Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini dengan Investasi Reksadana
10 Jan 2022

Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini dengan Investasi Reksadana

Investasi atau penanaman modal merupakan kegiatan yang bermanfaat untuk keuangan di masa depan. Investasi sendiri bisa berupa aset maupun uang. Sebut saja salah satu yang paling populer saat ini adalah investasi reksadana.

Perlu kamu ketahui, investasi reksadana juga bisa digunakan untuk persiapan dana pensiun di masa yang akan datang. Itu artinya, kamu bisa memiliki dana pensiun dari reksadana meskipun perusahaan kamu tidak menyediakannya.

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Tingkat kesadaran masyarakat di tanah air terkait persiapan dana pensiun tergolong masih rendah. Hal tersebut mengacu pada data OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Menurut OJK, hanya 25% dari total 50.000.000 penduduk di Indonesia yang menjadi peserta dana pensiun aktif. Itu artinya, hanya seperempat penduduk di Indonesia yang menyadari betapa pentingnya dana pensiun.

Dana pensiun sangat penting untuk dipersiapkan. Dana tersebut akan bermanfaat bagi setiap orang di masa tua kelak. Pasalnya, seseorang yang sudah masuk masa pensiun sudah tidak produktif lagi untuk bekerja.

Dana pensiun yang harus dipersiapkan sejak dini juga bertujuan agar kamu bisa menikmati gaya hidup yang sama meskipun sudah tidak bekerja atau berpenghasilan. Dengan begitu, kamu bisa menikmati masa tua dengan santai atau sambil liburan.

Alasan Kenapa Dana Pensiun Sering Dikesampingkan

Ada cukup banyak alasan kenapa generasi muda mengesampingkan perencanaan dana pensiun sejak dini. Salah satu alasannya yaitu timbulnya keinginan konsumtif seperti traveling atau membeli barang-barang idaman.

Pengeluaran yang bersifat konsumtif tersebut membuat banyak orang mengabaikan menabung dan juga investasi sejak dini. Padahal generasi muda sudah harus mempersiapkan atau setidaknya memikirkan dana pensiun selama masih produktif bekerja atau berpenghasilan.

Manfaat Menyiapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Mempersiapkan dana pensiun sudah harus dilakukan sejak masih remaja atau saat mulai berpenghasilan. Idealnya dana pensiun sudah harus disiapkan mulai dari usia 20 tahunan.

Contohnya, jika kamu menargetkan dana pensiun sebesar Rp1 miliar, dari usia 20 tahun kamu hanya perlu menyisihkan Rp44.000 per bulan dengan asumsi pensiun di umur 56 tahun.

Dana pensiun kamu bisa ditempatkan pada instrumen investasi seperti investasi reksadana. Kenapa harus pada investasi? Karena menawarkan imbal hasil yang lebih menguntungkan dibandingkan tabungan konvensional maupun deposito di bank.

Pentingnya Memiliki Investasi Reksadana

Selain sebagai persiapan dana pensiun, investasi reksadana sendiri memiliki banyak sekali manfaat dan keuntungan. Manfaat lain yang bisa kamu dapatkan yaitu untuk melindungi aset modal dari inflasi yang dapat menyebabkan menurunnya daya beli uang.

Saat ini bahkan sudah tersedia cara investasi reksadana online yang dapat membantu memudahkan kamu saat menjalankannya. Semua proses mulai dari pendaftaran hingga pencairan bisa kamu proses pada aplikasi tersebut.

Mengenal Cara Kerja Reksadana

Reksadana punya cara kerja yang yang baik untuk perencanaan dana pensiun kamu. Pasalnya, reksadana adalah sebuah wadah untuk menampung dana masyarakat yang ingin menjadi investor.

Setelah dana dari masyarakat terkumpul, nantinya manajer investasi akan mengelola dan mengalokasikannya ke dalam beberapa aset atau instrumen investasi. Artinya dana kamu akan dikelola oleh orang yang profesional di bidangnya.

Cara kerja reksadana akan memudahkan setiap orang yang ingin berinvestasi. Kamu bisa tetap fokus bekerja sementara itu di sisi lain investasi kamu tetap berjalan. Nantinya kamu akan mendapatkan laporan setiap bulannya terkait perkembangan dana investasi yang dikelola oleh manajer investasi.

Apakah Reksadana Adalah Investasi yang Berisiko?

Saat ini ada berbagai macam aset atau instrumen investasi yang digunakan untuk pengalokasian dana reksadana. Beberapa di antaranya seperti saham, obligasi, deposito, dan masih banyak lainnya.

Semakin banyak instrumen investasi yang tersedia, tentunya semakin bervariasi juga tingkat risikonya. Artinya reksadana adalah investasi yang punya tingkat risiko yang beragam sesuai dengan aset yang dipilih oleh manajer investasi untuk penanaman modal.

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan yang pasti, atau minim risiko, pilihlah reksadana dengan tingkat risiko rendah. Contoh reksadana dengan tingkat risiko rendah adalah pasar uang.

Meski begitu, sama seperti investasi lain pada umumnya, prinsip sebuah investasi yaitu semakin tinggi risikonya semakin besar potensi keuntungannya. Sementara di sisi lain, semakin rendah tingkat risikonya maka semakin rendah juga potensi penghasilannya.

Keuntungan Menyiapkan Dana Pensiun dengan Reksadana

Dibandingkan dengan tabungan, reksadana bisa menjadi solusi persiapan dana pensiun yang paling ideal. Pasalnya, investasi reksadana menawarkan sejumlah keuntungan sebagai berikut:

  1. Jenis Investasi yang Bersifat Likuid
    Istilah likuid mengacu pada kemudahan pencairan dana investasi. Itu artinya, reksadana adalah produk yang menawarkan sistem pencairan mudah. Kamu bisa langsung mencairkan dana jika sudah masuk jatuh tempo.
    Seperti yang kami jelaskan sebelumnya, reksadana adalah investasi yang punya tingkat risiko beragam. Dengan karakter likuidnya tersebut, kamu dapat dengan mudah menjual kembali di tengah sulitnya memprediksi kapan risiko akan terjadi.
  1. Salah Satu Pilihan Investasi Aman
    Saat ini ada banyak produk investasi yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan. Namun, sayangnya tidak semua terjamin keamanannya. Berbeda dengan reksadana yang saat ini sudah banyak sekali perusahaan yang  terdaftar di OJK.
    Manajer investasi yang akan mengelola dana investasi pun sudah banyak yang terdaftar juga di OJK. Itu artinya, kamu tidak akan kesulitan saat mencari perusahaan dan manajer investasi yang kredibel.
  1. Proses Investasi Dibantu oleh Tim Profesional
    Cara investasi reksadana online saat ini telah menjadi solusi yang memudahkan masyarakat untuk berinvestasi. Terlebih investasi tersebut dijalankan oleh manajer investasi yang sudah berpengalaman dan profesional.
    Tingkat risiko investasi pun menjadi semakin rendah karena diproses atau dijalankan oleh tim yang profesional. Selain itu, cara investasi reksadana online saat ini juga sudah bisa dipantau dan dijalankan melalui aplikasi.
  1. Modal yang Relatif Ringan
    Saat ini ada banyak perusahaan yang menawarkan produk reksadana dengan penempatan atau modal yang rendah. Dengan begitu, kamu tidak perlu menunggu dana yang besar untuk mulai berinvestasi.
    Dengan penawaran modal yang rendah tersebut, kamu juga bisa menyesuaikan kebutuhan investasi sesuai kemampuan finansial.
  1. Cocok untuk Investasi Jangka Panjang
    Reksadana adalah salah satu pilihan produk investasi yang juga cocok untuk jangka panjang. Pasalnya, investasi ini bisa kamu jalankan dengan jangka pendek maksimal 1 tahun dan jangka panjang hingga 3 tahun ke atas.
    Semakin lama jangka yang kamu pilih, maka semakin besar juga potensi keuntungan yang bisa kamu dapatkan.

Tips Memilih Investasi Reksadana untuk Dana Pensiun

Meskipun reksadana termasuk investasi yang aman, kamu tidak boleh sembarangan berinvestasi. Pastikan kamu mengikuti tips berikut ini sebelum berinvestasi.

  1. Tentukan Tujuan dan Jangka Investasi
    Bagi yang bertujuan untuk merencanakan dana pensiun, maka jangka investasi yang cocok untuk kamu adalah jangka panjang. Pilihan yang paling ideal adalah jangka panjang lebih dari 5 tahun.
    Kamu juga bisa memilih reksadana pasar uang yang minim risiko untuk mengamankan aset uang dana pensiun kamu. Meskipun reksadana pasar uang hanya menawarkan jangka investasi pendek, kamu tetap bisa menempatkan kembali  hasil dari investasi tersebut jika sudah selesai jatuh tempo.
  1. Pelajari Risiko Investasi
    Kami sudah menjelaskan sebelumnya, bahwa reksadana memiliki tingkat risiko yang beragam. Kamu dibebaskan untuk memilih yang mana. Tapi sebelum memilih, pelajari terlebih dahulu risikonya.
    Jika ingin benar-benar aman, pilih saja yang risiko rendah. Namun jika kamu ingin mendapatkan untung yang lebih besar, bisa memilih tingkat moderat maupun berisiko tinggi dengan pertimbangan terlebih dahulu.
  1. Survei Perusahaan dan Manajer Investasi
    Setelah yakin dengan jangka investasi dan tingkat risikonya, hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah riset perusahaan dan manajer investasi. Pilih manajer investasi dan perusahaan reksadana sesuai dengan profil risiko yang kamu inginkan.
    Saat ini, proses survei bisa kamu lakukan dengan cara mudah. Karena saat ini sudah banyak perusahaan yang memiliki situs sebagai portal informasi terkait produk investasi dan juga legalitasnya.
    Disisi lain, kamu juga bisa mencari informasi dari sumber yang lain. Misalnya, dari orang terdekat yang juga sudah berinvestasi di perusahaan terkait.
  1. Perhatikan Beban Biaya
    Setiap manajer investasi yang mengelola investasi akan membebankan sejumlah dana tertentu. Cek terlebih dahulu beban biaya atau expense ratio pada suatu manajer investasi. Selain itu, cek juga sejumlah biaya lain seperti biaya marketing, kustodian trading dan lainnya.
    Pastikan biaya yang ditawarkannya tergolong rendah. Karena biasanya manajer investasi tidak mematok harga tinggi untuk biaya-biayanya.

Rekomendasi Reksadana untuk Dana Pensiun

Bingung mencari produk reksadana yang cocok untuk rencana dana pensiun kamu? Saat ini, Aplikasi digibank by DBS menawarkan produk reksadana yang cocok untuk perencanaan dana pensiun di masa depan. Cara investasi reksadana online dari digibank by DBS juga tergolong mudah karena semua prosesnya hanya melalui aplikasi.

Aplikasi digibank by DBS merupakan layanan digital banking yang sudah terdaftar di OJK. Aplikasinya pun memiliki interface yang mudah digunakan oleh setiap orang. Selain itu, dana investasi kamu juga akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional.

Semua aktivitas investasi kamu bisa dikelola secara online kapan saja dan dimana saja melalui Aplikasi digibank by DBS. Selain itu, aplikasi tersebut juga sudah didukung dengan fitur canggih yang memudahkan investor untuk menjalankan investasi.

Kenapa Harus Berinvestasi di Aplikasi digibank by DBS?

Aplikasi digibank by DBS tidak hanya sekedar menawarkan kemudahan dalam berinvestasi. Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa berinvestasi secara aman dan nyaman untuk dana pensiun di masa mendatang.

Disisi lain, digibank by DBS ini juga punya banyak kelebihan. Berikut sudah kami rangkum kelebihan-kelebihannya yang menjadi alasan kenapa harus memilih aplikasi ini:

  • Terdapat 3 pilihan kategori reksadana mulai dari reksadana dengan kinerja terbaik, reksadana terpopuler, dan scoring Kategori ini akan memudahkan investor untuk memilih produk yang tepat.
  • Aplikasi digibank by DBS menawarkan sistem pembelian berkala yang fleksibel.
  • Terdapat 50 produk reksadana yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan.
  • Modal minimum yang yang bisa kamu ‘tanamkan’ mulai dari Rp100.000 saja.
  • Semua proses investasi mulai dari daftar SID, jual, beli hingga switch investasi bisa kamu lakukan melalui Aplikasi digibank by

Yuk, segera persiapkan dana pensiun sejak dini dengan investasi reksadana. Kini kamu bisa mendaftar dan menjalankan investasi secara mudah dan aman di Aplikasi digibank by DBS.

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS