pinjaman bunga rendah
20 Nov 2023

Tips Membuat Simulasi Pinjaman Sebelum Ajukan KTA

Kebutuhan dana tambahan seperti modal mengembangkan bisnis, dana pendidikan atau keinginan untuk travelling tentu dibutuhkan pada suatu waktu. Untungnya, alternatif pinjaman bunga rendah seperti KTA tersedia dengan berbagai macam keunggulannya.

Hal tersebut dibuktikan dengan data dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) yang mencatat penyaluran pinjaman pada bulan Januari 2023 saja meningkat sebanyak 35,72% dari tahun lalu. Tentu ini merupakan kabar baik bagi masyarakat.

Namun, dalam beberapa kasus masih ada masyarakat yang bingung terkait perhitungan bunga, simulasi pinjaman dan sebagainya. Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai berbagai tips membuat simulasi pinjaman KTA beserta informasi bermanfaat lainnya!

3 Jenis Bunga Ketika Membuat Simulasi Pinjaman

Ketika kamu menentukan simulasi pinjaman KTA tentu wajib memperhatikan beberapa aspek penting, terutama adalah mengetahui jenis bunga pinjaman. Tujuannya adalah agar kamu dapat lebih yakin mengajukan pinjaman dan mendapat pengetahuan jelas tentang bunga pinjamannya. Terdapat 3 jenis bunga yang wajib kamu ketahui ketika membuat simulasi pinjaman, yaitu:

●       Bunga Flat

Jenis bunga satu paling mudah cara perhitungannya karena cara menghitungnya diambil dari jumlah pinjaman pokok di awal. Selain itu, aspek cicilan pokok, bunga dan cicilannya cenderung sama sehingga kamu lebih mudah secara proporsional lebih mudah menyesuaikan cicilan yang dipilih.

Cicilan pokok bulanan dapat kamu melakukan simulasi pinjaman dengan formula sebagai berikut:

Cicilan Pokok = Pokok Pinjaman : Tenor Pinjaman

Sedangkan untuk bunga, kamu dapat melakukan perhitungan dengan formula sebagai berikut:

Bunga = (Pokok Pinjaman x 15%) : 12 Bulan

Jadi dapat diketahui bahwa cicilan setiap bulan kamu mendapatkan hasil cicilan pokok + biaya bunga.

●       Bunga Efektif

Bunga efektif atau sliding rate merupakan perhitungan pinjaman yang dilakukan setiap akhir periode cicilan. Cara perhitungannya yaitu dihitung berdasarkan saldo akhir pokok pinjaman kamu pada bulan lalu. Sehingga bunga pinjaman tiap bulan akan berbeda nilainya dengan bulan lalu.

Formula perhitungannya adalah sebagai berikut:

Cicilan Pokok = Pinjaman Pokok : Tenor Pinjaman

Lalu, terdapat cicilan bunga bulan pertama, kedua, dan totalnya dengan rumus:

Cicilan Bulan Pertama = (Saldo Pinjaman Akhir Periode x Suku Bunga) : 12 Bulan

Cicilan Bunga Kedua = (Saldo Pinjaman Akhir Periode x Suku Bunga) : 12 bulan

Total = Cicilan Pokok + Cicilan Bunga Bulan Kedua

Dari perhitungan ini, maka akan didapatkan nominal cicilan dari bunga efektif pinjamanmu.

●       Bunga Anuitas

Simulasi pinjaman juga perlu memperhatikan aspek bunga anuitas yang merupakan modifikasi dari perhitungan bunga efektif. Biasanya, penentuan bunga anuitas ini lebih memudahkan kamu ketika melunasi cicilan.

Formula cicilan bunga anuitas adalah Bunga = SP x i x (30/360), dengan keterangan SP adalah saldo pokok, “i” merupakan bunga per tahun dan 30 atau 360 adalah jumlah hari.

Adapun agar lebih mudah dan cepat untuk menghitung simulasi pinjaman dapat kamu coba dengan kalkulator simulasi. Salah satu contohnya adalah kalkulator dari digibank KTA. Kamu dapat langsung menentukan jumlah pinjaman yang diinginkan dan nominal cicilan akan langsung terkalkulasi.

Tips-Tips Mengajukan Pinjaman Bunga Rendah KTA yang Aman

Jika kamu sudah mengetahui berbagai jenis bunga yang dapat membantu kamu untuk melakukan simulasi pinjaman. Kamu juga wajib mengetahui beberapa tips yang dapat menjadi bekal persiapan kamu sebelum mengajukan pinjaman.

Secara teknis tidak ada yang sulit dari tips-tips di bawah ini, yang mana semuanya disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri. Agar lebih jelas, simak penjelasannya di bawah ini:

●       Rencana Budgeting

Budgeting menjadi hal penting yang wajib diperhatikan ketika kamu ingin mengajukan pinjaman dana KTA. Tidak harus menjadi perencana anggaran profesional ketika melakukan budgeting.

Kamu hanya perlu memperhatikan 3 aspek, seperti pengendalian uang pribadi, merencanakan keuangan dalam setahun ke depan dan membuat matriks pendapatan dan pengeluaran.

Menggunakan perencanaan keuangan atau budgeting dapat membantu kamu untuk memisahkan pengeluaran pokok dan cicilan. Selain itu, keuntungan kamu dapat merencanakan keuangan sebelum mengajukan pinjaman adalah agar cicilan pinjaman tidak membebani keuangan sehari-hari kau

●       Cara Manajemen Utang

Salah satu faktor mengapa banyak orang yang terlilit utang atau pinjaman adalah tidak memiliki kontrol terhadap pengeluaran. Maka dari itu, manajemen utang juga perlu kamu kuasai selain budgeting. Tips manajemen utang dengan baik, yaitu melihat kondisi keuangan selama setahun terakhir dan hindari utang yang tidak penting.

Ketika kamu memantau kembali kondisi keuangan selama setahun belakangan, kamu akan menemukan pola keadaan utang dan pendapatan kamu. Jika terasa rasio utang, pendapatan dan budgeting kamu masih berada pada rasio aman maka kamu dapat mengajukan

●       Keahlian Manajemen Risiko

Melakukan simulasi pinjaman sebelum mengajukannya juga berkaitan dengan keahlianmu dalam manajemen risiko. Ketika memutuskan untuk mengajukan pinjaman, kamu wajib mengetahui risiko yang dapat timbul di kemudian hari yang pasti ada kaitannya dengan kondisi keuanganmu.

Salah satu hal yang dapat menunjukkan keahlian manajemen risiko kamu adalah memanfaatkan pinjaman dengan efisien. Misal, kamu mengajukan pinjaman bunga rendah KTA untuk menempuh pendidikan spesialis yang mana di masa depan dapat menjadi “investasi” menguntungkan bagimu.

●       Manajemen Waktu

Apa hubungannya waktu dengan mempersiapkan pinjaman dengan simulasi? Ya, tentu ada. Karena seringkali orang lupa jika mengajukan pinjaman juga perlu sadar dengan usia yang dimilikinya. Biasanya semakin bertambah usia, kondisi keuangan seseorang juga akan semakin matang. Namun, ada pula kondisi sebaliknya.

Maka dari itu, ketika melakukan simulasi pinjaman kamu juga wajib untuk bisa manajemen waktu dengan baik. Misal, mulai menabung sedini mungkin dan memiliki mindset jika kekayaan atau aset dimiliki bukan dengan cara yang instan.

●       Jangan Mudah Tergiur Konsultan Finansial

Menyerahkan tugas perencanaan keuangan sebelum mengajukan pinjaman kepada konsultan finansial memang lebih baik, tapi belum sepenuhnya tepat. Keberadaan konsultan finansial memang dapat membantu kamu lebih mudah untuk mengelola keuangan pribadi.

Namun, ada kalanya kamu tidak mudah terbujuk dengan jasa konsultan finansial. Sehingga, disarankan jika kamu dapat mengontrol dan mengatur penuh perencanaan finansial kamu sebelum mengajukan pinjaman KTA atau jenis pinjaman lainnya.

Ajukan digibank KTA Untuk Mendapatkan Pengalaman Pinjaman Terbaik!

Simulasi pinjaman serta tips-tips sebelum mengajukan pinjaman KTA sudah kamu pahami. Maka selanjutnya kamu dapat memilih produk pinjaman KTA terbaik yang dapat dimanfaatkan untuk dana pendidikan, lifestyle, renovasi rumah dan sebagainya. Salah satu produk yang dapat kamu andalkan adalah digibank KTA.

Hal tersebut karena beberapa keunggulan produk yang meliputi, yaitu pencarian dana hingga Rp 200 juta dengan approval 60 detik saja. Selain itu, pengajuan juga tidak memerlukan dokumen fisik yang merepotkan. Nah, untuk tenor cicilan juga cukup meringankan kamu yaitu hingga 36 bulan.

Maka dari itu, ajukan pinjaman bunga rendah dengan digibank KTA sekarang juga! Jangan lupa untuk memperhatikan beberapa bunga dan tips-tips bermanfaat sebelum melakukan simulasi pinjaman. Namun, jangan khawatir karena produk pinjaman satu ini dijamin tidak akan memberatkanmu! Untuk informasi lengkap dan cara pengajukan klik di sini!

 

 

Apply digibank KTA