Cara Aman dan Mudah Investasi Reksadana Saham
25 Nov 2021

Cara Aman dan Mudah Investasi Reksadana Saham

Investasi merupakan salah satu cara dalam membangun masa depan yang lebih baik. Dengan perencanaan keuangan yang baik dan tepat kamu bisa mewujudkan berbagai impian yang telah disusun seperti ingin memiliki aset rumah, kendaraan, hingga pendidikan.

Investasi akan memungkinkan seseorang mengembangkan sumber daya yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan dan peningkatan nilai. Meski begitu, tetap masih banyak orang yang belum begitu berminat untuk mulai berinvestasi. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang cara investasi yang aman dan mudah.

Faktor penghambat lain adalah adanya keraguan di dalam diri tentang produk investasi yang dipilih. Nah untuk kamu yang masih ragu, yuk simak ulasan berikut terkait cara investasi reksadana yang menguntungkan dan mudah diterapkan.

Memilih investasi reksadana

Begitu banyak pertanyaan terutama dari investor pemula yang masih bingung harus mulai dari mana untuk berinvestasi. Namun kini aktivitas investasi sudah dipermudah dengan teknolog. Apalagi terdapat banyak pilihan instrumen investasi yang aman dan mudah seperti reksadana.

Reksadana merupakan investasi yang bisa dibeli dengan modal minimal dengan keuntungan maksimal. Reksadana relatif aman dan cocok untuk pemula karena dana yang terkumpul akan dikelola oleh manajer investasi yang berpengalaman.

Reksadana merupakan wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari pemodal atau investor untuk selanjutnya dana tersebut diinvestasikan ke dalam portofolio efek oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi tentunya disokong oleh para profesional yang sudah ahli, yang terdiri dari Komite Investasi dan Tim Pengelola Investasi.

Sistem di reksadana sendiri cukup sederhana. Kamu hanya tinggal menyetorkan dana sebagai modal untuk membeli reksadana. Kemudian kamu pilih jenis reksadana yang diinginkan. Selanjutnya modal tersebut akan dikelola oleh manajer investasi.

Untuk memulainya pun tidak membutuhkan modal yang besar, Kamu bisa mulai berinvestasi hanya dengan modal Rp 100 ribu saja. Seperti yang disampaikan tadi, bahwa reksadana bisa dibeli dengan modal minimal dengan keuntungan yang maksimal.

Keuntungan yang dihasilkan dari investasi reksadana tidak tergantung dari besar atau kecilnya modal awal pembelian. Meskipun hanya dengan modal yang kecil, reksadana masih bisa berpotensi memperoleh keuntungan yang lebih tinggi dibandingkan dengan deposito bank.

Bukan harga yang menjadi faktor penentu dalam perubahan harga dari reksadana. Keberhasilan ditentukan oleh berhasilnya strategi yang diterapkan manajer investasi, kondisi harga pasar terkini dari saham dan obligasi. Selain itu juga ada beberapa faktor lain seperti kondisi perekonomian Indonesia.

Cara Mudah Investasi Reksadana

  1.  Pilih Platform Investasi
    Tentukan platform apa yang akan kamu gunakan untuk berinvestasi reksadana. Gunakan platform yang memberikan banyak pilihan produk reksadana dari berbagai keuntungan. Salah satu aplikasi investasi reksadana yang kini banyak diminati adalah aplikasi digibank by DBS.
  2. Tentukan Tujuan dan Jangka Waktu Investasi
    Kamu bisa menentukan jangka waktu untuk berinvestasi sesuai tujuan awal dari investasi yang direncanakan. Jangka waktu di sini ada jangka pendek (kurang dari setahun), jangka menengah (1-3 tahun) dan jangka panjang (3 tahun ke atas). Sebagai contoh, jika kamu berinvestasi dengan tujuan untuk  modal menikah 6 bulan lagi, kamu bisa memilih reksadana pasar uang yang kurang dari setahun. Jika untuk kebutuhan biaya pendidikan 1-3 tahun ke depan kamu bisa memilih reksadana pendapatan tetap.
    Selanjutnya jika ingin investasi jangka panjang 3 tahun ke atas seperti untuk modal usaha setelah pensiun misalnya, kamu bisa memilih investasi di reksadana saham. Berbagai jenis pilihan investasi ini bisa kamu atur sendiri.
  3. Mulai Berinvestasi
    Setelah mendaftar di platform investasi serta menentukan tujuan investasi, selanjutnya kamu lakukan pengisian dana sebagai modal awal pembelian reksadana. Pilih reksadana yang diinginkan sesuai dengan tujuan investasi.
    Pastikan setiap bulan selalu disiplin dalam menyisihkan uang setidaknya 20 persen dari pendapatan untuk berinvestasi. Selanjutnya sesuaikan jangka waktu investasi yang telah Anda tentukan.

Kamu juga harus rutin belajar ilmu terkait investasi untuk meningkatkan kemampuan analisa serta mencari tahu informasi atau berita terkini terkait produk reksadana yang dipilih. Jika menemukan produk reksadana lain yang berpotensi bagus, kamu juga bisa membeli produk reksadana tersebut sehingga bisa meningkatkan potensi keuntungan yang didapat.

Reksadana saham merupakan salah satu jenis reksadana yang menawarkan keuntungan maksimal. Meski begitu risiko reksadana saham juga relatif lebih besar karena fluktuasi harga. Karena itu kamu perlu cermat.

Cara terbaik untuk melindungi kamu dari risiko investasi reksadana saham adalah memilih aplikasi investasi terbaik yaitu aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini merupakan inovasi dari DBS Bank untuk memudahkan para pengguna dalam berinvestasi dan mendapatkan manfaat maksimal investasi reksadana saham.

Investasi di digibank by DBS menjadi lebih menarik karena terjamin keamanannya. Hal ini didukung oleh kredibilitas  DBS Bank sebagai bank terdepan dan telah mendapat predikat sebagai bank teraman di Asia sejak 12 tahun berturut-turut versi Global Finance.

Investasi reksadana saham di aplikasi digibank by DBS juga punya banyak keuntungan. Ibarat menu makan di Rumah Makan Padang, kamu bisa memilih dan memanfaatkan beragam fitur yang tersedia untuk mendapatkan racikan investasi reksadana terbaik.

Berikut adalah lima keuntungan investasi reksadana saham melalui aplikasi digibank by DBS:

  1. Tiga Pilihan Reksadana
    Di aplikasi digibank by DBS kamu bisa mendapatkan pilihan investasi reksadana incaran. Kamu hanya perlu mencermati daftar reksadana yang sudah disusun berdasarkan tiga kategori yaitu reksadana berdasarkan kinerja terbaik, terpopuler dan scoring terbaik.
    Saat kamu memilih reksadana dari kategori kinerja terbaik kamu akan melihat daftar reksadana saham berdasarkan rasio risiko yang minim dengan potensi pendapatan yang besar. Untuk kategori terpopuler pilihan reksadana didasarkan pada peringkat yang banyak dipilih oleh pengguna. Sedangkan reksadana dengan kategori scoring terbaik akan disusun berdasarkan penilaian dari tim digibank by DBS.
  2. Lebih dari 50 produk
    Di aplikasi digibank by DBS, ada banyak pilihan produk reksadana yang bisa bisa dipilih. Kamu bisa memilih lebih dari 50 reksadana yang bisa dipilih. Kamu bisa membaca prospektus reksadana sebelum menentukan pilihan.
  3. Pembelian berkala dan fleksibel
    Wajar saja bila pada tahap awal dan saat baru mulai berinvestasi kamu ragu untuk mulai dengan modal besar. Kamu bisa membeli reksadana dengan nominal kecil selanjutnya bisa diubah secara berkala pada bulan berikutnya
    Bisa saja kamu membeli reksadana saham untuk tahap pertama dengan harga seadanya. Saat sudah mulai merasa cocok pada bulan berikutnya kamu bisa menambah modal dengan nominal tertentu yang disesuaikan.
    Selanjutnya bila kamu ingin melipatgandakan modal untuk mendapatkan keuntungan maksimal kamu kembali bisa upgrade pembelian dan melakukan pembelian berkala.
  4. Mudah transaksi dari satu aplikasi
    Salah satu hal yang perlu kamu miliki saat mulai berinvestasi adalah Single Investor Identification (SID). Kamu bisa mengurus pendaftaran melalui aplikasi digibank by DBS dari mulai pengisian formulir, hingga verifikasi.
    Selanjutnya setelah kamu mendapatkan SID bisa langsung mulai bertransaksi dan berinvestasi. Jual, beli dan switch investasi bisa dilakukan dari satu aplikasi secara real time 1 x 24 jam non stop.
  5. Mulai dari Rp 100 ribu
    Sebagai pemula kamu tentu masih ragu untuk investasi all in pada reksadana saham. Hal itu wajar saja. Kamu bisa mulai terlebih dahulu dengan nominal kecil mulai dari Rp 100 ribu. Setelah merasa cocok kamu tentunya bisa meningkatkan nilai investasi secara bertahap.

Nah bagaimana, sekarang kamu sudah punya gambaran bukan mengenai cara mudah investasi reksadana saham. Kamu bisa memulainya dengan mengunduh aplikasi digibank by DBS dan mulai melakukan transaksi.

Tidak pernah ada kata terlambat untuk sebuah perubahan. Saatnya kamu menentukan jalan yang lebih baik mencapai kebebasan finansial di hari depan. Memilih investasi reksadana saham lewat aplikasi digibank by DBS merupakan kesempatan terbaik yang akan sangat sayang bila kamu lewatkan.

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS