garden
29 Sep 2023

Sulap Rooftop ala Garden dengan Tips Berikut

Garden rooftop tak hanya mempercantik rumah tetapi juga memberikan kenyamanan bagi para penghuninya. Oleh sebab itu, banyak kalangan yang memanfaatkan pinjaman KTA untuk membuat rooftop ala taman impian mereka.

Kehadiran rooftop juga akan menghadirkan sensasi piknik dari rumah. Tanpa perlu keluar rumah, kamu dan keluarga pun bisa bersenang-senang dari rooftop saja.

Manfaat Garden Rooftop yang Jarang Disadari Penghuni Rumah

Popmama membagikan beberapa fungsi garden rooftop yang sering diabaikan oleh banyak orang. Apa saja? Berikut ulasannya:

●       Sebagai Lahan Tanam

Jika kamu hobi bercocok tanam, memiliki rooftop adalah pilihan yang paling tepat. Di atas rumah, kamu bisa menanam koleksi tanaman hias hingga sayuran dan buah-buahan. Kamu juga tak perlu khawatir untuk kekurangan sinar matahari. Pasalnya, semua tanaman tersebut akan mendapatkan sinar matahari yang cukup.

●       Menambah Kesejukan

Perlu kamu tahu, tanaman yang ada di garden rooftop juga bisa meredakan suhu di sekitar loh. Saat musim panas tiba, kamu akan merasakan manfaat besar dari kehadiran rooftop ini.

Dengan memiliki rooftop, udara panas di sekitar rumah bisa ditekan hingga 25 persen. Tanaman yang kamu tanam juga berperan penting dalam menghasilkan rasa sejuk saat cuaca panas datang.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera memanfaatkan pinjaman dana bunga rendah untuk membuat garden rooftop agar rumah kamu terasa lebih sejuk dan asri.

●       Mengurangi Air Hujan

Tak hanya memiliki manfaat sangat cuaca panas, kehadiran rooftop juga sangat bermanfaat ketika musim hujan tiba. Curah hujan yang cukup tinggi bisa memberikan dampak besar pada rumah seperti risiko kebocoran.

Genangan hujan yang terkumpul pada atap bisa menciptakan polutan. Pasalnya, air tak mampu menyerap sempurna pada dinding bangunan. Namun, jika kamu memanfaatkan garden rooftop, air tergenang bisa ditampung hingga sebanyak 75 persen.

Semakin dalam taman yang ada pada rooftop, maka akan semakin banyak pula curah hujan yang dapat diserap. Setelah itu, tanaman pun akan mengalami proses evaporasi yang menjadikan air tersebut uap air lewat udara.

●       Menyaring Udara Kotor

Tentu kamu sudah tahu betul bahwa tumbuhan mampu menyerap CO2 atau karbondioksida serta menghasilkan O2 atau oksigen yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Dengan memiliki garden rooftop maka kamu pun bisa memiliki udara sekitar yang lebih sehat.

Tanaman yang ada pada atap rumah mampu membersihkan udara serta menghilangkan jenis kuman dan debu yang menyebar lewat udara. Proses fotosintesis pada tanaman yaitu dengan memproduksi makanannya sendiri akan menyerap karbon dioksida.

Dengan demikian, udara kotor pun akan disaring secara menyeluruh lewat tanaman yang ada di rooftop. Udara yang kamu hirup pun tentu akan semakin sehat setiap harinya.

●       Area Tambahan untuk Beraktivitas

Membangun garden rooftop dengan memanfaatkan kehadiran pinjaman dana bunga rendah juga bisa menjadi area tambahan pada area rumah. Beberapa kegiatan di luar rumah tentu sudah bisa kamu lakukan dari atap rumah saja.

Kegiatan berkumpul bersama keluarga pun tentu akan lebih nyaman dan menyenangkan tanpa harus mencari tempat di luar rumah. Garden rooftop menjadi spot terbaik untuk menikmati barbeque, bermain game, nonton film sekeluarga dan kegiatan seru lainnya.

Tak hanya itu, atap rumah taman juga sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat. Sediakan secangkir teh hangat dan sebuah buku, dan nikmati pemandangan dan suasana indah dari atas rooftop.

Tips Membuat Garden Rooftop yang Cozy dan Estetik

Alacasa menyajikan beberapa tips penting untuk menciptakan garden rooftop yang nyaman dan estetik. Berikut adalah daftar poin-poin langkah tersebut:

●       Struktur dan Konstruksi Atap yang Kuat

Saat ingin membuat garden rooftop, pastikan jika kamu memilih atap rumah dengan struktur dan konstruksi yang kuat. Hal ini penting dilakukan untuk menahan beban tanaman, tanah serta manusia.

Jika salah dalam membuat struktur dan konstruksi, maka risiko seperti atap bocor hingga jebol bisa saja terjadi.

●       Memasang Pagar

Keamanan dari atas atap sangatlah penting. Oleh sebab itu, kamu perlu mencari material pagar yang kuat dan tahan lama. Beberapa jenis pagar yang bisa kamu pilih di antaranya seperti kayu, kaca hingga besi.

●       Bak untuk Tanaman

Jika struktur dan konstruksi atap sudah kamu siapkan dengan matang, selanjutnya silahkan membuat bak untuk tanaman. Bak berisikan tanaman ini bisa kamu simpan di bagian tepi atap.

Untuk ukuran dan bentuk bak bisa kamu sesuaikan dengan selera. Namun, pastikan untuk memilih bak tanaman dengan ukuran yang sesuai pada dak beton di atas atap rumah.

●       Memasang Material Waterproofing

Kamu juga bisa menggunakan pinjaman KTA untuk memasang material waterproofing. Bagian ini berfungsi untuk mencegah air menyerap dan merembes ke bagian bawah atap. Oleh sebab itu, jangan menyepelekan penggunaan material yang satu ini.

Untuk proses pemasangannya sendiri terdiri atas penyiapan surface dari rooftop, pemasangan coating dan terakhir penambahan protective layer.

●       Jangan Lupakan Instalasi Air

Bagian yang tak kalah pentingnya ialah pemasangan instalasi air pada garden rooftop. Pada dasarnya, terdapat beberapa jenis proses pemasangan instalasi air. Namun, akan lebih baik jika kamu membuat dua instalasi air di area garden rooftop.

Instalasi pertama untuk kebutuhan air bersih yang akan kamu gunakan untuk menyiram tanaman. Instalasi ini akan tersambung secara langsung dengan penampungan air atau pompa air.

Kemudian, ada pula instalasi air kotor yang digunakan untuk keperluan pembuangan. Jangan lupa untuk memasang instalasi ini dengan tepi atap terendah dan menghubungkannya dengan pipa talang air yang akan mengarah ke bak resapan tanah hingga ke saluran pembuangan air.

●       Tanam Rumput dan Tanaman

Sesuai namanya yaitu garden rooftop, kamu perlu menanam rumput dan tanaman hias untuk menghidupkan kesan garden ini. Jika memilih tanaman akar serabut, pastikan untuk menanamnya di area bak tanaman.

Sedangkan untuk tanaman jenis merambat bisa kamu tanam di area tepi pagar atau dinding atap. Adapun untuk tanaman yang rendah, silahkan menaruhnya pada bak atau pinggir taman.

●       Desain Area Sesuai Keinginan

Bagian ini termasuk bagian paling menyenangkan. Pasalnya, kamu bisa menata garden rooftop sesuai keinginan dan selera. Tak ada salahnya memasang beberapa bangku,  meja taman, atau mungkin sofa minimalis.

Agar suasana garden rooftop di malam hari lebih cantik, kamu bisa menambahkan beberapa lampu estetik dan dekorasi taman yang lainnya.

Menyulap Garden Rooftop Lebih Estetik bersama KTA

Ingin membuat garden rooftop idaman tapi terhalang budget? Tak perlu bingung, kehadiran DBS KTA bisa menjadi solusinya. Para nasabah pun bisa mengajukan dana pinjaman hingga Rp300 juta rupiah. Jika kamu membutuhkan pinjaman KTA dalam waktu dekat, silahkan mengajukannya lewat DBS KTA saja. Informasi lebih lengkap bisa kamu klik di sini.

 

 

 

Apply digibank KTA