Remittance layanan perbankan untuk mengirimkan uang dalam bentuk valuta asing

Pengertian, Jenis, Komponen, Proses dan Cara Transfer

Apakah Anda sering mendengar istilah remittance namun bingung apa artinya? Remittance adalah layanan perbankan untuk mengirimkan uang dalam bentuk valuta asing  dari dalam negeri ke luar negeri maupun dari luar negeri ke dalam negeri yang dilakukan oleh bank maupun non bank. 

 

Proses remittance tentunya berbeda dengan transfer uang antar bank yang ada di dalam negeri. Waktu yang diperlukan tentu lebih lama. Hal ini dikarenakan perbedaan sistem perbankan yang dianut di luar negeri. Perbankan di Indonesia menganut SWIFT ( Society For Worldwide Interbank Financial Telecommunication) sedangkan bank yang ada di luar negeri menerapkan sistem IBAN( International Bank Account Number). 

 

Jenis-jenis remittance

Transaksi pengiriman uang dapat terjadi dua arah. Pertama dari luar negeri ke dalam negeri. Kedua dari dalam negeri ke luar negeri. Oleh sebab itu maka dibedakan menjadi dua jenis:

 

  1. Transfer Uang Ke Luar Negeri

    Transaksi ini merupakan pengiriman uang dari dalam negeri ke luar negeri. Pengiriman uang mengirim uang dalam mata uang Rupiah yang nantinya akan diterima oleh penerima dalam mata uang asing. 

  2. Pengiriman Uang Dari Luar Negeri

    Transaksi ini merupakan layanan transfer dari orang yang ada di luar negeri ke dalam negeri. Misalnya saja orang yang sedang bekerja di luar negeri mengirimkan uang ke keluarga yang ada di Indonesia. 

 

Komponen Yang Ada di Dalam Remittance

 

  1. Beneficiary

    Beneficiary merupakan pihak yang memiliki hak menerima uang yang dikirimkan oleh pengirim dalam transaksi pengiriman uang ke luar negeri. 

  2. Beneficiary Bank

    Beneficiary Bank adalah Bank tujuan untuk menerima uang yang dikirimkan dari luar negeri. 

  3. Remitting Bank

    Remitting Bank merupakan Bank yang menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri yang dipilih oleh pengirim. 

  4. Correspondent Bank

    Correspondent Bank merupakan bank perantara yang menghubungkan antara Remitting Bank dan Beneficiary Bank. 

 

Bagaimana Proses Transfer Uang Ke Luar Negeri? 

Masih banyak orang yang bingung bagaimana sih prosesnya uang yang dikirim dari Indonesia bisa sampai ke luar negeri. Berikut proses yang terjadi saat melakukan pengiriman uang ke luar negeri

 

  1. Pengirim uang datang ke bank yang menyediakan layanan kirim uang ke luar negeri. 
  2. Pihak Bank akan memberikan form yang harus diisi oleh pengirim. Isi form nya yaitu informasi mengenai identitas pengirim, identitas penerima, nominal yang dikirim, serta Bank tujuan penerima. Pastikan untuk mengisi informasi dengan lengkap dan jelas. 
  3. Dana yang dikirim bisa disetor langsung apabila bukan nasabah. Bila pengirim merupakan nasabah maka dana yang akan dikirim akan didebet dari rekening valuta asing yang dimiliki. 
  4. Bank pengirim akan memproses permintaan pengiriman uang ke luar negeri tersebut dengan menunjuk Bank koresponden yang menjadi perantara antara Bank pengirim dan Bank tujuan. 
  5. Bank tujuan menerima kiriman uang lalu akan diteruskan kepada penerima yang memang sudah ditunjuk oleh pengirim. 

 

Transfer uang ke luar negeri sekarang semakin mudah dengan Aplikasi digibank by DBS. Aplikasi ini dapat diakses 24/7 sehingga Anda dapat transfer kapan saja dan dimana saja tanpa harus datang ke cabang. Nasabah dimanjakan dengan teknologi yang memudahkan pengiriman uang ke luar negeri. 

Hanya di digibank yang memberikan gratis biaya transfer ke lebih dari 20 negara tujuan yang menggunakan mata uang USD, SGD, AUD, EUR, HKD, CAD, GBP. Anda tetap bisa mengirim uang di luar 20 negara ini namun dikenakan biaya dan proses yang normal. 

FX rate yang ditawarkan digibank terkini dan juara. Nilai tukar yang ditawarkan tentunya sangat kompetitif sehingga transfer uang menjadi ringan. 

Layanan transfer same day juga berlaku bila Anda mengirimkan uang melalui Aplikasi digibank by DBS selama dana dikirim sebelum batas waktu mata uang. Tiap mata uang memiliki batas waktu yang berbeda-beda. Jadi jangan lupa untuk memastikan waktunya ya. 

Negara-negara yang dapat menggunakan layanan bebas biaya dan same Day antara lain Amerika Serikat ( USD), Singapura (SGD), Australia ( AUD), negara Eurozone ( EUR), Kanada (CAD), Hongkong (HKD), Inggris (GBP). 

 

Limit remittance minimum sebesar Rp 100.000 / ekuivalen. Maksimum transaksi yang dapat dilakukan yaitu USD 25.000/ ekuivalen per transaksi. Maksimum akumulasi per bulan yaitu USD 25.000 / ekuivalen per nasabah. Transaksi ini sudah mencakup seluruh channel yang dimiliki oleh bank seperti datang ke cabang, Aplikasi digibank by DBS, dll. Jika transaksi remittance sudah melebihi USD 25.000 / ekuivalen Anda dapat mengunjungi cabang Bank DBS dengan menyertakan dokumen pendukung untuk mengirimkan uang. 

 

Cara Kirim Uang Ke Luar Negeri Menggunakan Aplikasi digibank by DBS

 

  1. Login ke Aplikasi digibank by DBS Anda.
  2. Pilih tombol transfer pada beranda aplikasi
  3. Pilih transfer valas
  4. Pilih penerima
  5. Klik tambah penerima
  6. Ketik negara penerima
  7. Pilih mata uang
  8. Pilih Bank penerima
  9. Masukan detail penerima
  10. Cek detail penerima
  11. Ketik sandi dan lakukan otentikasi
  12. Klik lanjut transfer
  13. Ketik nominal transfer
  14. Cek detail transfer
  15. Ketik sandi dan klik otentikasi
  16. Selesai

 

Pengiriman uang ke luar negeri semakin mudah dan hemat menggunakan Aplikasi digibank by DBS. Yuk segera unduh Aplikasi digibank by DBS di App Store dan Play Store! 

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga

Apakah informasi ini bermanfaat bagi Anda?

Terima kasih atas masukan Anda yang berharga
Apakah informasi ini membantu Anda?
Mohon maaf atas ketidaknyamanan ini Anda alami
Berikan kami masukan untuk kemajuan halaman ini
Mohon hanya menggunakan a-z,A-Z,0-9,@!$-(),.

Terima kasih! Kami menghargai umpan balik Anda.

Bagaimana Anda menilai halaman ini?

Masalah apa yang Anda hadapi hari ini?

500

Harap masukkan hanya a-z, A-Z, 0-9, @!? $ & - () ',. /