Sudah Pernah Coba Investasi Valuta Asing (Valas)?

Sudah Pernah Coba Investasi Valuta Asing (Valas)?

Untuk kamu yang baru mulai terjun ke dunia investasi dan masih bingung akan mengalokasikan dana investasi ke mana, salah satu pilihan yang cocok adalah investasi tabungan deposito. Deposito menjauhkan kamu dari ketakutan akan keamanan investasi. Dengan deposito, kamu nggak perlu lagi khawatir modal awalmu habis atau bahkan hangus rugi. Justru deposito menawarkan keuntungan melalui bunga yang bisa kamu panen setelah jangka waktu tertentu.

Seperti yang kamu tahu, nilai tukar mata uang terus menerus bergerak baik naik maupun turun. Beberapa mata uang memiliki posisi nilai tukar yang cukup kuat dan berpengaruh terhadap mata uang lain. Mengetahui hal tersebut, memiliki tabungan deposito dalam mata uang asing tentu memiliki keuntungan tersendiri, terutama yang nilai tukarnya lebih tinggi dibandingkan rupiah. Tabungan dollar atau kadang disebut juga dengan rekening valas membantu agar aset kamu tidak tergerus inflasi. Selain itu, rekening valas juga memiliki likuiditas aset dan fleksibilitas transaksi yang tinggi. Kamu bisa melakukan transaksi luar negeri seperti belanja online, jalan-jalan, atau juga keperluan pendidikan dengan lebih mudah. Dan yang tak kalah penting, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan tertentu dengan menggunakan rekening valas sebagai instrumen investasi. Keuntungan ini didapatkan dari fluktuasi nilai tukar dengan membandingkan harga beli dan harga jualnya di suatu waktu nanti.

Untuk bisa mendapatkan keuntungan itu, kamu perlu lebih jeli memperhatikan perkembangan pasar internasional agar bisa menentukan pilihan mata uang yang akan dijadikan sebagai instrumen investasi valas dalam rekeningmu. Saat ini, terdapat 5 mata uang yang cocok digunakan sebagai instrumen investasi:

  • Dollar Amerika (USD)

Selama bertahun-tahun, Dollar Amerika berhasil mempertahankan posisinya sebagai mata uang paling berpengaruh di dunia. Hal ini disebabkan Dollar Amerika digunakan dalam berbagai macam transaksi di seluruh dunia. Menginvestasikan uang dalam mata uang Dollar Amerika berpotensi untung karena nilai tukarnya yang terus naik dan menguat.

  • Euro (EUR)

Sebagai mata uang yang digunakan di seluruh daratan Eropa dan sebagian wilayah Afrika, posisi Euro berhasil naik ke peringkat kedua. Selain itu, nilai tukarnya juga lebih tinggi dibandingkan Dollar Amerika. Namun begitu, fluktuasinya yang cenderung stabil sehingga kurang cocok untuk investasi valas jangka pendek membuatnya kalah pamor dari mata uang negeri paman sam.

  • Pound Sterling (GBP)

di posisi ketiga ada mata uang dari Britania Raya yaitu Poundsterling. Mata uang ini berpengaruh di beberapa negara yang memiliki kekuatan di level perdagangan dunia. Jika Euro memiliki nilai tukar di atas Dollar Amerika, Poundsterling justru memiliki nilai tukar di atas Euro. Hal tersebut membuat mata uang ini banyak diincar oleh investor dengan modal besar.

  • Yen (JPY)

di posisi keempat terdapat mata uang dari negeri matahari terbit. Yen sebagai mata uang yang berasal dari jepang ini cukup menarik untuk dimiliki dalam tabungan valas karena diperdagangkan juga di berbagai negara di Asia, sehingga memudahkan kamu melakukan transaksi tertentu. Selain itu, jangkauan penggunaannya juga membuat posisinya cukup kuat di pasar dunia.

  • Dollar Singapura (SGD)

Sebagai mata uang terkuat nomor 2 di Asia, Dollar Singapura justru memiliki nilai tukar yang cukup terjangkau, sehingga cocok dimiliki oleh investor pemula dengan modal yang tidak terlalu banyak. Dibandingkan dengan nilai tukarnya, posisi singapura sebagai negara maju memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam perdagangan internasional, sehingga Dollar Singapura memiliki nilai tukar yang relatif stabil.

Seiring perkembangan zaman, investasi mata uang asing dapat semakin mudah dilakukan. Jika dulu kamu harus pergi ke bank dan mengurus sejumlah keperluan administrasi tertentu sebelum bisa melakukan investasi valas, sekarang kamu hanya perlu menggunakan smartphone. Melalui digital banking mulai investasi valas lebih praktis dan aman, bersama digital banking dari aplikasi digibank by DBS yang memudahkan kamu melakukan keperluan perbankan, termasuk investasi valas. Berikut keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan berinvestasi valas melalui aplikasi digibank by DBS:

  • Deposito dalam 10 mata uang asing

Kamu bisa mengalokasikan dana investasi kamu ke mata uang kuat yang dijelaskan di atas. Selain itu juga, digibank by DBS menyediakan pilihan investasi valas di mata uang lainnya seperti Australian Dollar (AUD), New Zealand Dollar (NZD), Hong Kong Dollar (HKD), Canadian Dollar (CAD), dan Swiss Franc (CHF). Mata uang tersebut tentu dipilih berdasarkan pertimbangan keuntungan yang menjanjikan.

 

  • Penempatan mulai dari USD 100 dengan bunga kompetitif

Melalui digibank by DBS, kamu bisa mulai investasi valas dengan modal minimal 100 USD, cukup terjangkau bukan? Bunga deposito yang ditawarkan juga terbilang lebih kompetitif dibandingkan bank lain.

  • Tenor 1 sampai 12 bulan

Jangka waktu investasi valas melalui digibank by DBS cukup fleksibel. Kamu bisa menentukan sendiri jangka waktu investasi dan merumuskan rencana investasi keuangan jangka pendek kamu.

  • Transaksi kapanpun dimanapun

dengan aplikasi digibank by DBS yang terpasang di smartphone kamu, kamu bisa memantau, mengatur, dan merencanakan investasi selama 24 jam 7 hari penuh tanpa terbatas jarak dan waktu. Semua dokumen dan informasi yang diperlukan sudah tersedia dan otorisasi transaksi bisa kamu lakukan sepenuhnya secara daring.

Nggak perlu lagi repot-repot pergi ke bank atau lembaga penukaran mata uang lainnya, apalagi ditambah kekhawatiran keamanan di perjalanan ketika membawa uang modal investasi, kamu tinggal unduh aplikasi digibank by DBS, daftarkan diri dan rasakan kemudahan dalam mengelola urusan perbankan hanya dari smartphone kamu. Kalau kamu perlu informasi lebih lengkap, kamu juga bisa kunjungi website dbs.id. Selamat bergabung menjadi masyarakat investasi!

 

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS

 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /