4 Alasan Pentingnya Berinvestasi Sejak Muda
25 Jul 2021

4 Alasan Pentingnya Berinvestasi Sejak Muda

Usia muda selalu diidentikkan dengan fase kehidupan yang pas untuk mencoba berbagai hal baru. Sikap ini tidak salah karena biasanya setelah berusia di atas 20 tahun seseorang mulai punya otoritas untuk menentukan berbagai hal yang berkaitan dengan diri. Apalagi pada usia ini, kamu sudah mulai memiliki penghasilan sendiri.

 

Salah satu tantangan yang sering dihadapi saat usia muda adalah bagaimana mengatur keuangan agar imbang antara spending untuk pengalaman baru dan saving untuk jangka panjang. Seringkali, karena keasyikan mencoba hal baru malah lupa untuk menabung apalagi berinvestasi.

Kabar baiknya, sekarang pembicaraan mengenai pentingnya pengelolaan uang yang baik di usia muda semakin menjadi perhatian. Hal ini tentunya bisa menarik semangatmu untuk mulai berinvestasi. Ketimbang semua uang dihabiskan untuk pemenuhan gaya hidup, lebih baik mulai merencanakan keuangan untuk masa depan.

Namun, sebelum mulai berinvestasi kamu harus paham bahwa investasi itu berbeda dibanding menabung. Jadi jangan mentang-mentang sudah menyisihkan uang di rekening, urusan masa depanmu sudah tenang. Selain menabung, kamu juga perlu menyisihkan uang untuk investasi.

Apa sih bedanya antara menabung dan investasi? Menabung adalah proses menyimpan uang  untuk tujuan tertentu dalam jangka pendek dan bisa dicairkan kapan saja. Kamu bisa menggunakan tabungan untuk berbagai keperluan. Menabung di bank biasanya ditujukan untuk mengamankan dana karena memiliki risiko rendah.

Berbeda dengan menabung, berinvestasi tidak semata mengendapkan sejumlah uang tetapi berpeluang mendapatkan pengembangan aset. Namun, karena memiliki keuntungan yang lebih, otomatis di dalamnya juga terkandung resiko ya. Sehingga tidak salah muncul istilah, high risk high return.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang ada banyak pilihan investasi yang rendah risiko. Asal dilakukan dengan hati-hati dan perencanaan yang baik, kamu bisa mengoptimalkan keuntungan secara terus menerus dan jangka panjang.

Apalagi, berinvestasi sejak dini akan memberi banyak manfaat untukmu. Setidaknya berikut 4 alasan kenapa kamu sebaiknya mulai berinvestasi sejak muda.

1. Mudah kejar mimpi

Saat muda ada banyak impian dan harapan yang mungkin kamu miliki. Ingin punya rumah sendiri, punya kendaraan sendiri, melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi atau pergi berpetualang berkeliling dunia. Sah-sah saja bila kamu bermimpi. Dengan berinvestasi, kamu selangkah lebih dekat untuk mewujudkan berbagai harapan dan impian.

2. Menambah sumber pendapatan

Saat berinvestasi, kamu berpeluang mendapatkan penghasilan tambahan dari peningkatan aset yang diinvestasikan. Sebagai contoh, saat membeli obligasi ritel Indonesia, kamu bisa mendapatkan imbal hasil yang akan diterima secara berkala. Jumlah bunga yang diterima tergantung nilai pasar (float rate) atau tergantung kesepakatan pada saat menyetorkan dana (fixed rate).

Dengan berinvestasi kamu bisa mendapatkan passive income sehingga dana yang akan kamu terima di akhir periode investasi akan meningkat dibanding dana awal. Untuk investor pemula sepertimu, pilihlah investasi minim resiko untuk menghindari terjadinya capital loss.

Berinvestasi jelas menguntungkan bila dibanding menabung.  Semakin besar nilai investasi yang ditanamkan semakin besar pula peluang kamu mendapatkan keuntungan, Saat menabung uangmu cenderung diam di bank. Bahkan kamu harus membayar beban administrasi setiap bulan.

3. Biarkan uang bekerja

Bila kamu ingin menjadi “bos” dengan mulai berinvestasi kamu akan merasakannya. Hal ini karena lewat investasi kamu bisa mendapatkan peluang baru dan keuntungan dari pengembangan aset. Jadi, waktunya membiarkan uang bekerja untukmu.

Dengan berinvestasi sejak usia muda, kamu bisa mempersiapkan hari tua dengan lebih baik. Harus disadari bahwa akan ada masanya kamu tua dan pensiun. Bila sudah membiasakan diri berinvestasi sejak muda, maka saat sudah tidak produktif lagi kamu tetap punya pendapatan dari hasil berinvestasi. Keuntungan investasi sejak muda bisa dirasakan saat kamu sudah tua nanti.

4. Salurkan jiwa muda

Sifat investasi yang penuh dengan tantangan dan dinamika sangat sesuai dengan jiwa mudamu. Selain itu, kini berinvestasi bisa dilakukan dengan sangat praktis dan mudah tanpa perlu menyita banyak waktumu. Kamu bisa memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS yang menawarkan banyak kemudahan dalam berinvestasi.

5. Dapatkan Cash Reward

Salah satu yang membuat berinvestasi sejak muda menjadi aktivitas yang menguntungkan karena adanya cash reward tambahan. Saat berinvestasi obligasi lewat Aplikasi digibank by DBS kamu berkesempatan mendapatkan cash reward. Nilai cash reward yang didapat akan disesuaikan dengan periode dan nilai transaksi yang kamu lakukan.

Aplikasi digibank by DBS merupakan inovasi dari DBS Bank yang diciptakan untuk memudahkan aktivitas perbankan para pengguna termasuk dalam berinvestasi. Kamu bisa memilih instrumen investasi minim resiko seperti obligasi ritel Indonesia (ORI), Saving Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Tabungan (ST) .

Obligasi adalah surat utang negara yang diterbitkan untuk  jangka waktu tertentu kepada para investor yang dibayar lunas pada jangka waktu tertentu dengan imbal hasil bunga atau kupon secara berkala pada periode tertentu. Investor bisa mendapatkan keuntungan obligasi dari pendapatan bunga atau juga dari capital gain saat melakukan transaksi jual beli di pasar sekunder.

Saat memilih obligasi pemerintah seperti Obligasi Ritel Indonesia (ORI) sebagai pilihan investasi kamu akan relatif aman karena adanya jaminan pengembalian dana 100 persen yang diatur oleh Undang-Undang. Jadi kamu bisa saving sekaligus mendapat pengembangan asset dari pendapatan bunga.

Berinvestasi obligasi dengan memanfaatkan Aplikasi digibank by DBS akan memberi banyak keuntungan di antaranya:.

  • Layanan 24 jam melalui Aplikasi digibank by DBS, tidak perlu datang ke kantor cabang
  • Pendapatan tetap dari pembayaran kupon/Imbal hasil
  • Jumlah investasi mulai dari 1 juta
  • Investasi rendah risiko dan keuntungan lebih tinggi dari Deposito
  • Dapatkan cash reward untuk setiap pembelian obligasi melalui Aplikasi digibank by DBS

Hal lain yang tidak kalah penting, pada digibank by DBS kamu bisa memilih  berinvestasi obligasi di pasar primer ataupun  di pasar sekunder. Bila tidak ingin ribet kamu bisa berinvestasi obligasi di pasar primer dengan mendapat keuntungan dari pendapatan bunga yang dibayarkan secara berkala. Namun, bila ingin mendapat keuntungan obligasi yang lebih besar kamu bisa melakukan transaksi jual beli obligasi di pasar sekunder.

Memanfaatkan digibank by DBS untuk investasi obligasi menjadi solusi tepat buatmu yang ingin serius terjun berinvestasi. Kamu bisa dapatkan berbagai kemudahan untuk memaksimalkan keuntungan. Hanya dengan mendownload Aplikasi digibank by DBS dan membuat akun kamu pun bisa melejitkan masa mudamu menjadi lebih berarti. ***

 

Download Now Buat yang belum memiliki Aplikasi digibank by DBS