pinjaman KTA
05 May 2023

5 Strategi Pemasaran untuk Kembangkan Usaha Logistik

Sebagai masyarakat umum tentu sudah familiar dengan kurir paket dari berbagai layanan aktivitas belanja di e-commerce. Hal ini dapat kamu manfaatkan ketika ingin mengembangkan usaha bisnis dalam bidang logistik.

Walaupun, tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan layanan logistik semakin ketat dan tentunya dibutuhkan strategi pemasaran yang jitu. Memiliki dana pemasaran yang tepat dari pinjaman KTA menjadi langkah utama untuk mengaplikasikan strategi pemasaran usaha logistik. Namun, kamu wajib untuk mengetahui informasi lengkapnya pada pembahasan kali ini.

5 Strategi Pemasaran Jitu Pengembangan Usaha Logistik

Pertama-tama patut kamu ketahui bahwa pada tahun 2021, pertumbuhan e-commerce di Indonesia mengalami kenaikan signifikan, yaitu sekitar 40 persen. Hal tersebut berpengaruh pula pada pertumbuhan usaha logistik yang juga mengalami kenaikan.

Dari pemaparan statistik tersebut dapat dimengerti bahwa banyak orang yang menggunakan layanan logistik untuk memenuhi kebutuhannya. Maka dari itu, kamu wajib untuk memanfaatkan kesempatan tersebut sebagai nilai plus utama mengembangkan usaha logistik. Agar lebih jelas, kamu dapat menyimak 5 strategi pemasaran usaha logistik di bawah ini:

●     Strategi Direct Shipping

Strategi pemasaran logistik yang pertama adalah direct shipping atau barang yang akan dikirimkan pelanggan langsung kamu antar tanpa perlu adanya perantara atau orang ketiga. Biasanya, strategi ini digunakan oleh usaha logistik yang menjual barang pecah belah dan produk makanan.

Jika kamu menggunakan strategi satu ini, maka perlu diketahui beberapa tips agar bisnis berjalan lancar. Salah satunya adalah keakuratan invoice atau dokumen lainnya hingga ke tangan pelanggan.

Memang, pada dasarnya strategi direct shipping ini lebih mudah dan tidak kompleks, terlebih lagi keuntungan lainnya adalah barang yang dengan cepat langsung ke lokasi pelanggan.

Untuk merealisasikan strategi ini, kamu dapat mempersiapkan dana awal sebesar Rp250 juta. Budget tersebut berguna untuk operasional, mengupah karyawan dan membeli armada pengantaran barang hingga sampai ke lokasi pelanggan.

●     Strategi Warehousing Distribution

Warehousing distribution menjadi strategi kedua yang dapat kamu pertimbangan ketika memperluas bisnis logistik.

Untuk strategi satu ini, hal utama yang kamu persiapkan selain dana adalah gudang tempat untuk menyimpan barang. Alasannya, karena strategi warehousing distribution adalah produk yang dikirimkan akan disimpan terlebih dahulu di dalam gudang.

Strategi satu ini banyak dilakukan oleh bisnis logistik pada umumnya, terlebih ketika bisnis logistik kamu sudah bekerja sama dengan e-commerce. Jenis strategi yang mana cocok digunakan untuk pengiriman barang yang dapat tersimpan lama.

Kamu yang ingin mencoba strategi warehousing distribution ketika memperluas bisnis logistik, siapkan dana sebesar Rp300 juta. Karena akan banyak penggunaan budget untuk menyewa gudang dan operasional lainnya.

Maka dari itu, akan terasa lebih ringan jika kamu mengambil pinjaman dengan bunga rendah dari bank yang menyediakan KTA terbaik.

●     Strategi Cross Docking

Ketiga, kamu dapat mencoba strategi pemasaran logistik dengan cross docking yang mana secara teknis hampir sama dengan strategi warehousing distribution. Hanya saja perbedaan terletak pada barang pelanggan yang akan disortir dengan barang pelanggan lain yang memiliki alamat pengiriman serupa.

Sehingga, keuntungan dari strategi ini adalah menekan shipping budget atau biaya pengiriman. Namun, pada dasarnya kamu tetap menyiapkan dana pengembangan bisnis hingga Rp300 juta. Tujuannya agar strategi pemasaran dapat berjalan dengan baik dan bisnis logistik kamu berkembang pesat.

●     Strategi Website Upgrade dengan CTA Canggih

Strategi pemasaran logistik yang juga wajib untuk diperhatikan adalah dengan upgrade website bisnis logistik milikmu. Seperti yang diketahui bahwa pelanggan sangat suka layanan yang cepat dan real-time tracking.

Apabila kamu menambah jumlah CTA atau call-to-action lebih tinggi, maka kesempatan pelanggan menjadi lebih memilih untuk menggunakan jasa logistik kamu.

Misalnya, kamu dapat menambahkan CTA seperti newsletter, nomor telepon atau fitur live chatting di website. Semakin kamu memperluas strategi pemasaran jenis ini, maka semakin membuat bisnis kamu dekat dengan pelanggan.

Tentunya hal tersebut akan semakin memberikan penilain plus di mata pelanggan. Kamu tidak usah khawatir, menggunakan pinjaman KTA dan mempersiapkan budget sekitar Rp230 juta, maka kamu sudah siap untuk mengaplikasikan strategi satu ini.

●     Strategi Mempertahankan Pelanggan Lama

Mempertahankan pelanggan lama menjadi strategi pemasaran terakhir dan jitu yang dapat kamu lakukan. Beberapa faktor penting yang menjadi alasan bahwa strategi ini sangat jitu untuk dilakukan adalah karena pelanggan lama akan memiliki kesempatan untuk repurchase atau menggunakan kembali layanan logistik kamu.

Ketika mengembangkan bisnis, pelanggan lama wajib untuk dipertahankan agar pelanggan baru dapat lebih percaya pada layanan logistik milikmu. Faktor penting yang wajib kamu lakukan untuk mengaplikasikan strategi ini adalah:

  • Memberikan layanan yang memuaskan dan tidak mengecewakan
  • Menguatkan komitmen dengan pelanggan
  • Mendorong pelanggan lama untuk repurchase dan merekomendasikan layanan logistik milik kamu

5 Fungsi Strategi Pemasaran Logistik

Jika kamu sudah mengetahui strategi pemasaran pada usaha logistik dan mengerti cara untuk mengaplikasikannya. Maka kamu juga perlu mengetahui fungsi dari strategi-strategi pemasaran logistik yang sudah dijelaskan di atas.

Strategi pemasaran logistik memiliki fungsi yang sama pentingnya dengan strategi itu sendiri. Tujuannya adalah agar kamu memiliki “kompas” yang akan mengarahkan proses operasional bisnis kamu ke arah yang benar dan menguntungkan.

Fungsi strategi pemasaran logistik penting karena akan berhubungan langsung dengan tata cara dan masa depan pengelolaan bisnis kamu. Maka dari itu, berikut ini 5 fungsi strategi pemasaran logistik yang perlu kamu pahami dan mengerti:

●       Menentukan Harga Jasa

Fungsi pertama adalah price, atau menentukan harga jasa yang akan kamu tetapkan ketika mengembangkan bisnis logistik. Strategi pemasaran logistik wajib menentukan harga yang kompetitif dan terbaik bagi pelanggan. Kamu wajib mempertimbangkan faktor internal dan eksternal ketika menentukan harga.

Misal, faktor internal yang wajib dipertimbangkan adalah permintaan pelanggan dan faktor operasional kantor lainnya. Sedangkan, faktor eksternal adalah hal yang berhubungan dengan jenis barang, moda transportasi dan lain-lain.

Kedua faktor tersebut wajib untuk dipenuhi oleh kamu ketika ingin mengembangkan bisnis logistik. Karena ketika kedua hal tersebut sudah terpenuhi, maka kamu akan menemukan margin keuntungan yang akan kamu dapatkan dari penentuan harga bisnis kamu.

●       Menyediakan Produk Delivery

Kedua, fungsi dari strategi pemasaran logistik adalah menyediakan produk delivery. Dapat dikatakan hal ini menjadi fungsi yang vital selain mempertimbangkan harga. Hal tersebut karena ketika kamu mengembangkan bisnis jasa logistik maka aspek pengiriman yang aman dan cepat sampai ke tangan pelanggan menjadi tujuan nomor satu.

Adanya strategi pemasaran logistik bertujuan agar proses delivery dapat berjalan sempurna. Karena hal itu juga berkaitan dengan penilaian dari pelanggan.

Fungsi produk delivery ini meliputi proses pesanan yang mudah, ketepatan pengiriman produk, tagihan atau invoice yang benar dan lebih penting adalah tidak ada kerusakan barang dari segi apapun.

Tersedianya produk delivery yang sempurna dan lengkap menjadi “ujung tombak” dari strategi pemasaran usaha logistik kamu. Karena layanan logistik berkecimpung pada bidang pengiriman barang dari satu pelanggan ke pelanggan lainnya.

●       Mempersiapkan Strategi Promosi Terbaik

Adanya strategi pemasaran logistik adalah untuk mempersiapkan strategi promosi terbaik. Sebagai pihak utama yang ingin mengembangkan bisnis logistik, kamu sudah wajib untuk memikirkan cara untuk mempromosikan jasa layanan logistik kamu. Aspek promosi ini tidak hanya menawarkan jasa terbaik.

Kamu juga wajib untuk memikirkan bagaimana promosi terbaik akan tersampaikan pada pelanggan. Misal, kamu memberikan potongan harga untuk pelanggan yang mengirimkan paket lebih dari 100 pcs.

Atau, contoh lain adalah promosi gratis biaya pengiriman apabila mengajak business partner lainnya yang merekomendasikan layanan logistik kamu.

Banyak cara untuk melakukan promosi terbaik, yang mana kamu dapat melakukannya dengan metode offline maupun online. Karena memanfaatkan media sosial juga tidak ada salahnya dan justru semakin aktif di media sosial untuk mempromosikan bisnis akan semakin baik.

●       Menentukan Lokasi Layanan Logistik

Tentunya menentukan lokasi layanan logistik terbaik menjadi fungsi strategi pemasaran logistik yang juga tidak kalah pentingnya. Kamu juga sudah wajib menentukan tempat untuk mengembangkan layanan bisnis logistik kamu.

Karena persoalan lokasi ini akan menentukan proses pengiriman barang ke pelanggan. Semakin dekat dengan jalan utama dan kompleks pengiriman barang, maka proses delivery akan semakin lancar hingga ke tangan pelanggan.

Untuk aspek lokasi, biasanya kamu dapat mencari ruko yang berada di kompleks business district misalnya. Selain faktor keamanan yang terjamin dengan adanya sekuriti, faktor lokasi yang terpusat akan memudahkan kurir kamu untuk mengambil dan mengatur barang yang akan dikirim juga menjadi nilai plus.

●       Menjadi Bisnis Logistik Terbaik

Last but not least, fungsi strategi pemasaran logistik adalah agar menjadi bisnis logistik terbaik dan memiliki prospek pendapatan tertinggi. Ketika kamu memutuskan untuk mengembangkan bisnis logistik, maka hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara agar bisnis kamu bertahan lama dan berkembang pesat.

Maka dari itu, mempersiapkan strategi pemasaran yang tepat sasaran menjadi hal yang wajib diperhatikan. Tujuannya agar bisnis layanan logistik yang kamu kembangkan selalu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak.

Karena melihat dari sisi masyarakat yang tentu tidak ingin menggunakan jasa logistik yang lelet dan tidak bertanggung jawab. Pelanggan tentu ingin barang yang telah diantar oleh logistik selalu berada dalam keadaan sempurna dan tidak kurang satu hal apapun.

Mulai Kembangkan Bisnis Logistik Sekarang Juga

Setelah kamu paham berbagai aspek dan faktor strategi pemasaran logistik. Sudah tidak perlu diragukan lagi untuk mengembangkan bisnis kamu ke level yang lebih tinggi. Mengembangkan bisnis logistik terbaik di tengah kondisi semakin meningkatnya minat belanja online masyarakat adalah hal yang tepat yang perlu kamu lakukan.

Lalu, ketika membahas tentang budget sebagai dana awal memulai untuk mengembangkan bisnis. Maka, kamu wajib memilih pinjaman KTA paling tepat. Banyak pilihan bank yang dapat kamu jadikan referensi. Namun, pastikan untuk memilih bank yang memiliki keunggulan lebih banyak.

Karena, setidaknya budget yang diperlukan mulai dari Rp200 juta hingga Rp 300 juta. Jika kamu tidak memilih bank terbaik yang memiliki pinjaman dengan bunga rendah, maka akan sulit untuk merealisasikan pengembangan bisnis logistik kamu. Sebagai salah satu contohnya, kamu bisa memanfaatkan pinjaman dari DBS KTA dengan klik link berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/pinjaman-digibank-kta.

 

 

Apply digibank KTA