Kenali Kurs Favorit 2021 Hingga Caranya Investasi Deposito Valas di digibank by DBS
25 Oct 2021

Kenali Kurs Favorit 2021 Hingga Caranya Investasi Deposito

Instrumen investasi saat ini tak hanya berbentuk emas atau properti saja. Kita juga bisa melakukan investasi menggunakan kurs mata uang asing yaitu investasi valas atau deposito valas. Investasi valas atau deposito valas ini adalah simpanan berjangka dalam berbagai pilihan mata uang asing. Oleh karena itu, penarikan atau pencairan deposito valas dilakukan pada jangka waktu tertentu sesuai perjanjian antara nasabah dengan bank misalnya mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan hingga 24 bulan.

Deposito valas mengikuti suku bunga internasional, namun persentase atau besarannya cenderung lebih rendah dibanding deposito dalam bentuk rupiah. Investasi valas atau deposito valas ini cukup menggiurkan sebab terhindar dari risiko tergerus oleh inflasi. Meski besaran bunganya lebih rendah, namun deposito valas memiliki keunggulan dibanding deposito rupiah antara lain perlindungan dari fluktuasi kurs rupiah, jangka waktu fleksibel, tingkat bunga lebih tinggi dibanding bunga tabungan biasa, serta dapat menjadi tempat menyimpan kekayaan yang menguntungkan jika kamu bekerja di luar negeri, dan memperoleh gaji dalam valuta asing, seperti TKI.

Memilih Mata Uang Asing yang Tepat

Setelah memutuskan untuk melakukan investasi valas atau deposito valas, kini saatnya kamu menentukan pilihan mata uang asing yang akan kamu ambil. Dengan memilih untuk melakukan investasi valas, artinya kamu harus jeli dalam melihat perkembangan pasar atau perdagangan internasional, agar investasi kamu dapat menghasilkan keuntungan. Selain itu, kamu juga harus cermat mengikuti perkembangan fluktuasi nilai tukar antar mata uang untuk menentukan pilihan transaksi atau jual. Beberapa mata uang asing yang saat ini dinilai cukup menjanjikan keuntungan adalah Dolar Amerika (USD), Euro (EUR), Pound Sterling (GBP), Yen (JPY), dan Dollar Singapura (SGD). Semua mata uang asing yang dapat digunakan untuk investasi valas ini  tersedia di digibank by DBS.

Dalam hal ini, Dolar Amerika atau USD merupakan mata uang asing yang banyak dipilih investor dalam melakukan investasi valas atau deposito valas. Hal ini karena mata uang ini dipandang memiliki prospek paling bagus sebab USD menjadi mata uang utama dalam hampir semua transaksi perdagangan di dunia.

Sementara itu, Euro (EUR) yang merupakan mata uang terkuat di dunia setelah Dolar Amerika dinilai memiliki prospek yang bagus karena luasnya cakupan negara penggunanya yakni Benua Eropa.

Mata uang favorit selanjutnya yaitu Poundsterling (GBP). Mata uang ini mampu menyaingi ketenaran USD dan EUR dan dinilai dapat menghasilkan keuntungan sebab memiliki stabilitas nilai jual. Yen Jepang dan SGD Singapura menjadi mata uang negara di Asia yang tak kalah menarik di dunia investasi valas. Keduanya dianggap menarik dan lebih menguntungkan untuk diperdagangkan karena memiliki pengaruh yang cukup kuat di kancah perdagangan internasional. Jika kamu masih pemula, Dolar Singapura atau SGD cocok dijadikan sebagai pilihan. Sebab mata uang ini memiliki nilai tukar yang lebih terjangkau dibanding mata uang negara lainnya.

Selain 5 mata uang asing tersebut, aplikasi digibank by DBS juga menyediakan investasi valas atau deposito valas dengan pilihan  mata uang asing lainnya yaitu AUD, CAD, CHF, HKD, dan NZD.

 Keunggulan Investasi Valas atau Deposito Valas Bersama digibank by DBS?

1. Deposito Valas dalam 10 mata uang asing

Saat ini, kamu sudah bisa melakukan investasi valas atau deposito valas melalui aplikasi digibank by DBS yang menawarkan pilihan investasi valas dalam 10 mata uang asing, mulai dari USD, EUR, GBP, HKD hingga NZD.

2. Penempatan mulai dari USD 100 dengan bunga kompetitif.

digibank by DBS melakukan penempatan dana mulai dari US$ 100 dengan suku bunga yang kompetitif.  Misalnya untuk deposito valas nilai US$ 100 sampai lebih dari US$ 5,000 bunganya sebesar 0,40%. Dan jika penempatan dana lebih besar lagi misalnya lebih dari US$ 100,000 suku bunganya bisa sampai 0,5% dengan nominal penyimpanan hingga Rp 12 miliar.

 

3. Tenor 1 sampai 12 bulan.

Sebelum melakukan investasi valas atau deposito valas, kamu harus memiliki tujuan terlebih dahulu. Apakah nantinya dana tersebut akan kamu gunakan untuk kebutuhan jangka pendek atau jangka panjang?

Misalnya, kamu membutuhkan dana untuk liburan keluarga keliling Eropa 6 bulan kemudian, maka tenor deposito valas yang cocok adalah dengan tenor 3 atau 6 bulan.

Jika tujuan investasi kamu untuk kebutuhan yang masih agak lama, misalnya persiapan dana pendidikan anak atau dana untuk pernikahan beberapa tahun kemudian, maka tenor deposito valas yang kamu pilih harus lebih panjang yaitu 12 bulan atau lebih.

Selain itu, kamu juga dapat menggunakan fitur Automatic Roll Over (ARO) yang merupakan sistem perpanjang otomatis. Sistem ini dapat membantu kamu saat menentukan besaran bunga dari deposito tersebut dan menentukan apakah deposito kamu nantinya akan otomatis masuk ke tabungan utama atau tetap dimasukkan ke deposito.

4. Akses 24/7 klik di aplikasi

Kini kamu tidak perlu berkunjung langsung ke kantor cabang atau lembaga penukaran uang, sebab akses deposito valas dan investasi valas dapat dijangkau 24/7 klik di Aplikasi digibank by DBS dengan proses yang cukup mudah mulai dari pembukaan rekening hingga transaksi.

Selain lebih praktis, hal ini juga dapat membantu kamu mengurangi mobilitas dan aktivitas bertatap muka langsung di kala pandemi sehingga mengurangi risiko penularan virus.

Cara Pembukaan Rekening untuk Investasi Deposito Valas di digibank by DBS

Sebelum melakukan pembukaan rekening, pastikan saldo valuta asing telah terisi  pada akun digibank by DBS sebelum melakukan pembukaan rekening deposito. Seperti langkah berikut ini:

  1. Pilih rekening valas. Kemudian
  2. Pilih konversi pada aplikasi.
  3. Pilih mata uang yang diinginkan, dan
  4. Masukkan jumlah mata uang yang akan diisi.
  5. Transaksi selesai dan saldo valas kamu sudah terisi serta siap digunakan untuk melakukan transaksi.

Setelah kamu selesai melakukan pengisian valuta asing, kamu dapat membuka deposito valas dengan langkah-langkah berikut ini:

  1.  Pilih nomor rekening.
  2. Masukkan nominal serta pilih mata uang asing yang kamu inginkan.
  3. Pilih jangka waktu serta ARO.
  4. Pastikan setuju dengan syarat dan ketentuan.
  5. Masukkan password akun digibank by DBS, setelah itu otomatis deposito valas kamu telah berhasil dibuat.

Setelah memahami apa itu investasi valas atau deposito valas, kamu dapat menentukan tenor dan jenis mata uang yang dapat kamu pilih. Ayo tunggu apa lagi segera buka rekening valas dan lakukan investasi valas atau deposito valas kamu bersama digibank by DBS sekarang juga! Jangan lupa follow akun instagram @digibankid untuk informasi menarik lainnya!

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS