angpao
01 Oct 2023

Angpao Pernikahan Online, Praktis dan Bikin Happy

Penggunaan QRIS Gopay berkembang sangat pesat, bukan hanya untuk pembayaran berbagai transaksi tetapi juga untuk mengirim angpau. Trend tersebut saat ini semakin banyak digunakan oleh masyarakat dimana untuk memberikan angpao tidak lagi harus dalam bentuk uang cash, tetapi dengan transaksi digital yang praktis dan aman.

Menurut Alfons Tanujaya, pakar keamanan siber dan forensik digital, dilihat dari penyerapan QRIS, Indonesia termasuk salah satu negara dengan implementasi baik yang terbukti banyak mendapat manfaatnya. QRIS sudah menjadi bagian dari keseharian dalam bertransaksi karena kemudahan pembayaran QRIS, bahkan digunakan dalam angpau digital.

Apa itu Angpao Digital?

Angpao identik dengan amplop kecil berwarna merah yang diisi uang dn diberikan pada seseorang, seperti anak, kerabat atau kenalan pada momen tertentu. Namun saat ini istilah angpau semakin meluas bukan hanya uang yang dimasukkan dalam amplop untuk anak, kerabat atau kenalan.

Kini dikenal dengan angpau pernikahan yang dulu disebut amplop sumbangan. Seperti namanya, angpau digital adalah sejumlah uang yang diberikan pada pihak tertentu karena adanya momen, seperti menikah, ulang tahun dan sebagainya. Namun kini uang tersebut tidak lagi diberikan secara cash, tetapi dalam bentuk digital, seperti QRIS Gopay.

Karena dalam bentuk digital, kamu bisa menyerahkan angpau tersebut secara offline maupun online namun sama-sama cashless. jika menyerahkan secara offline artinya kamu datang dan bertemu dengan pihak yang menerima kemudian melakukan transaksi di hadapannya.

Budaya Angpao Pernikahan Digital

Tradisi memberi angpao sudah ada sejak lama, termasuk ketika ada kerabat atau kenalan yang melangsungkan pernikahan. Bahkan di masyarakat ada semacam aturan tidak tertulis bahwa angpau pernikahan adalah “utang”.

Artinya jika pihak yang memberi angpau nanti menikah, maka pengantin yang saat ini menerima angpao harus memberikan sejumlah uang sama dengan yang dulu diterima.

Budaya memberi angpau pernikahan menjadi hal yang biasa di masyarakat. Dulu angpau pernikahan diberikan secara langsung ketika seseorang menikah. Sedangkan proses penerimaannya bisa langsung diterima oleh pengantin maupun dimasukkan ke dalam kotak yang sudah tersedia.

Memberi angpao menjadi semacam suatu kewajiban apabila seseorang mendapat undangan untuk menghadiri pernikahan kenalan. Cukup banyak tujuan memberikan angpao pada saat seseorang menikah:

  • Sebagai ungkapan rasa ikut bahagia.

  • Untuk menjalin tali silaturahmi.

  • Sebagai sumbangan untuk meringankan biaya pernikahan.

  • Menghilangkan perasaan tidak enak jika tidak ikut menyumbang dalam pesta tersebut.

Trend Pemberian Angpau Secara Digital

Pandemi covid telah membawa banyak perubahan dalam pola hidup masyarakat. Bukan hanya saat terjadi wabah, tetapi sampai sekarang. Jika sebelumnya setiap mendapat undangan pernikahan orang akan datang, bertemu dengan pengantin dan memberikan sumbangan berupa uang atau barang secara langsung, sejak covid mulai berubah.

Oleh karena itu dengan pembatasan pertemuan dan ketentuan jaga jarak banyak yang menunda pesta pernikahan atau mengadakan pesta namun dengan jumlah tamu yang terbatas. Sedangkan pihak pengantin ingin lebih banyak orang yang mengetahui kabar pernikahan tersebut sehingga membagikan undangan digital.

Seiring perkembangan tersebut, trend angpau pun berubah, tidak lagi selalu secara konvensional dengan memberikan uang secara langsung tetapi juga dengan cara digital, seperti penggunaan QRIS Gopay.

Terkait dengan trend tersebut, memang belum semua orang mengetahui sehingga muncul pertanyaan apakah Gopay bisa pakai QRIS? Saat ini kamu bisa melakukan pembayaran dengan menggunakan Gopay untuk berbagai transaksi digital, seperti membayar makanan, belanja, hingga memberikan angpau digital.

Penggunaan angpau digital masih terus berkembang saat ini meski sudah tidak ada pembatasan kerumunan dan bisa mengundang banyak orang. Apalagi dengan dukungan banyak pihak seperti dengan menggunakan Gopay.

Meski demikian masih banyak pertanyaan, QR Gopay ada dimana? Saat ini penggunaan QR dari Gopay semakin fleksibel dan bisa digunakan untuk berbagai transaksi yang aman, mudah dan cepat.

Manfaat Angpao Digital

Perkembangan transaksi digital yang begitu pesat dimanfaatkan oleh banyak pihak dengan menghadirkan berbagai produk pembayaran maupun pengiriman uang. Salah satunya adalah trend mengirim atau memberikan angpao untuk pernikahan.

Banyaknya pengantin yang menyediakan sistem pemberian angpau dengan cara digital memberi banyak keuntungan dan kemudahan, baik bagi pengantin maupun rekan yang mengirim angpau tersebut. Manfaat angpao digital dalam pernikahan diantaranya:

1. Lebih privasi

Memberi angpao pada prinsipnya memang hal privasi. Pada saat orang memberi angpao dalam bungkus amplop dan diserahkan langsung kepada pengantin memang juga privat.  Namun seringkali pengantin yang masih harus menemui dan berjabat tangan dengan tamu kerepotan untuk membawa atau menyimpan angpau tersebut.

Hal ini berpotensi ada amplop yang terjatuh dan hilang sehingga pengantin tidak menyadari kehadiran maupun adanya pemberian dari kerabat tersebut. Sedangkan jika dimasukkan ke dalam kotak yang disediakan, keamanannya juga belum tentu terjamin

2. Praktis

Memberikan angpao dengan cara digital atau online sangat praktis. Kamu tidak harus menyerahkan langsung kepada pengantin tetapi yang bersangkutan akan tahu bahwa kamu memberinya hadiah dalam pernikahan tersebut.

Kelebihannya, sejumlah uang yang kamu berikan secara otomatis akan tercatat dalam sistem sehingga baik kamu maupun pengantin mengingat angpau tersebut.

3. Bisa memberi angpao dari jarak jauh

Memberikan angpao dengan cara online sangat mudah. Kamu pun bisa memberikan ke pengantin tepat pada saat pernikahan berlangsung meski kamu tidak bisa hadir tanpa harus menitip ke orang lain.

4. Aman

Salah satu keunggulan sistem keuangan digital adalah aman. Karena langsung masuk ke akun, sejumlah uang yang kamu berikan akan lebih aman, tidak akan hilang.

5. Menghindari angpao kosong

Kadang masih ditemui tamu undangan yang datang dengan membawa angpao kosong, artinya angpao tersebut tidak diisi dengan uang. Angpao digital menghindari hal tersebut karena angpau yang diserahkan akan langsung bisa dicek oleh pengantin.

6. Mudah menghitung jumlahnya

Untuk menghitung jumlah angpao yang diterima pengantin, akan lebih mudah jika dalam bentuk digital, bahkan tidak perlu menghitung ulang karena sistem secara langsung akan mencatatnya.

7. Gampang untuk digunakan dalam berbagai keperluan

Tidak sedikit pengantin yang langsung menggunakan angpau yang diterimanya untuk membayar berbagai keperluan pernikahan. Karena menerimanya dalam bentuk digital, pengantin lebih mudah menggunakanya untuk membayar berbagai keperluan tersebut.

Angpao pernikahan Praktis dan Mudah dengan QRIS Bank Digital

Kehadiran QRIS Gopay memudahkan kamu yang ingin memberikan angpao kepada teman, kerabat atau saudara yang melangsungkan pernikahan. Untuk mengisi saldo Gopay, kamu bisa menggunakan Aplikasi digibank by DBS yang praktis, aman, mudah dan cepat.

Pembayaran QRIS di digibank QRIS sangat simpel dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Sebagai penyedia layanan keuangan terbaik, digibank memberi kemudahan bagi pengguna QRIS yang akan melakukan top up. Transaksi di digibank QRIS mempunyai banyak keunggulan, diantaranya:

  • Kamu bisa Bayar apapun sat set pakai digibank QRIS, salah satunya untuk angpao pernikahan.

  • Kamu bisa mendapatkan limit 10 juta/transaksi/hari.

  • Nikmati promo yang menarik di berbagai merchant pilihan.

QRIS Gopay memberi kemudahan bagi kamu yang ingin bertransaksi. Begitu juga untuk top up, semua mudah dan cepat serta bisa dilakukan dari mana saja dengan digibank by DBS. Info detail tentang hal ini, bisa cek di sini.