studio musik
20 Nov 2023

Tips Membuat Studio Musik untuk Dukung Hobi Dari Rumah

Pinjaman KTA menjadi opsi paling tepat untuk menunjang pembuatan studio musik impianmu. Tidak bisa dipungkiri, modal yang dibutuhkan dalam membangun music studio mampu mencapai ratusan juta rupiah. Tak hanya untuk pembuatan studio, akan tetapi kamu juga perlu mempertimbangkan berbagai perlengkapan dan peralatan musik di dalamnya.

Tips Membangun Studio Musik

Agar kehadiran studio musik dari rumahmu ini dapat digunakan secara efektif dan efisien, cobalah menerapkan beberapa tips penting berikut.

●       Siapkan Ruangan Khusus

Hal pertama yang patut kamu siapkan dalam membuat studio musik rumahan adalah ruangan khusus. Jangan mencampur studio musik di dalam rumah dengan ruangan lainnya. Selain mengganggu aktivitas penghuni rumah lainnya, ruangan yang multifungsi juga akan membuat kamu sulit bermain musik secara maksimal.

Bahkan dalam archify.com menyebutkan jika penggunaan ruangan multifungsi memang harus dihindari karena studio musik membutuhkan perlengkapan dan perawatan khusus. Selain itu, luas ruangan juga harus disesuaikan dengan alat musik dan furniture lainnya di dalam music studio.

●       Desain Studio Musik

Tips selanjutnya adalah mendesain dan menata studio musik. Berbagai instrumen dan alat musik tentu akan dipasang di dalamnya. Oleh sebab itu, kamu wajib menata studio musik tersebut secara detail dan menyeluruh.

Komponen kelistrikan di dalam studio kerap membuat pemandangan yang tidak nyaman, jadi ada baiknya untuk mematangkan rencana konsep desain ataupun tata ruang studio musik. Jika bingung dengan ide desain music studio yang akan diterapkan, tak ada salahnya memanfaatkan pinjaman KTA online untuk menyewa jasa interior desainer profesional dan berpengalaman.

●       Pilih Properti Sesuai Kebutuhan

Saat membuat studio musik dari rumah, fokuslah pada fungsi utama studio musik. Jangan menggunakan terlalu banyak furniture di dalamnya, terlebih jika perabotan yang akan kamu taruh memiliki ukuran yang besar. Akan lebih baik untuk menggunakan properti yang dibutuhkan saja, seperti sofa, meja, atau lemari yang tak memakan banyak tempat.

●       Gunakan Alat Peredam Suara

Alat peredam suara adalah barang yang wajib ada pada setiap ruangan musik khusus, apalagi untuk studio musik rumahan. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan alat peredam suara saat membangun studio musik di rumahmu. Pasalnya, peredam suara akan membantu suara yang dihasilkan tidak bocor ke ruang lainnya.

Saat ini sudah terdapat beragam peredam suara. Silakan memilih jenis peredam suara yang mampu meredam suara tingkat tinggi. Dengan begitu, kamu akan lebih leluasa bermain musik meski dengan volume level atas.

●       Gunakan Material Lantai yang Minim Perawatan

Beberapa studio musik sewaan masih banyak yang menggunakan karpet untuk melapisi lantai. Pada dasarnya, karpet memiliki bahan yang bagus karena nyaman dan bagus sebagai alat peredam suara. Namun, penggunaan karpet sebenarnya kurang cocok pada ruangan tertutup.

Pasalnya, selain bisa menghasilkan banyak debu, karpet juga gampang berbau. Agar kamu tak kesulitan dalam masalah perawatan karpet, akan lebih baik jika menggunakan parket kayu sebagai alas lantai studio musik. Selain gampang dibersihkan, parket kayu juga terlihat lebih estetik.

Peralatan yang Wajib Ada dalam Studio Musik

Berikut adalah beberapa peralatan dan alat musik yang wajib ada dalam home music studio. Kamu bisa menggunakan pinjaman KTA online untuk membeli semua perlengkapan yang diperlukan.

●       Komputer atau Laptop

Untuk menghasilkan audio rekaman yang berkualitas, kamu memerlukan komputer ataupun laptop dengan spek yang tinggi. Selain memproses suara, gadget dengan spek tinggi juga membantu kamu dalam mengedit hingga melakukan mixing musik.

●       Digital Audio Workspace

DAW perangkat lunak yang digunakan oleh banyak musisi dalam mengedit, merekam, mixing, dan mastering beberapa track lagu. Jadi, pastikan untuk menginstall software ini ke dalam komputer atau laptop yang kamu miliki.

●       Audio Interface

AI merupakan salah satu tools yang digunakan untuk menyambungkan komputer atau laptop dengan alat musik yang dipakai. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah merekam semua jenis instrumen pada alat musik atau vokal ke dalam PC menggunakan alat ini.

Adapun beberapa jenis alat yang digunakan sebagai AI di antaranya adalah kabel konektor ataupun soundcard amplifier.

●       Mikrofon

Jangan melupakan kehadiran mikrofon dalam studio musik. Bagaimanapun juga mikrofon adalah komponen penting untuk audio, perekam suara, sinyal audio, instrumen akustik dan lainnya.

Umumnya, terdapat beberapa jenis mikrofon yang bisa kamu pilih. Jika menginginkan tipe mikrofon dengan sensasi ala karaoke, silakan menggunakan mikrofon dinamik. Adapun tipe mikrofon yang mampu menangkap suara pada level terkecil disebut dengan kondensor.

Kebanyakan musisi lebih memilih jenis mikrofon kondensor karena bisa menangkap suara hingga level terbawah. Mikrofon ini sangat cocok digunakan untuk studio rekaman.

●       Headphone

Alat yang satu ini juga wajib ada  dalam studio musik. Headphone digunakan sebagai alat untuk mendengarkan beragam jenis audio. Mulai dari suara berupa nada hingga ketukan tempo musik. Bermain atau menciptakan lagu dan musik rasanya kurang lengkap tanpa menggunakan headphone.

●       Speaker Studio Monitor

Speaker Studio Monitor berbeda dengan speaker audio yang sering digunakan saat mendengarkan musik. Alat yang satu ini digunakan sebagai alat bantu dalam mengedit atau membuat musik yang dihubungkan lewat PC. Saat ingin membeli Speaker Studio Monitor, pastikan untuk memilih ukuran yang sesuai dengan ruangan music studio.                                               

●       Kabel XLR

Kabel XLR sendiri merupakan alat yang menghubungkan mikrofon ke Audio Interface maupun ke speaker studio monitor. Oleh sebab itu, jangan melupakan benda yang satu ini saat membangun studio musik di rumahmu.

●       Mic Stand

Selain mikrofon, kamu juga perlu mempertimbangkan kehadiran mic stand di dalam studio musik. Mic stand lebih memudahkan untuk bernyanyi saat duduk maupun berdiri, pasalnya, kamu bisa mengatur ketinggian tubuh mic stand.

Tak hanya itu, mic stand juga sangat diperlukan ketika kamu akan bernyanyi sambil memainkan alat musik seperti gitar atau piano. Jadi, kamu tak perlu repot-repot lagi untuk memegangnya.

●       Alat Musik

Studio musik tanpa alat musik di dalamnya tentu akan terasa sangat hambar. Namun, tidak bisa dipungkiri harga setiap jenis alat musik memiliki harga yang sangat fantastis. Jika kamu terkendala soal budget, silakan memanfaatkan pinjaman KTA yang sudah banyak ditawarkan oleh pihak perbankan.

Beberapa jenis alat musik yang wajib ada dalam studio musik pribadimu di antaranya ialah gitar, piano, bass, dan juga drum.

Wujudkan Home Studio Music Impian Bersama digibank KTA  

Tak perlu khawatir saat tak memiliki modal yang memadai untuk membangun studio musik dari rumah. Kehadiran pinjaman tanpa agunan dari digibank KTA bisa menjadi opsi terbaik untukmu. Selain jumlah dana yang mencapai Rp200 juta, proses approval pengajuan KTA juga hanya membutuhkan waktu dalam 60 detik saja.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera ajukan pinjaman KTA bersama digibank KTA sekarang juga untuk mewujudkan studio musik dari rumah. Jika kamu tertarik, dapatkan informasi selengkapnya di sini!

 

 

 

Apply digibank KTA