Sudahkah kamu menyiapkan Passive Income?
01 Jan 2024

Sudahkah kamu menyiapkan Passive Income?

Kepemilikan tabungan yang memadai bisa dianggap sebagai salah satu tanda bahwa kondisi finansialmu cukup stabil. Sayangnya hal ini tidaklah mudah untuk kamu dapatkan. Seringkali kamu sudah berusaha untuk menabung namun ternyata hasilnya belum sesuai harapan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar bisa menabung secara konsisten. Salah satunya dengan mendapatkan passive income atau pendapatan pasif. Sumber pendapatan pasif ini bisa kamu alokasikan untuk ditabung sehingga kamu akan memiliki dana simpanan yang memadai sesuai target.

Apa Itu Passive Income?

Passive income merupakan penghasilan atau pemasukan yang didapatkan oleh seseorang meskipun tidak bekerja secara aktif. Jadi penghasilan ini tidak datang karena kamu menukar waktu dengan aktif bekerja.

Secara mudahnya, kamu tidak perlu terlibat secara aktif untuk mendapatkan penghasilan tersebut. Bahkan kamu bisa tetap menerima pemasukan meskipun sambil bersantai atau melakukan aktivitas lainnya.

Mengapa Harus Memiliki Passive Income?

  1. Mempermudah Kamu Mencapai Tujuan Finansial

    Passive income bisa mempermudah kamu untuk mencapai tujuan finansial. Jika kamu punya tujuan finansial tertentu dan merasa sulit untuk mencapainya lewat penghasilan utama, maka passive income bisa diandalkan.

    Kamu bisa menggunakan pendapatan utama untuk membayar tagihan, memenuhi kebutuhan pokok, dan lain sebagainya. Lalu passive income ini bisa kamu alokasikan secara khusus untuk memenuhi tujuan finansial tadi.

  1. Menjamin Masa Depan

    Passive income juga bisa kamu pakai untuk menjamin masa depan. Persiapan finansial sangatlah penting agar kamu bisa menyongsong masa depan dengan baik. Tentu hal ini jauh lebih mudah dipersiapkan jika sumber pemasukanmu lebih besar dan banyak.

    Selain bisa menggunakan sumber passive income untuk memenuhi tujuan finansial tertentu, kamu juga bisa mengalokasikannya untuk masa depan. Passive income ini bisa kamu investasikan atau simpan di tabungan untuk persiapan setelah pensiun.

  1. Memungkinkan untuk Hidup Dimana Saja

    Tahukah kamu, saat nilai yang kamu peroleh dari passive income ini cukup besar maka ada peluang kamu bisa hidup dimana saja. Kamu bisa memilih tempat-tempat yang selama ini memang kamu inginkan sebagai tempat untuk menetap. Kamu tidak akan terikat oleh lokasi pekerjaanmu.

    Passive income merupakan pendapatan yang bisa kamu peroleh tanpa harus bekerja secara aktif. Jadi kamu tidak perlu terikat pekerjaan dan harus datang ke kantor. Kamu bahkan bisa menikmatinya sambil traveling dan berpetualang.

Contoh Passive Income

Ada banyak sekali contoh sumber passive income yang bisa kamu jumpai saat ini. Contoh yang paling umum dijumpai saat ini adalah penghasilan dari affiliate dan pembuatan konten. Para content creator dan pelaku affiliate bahkan bisa mendapatkan banyak uang meskipun sudah tidak aktif. Lewat konten dan link yang sudah disebarkan, mereka bisa terus menerima komisi.

Selain itu monetisasi blog juga bisa jadi salah satu sumber passive income yang kamu andalkan. Jika kamu hobi menulis dan bisa mengelola blog, maka ini bisa jadi pilihan tepat. Banyak blogger yang sudah membuktikan bahwa mereka bisa mendapat pemasukan lewat blog yang dikelola.

Kemudian ada lagi salah satu contoh passive income yang juga layak untuk kamu andalkan saat ini yaitu investasi. Investasi bisa memberikan kamu passive income yang cukup menjanjikan di masa depan. Apalagi untuk jenis investasi yang bisa memberikan profit secara berkala, meskipun nilainya cukup fluktuatif.

Tips Mendapatkan Passive Income

  1. Tekuni Bakat dan Hobi yang Kamu Miliki

    Tips pertama, cobalah untuk menekuni bakat dan hobi yang kamu miliki. Ini sangat penting karena banyak sekali orang yang bisa menghasilkan passive income lewat hobi dan bakat mereka. Misalnya lewat pembuatan konten, penjualan karya digital, dan masih banyak lagi.

    Siapa tahu kamu sebenarnya memiliki hobi dan bakat yang bisa diubah menjadi uang. Jika kamu hobi menulis, maka kamu bisa mendalami bidang ini lalu mulai membuat blog dan melakukan monetisasi blog. Jika kamu hobi fotografi maka kamu bisa mulai menjual foto-fotomu di platform yang tepat.

  1. Ikuti Program Affiliate yang Menguntungkan

    Berikutnya kamu bisa mengikuti program affiliate yang saat ini juga sangat populer. Melalui program afiliasi seperti ini, kamu bisa mendapatkan komisi hanya dengan membagikan link produk. Namun pastikan untuk memilih program afiliasi yang benar-benar tepercaya dan menguntungkan.

  1. Lakukan Investasi

    Sangat dianjurkan untuk melakukan investasi jika kamu ingin memperoleh passive income. Investasi menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendapat keuntungan tanpa harus aktif bekerja. Apalagi jika kamu memilih jenis instrumen yang tepat dan nilai investasimu sudah cukup besar.

Setelah mendapatkan sumber passive income yang tepat, maka kamu harus mengelolanya secara optimal. Menyimpan passive income di tabungan adalah sebuah keputusan yang sangat tepat. Sebaiknya memang passive income ini tidak kamu gunakan untuk keperluan yang konsumtif.

Kamu bisa mulai menabung di digibank by DBS karena banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Ada produk Tabungan Maxi dimana kamu bisa menyimpan dana di 20 dompet. Selain itu proses buka rekening juga bisa dilakukan secara digital 100% dengan verifikasi face biometric pakai e-KTP dan swafoto.

Kamu juga bisa mendapatkan nilai bunga yang tinggi dan dananya pun fleksibel karena bisa ditarik kapan saja. Jadi tak perlu menunggu lebih lama lagi untuk membuka tabungan di digibank by DBS. Klik disiniuntuk mengakses informasi yang lebih lengkap.