KTA
05 May 2023

Sebelum Lakukan Pengajuan, Kenali Jenis-Jenis KTA

Apa kamu berencana mengajukan KTA (Kredit Tanpa Agunan)? Sebelum melakukannya sebaiknya kenali dulu jenis-jenis supaya nanti tidak salah pilih. Keunggulan utama pinjaman ini yaitu tidak membutuhkan jaminan sebagai syarat pengajuannya.

Namun, masing-masing jenis pinjaman tanpa jaminan memiliki kelebihan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kamu harus lebih cermat dalam memilihnya. Sebelum mencari jenis pinjaman yang tepat, sebaiknya simak dulu jenis-jenisnya di bawah ini.

Pahami 5 Jenis KTA Sebelum Menggunakannya

Secara umum pinjaman tanpa jaminan dibagi menjadi 5 jenis. Meski berbeda masing-masing memiliki keunggulan utama yang sama, yaitu tidak memerlukan jaminan. Supaya tidak salah pilih, kenali jenis-jenis kredit tanpa agunan berikut ini:

1.    Kredit Tanpa Agunan Dana Cepat

Jenis yang pertama ini paling banyak ditawarkan oleh bank-bank di Indonesia yaitu Kredit Tanpa Agunan Dana Cepat. Selain tidak membutuhkan jaminan, pinjaman ini menawarkan proses pengajuan yang cepat.

Bahkan ada yang bisa diajukan secara online dengan proses approval hanya dalam hitungan menit. Kredit tanpa agunan dana cepat umumnya menawarkan pinjaman dengan jumlah besar.

Meski menawarkan banyak kelebihan, persentase suku bunganya tergolong rendah. Tidak heran jika banyak pengusaha yang mencari tambahan modal melalui kredit tanpa agunan dana cepat.

Tapi, sayangnya hanya nasabah yang memiliki kartu kredit yang bisa mengajukan pinjaman ini.

2.    Kredit Tanpa Agunan Bisa Bayar Lebih Awal

Jenis selanjutnya adalah kredit tanpa agunan yang bisa dilunasi lebih awal. Pada umumnya nasabah akan dibebani biaya penalti ketika melunasi semua utangnya sebelum tanggal jatuh tempo berakhir.

Tapi, kebijakan tersebut tidak berlaku pada jenis KTA, sehingga nasabah tidak akan dikenakan biaya tambahan jika melunasi utangnya lebih awal. Jenis kredit tanpa agunan ini sangat tepat untuk kamu yang ingin segera melunasi utang.

Meski memiliki kelebihan tersebut, jenis pinjaman ini juga menawarkan limit yang besar dengan suku bunga yang rendah.

3.    Kredit Tanpa Agunan dengan Tenor Panjang

Perlu kamu tahu bahwa tidak semua pinjaman tanpa jaminan menawarkan waktu tenor yang panjang. Kalau kamu mencari pinjaman yang memiliki tenor panjang sebaiknya pilihlah jenis ini.

Tenor pinjaman yang ditawarkan biasanya lebih dari 3 tahun, sehingga lebih cocok untuk para pengusaha yang ingin mendapat cicilan ringan. Limit pinjaman yang ditawarkan juga tergolong besar bahkan hingga ratusan juta Rupiah.

4.    Kredit Tanpa Agunan Tanpa Kartu Kredit

Pada umumnya proses pengajuan kredit tanpa agunan membutuhkan kartu kredit sebagai syarat utamanya. Namun, lain halnya dengan jenis pinjaman ini karena nasabah tidak perlu memiliki kartu kredit untuk mengajukannya.

Jenis kredit tanpa agunan ini lebih cocok untuk orang-orang yang belum memiliki kartu kredit atau belum mempunyai riwayat kredit apa pun. Namun, sebelum memilihnya pertimbangan dulu suku bunganya.

Pinjaman ini biasanya memberlakukan suku bunga yang sedikit lebih tinggi dari jenis pinjaman lain. Meskipun demikian, kredit tanpa agunan tanpa kartu kredit menawarkan limit dan tenor pinjaman yang beragam.

Sehingga nasabah bisa memilih sesuai kebutuhan masing-masing. Selain itu, proses pengajuannya juga tergolong cepat, sehingga nasabah bisa langsung mendapat uang yang mereka inginkan.

5.    Kredit Tanpa Agunan Payroll

Jenis pinjaman KTA yang terakhir, yaitu kredit tanpa agunan payroll. Pinjaman ini sangat cocok untuk para karyawan yang memiliki gaji tetap. Dengan menerapkan sistem payroll, pihak bank merasa lebih yakin nasabah bisa melunasi utangnya.

Karena pasti setiap bulan nasabah mendapat gaji dari perusahaannya. Selain proses pengajuannya yang lebih mudah dan cepat, jenis pinjaman ini juga menawarkan suku bunga yang lebih rendah dibandingkan kredit tanpa agunan reguler.

Dari jenis-jenis kredit tanpa agunan di atas, mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu? Pastikan kamu memilih produk pinjaman yang tepat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Dengan memahami jenis-jenis pinjaman tanpa agunan kamu bisa lebih cermat dan bijak menentukan mana yang terbaik. Supaya tidak salah memilih jenis pinjaman, sebaiknya simak penjelasan di bawah ini.

5 Tips Penting Sebelum Mengajukan Kredit Tanpa Agunan

Banyak orang gagal melunasi utang-utangnya karena salah mengambil langkah. Supaya kamu tidak mengalami hal tersebut, sebaiknya ikuti tips berikut ini.

1.    Gunakan Simulasi Cicilan

Saat tertarik dengan suatu produk pinjaman sebaiknya gunakan fitur simulasi cicilan terlebih dulu. Dengan menggunakan fitur tersebut kamu bisa melihat berapa jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulan. Fitur simulasi cicilan juga berguna untuk membantu memperkirakan waktu tenor dan yang tepat.

2.    Pertimbangkan Suku Bunganya

Hal terpenting selanjutnya sebelum mengajukan pinjaman adalah mempertimbangkan suku bunganya. Masing-masing bank menawarkan suku bunga yang berbeda. Saat ini rata-rata bank mengenakan suku bunga mulai dari 0,99% – 2% per bulan untuk jenis pinjaman tanpa agunan.

Jika, kamu mencari KTA bunga rendah sebaiknya lakukan perbandingan pada beberapa produk pinjaman. Lalu pilihlah yang menawarkan suku bunga terendah agar cicilan lebih ringan.

3.    Cek Biaya-biaya Tambahannya

Selain mempertimbangkan suku bunganya, kamu juga harus mengecek biaya tambahan yang akan dibebankan kepada nasabah. Tips ini penting dilakukan agar kamu tahu biaya apa saja yang nantinya harus dibayar.

Rasanya percuma jika hanya memilih berdasarkan suku bunganya saja. Karena tagihan yang harus dibayar tetap saja besar jika ada banyak biaya tambahan. Oleh karena itu, kamu harus mencari informasi sedetail mungkin tentang biaya-biaya tersebut agar nanti tidak kecewa.

Jenis biaya tambahan pada pinjaman tanpa jaminan biasanya meliputi biaya administrasi, denda keterlambatan, biaya atau denda pelunasan dipercepat, biaya provisi, dan biaya asuransi.

4.    Tentukan Jangka Waktu Angsuran yang Tepat

Selanjutnya kamu perlu menentukan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melunasi pinjaman tersebut. Langkah ini juga tidak kalah penting, karena mempengaruhi jumlah cicilan yang harus dibayar setiap bulan.

Jika kemampuan finansialmu masih tergolong pas-pasan, sebaiknya pilihlah waktu tenor yang lebih panjang. Supaya kamu mendapat cicilan yang lebih ringan. Tapi, jumlah bunga yang harus dibayar juga lebih besar karena mengikuti waktu tenornya.

Semakin singkat jangka waktu yang kamu pilih, maka semakin kecil bunganya. Jadi, sebaiknya pikirkan matang-matang agar kamu bisa menentukan tenor pinjaman yang tepat.

5.    Harus Disiplin Membayar Angsuran

Jika kamu sudah menemukan produk KTA bunga rendah yang cocok, langkah selanjutnya adalah menjaga kedisiplinan dalam membayar angsuran. Di sini konsistensi sangat diperlukan terutama untuk pinjaman dengan tenor panjang.

Ingat, jangan sampai kamu telat membayar angsuran karena dendanya cukup besar. Jika, mengalami gagal bayar atau tidak sanggup melunasinya, maka kamu akan masuk dalam daftar hitam dan tidak bisa mengajukan pinjaman di bank mana pun.

Dari tips di atas, apa kamu sudah paham cara mengajukan KTA yang tepat? Perlu diingat, ketika kamu mengajukan pinjaman itu artinya kamu harus siap membayar tagihan tepat waktu.

Jika, kamu memerlukan pinjaman tanpa agunan, digibank KTA bisa menjadi solusi yang tepat. Di sini kamu bisa mengajukan pinjaman hingga 200 juta Rupiah secara online dengan proses yang mudah dan praktis.

Klik tautan berikut ini https://www.dbs.id/digibank/id/id/pinjaman/produk-pinjaman/digibank-kta-instan untuk mengecek syarat, suku bunga, biaya tambahan, dan informasi lainnya.

 

 

Apply digibank KTA