8 Tips Memilih Universitas Di Luar Negeri

8 Tips Memilih Universitas Di Luar Negeri

Pendidikan merupakan aset penting yang bisa diberikan orang tua kepada anaknya. Tentunya setiap orang tua menginginkan anaknya sekolah dengan kualitas pendidikan yang terbaik. Untuk memenuhi harapan tersebut banyak orang tua yang mengirimkan anaknya ke luar negeri untuk menempuh pendidikan S1, S2 bahkan S3. Berikut tips bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri.

  1. Memilih Jurusan

Bila Anda belum tahu jurusan apa yang ingin ditempuh, bisa mengajukan pertanyaan ke diri sendiri terlebih dahulu mengenai bidang apa yang menarik minat Anda untuk mempelajari hal itu lebih lanjut? Ingin berkarir sebagai apa ketika sudah selesai kuliah? Bila sudah bisa menjawab kedua pertanyaan di atas bisa berkonsultasi kepada guru atau orang tua agar diarahkan sebaiknya kuliah di jurusan apa yang sesuai dengan minat Anda. Pertanyaan yang sama juga ditujukan bagi Anda yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan S2, karena biasanya program master lebih spesifik lagi yang dipelajari atau bahkan harus terlibat dalam riset.

  1. Tentukan Negara Mana Yang Ingin Dituju

Negara tujuan ini akan mempengaruhi biaya pendidikan yang dikeluarkan, biaya hidup per bulannya, bahasa yang digunakan, dan iklim. Tiap negara juga memiliki kurikulum pendidikan yang berbeda-beda.

  1. Menentukan Universitas

Bila sudah menentukan negara yang dituju, maka penentuan berikutnya ke universitas mana yang ingin dituju. Apakah universitas tersebut termasuk universitas top secara nasional atau global. Apakah jurusan yang diinginkan tersedia di universitas tersebut? Tiap universitas memiliki layanan email untuk konsultasi, sebaiknya bertanya dengan detail mengenai hal-hal yang ingin Anda ketahui lewat email.

  1. Mempersiapkan Persyaratan Masuk Yang Dibutuhkan

Tiap universitas memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Ada yang meminta hasil tes bahasa inggris dengan skor tinggi, ada juga yang menerima dengan skor yang sedikit rendah. Bila universitas yang dituju menggunakan bahasa asing di luar bahasa inggris maka harus ditanyakan apakah harus mengambil tes untuk bahasa lokal atau perkuliahan bisa dilakukan dalam bahasa inggris?

Ada beberapa universitas juga meminta hasil tes yang lebih spesifik seperti tes GRE dan tes GMAT sebagai persyaratan masuk universitas tersebut.

  1. Biaya Kuliah

Biaya kuliah ini juga bergantung dari universitas yang dipilih. Ada universitas yang menggratiskan biaya kuliahnya ada juga yang berbayar.

  1. Fasilitas Kuliah

Fasilitas kuliah yang perlu diperhatikan misalnya asrama mahasiswa, laboratorium, perpustakaan, fasilitas olahraga, klinik dan lain-lain. Perhatikan juga kualitas dari dosen yang mengajar, apakah dosen di universitas tersebut terlibat aktif dalam penelitian dan publikasi jurnal internasional.

  1. Mempelajari Durasi Kuliah

Setiap jurusan tentunya memiliki durasi kuliah yang berbeda-beda. Pada umumnya untuk menyelesaikan pendidikan S1 di luar negeri membutuhkan waktu 3-4 tahun. Semakin lama menyelesaikan kuliah tentunya semakin besar uang yang harus dibayarkan untuk biaya hidup dan pendidikan. Jadi pastikan untuk lulus tepat waktu.

  1. Prospek Karir

Apakah jurusan yang Anda pilih memilih prospek karir yang baik ketika sudah lulus? Apakah universitas bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan untuk merekrut mahasiswa lulusan universitas tersebut untuk magang. Hal ini perlu ditanyakan kepada pihak universitas.

Untuk mendukung pembayaran uang kuliah dan biaya hidup Aplikasi digibank by DBS dapat digunakan untuk transfer uang ke luar negeri. Hanya dengan smartphone Anda bisa dengan mudahnya transfer uang.

Transfer valas atau biasa disebut dengan remittance ini mendukung transfer valas bebas biaya ke lebih dari 20 tujuan negara dan mendukung 7 mata uang antara lain USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP.

Kirim uang ke luar negeri bisa sampai di hari yang sama asalkan tidak melebihi batas waktu yang ditentukan. Tiap valas ini memiliki batas waktu yang berbeda. Rate yang ditawarkan oleh digibank juga sangat kompetitif sehingga Anda tidak perlu khawatir.

Layanan transfer valas ke luar negeri yang disediakan oleh Aplikasi digibank by DBS ada dua. Yang pertama transfer valas bebas biaya lalu yang kedua yaitu transfer valas reguler. Layanan transfer valas reguler ini merupakan layanan transfer mata uang asing yang menggunakan sistem SWIFT ( Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication ). Sistem ini merupakan sistem perbankan internasional untuk mengirim dan menerima informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan dengan menggunakan standar keamanan dan lingkungan yang dapat diandalkan.

Mata uang yang bisa menggunakan valas reguler antara lain USD, SGD, JPY, THB, HKD, AUD, NZD, EUR, GBP, SEK, CHF, dan CAD. Jadi apabila Anda ingin transfer uang ke luar negeri seperti Jepang dengan menggunakan mata uang JPY, maka menggunakan valas reguler.

digibank by DBS memberikan kemudahan transfer uang ke luar negeri.

bagi orangtua yang anaknya melanjutkan pendidikan di luar negeri. Uang sampai di hari yang sama tanpa biaya transfer.

Terima kasih atas masukan Anda

Apakah informasi ini bermanfaat?

Terima kasih atas masukan Anda
Bagaimana informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini
Beri kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!>$&-()',./

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /