasi investasi dan jeli memilih Manajer Investasi yang akan dipercaya mengelola dana Anda. Pastikan memilih Manajer Investasi yang sudah berpengalaman, profesional dan performa beberapa tahun terakhir.

Ragam Pilihan Produk Reksadana di Aplikasi digibank by DBS

Salah satu rekomendasi menempatkan investasi Reksadana Pasar Uang adalah melalui Aplikasi digibank by DBS yang sudah terpercaya dan berpengalaman dalam mengelola dana investor secara profesional.

Berikut beberapa pilihan produk Reksadana yang bisa Anda pertimbangkan:

1.     Batavia Dana Kas Maxima

Batavia Dana Kas Maxima merupakan produk investasi pasar uang yang memiliki tujuan untuk mengembangkan dana secara optimal dengan tingkat likuiditas yang tinggi serta tetap mempertahankan modal dengan menempatkan dalam instrumen pasar uang serta efek hutang dengan masa jatuh tempo tidak lebih dari satu tahun.

2.     Batavia Dana Likuid

Produk Reksadana Investasi pasar uang ini bertujuan mengelola dana investasi secara optimal dengan mempertahankan modal dalam jangka pendek maupun menengah dengan cara menempatkan dana khususnya pada instrumen investasi pasar uang dan atau setara kas yang diterbitkan berdasarkan peraturan perundang-undangan.

3.     BNP Paribas Rupiah Plus

Produk Reksadana ini memiliki tujuan untuk memberikan pendapatan dalam bentuk investasi kepada masyarakat secara optimal dengan skema likuiditas yang tinggi dengan konsep alokasi strategis di pasar uang domestik dengan masa jatuh tempo yang kurang dari 1 tahun. Produk investasi Reksadana ini juga memiliki tingkat risiko yang sangat rendah.

4.     Manulife Dana Kas II

Produk Reksadana ini memiliki pergerakan yang sangat stabil serta tingkat fluktuasi yang minimal. Melakukan investasi di Manulife Dana Kas II ini juga memiliki tingkat suku bunga yang tinggi serta faktor risiko yang sangat rendah.

5.     Mandiri Investa Pasar Uang

Mandiri Investa Pasar Uang memiliki tingkat likuiditas tinggi dalam pemenuhan dana tunai dengan tingkat pendapatan investasi melalui suku bunga yang menarik serta memiliki tingkat risiko yang sangat rendah.

6.     Schroder Dana Likuid

Reksadana Pasar Uang Schroder Dana Likuid memiliki tingkat return investasi yang sangat menarik dengan menempatkan pasar uang yang proses pemilihannya dilakukan secara selektif dengan tingkat risiko yang sangat rendah.

Cara Membeli Reksadana di Aplikasi digibank by DBS

Untuk bisa membeli Reksadana di Aplikasi digibank by DBS langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Login ke Aplikasi digibank by DBS
  • Pilih menu Reksadana di halaman paling bawah aplikasi digibank
  • Terdapat sejumlah produk Reksadana yang bisa dipilih
  • Atau bisa juga memanfaatkan filter produk untuk memilih Reksadana sesuai kebutuhan
  • Anda bisa memilih kata kunci di kolom filter mulai dari Manajer Investasi, jenis mata uang, jenis Reksadana, scoring infovesta serta risiko produk
  • Setelah memilih jenis Reksadana Pasar Uang yang hendak dibeli, perhatikan juga info Reksadana yang dipilih termasuk kinerja maupun tingkat risikonya
  • Setelah memastikan jenis Reksadana Pasar Uang yang hendak dipilih kemudian pilih menu Beli
  • Pilih salah satu dari dua jenis pembelian, yakni; pembelian biasa dan pembelian berkala
  • Pilih rekening untuk melakukan transaksi, isi nominal pembelian
  • Cek pembelian, jika sudah benar kemudian pilih menu Konfirmasi
  • Setelah berhasil dikonfirmasi, cek histori pembelian di kolom histori, selesai.

Keuntungan Investasi Reksadana Pasar Uang di Aplikasi digibank by DBS

Dengan mempercayakan pengelolaan investasi melalui Aplikasi digibank by DBS, Anda akan memperoleh lima keuntungan seperti berikut ini:

● Terdapat pilihan lebih dari 50 produk Reksadana

Ada lebih dari 50 pilihan produk Reksadana yang bisa Anda pilih dan disesuaikan dengan kondisi financial dan tujuan Investasi Anda.

● Tiga pilihan Reksadana

digibank by DBS memiliki 3 pilihan Reksadana dengan kategori kinerja terbaik, terpopuler serta scoring terbaik.

● Proses pembelian berkala yang flexible

Karena bisa melalui handphone dengan Aplikasi digibank by DBS maka Anda akan lebih mudah dalam pembelian maupun penjualan Reksadana. Tak perlu keluar rumah atau ke bank, Anda sudah bisa berinvestasi dengan nyaman.

● Harga mulai dari Rp. 100 ribu

Tak harus memiliki aset atau harta bernilai jutaan rupiah, kini mulai Rp100.000 saja bahkan Anda bisa mulai berinvestasi Reksadana.

● Daftar SID atau Single Investor Identification, jual, beli dan switch semua di aplikasi

SID atau Single Investor Identification adalah nomor identitas investor yang menjadi bukti bahwa Anda sudah terdaftar sebagai investor di Pasar Modal. Dengan menggunakan Aplikasi digibank by DBS Anda bisa mendapatkan SID atau Single Investor Identification Anda dengan lebih cepat.

Itu dia beberapa informasi terkait Reksadana Pasar Uang dan bagaimana memaksimalkannya. Banyak kemudahan yang bisa Anda dapatkan jika berinvestasi Reksadana melalui digibank by DBS. Selamat berinvestasi!

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS